|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Pendidikan dan Asesmen |
7320104220 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
1 |
21 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi.; M.Si; Ira Darmawanti, S.Psi., M.Psi; Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi.; M.Si
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK-1 Mampu memberikan pendapat dalam kelompok
|
PO - 2 |
CPMK-2 Mampu menunjukkan perilaku obyektif
|
PO - 3 |
CPMK-3 Mampu mengidentifikasi fenomena pendidikan sesuai dengan prosedur yang sesuai
|
PO - 4 |
CPMK-4 Mampu menganalisis fenomena di lingkup pendidikan
|
PO - 5 |
CPMK-5 Mampu menjabarkan hasil analisis fenomena pendidikan secara verbal dan karya tulis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan kontribusi psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teoriteori
belajar, aspek-aspek kepribadian yang berpengaruh terhadap belajar, kesulitan belajar, bimbingan konseling di sekolah, dan
pengelolaan kelas untuk pembelajaran yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung,
penugasan mandiri, dan diskusi kelompok. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Slavin, R. E. (2017). Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed. Boston: Allyn & Bacon
- Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
|
Pendukung : |
|
- Djiwandono, S.E. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
- Anderman, E. M. (2024). Educational Psychology. Developing Learners. New Jersey: Pearson.
- Cline, T. (2024). Educational Psychology. New York: Routledge
- Geary, D. C. (2022). Evolutionary Perspectives on Educational Psychology. Motivation, Instructional Design, and Child Development. Educational Psychology Review 34:2221-2227
- Martin, A.J. (2024). Handbook of Educational Psychology and Students with Special Needs. New York: Routledge.
- Martin, A. J. (2023). Integrating Motivation and Instruction: Towards a Unified Approach in Educational Psychology. Educational Psychology Review 35-54
- Arnianti. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial; 139-152
- Moller, J. (2024). Ten Years of Dimensional Comparison Theory: On the Development of a Theory from Educational Psychology. Educational Psychology Review; 36-82
- Kumar, R. (2022). What is the Role of Race in Educational Psychology? A Review of Research in Educational Psychologist. Educational Psychologist; 1-17
- Darmawanti, I. (2021). Teaching Methods in Indonesian Curriculum. An Analysis Using Video Recordings of History Lesson. Proceedings of International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021). Atlantis Press, p. 280-284 (Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 618). DOI 10.2991/assehr.k.211223.049
- Darmawanti, I., Laksmiwati, H., Maghfiroh, F. (2024). Observasi. Unesa University Press.
- Darmawanti, I. (2019). I Interpreting Facial Expression: A Challenging Study Using Existing Video. Proceedings of the 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). Atlantis Press, Vol. 387. p. 357-360 (Advances in Social Science, Education and Humanities Research). DOI 10.2991/icei-19.2019.85
- Khoirunnisa, R. N., Darmawanti I., Dewi, D.K., Laksmiwati, H. (2023). Students’ Academic Stress in Hybrid Learning During the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 6rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2022). Atlantis Press, ASSEHR 724. p. 748–756
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si. Ira Darmawanti, S.Psi., M.Psi. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. Tirta Firdaus Nuryananda, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi pendidikan |
- Mampu menjelaskan konsep Psikologi
- Mampu menjelaskan konsep Pendidikan
- Mampu menjelaskan konsep Psikologi Pendidikan
|
Kriteria:
- jika mampu menyusun konsep dari 10 definisi, skor 4
- jika mampu menyusun konsep dari 8 definisi, skor 3
- jika mampu menyusun konsep dari 6 definisi, skor 2
- jika mampu menyusun konsep dari 4 definisi, skor 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 menit |
|
Materi: Azwar Pustaka: Materi: Konsep Dasar Psikologi Pendidikan Pustaka: Santrock, J W. & Roehrig A.D. 2024. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami aliran besar dalam psikologi beserta tokoh (behavior, kognitif dan humanistik) |
- Mampu menjelaskan konsep dan teori belajar Psikologi aliran behavior
- Menjelaskan penerapan teori belajar Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov
|
Kriteria:
- Mendapatkan skor 4, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar serta (b) penerapan teori belajar dari keempat tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
- Mendapatkan skor 3, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar serta (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
- Mendapatkan skor 2, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar atau (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
- Mendapatkan skor 1, apabila tidak berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar dan (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 menit |
|
Materi: Konsep dan teori belajar, serta pandangan tokoh aliran behavior (Watson, Thorndike, Skinner, Pavlov) Pustaka: Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami aliran besar dalam psikologi beserta tokoh (behavior, kognitif dan humanistik) |
- Mampu menjelaskan konsep dan teori belajar aliran Psikologi Kognitif dan Humanistik
- Menjelaskan penerapan teori belajar Piaget dan Maslow
|
Kriteria:
- Mendapatkan skor 4, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
- Mendapatkan skor 3, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta (b) penerapan teori belajar dari salah satu tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
- Mendapatkan skor 2, apabila berhasil menjelaskan salah satu dari (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik ATAU (b) penerapan teori belajar dari salah satu tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
- Mendapatkan skor 1, apabila tidak berhasil menjelaskan baik (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta (b) penerapan teori belajar dari salah satu tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 menit |
|
Materi: Konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta teori belajar dari Piaget dan Maslow Pustaka: Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisa teori behavior dan evaluasi perkembangan motorik peserta didik |
Menganalisis teori behavior dan evaluasi perkembangan motor peserta didik |
Kriteria:
- 4, apabila alat ukurnya valid dan relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
- 3, apabila alat ukurnya cukup valid dan relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
