Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Bisnis

6122303003

T=0

P=0

ECTS=0

1

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-10

Lulusan mampu mengembangkan ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif

PLO-12

Lulusan mampu menguasai teori bidang manajemen secara menyeluruh

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menyimpulkan konsep bisnis dalam era globalisasi

PO - 2

Mampu mengidentifikasi lingkungan bisnis perusahaan

PO - 3

Mampu menyimpulkan kepemilikan bisnis dan wirausaha

PO - 4

Mampu menyimpulkan konsep manajemen tata Kelola organisasi

PO - 5

Mampu menyimpulkan SWOT analysis

PO - 6

Mampu menyimpulkan konsep etika dan tanggung jawab sosial perusahaan

PO - 7

Mampu menyimpulkan aspek pemasaran dalam kegiatan bisnis

PO - 8

Mampu menyimpulkan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kegiatan bisnis

PO - 9

Mampu menyimpulkan aspek keuangan dan akuntansi dalam kegiatan bisnis

PO - 10

Ketepatan menguraikan pengertian SIM dan fungsi SIM

PO - 11

Mampu membuat rencana bisnis (Business Plan) aspek bisnis perusahaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-10PLO-12
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa untuk menguasai wawasan dan ruang lingkup berbagai konsep bisnis di era global. Konsep bisnis ini diperlukan sebagai dasar untuk mempelajari pengetahuan bisnis yang lebih detail dalam studi lanjutan. Mahasiswa juga dibekali untuk memahami skala dan kelompok perusahaan, perencanaan bisnis, lingkungan yang mempengaruhi bisnis, etika bisnis, dan meninjau fungsi bisnis perusahaan. Pembelajaran dilakukan dengan Project Based Learning, Case Study dan Problem Based Learning. Perkuliahan dimulai dengan pemaparan konsep dan prinsip, tugas dan diskusi dengan mahasiswa, presentasi, dan praktik kearsipan. Output pembelajarannya adalah mahasiswa dapat mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi terkait permasalahan dan tantangan dalam kegiatan bisnis.

Pustaka

Utama :

  1. William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
  2. Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Pendukung :

