Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Transformasi Digital

5720103149

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Anggraeni Widya Purwita




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar transformasi digital.

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis tantangan dan peluang dalam penerapan transformasi digital di berbagai sektor.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang strategi transformasi digital yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

PO - 4

Mahasiswa dapat mengimplementasikan solusi digital untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing organisasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas perubahan strategis dalam bisnis yang dipicu oleh teknologi digital, seperti big data, AI, IoT, dan cloud computing. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar transformasi digital, strategi digital, dan peran kepemimpinan dalam mengelola perubahan. Studi kasus dari berbagai industri akan digunakan untuk memahami bagaimana organisasi dapat sukses melakukan transformasi digital. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan menerapkan strategi digital yang efektif dalam mendukung transformasi organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute
  2. Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers
  3. Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.

Pendukung :

  1. Project Management Body of Knowledge 7th edition oleh Project Management Institute

Dosen Pengampu

Rahadian Bisma, S.Kom., M.Kom.

Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan pentingnya transformasi digital.

  1. Mampu menjelaskan definisi dan ruang lingkup transformasi digital.
  2. Mampu menjelaskan mengapa transformasi digital penting bagi bisnis.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Definisi Transformasi Digital dan Best Practice
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: What is Digital Tranformation?
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana teknologi mengubah model bisnis tradisional.

  1. Memahami Lima domain transformasi digital.
  2. Mempelajari contoh sukses transformasi model bisnis.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Five Forces Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu merancang strategi transformasi digital

  1. Dapat menerapkan langkah - langkah dalam membangun roadmap digital
  2. Dapat mempelajari best practice studi kasus roadmap digital
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Planning and Implementing Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: The Digital Capabilities Your Company Needs
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mempelajari manajemen proyek dalam konteks digitalisasi.

  1. Mampu memahami proses manajemen proyek digital
  2. Mampu memahami penggunaan Agile dan metodologi lainnya
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Sustaining Momentum and Managing Change
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Introduction to Project Management
Pustaka: Project Management Body of Knowledge 7th edition oleh Project Management Institute
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memimpin perubahan organisasi menuju digitalisasi.

  1. Mampu memahami Peran pemimpin dalam transformasi digital.
  2. Mampu mengelola perubahan dan resistensi.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Transforming Operational Processes & Transforming Business Models
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu Memahami peran data dalam transformasi digital.

  1. Mampu menjelaskan Big Data dan AI dalam bisnis
  2. Mampu menggunakan data untuk keputusan strategis.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Harnessing Data and Analytics
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Data and Customers
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: Turning Technology into Transformation
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat mengetahui teknologi pendukung transformasi digital.

  1. Mampu menerapkan Cloud computing, IoT, dan teknologi lainnya
  2. Mampu mempelajari Infrastruktur IT dalam digitalisasi.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Building the Digital Infrastructure
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: The Digital Capabilities Your Company Needs
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep transformasi digital, teknologi mengubah bisnis tradisional, menerapkan strategi dan roadmap digital, manajemen proyek, perubahan organisasi dan digital leadership, data dan analitik, serta teknologi terkini dan infrastruktur pendukung transformasi digital

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ujian Tengah Semester (UTS)
1 x 60 menit

Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: Materi Pertemuan 1 -7
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.

Materi: Materi pertemuan 4
Pustaka: Project Management Body of Knowledge 7th edition oleh Project Management Institute
15%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa dapat memahami pentingnya keamanan siber dalam transformasi digital
  2. Mahasiswa dapat memahami pentingnya keamanan privasi dan peraturan terkait keamanan privasi dalam transformasi digital
  1. Mampu menjelaskan Isu keamanan siber dan manajemen risiko.
  2. Mampu memahami Kebijakan privasi dan regulasi.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Managing Cybersecurity and Privacy Risks
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengembangkan strategi pemasaran digital dan pengalaman pelanggan.

  1. Mampu menjelaskan Digital marketing trends
  2. Mampu memahami cara Meningkatkan pengalaman pelanggan melalui digitalisasi.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tes

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Data and Customers
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: Transforming Customer Experience
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mendorong inovasi melalui teknologi digital

  1. Mampu memahami Ekosistem digital dan kolaborasi.
  2. Mampu menerapkan Inovasi dan adaptasi teknologi.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Transforming the Organization
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Turning Technology into Transformation
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengukur dampak dan kesuksesan transformasi digital.

Mampu mengukur KPI dan metrik keberhasilan.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Measuring Success and Driving Continuous Improvement
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Measuring Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori dalam studi kasus nyata.

Mampu menerapkan solusi dalam implementasi transformasi digital

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi, Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Best practice transformasi digital
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memprediksi tren masa depan dalam transformasi digital.

  1. Mampu memahami teknologi masa depan: AI, Blockchain
  2. Mampu memahami Tren dan prediksi transformasi digital.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memprediksi tren masa depan dalam transformasi digital.

  1. Mampu memahami teknologi masa depan: AI, Blockchain
  2. Mampu memahami Tren dan prediksi transformasi digital.
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mampu menerapkan hasil dari capaian pembelajaran selama satu semester

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ujian Akhir Semester (UAS)
1 x 60 menit

Materi: Materi Pertemuan 1 -15
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Materi Pertemuan 1 -15
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: Materi Pertemuan 1 -15
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 17.5%
3. Tes 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.