Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Psikologi Pendidikan dan Asesmen

7320104220

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

1

21 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi.; M.Si; Ira Darmawanti, S.Psi., M.Psi; Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.




Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi.; M.Si




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip-prinsip literasi data dan pelaporan hasil sainstifik yang bebas plagiarisme dan berlandaskan pada integritas akademik

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK-1 Mampu memberikan pendapat dalam kelompok

PO - 2

CPMK-2 Mampu menunjukkan perilaku obyektif

PO - 3

CPMK-3 Mampu mengidentifikasi fenomena pendidikan sesuai dengan prosedur yang sesuai

PO - 4

CPMK-4 Mampu menganalisis fenomena di lingkup pendidikan

PO - 5

CPMK-5 Mampu menjabarkan hasil analisis fenomena pendidikan secara verbal dan karya tulis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-8
PO-1   
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan kontribusi psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teoriteori belajar, aspek-aspek kepribadian yang berpengaruh terhadap belajar, kesulitan belajar, bimbingan konseling di sekolah, dan pengelolaan kelas untuk pembelajaran yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung, penugasan mandiri, dan diskusi kelompok.

Pustaka

Utama :

  1. Slavin, R. E. (2017). Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed. Boston: Allyn & Bacon
  2. Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill

Pendukung :

  1. Djiwandono, S.E. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
  2. Anderman, E. M. (2024). Educational Psychology. Developing Learners. New Jersey: Pearson.
  3. Cline, T. (2024). Educational Psychology. New York: Routledge
  4. Geary, D. C. (2022). Evolutionary Perspectives on Educational Psychology. Motivation, Instructional Design, and Child Development. Educational Psychology Review 34:2221-2227
  5. Martin, A.J. (2024). Handbook of Educational Psychology and Students with Special Needs. New York: Routledge.
  6. Martin, A. J. (2023). Integrating Motivation and Instruction: Towards a Unified Approach in Educational Psychology. Educational Psychology Review 35-54
  7. Arnianti. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial; 139-152
  8. Moller, J. (2024). Ten Years of Dimensional Comparison Theory: On the Development of a Theory from Educational Psychology. Educational Psychology Review; 36-82
  9. Kumar, R. (2022). What is the Role of Race in Educational Psychology? A Review of Research in Educational Psychologist. Educational Psychologist; 1-17
  10. Darmawanti, I. (2021). Teaching Methods in Indonesian Curriculum. An Analysis Using Video Recordings of History Lesson. Proceedings of International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021). Atlantis Press, p. 280-284 (Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 618). DOI 10.2991/assehr.k.211223.049
  11. Darmawanti, I., Laksmiwati, H., Maghfiroh, F. (2024). Observasi. Unesa University Press.
  12. Darmawanti, I. (2019). I Interpreting Facial Expression: A Challenging Study Using Existing Video. Proceedings of the 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). Atlantis Press, Vol. 387. p. 357-360 (Advances in Social Science, Education and Humanities Research). DOI 10.2991/icei-19.2019.85
  13. Khoirunnisa, R. N., Darmawanti I., Dewi, D.K., Laksmiwati, H. (2023). Students’ Academic Stress in Hybrid Learning During the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 6rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2022). Atlantis Press, ASSEHR 724. p. 748–756

Dosen Pengampu

Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si.

Ira Darmawanti, S.Psi., M.Psi.

Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Tirta Firdaus Nuryananda, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi pendidikan

  1. Mampu menjelaskan konsep Psikologi
  2. Mampu menjelaskan konsep Pendidikan
  3. Mampu menjelaskan konsep Psikologi Pendidikan
Kriteria:
  1. jika mampu menyusun konsep dari 10 definisi, skor 4
  2. jika mampu menyusun konsep dari 8 definisi, skor 3
  3. jika mampu menyusun konsep dari 6 definisi, skor 2
  4. jika mampu menyusun konsep dari 4 definisi, skor 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200 menit

Materi: Azwar
Pustaka:

Materi: Konsep Dasar Psikologi Pendidikan
Pustaka: Santrock, J W. & Roehrig A.D. 2024. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami aliran besar dalam psikologi beserta tokoh (behavior, kognitif dan humanistik)