  1. Akter, M. (2022), "Digitalization in the Land Service Delivery: Comparison between Bangladesh and Indonesia", Southeast Asia: A Multidisciplinary Journal, Vol. 22 No. 1, pp. 79-91. https://doi.org/10.1108/SEAMJ-01-2022-B1006
  2. Permatasari, A., Dhewanto, W. and Dellyana, D. (2023), "The role of traditional knowledge-based dynamic capabilities to improve the sustainable performance of weaving craft in Indonesia", Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, Vol. 17 No. 3, pp. 664-683. https://doi.org/10.1108/JEC-11-2021-0156
  3. Kania, I., Anggadwita, G. and Alamanda, D.T. (2021), "A new approach to stimulate rural entrepreneurship through village-owned enterprises in Indonesia", Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, Vol. 15 No. 3, pp. 432-450. https://doi.org/10.1108/JEC-07-2020-0137
  4. Chiengkul, W., Tantipanichkul, T., Boonchom, W., Phuangpornpitak, W. and Suphan, K. (2023), "Social entrepreneurship of small and medium-sized entrepreneurs in Thailand: influence of institutional environment, entrepreneurial passions, and entrepreneurial self-efficacy", Social Enterprise Journal, Vol. 19 No. 4, pp. 370-389. https://doi.org/10.1108/SEJ-01-2023-0005
  5. Garcez, A., Franco, M. and Silva, R. (2023), "The influence of the pillars of digital academic entrepreneurship on university students’ entrepreneurial intention", European Journal of Innovation Management, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/EJIM-01-2023-0051
  6. Kussudyarsana, K., Soepatini, S., Maimun, M.H. and Vemuri, R. (2020), "Examining formal and relational governance in family small medium enterprises: Evidence from Indonesia", Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, Vol. 12 No. 2, pp. 231-257. https://doi.org/10.1108/JEEE-10-2018-0108
  7. Siregar, S.V. and Harahap, S.N. (2023), "The effect of business uncertainty on IT governance", Journal of Financial Reporting and Accounting, Vol. 21 No. 2, pp. 420-433. https://doi.org/10.1108/JFRA-12-2020-0364
  8. Abbas, A. and Frihatni, A.A. (2023), "Gender diversity and firm performances suffering from financial distress: evidence from Indonesia", Journal of Capital Markets Studies, Vol. 7 No. 1, pp. 91-107. https://doi.org/10.1108/JCMS-12-2022-0045
  9. Hendriani, S. (2018), "The role of cooperative development strategy to improving the success of village cooperative (KUD) in Riau Indonesia", International Journal of Law and Management, Vol. 60 No. 1, pp. 87-101. https://doi.org/10.1108/IJLMA-11-2016-0132
  10. Tjandra, N.C., Aroean, L. and Prabandari, Y.S. (2020), "Public evaluation of the ethics of tobacco marketing in Indonesia: symbiotic ethical approach", Qualitative Market Research, Vol. 23 No. 4, pp. 603-626. https://doi.org/10.1108/QMR-01-2020-0011
  11. Tandelilin, E. and Usman, B. (2023), "Toward a better understanding of social impact, CSR reporting and firm performance: a look at the ASEAN banking industry", Social Responsibility Journal, Vol. 19 No. 3, pp. 579-600. https://doi.org/10.1108/SRJ-04-2021-0167
  12. Suranta, S. and Rahmawati, R. (2023), "The role of higher education image and service quality on the effect of university social responsibility (USR) on student loyalty in Indonesia", Journal of Applied Research in Higher Education, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JARHE-11-2022-0338
  13. Hamid, R.S., Ukkas, I., Goso, G., Abror, A., Anwar, S.M. and Munir, A.R. (2023), "The role of social media in building trust, self-perceived creativity and satisfaction for millennial entrepreneurs", Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JSBED-11-2022-0482
  14. Iqbal, M., Mawardi, M.K., Sanawiri, B., Alfisyahr, R. and Syarifah, I. (2023), "Strategic orientation and its role in linking human capital with the performance of small and medium enterprises in Indonesia", Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JRME-11-2021-0150
  15. Abe, M., Troilo, M. and Batsaikhan, O. (2015), "Financing small and medium enterprises in Asia and the Pacific", Journal of Entrepreneurship and Public Policy, Vol. 4 No. 1, pp. 2-32. https://doi.org/10.1108/JEPP-07-2012-0036
  16. Lantu, D.C., Labdhagati, H. and Dewanto, I. (2023), "Workplace e-learning acceptance: combining symmetrical and asymmetrical perspectives", Journal of Workplace Learning, Vol. 35 No. 4, pp. 341-358. https://doi.org/10.1108/JWL-08-2021-0109
  17. Alonso-Vazquez, M., del Pilar Pastor-Pérez, M. and Alonso-Castañón, M.A. (2018), "Management and Business Plan", Sotiriadis, M. (Ed.) The Emerald Handbook of Entrepreneurship in Tourism, Travel and Hospitality, Emerald Publishing Limited, Bingley, pp. 153-168. https://doi.org/10.1108/978-1-78743-529-220181020

Dosen Pengampu

Jaka Nugraha, S.A.B., M.A.B .

Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menyimpulkan konsep bisnis dalam era globalisasi

  1. Ketepatan menelaah konsep bisnis secara umum
  2. Ketepatan menguraiakan sistem ekonomi global dan nasional
  3. Ketepatan menguraikan hubungan antara sistem ekonomi dengan perkembangan bisnis
  4. Ketepatan mengidentifikasi perkembangan dunia bisnis sampai era global
  5. Ketepatan mengidentifikasi tipe persaingan bisnis dalam struktur pasar (persaingan sempurna, monopolistik, monopoli, oligopoli)
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50

Materi: Bisnis di era global
Pustaka: Akter, M. (2022),

Materi: Chapter 1
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.

Materi: Bab 1
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi lingkungan bisnis perusahaan

  1. Ketepatan menguraikan karakteristik lingkungan bisnis perusahan
  2. Ketepatan mengelompokkan lingkungan Internal (berpengaruh secara langsung pada perusahaan): man, money, method, machine, material, dan Enterpreneur, pemasok
  3. Ketepatan mengelompokkan lingkungan Eksternal (berpengaruh secara tidak langsung pada perusahaan): ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, regulasi pemerintah
  4. Ketepatan menelaah lingkungan makro dan lingkungan mikro
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi kasus
3 X 50

Materi: Lingkungan bisnis
Pustaka: Permatasari, A., Dhewanto, W. and Dellyana, D. (2023),

Materi: Bab 2
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 3
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menyimpulkan kepemilikan bisnis dan wirausaha

