Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Potensi Ekonomi Daerah

8722003124

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mohammad Wasil, S.Pd., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan

PLO-7

Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjabarkan konsep, fungsi, tujuan, dan ruang lingkup keuangan daerah

PO - 2

Mampu menjabarkan konsep dan Manajemen Penadapatan Daerah

PO - 3

Mampu menjelaskan dan melakukan analisis Kinerja Keuangan Daerah

PO - 4

Mampu menjabarkan konsep dan manajemen belanja daerah

PO - 5

Mampu menjabarkan konsep dan manajemen pembiayaan daerah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisisi Potensi Ekonomi Daerah merupakan mata kuliah yang diharapkan mahasiswa mampu memahami dan melakukan analisis keuangan daerah untuk membantu para pengambil keputusan di pemerintah daerah berkenaan dengan pembuatan keputusan keuangan berkaitan dengan reformasi manajemen keuangan di daerah, analisis laporan keuangan daerah, manajemen pendapatan daerah, manajemen belanja daerah, dan manajemen pembiayaan daerah.

Pustaka

Utama :

  1. Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keungan Daerah. Yogyakarta: Penerbit Andi
  2. Abdul Halim. (2004). Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
  3. Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan tentang Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Daerah

1. Pengertian Manajemen Keuangan Daerah; 2. Fungsi Manajemen Keuangan Daerah; 3. Tujuan Manajemen Keuangan Daerah; 4. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Daerah

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Daerah
Pustaka: Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keungan Daerah. Yogyakarta: Penerbit Andi
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Sumber - Sumber Pendapatan Daerah

1. Pendapatan Asli Daerah; 2. Pendapatan Transfer; 3. Lain-lain Pendapatan Daerah

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3 x 50

Materi: Sumber - Sumber Pendapatan Daerah
Pustaka: Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keungan Daerah. Yogyakarta: Penerbit Andi
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kinerja Keuangan Daerah

1. Konsep Kinerja Keuangan Daerah; 2. Analisis Realisasi Anggaran

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Kinerja Keuangan Daerah
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Analisis Rasio Laporan Keuangan daerah

1. Analisis Rasio Kemandirian dan Ketergantungan Keuangan Daerah; 2. Analisis Rasio Belanja Daerah; 3. Analisis Rasio Pembiayaan Daerah

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Analisis Rasio Laporan Keuangan daerah
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan tentang Manajemen Pendapatan Daerah

1. Konsep Manajemen Pendapatan Daerah; 2. Siklus Manajemen Pendapatan Daerah; 3. Sumber-sumber Pendapatan Daerah

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Manajemen Pendapatan Daerah
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan melakukan Estimasi Pendapatan

1. Teknik Prakiraan Pendapatan Daerah; 2. Permasalahan Prakiraan Pendapatan Daerah

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: Estimasi Pendapatan
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Analisis Potensi Pendapatan

1. Konsep Potensi Pendapatan; 2. Menghitung Potensi Potensi Pendapatan (Basis Mikro dan Makro)

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Analisis Potensi Pendapatan
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran

Project Based Learning
3x50

5%

9

Minggu ke 9

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Klasifikasi Belanja Daerah

1. Konsep Belanja Daerah; 2. Klasifikasi Belanja Daerah berdasarkan Peraturan Perundangan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Klasifikasi Belanja Daerah
Pustaka: Abdul Halim. (2004). Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Manajemen Belanja Daerah

1. Konsep Manajemen Belanja Daerah; 2. Prinsip Manajemen Belanja Daerah; 3. Kebijakan Manajemen Belanja Daerah

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Manajemen Belanja Daerah
Pustaka: Abdul Halim. (2004). Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Analisis Standar Belanja

1. Konsep Analisis Standar Belanja; 2. Perhitungan Analisis Standar Belanja

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Analisis Standar Belanja
Pustaka: Abdul Halim. (2004). Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Manajemen Kas dan Anggaran Kas

1. Konsep Manajemen Kas dan Anggaran Kas; 2. Tujuan Manajemen Kas dan Anggaran Kas; 3. Siklus Manajemen Kas dan Anggaran Kas

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Manajemen Kas dan Anggaran Kas
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Sumber-sumber Pembiayaan Daerah

1. Konsep Pembiayaan Daerah; 2. Sumber-sumber Pembiayaan Daerah

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Sumber-sumber Pembiayaan Daerah
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami dan menjelsakan tentang Manajemen Pembiayaan dan Investasi Daerah

1. Konsep Manajemen Pembiayaan dan Investasi Daerah; 2. Prinsip dan Kebijakan Manajemen Pembiayaan dan Investasi Daerah


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Manajemen Pembiayaan dan Investasi Daerah
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan Manajemen Utang dan Investasi

1. Konsep Manajemen Utang dan Investasi; 2. Prinsip dan Kebijakan Manajemen Utang dan Investasi

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: Manajemen Utang dan Investasi
Pustaka: Mahmudi, 2010, Manajemen Keuangan Daerah, Erlangga, Jakarta
5%

16

Minggu ke 16

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3x50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.