  1. Mampu menjelaskan konsep dan teori belajar Psikologi aliran behavior
  2. Menjelaskan penerapan teori belajar Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov
Kriteria:
  1. Mendapatkan skor 4, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar serta (b) penerapan teori belajar dari keempat tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
  2. Mendapatkan skor 3, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar serta (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
  3. Mendapatkan skor 2, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar atau (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat
  4. Mendapatkan skor 1, apabila tidak berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar dan (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Watson, Thorndike, Skinner, dan Pavlov) secara tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200 menit

Materi: Konsep dan teori belajar, serta pandangan tokoh aliran behavior (Watson, Thorndike, Skinner, Pavlov)
Pustaka: Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami aliran besar dalam psikologi beserta tokoh (behavior, kognitif dan humanistik)

  1. Mampu menjelaskan konsep dan teori belajar aliran Psikologi Kognitif dan Humanistik
  2. Menjelaskan penerapan teori belajar Piaget dan Maslow
Kriteria:
  1. Mendapatkan skor 4, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta (b) penerapan teori belajar dari kedua tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
  2. Mendapatkan skor 3, apabila berhasil menjelaskan (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta (b) penerapan teori belajar dari salah satu tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
  3. Mendapatkan skor 2, apabila berhasil menjelaskan salah satu dari (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik ATAU (b) penerapan teori belajar dari salah satu tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat
  4. Mendapatkan skor 1, apabila tidak berhasil menjelaskan baik (a) konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta (b) penerapan teori belajar dari salah satu tokoh (Piaget dan Maslow) secara tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200 menit

Materi: Konsep dan teori belajar aliran kognitif dan humanistik serta teori belajar dari Piaget dan Maslow
Pustaka: Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisa teori behavior dan evaluasi perkembangan motorik peserta didik

Menganalisis teori behavior dan evaluasi perkembangan motor peserta didik

Kriteria:
  1. 4, apabila alat ukurnya valid dan relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
  2. 3, apabila alat ukurnya cukup valid dan relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
  3. 2, apabila alat ukurnya kurang valid dan relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan
  4. 1, apabila alat ukurnya kurang valid dan kurang relevan terhadap rentang usia pada konsep yang digunakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Teori Perilaku dan Evaluasi Perkembangan Motorik
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisa teori kognitif dan evaluasi perkembangan kognitif peserta didik

Mampu menganalisis teori kognitif dan perkembangan kognitif dengan tepat

Kriteria:
  1. 4, apabila menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif dan menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif
  2. 3, apabila menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif atau menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif
  3. 2, apabila menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif atau menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif secara kurang tepat
  4. 1, apabila secara kurang tepat menyebutkan minimal 1 contoh instrumen perkembangan kognitif dan menyusun 1 instrumen yang mengukur kognitif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Teori Kognitif dan Evaluasi Perkembangan Kognitif
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon

Materi: Konsep pengukuran perkembangan kognitif (Bloom)
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisa teori bahasa dan evaluasi perkembangan bahasa peserta didik

Menganalisis teori bahasa dan perkembangan bahasa

Kriteria:
  1. 4, apabila secara tepat menyebutkan minimal 2 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia dan berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
  2. 3, apabila secara tepat menyebutkan minimal 1 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia dan berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
  3. 2, apabila secara tepat menyebutkan minimal 2 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia atau berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia
  4. 1, apabila secara tidak tepat menyebutkan 2 contoh perkembangan bahasa berdasarkan tahapan usia dan berhasil menyusun instrumen perkembangan bahasa sesuai tahapan usia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Teori Bahasa dan Evaluasi Perkembangan Bahasa
Pustaka:

Materi: Teori perkembangan bahasa dan instrumen pengukurannya
Pustaka: Santrock, J.W. & Roehrig A.D. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisa teori moral dan evaluasi perkembangan moral peserta didik

Menganalisis teori moral dan evaluasi perkembangan moral

Kriteria:
  1. 4, apabila secara tepat memberikan minimal 2 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia dan mampu menjelaskan minimal 2 faktor penyebab pelanggaran moral
  2. 3, apabila secara tepat memberikan minimal 2 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia dan mampu menjelaskan minimal 1 faktor penyebab pelanggaran moral
  3. 2, apabila secara tepat memberikan minimal 1 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia dan mampu menjelaskan minimal 1 faktor penyebab pelanggaran moral
  4. 1, apabila secara tepat memberikan minimal 1 contoh perkembangan moral berdasarkan tahapan usia atau mampu menjelaskan minimal 1 faktor penyebab pelanggaran moral