  1. Ketepatan menguraikan jenis-jenis usaha (manufaktur, jasa, dan dagang)
  2. Ketepatan menelaah kriteria skala usaha mikro, kecil, menengah dan perusahaan besar
  3. Ketepatan menguraikan Bentuk-bentuk badan usaha yang ada (perorangan, CV, PT, Firma, NV, Koperasi, Joint ventura, Leasing, Merger, dan Franchise)
  4. Ketepatan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dari masing –masing bentuk Badan Usaha
  5. Ketepatan menelaah konsep kewirausahaa, tujuan, manfaat, pentingnya karakteristik wirausaha, serta kelebihan dan kekurangan wirausaha
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi kasus
3 X 50

Materi: BUMDes
Pustaka: Kania, I., Anggadwita, G. and Alamanda, D.T. (2021),

Materi: Chapter 4
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.

Materi: Bab 6
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Bab 3
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.
3%

4

Minggu ke 4

Mampu menyimpulkan kepemilikan bisnis dan wirausaha

  1. Ketepatan menguraikan jenis-jenis usaha (manufaktur, jasa, dan dagang)
  2. Ketepatan menelaah kriteria skala usaha mikro, kecil, menengah dan perusahaan besar
  3. Ketepatan menguraikan Bentuk-bentuk badan usaha yang ada (perorangan, CV, PT, Firma, NV, Koperasi, Joint ventura, Leasing, Merger, dan Franchise)
  4. Ketepatan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dari masing –masing bentuk Badan Usaha
  5. Ketepatan menelaah konsep kewirausahaa, tujuan, manfaat, pentingnya karakteristik wirausaha, serta kelebihan dan kekurangan wirausaha
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi kasus
3 X 50

Materi: Kewirausahaan sosial dan UMKM
Pustaka: Chiengkul, W., Tantipanichkul, T., Boonchom, W., Phuangpornpitak, W. and Suphan, K. (2023),

Materi: Chapter 5
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.

Materi: Bab 6
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Bab 3
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menyimpulkan konsep manajemen tata Kelola organisasi

  1. Ketepatan menguraikan pengertian manajemen dan fungsi-fungsi manajemen (POAC)
  2. Ketepatan menelaah tingkatan manajemen dan macam-macam / bentuk struktur organisasi dengan kebaikan dan kelemahan
  3. Ketepatan menguraikan ruang lingkup organisasi beserta visi, misi dan tujuan bisnis
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50

Materi: Kewirausahaan digital
Pustaka: Garcez, A., Franco, M. and Silva, R. (2023),

Materi: Tata kelola bisnis keluarga
Pustaka: Kussudyarsana, K., Soepatini, S., Maimun, M.H. and Vemuri, R. (2020),

Materi: IT Governance
Pustaka: Siregar, S.V. and Harahap, S.N. (2023),

Materi: Gender diversity
Pustaka: Abbas, A. and Frihatni, A.A. (2023),

Materi: Bab 4
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 6
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menyimpulkan SWOT analysis

  1. Ketepatan menguraikan konsep swot analisis, tujuan pembuatan swot analisis
  2. Ketepatan menelaah tahapan pembuatan swot analisis
  3. Ketepatan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal perusahaan
  4. Ketepatan menguraikan peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal perusahaan
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi kasus
3 X 50

Materi: Strategi KUD
Pustaka: Hendriani, S. (2018),

Materi: Chapter 6
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyimpulkan konsep etika dan tanggung jawab sosial perusahaan

  1. Ketepatan menguraikan konsep etika dan norma secara umum, konsep etika bisnis, dan komponen Etika Bisnis
  2. Ketepatan merinci konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)
  3. Ketepatan menguraikan model praktik CSR serta menganalisa praktik CSR dari Perusahaan kecil, sedang, dan besar
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi kasus
3 X 50

Materi: Etika bisnis
Pustaka: Tjandra, N.C., Aroean, L. and Prabandari, Y.S. (2020),

Materi: CSR
Pustaka: Tandelilin, E. and Usman, B. (2023),

Materi: University social responsibility
Pustaka: Suranta, S. and Rahmawati, R. (2023),

Materi: Chapter 2
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.

Materi: Bab 5
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Seluruh Indikator yang Diajarkan sebelum UTS

Kriteria:

Penilaian Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Tes Terstruktur
3 X 50

Materi: Seluruh Materi yang Diajarkan pada Sebelum UTS
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.