- 2, apabila alat ukurnya kurang valid dan relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
- 1, apabila alat ukurnya kurang valid dan kurang relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Teori Perilaku dan Evaluasi Perkembangan Motorik Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisa teori kognitif dan evaluasi perkembangan kognitif peserta didik |
Mampu menganalisis teori kognitif dan perkembangan kognitif dengan tepat |
Kriteria:
- 4, apabila menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif dan menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif
- 3, apabila menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif atau menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif
- 2, apabila menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif atau menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif secara kurang tepat
- 1, apabila secara kurang tepat menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif dan menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Teori Kognitif dan Evaluasi Perkembangan Kognitif Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon Materi: Konsep pengukuran perkembangan kognitif (Bloom) Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisa teori bahasa dan evaluasi perkembangan bahasa peserta didik |
Menganalisis teori bahasa dan perkembangan bahasa |
Kriteria:
- 4, apabila secara tepat menyebutkan minimal 2 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia dan berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
- 3, apabila secara tepat menyebutkan minimal 1 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia dan berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
- 2, apabila secara tepat menyebutkan minimal 2 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia atau berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
- 1, apabila secara tidak tepat menyebutkan 2 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia dan berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Teori Bahasa dan Evaluasi Perkembangan Bahasa Pustaka: Materi: Teori perkembangan bahasa dan instrumen pengukurannya Pustaka: Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisa teori moral dan evaluasi perkembangan moral peserta didik |
Menganalisis teori moral dan evaluasi perkembangan moral |
Kriteria:
- 4, apabila secara tepat memberikan minimal 2 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia dan mampu menjelaskan minimal 2 faktor penyebab pelanggaran moral
- 3, apabila secara tepat memberikan minimal 2 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia dan mampu menjelaskan minimal 1 faktor penyebab pelanggaran moral
- 2, apabila secara tepat memberikan minimal 1 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia dan mampu menjelaskan minimal 1 faktor penyebab pelanggaran moral
- 1, apabila secara tepat memberikan minimal 1 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia atau mampu menjelaskan minimal 1 faktor penyebab pelanggaran moral
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Teori Moral dan Evaluasi Perkembangan Moral Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menjelaskan konsep psikologi pendidikan melalui media poster |
Mampu mempresentasikan poster dengan detail |
Kriteria:
- 4, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep dalam poster dengan benar
- 3, apabila menyebutkan 3 definisi/konsep dalam poster dengan benar
- 2, apabila menyebutkan 2 definisi/konsep dalam poster dengan benar
- 1, apabila menyebutkan 1 definisi/konsep dalam poster dengan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi 200 |
|
Materi: Materi Pembelajaran Pertemuan 1 hingga 7 Pustaka: Santrock, J W. & Roehrig A.D. 2024. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar inteligensi dan perannya dalam proses belajar mengajar |
Mampu menjelaskan konsep dasar intelegensi dan perannya dalam proses belajar mengajar |
Kriteria:
- 4, apabila berhasil menyebutkan 10 definisi/konsep
- 3, apabila berhasil menyebutkan 8 definisi/konsep
- 2, apabila berhasil menyebutkan 6 definisi/konsep
- 1, apabila berhasil menyebutkan 4 definisi/konsep
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Konsep Dasar Inteligensi dan Perannya dalam Proses Belajar Mengajar Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep diri siswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran |
Mampu menjelaskan konsep diri siswa dan pengaruhnya |
Kriteria:
- 4, apabila berhasil menyebutkan 10 definisi/konsep
- 3, apabila berhasil menyebutkan 8 definisi/konsep
- 2, apabila berhasil menyebutkan 6 definisi/konsep
- 1, apabila berhasil menyebutkan 4 definisi/konsep
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Konsep Diri dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep tentang motivasi dan perannya dalam pembelajaran |
Mampu menjelaskan konsep tentang motivasi dan perannya |
Kriteria:
- 4, apabila menyebutkan 10 definisi/konsep
- 3, apabila menyebutkan 8 definisi/konsep
- 2, apabila menyebutkan 6 definisi/konsep
- 1, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Motivasi dan Perannya dalam Pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep keberbakatan, anak berbakat dan pendidikannya |
Menjelaskan konsep keberkatan, anak berbakat, dan pendidikannya |
Kriteria:
- 4, apabila menyebutkan 10 definisi/konsep
- 3, apabila menyebutkan 8 definisi/konsep
- 2, apabila menyebutkan 6 definisi/konsep
- 1, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Keberbakatan, Anak Berbakat, dan Pendidikannya Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi kesulitan belajar akademik dan kesukitan belajar karena gangguan perkembangan |
Menjelaskan kesulitan belajar akademik dan kesulitan belajar karena gangguan perkembangan |
Kriteria:
- 4, apabila menyebutkan 10 definisi/konsep
- 3, apabila menyebutkan 8 definisi/konsep
- 2, apabila menyebutkan 6 definisi/konsep
- 1, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 200 |
|
Materi: Kesulitan Belajar Akademik dan Kesulitan Belajar karena Gangguan Perkembangan Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point |
Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point |
Kriteria:
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 8
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 200 |
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point |
Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point |
Kriteria:
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 8
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 200 |
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point |
Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point |
Kriteria:
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 8
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi 200 |
|
|
10% |