Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Persamaan Diferensial

2020103458

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro

PLO-6

Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika teknik II untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan

PO - 2

Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan yang berkenaan dengan topik dasar matematika teknik II

PO - 3

Mampu menerapkan metode dan keterampilan dasar matematika teknik II yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan

PO - 4

Mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan seni budaya

PO - 5

Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat di bidang matematika teknik II yang terkait dengan isu isu kekinian yang relevan

PO - 6

Mahasiswa dapat memahami hubungan logaritma natural dengan eksponensialMahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan penggunaan eksponensial dalam permasalahan sehari-hari (estimasi pertumbuhan dan peluruhan populasi) dan juga membuat diagramnya

PO - 7

Mahasiswa dapat memahami sistem bilangan kompleks secara umum, Mahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aljabar bilangan kompleks dan fungsi persamaannya serta sifat-sifatnya

PO - 8

Mampu menyelesaikan soal-soal ujian tengah semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7

PO - 9

Mahasiswa dapat memahami konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya

PO - 10

Mahasiswa dapat memahami diagram ArgandMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan fungsi bilangan kompleks pada diagram Argand

PO - 11

Mahasiswa dapat memahami koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus EulerMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus Euler

PO - 12

Mahasiswa dapat memahami modulus bilangan kompleks dan sifat-sifatnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan modulus bilangan kompleks dan sifat-sifat modulus bilangan kompleks

PO - 13

Mahasiswa dapat memahami rumus de Moivre dan akar bilangan komplek

PO - 14

Mahasiswa dapat memahami persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya. Mahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya

PO - 15

Mahasiswa dapat memahami limit satu sisi. Mahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan limit satu sisi

PO - 16

Mampu menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 15

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15   
PO-16   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melalui perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan Fungsi Multivariabel (Turunan Parsial, menyelesaikan Integral rangkap dua, dan tiga beserta aplikasinya), Persamaan Diferensial Biasa, transormasi z, dan transformasi furrier dengan menggunakan model pembelajaran case method dalam perkuliahan

Pustaka

Utama :

  1. Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
  2. K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
  3. Xin-She Yang. 2017. Engineering Mathematics with Examples and Applications. Middlesex University. School of Science and Technology. London, United Kingdom
  4. Alan Jeffrey. 2002. Advanced Engineering Mathematics. University of Newcastle-upon-Ttyne. Harcourt/Academic Press

Pendukung :

  1. Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. Pepes Louis A & Harvill Lawrence R. 1985. Applied Mathematics for Engineering and physics. McGraw Hill.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat memahami persamaan differensial orde 1 dan orde 2.Mahasiswa dapat menganalisa dan mampu menyelesaikan permasalahan persamaan differensialrde 1 dan orde 2

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan mampu menyelesaikan permasalahan persamaan differensial orde 1 dan orde 2

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1
Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui integrasi langsung Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui pemisahan variabel

Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui integrasi langsung dan pemisahan variabel

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 2
Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui subtitusi Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui persamaan linier (Factor Integral)

Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui subtitusi dan persamaan linier (Factor Iintegral)

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 3
Pustaka: K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami Persamaan Diferensial Biasa Orde n Koefisien KonstanMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan Persamaan Diferensial Biasa Orde n Koefisien Konstan

Mahasiswa dapat memahami serta menganalisa dan menyelesaikan permasalahan Persamaan Diferensial Biasa Orde n Koefisien Konstan

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 4
Pustaka: K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa dan menyelesaikan SUPD Linear Orde Dua Homogen Koefisien KonstanMahasiswa dapat memahami, menganalisa dan menyelesaikan SKPD Linear Orde Dua Homogen Koefisien Konstan

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa dan menyelesaikan SUPD dan SKPD Linear Orde Dua Homogen Koefisien Konstan

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 5
Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memahami hubungan logaritma natural dengan eksponensialMahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan penggunaan eksponensial dalam permasalahan sehari-hari (estimasi pertumbuhan dan peluruhan populasi) dan juga membuat diagramnya

Mahasiswa dapat memahami hubungan logaritma natural dengan eksponensial serta mampu menganalisa dan menyelesaikan permasalahan fungsi eksponensial sehari-hari (estimasi pertumbuhan dan peluruhan populasi) dan juga membuat diagramnya

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 6
Pustaka: K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat memahami sistem bilangan kompleks secara umumMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aljabar bilangan kompleks dan fungsi persamaannya serta sifat-sifatnya

Mahasiswa dapat memahami sistem bilangan kompleks secara umum serta dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aljabar bilangan kompleks dan fungsi persamaannya serta sifat-sifatnya

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 7
Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
5%

8

Minggu ke 8

Mampu menyelesaikan soal-soal ujian tengah semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7

Mampu menyelesaikan soal-soal ujian tengah semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Tes
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat memahami konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya

Mahasiswa dapat memahami konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya serta dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 9
Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat memahami diagram ArgandMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan fungsi bilangan kompleks pada diagram Argand

Mahasiswa dapat memahami diagram Argand serta dapat menganalisa dan menyelesaikan fungsi bilangan kompleks pada diagram Argand

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 10
Pustaka: Pepes Louis A & Harvill Lawrence R. 1985. Applied Mathematics for Engineering and physics. McGraw Hill.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat memahami koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus EulerMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus Euler

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus Euler

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 11
Pustaka: Xin-She Yang. 2017. Engineering Mathematics with Examples and Applications. Middlesex University. School of Science and Technology. London, United Kingdom
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat memahami modulus bilangan kompleks dan sifat-sifatnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan modulus bilangan kompleks dan sifat-sifat modulus bilangan kompleks

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan permasalahan modulus bilangan kompleks dan sifat-sifat modulus bilangan kompleks

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 12
Pustaka: Alan Jeffrey. 2002. Advanced Engineering Mathematics. University of Newcastle-upon-Ttyne. Harcourt/Academic Press
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat memahami rumus de Moivre dan akar bilangan kompleksMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan persamaan de Moivre dan akar bilangan kompleks

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan persamaan de Moivre dan akar bilangan kompleks

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 13
Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat memahami persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 14
Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat memahami limit satu sisiMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan limit satu sisi

Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan limit satu sisi

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 15
Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 15

Mampu menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 15

Kriteria:
  1. Kriteria Nilai:
  2. Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55

Bentuk Penilaian :
Tes
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-15
Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.