Materi: Seluruh Materi yang Diajarkan pada Sebelum UTS
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menyimpulkan aspek pemasaran dalam kegiatan bisnis

  1. Ketepatan merinci konsep pemasaran antara lain fungsi pemasaran dan strategi pemasaran
  2. Ketepatan menguraikan marketing mix (perusahaan secara umum 4 P (product, price, place, promotion) dan perusahaan jasa 7 P (product, price, place, promotion, people, process dan phisical evidance)
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50

Materi: Social media dan pemasaran
Pustaka: Hamid, R.S., Ukkas, I., Goso, G., Abror, A., Anwar, S.M. and Munir, A.R. (2023),

Materi: Bab 9
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 12
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
3%

10

Minggu ke 10

Mampu menyimpulkan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kegiatan bisnis

  1. Ketepatan menguraikan pengertian tentang konsep SDM dan beberapa teori motivasi
  2. Ketepatan menelaah fungsi SDM: analisis kebutuhan TK, perencanaan, recruitment, seleksi, penempatan, pengelolaan, pengembangan dan pemberhentian
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50

Materi: Human capital
Pustaka: Iqbal, M., Mawardi, M.K., Sanawiri, B., Alfisyahr, R. and Syarifah, I. (2023),

Materi: Bab 8
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 9
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu menyimpulkan aspek keuangan dan akuntansi dalam kegiatan bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan pengertian aspek keuangan dalam manajemen keuangan
  2. Ketepatan menganalisis kebutuhan dana, sumber dana, kinerja keuangan, laporan keuangan serta analisis ratio (likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas)
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50

Materi: Keuangan pada SME
Pustaka: Abe, M., Troilo, M. and Batsaikhan, O. (2015),

Materi: Bab 10
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 20
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu menyimpulkan aspek keuangan dan akuntansi dalam kegiatan bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan pengertian aspek keuangan dalam manajemen keuangan
  2. Ketepatan menganalisis kebutuhan dana, sumber dana, kinerja keuangan, laporan keuangan serta analisis ratio (likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan aktivitas)
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50

Materi: keuangan pada UMKM
Pustaka: Abe, M., Troilo, M. and Batsaikhan, O. (2015),

Materi: Bab 10
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 17
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
4%

13

Minggu ke 13

Mampu menyimpulkan SIM dalam ranah bisnis

  1. Ketepatan menguraikan pengertian SIM dan fungsi SIM
  2. Ketepatan menganalisis hubungan SIM dan dunia bisnis serta dampak SIM terhadap tata Kelola perusahaan
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, dan Studi Kasus
3 X 50

Materi: Sistem informasi pada organisasi
Pustaka: Lantu, D.C., Labdhagati, H. and Dewanto, I. (2023),

Materi: Bab 12
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.

Materi: Chapter 16
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu membuat rencana bisnis (Business Plan) aspek bisnis perusahaan
  2. Mampu membuat rencana bisnis dengan format formal (https://web.stanford.edu/group/techventures/resources/busplan-table7.4.pdf)

Ketepatan menguraikan empat aspek bisnis perusahaan

Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus, Project Based Learning
3 X 50

Materi: Manajemen dan Business Plan
Pustaka: Alonso-Vazquez, M., del Pilar Pastor-Pérez, M. and Alonso-Castañón, M.A. (2018),
5%

15

Minggu ke 15

Mampu membuat rencana bisnis (Business Plan) aspek bisnis perusahaan

  1. Ketepatan menguraikan empat aspek bisnis perusahaan
  2. Mampu membuat rencana bisnis dengan format formal (https://web.stanford.edu/group/techventures/resources/busplan-table7.4.pdf)
Kriteria:
  1. 85 < A < 100
  2. 80 < A- < 85
  3. 75 < B < 80
  4. 70 < B < 75
  5. 65 < B- < 70
  6. 60 < C < 65
  7. 55 < C < 60
  8. 40 < D < 55
  9. 0 < E < 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus, Project Based Learning
3 X 50

Materi: Manajemen dan Business Plan
Pustaka: Alonso-Vazquez, M., del Pilar Pastor-Pérez, M. and Alonso-Castañón, M.A. (2018),
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Seluruh Indikator pada Setiap Pertemuan setelah UTS

Kriteria:

Penialain Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Terstruktur
3 X 50

Materi: Seluruh Materi yang Diajarkan setelah UTS
Pustaka: William M. Pride, Robert J. Hughes, Jack R. Kapoor. 2014. Business, Twelfth Edition. USA: South Western Cengage Learning.

Materi: Seluruh Materi yang Diajarkan setelah UTS
Pustaka: Eko Purwanto. 2020. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. Purwokerto Selatan: Sasanti Institute.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.