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Teori Moral dan Evaluasi Perkembangan Moral
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

8

Minggu ke 8

Mampu menjelaskan konsep psikologi pendidikan melalui media poster

Mampu mempresentasikan poster dengan detail

Kriteria:
  1. 4, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep dalam poster dengan benar
  2. 3, apabila menyebutkan 3 definisi/konsep dalam poster dengan benar
  3. 2, apabila menyebutkan 2 definisi/konsep dalam poster dengan benar
  4. 1, apabila menyebutkan 1 definisi/konsep dalam poster dengan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi
200

Materi: Materi Pembelajaran Pertemuan 1 hingga 7
Pustaka: Santrock, J W. & Roehrig A.D. 2024. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar inteligensi dan perannya dalam proses belajar mengajar

Mampu menjelaskan konsep dasar intelegensi dan perannya dalam proses belajar mengajar

Kriteria:
  1. 4, apabila berhasil menyebutkan 10 definisi/konsep
  2. 3, apabila berhasil menyebutkan 8 definisi/konsep
  3. 2, apabila berhasil menyebutkan 6 definisi/konsep
  4. 1, apabila berhasil menyebutkan 4 definisi/konsep

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Konsep Dasar Inteligensi dan Perannya dalam Proses Belajar Mengajar
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep diri siswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran

Mampu menjelaskan konsep diri siswa dan pengaruhnya

Kriteria:
  1. 4, apabila berhasil menyebutkan 10 definisi/konsep
  2. 3, apabila berhasil menyebutkan 8 definisi/konsep
  3. 2, apabila berhasil menyebutkan 6 definisi/konsep
  4. 1, apabila berhasil menyebutkan 4 definisi/konsep

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Konsep Diri dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep tentang motivasi dan perannya dalam pembelajaran

Mampu menjelaskan konsep tentang motivasi dan perannya

Kriteria:
  1. 4, apabila menyebutkan 10 definisi/konsep
  2. 3, apabila menyebutkan 8 definisi/konsep
  3. 2, apabila menyebutkan 6 definisi/konsep
  4. 1, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Motivasi dan Perannya dalam Pembelajaran
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep keberbakatan, anak berbakat dan pendidikannya

Menjelaskan konsep keberkatan, anak berbakat, dan pendidikannya

Kriteria:
  1. 4, apabila menyebutkan 10 definisi/konsep
  2. 3, apabila menyebutkan 8 definisi/konsep
  3. 2, apabila menyebutkan 6 definisi/konsep
  4. 1, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Keberbakatan, Anak Berbakat, dan Pendidikannya
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi kesulitan belajar akademik dan kesukitan belajar karena gangguan perkembangan

Menjelaskan kesulitan belajar akademik dan kesulitan belajar karena gangguan perkembangan

Kriteria:
  1. 4, apabila menyebutkan 10 definisi/konsep
  2. 3, apabila menyebutkan 8 definisi/konsep
  3. 2, apabila menyebutkan 6 definisi/konsep
  4. 1, apabila menyebutkan 4 definisi/konsep

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
200

Materi: Kesulitan Belajar Akademik dan Kesulitan Belajar karena Gangguan Perkembangan
Pustaka: Slavin, Robert E. 2017. Educational Psychology: Theory and Practice, 12th ed.Boston: Allyn & Bacon
5%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point

Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point

Kriteria:
  1. Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
  2. Mampu mempresentasikan dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 8
  3. Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
  4. Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
  5. Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi
200

10%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point

Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point

Kriteria:
  1. Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
  2. Mampu mempresentasikan dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 8
  3. Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
  4. Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
  5. Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi
200

10%

16

Minggu ke 16

Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point

Mempresentasikan psikoedukasi dalam bentuk presentasi, video, modul, dan power point

Kriteria:
  1. Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
  2. Mampu mempresentasikan dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 8
  3. Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
  4. Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
  5. Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi
200

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53.33%
3. Penilaian Portofolio 3.33%
4. Praktik / Unjuk Kerja 13.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.