
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Persamaan Diferensial |
2020103458 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro |
PLO-6 |
Mampu mendesain komponen sistem dan/atau proses untuk dapat diaplikasikan di bidang teknik elektro |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan pengetahuan dasar matematika teknik II untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
|
PO - 2 |
Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan yang berkenaan dengan topik dasar matematika teknik II
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan metode dan keterampilan dasar matematika teknik II yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan
|
PO - 4 |
Mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan seni budaya
|
PO - 5 |
Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat di bidang matematika teknik II yang terkait dengan isu isu kekinian yang relevan
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat memahami hubungan logaritma natural dengan eksponensialMahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan penggunaan eksponensial dalam permasalahan sehari-hari (estimasi pertumbuhan dan peluruhan populasi) dan juga membuat diagramnya
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat memahami sistem bilangan kompleks secara umum, Mahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aljabar bilangan kompleks dan fungsi persamaannya serta sifat-sifatnya
|
PO - 8 |
Mampu menyelesaikan soal-soal ujian tengah semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat memahami konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya
|
PO - 10 |
Mahasiswa dapat memahami diagram ArgandMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan fungsi bilangan kompleks pada diagram Argand
|
PO - 11 |
Mahasiswa dapat memahami koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus EulerMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus Euler
|
PO - 12 |
Mahasiswa dapat memahami modulus bilangan kompleks dan sifat-sifatnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan modulus bilangan kompleks dan sifat-sifat modulus bilangan kompleks
|
PO - 13 |
Mahasiswa dapat memahami rumus de Moivre dan akar bilangan komplek
|
PO - 14 |
Mahasiswa dapat memahami persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya. Mahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya
|
PO - 15 |
Mahasiswa dapat memahami limit satu sisi. Mahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan limit satu sisi
|
PO - 16 |
Mampu menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 15
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | | PO-4 | | | | PO-5 | | | | PO-6 | | | | PO-7 | | | | PO-8 | | | | PO-9 | | | | PO-10 | | | | PO-11 | | | | PO-12 | | | | PO-13 | | | | PO-14 | | | | PO-15 | | | | PO-16 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Melalui perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan Fungsi Multivariabel (Turunan Parsial, menyelesaikan Integral rangkap dua, dan tiga beserta aplikasinya), Persamaan Diferensial Biasa, transormasi z, dan transformasi furrier dengan menggunakan model pembelajaran case method dalam perkuliahan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains
- K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga
- Xin-She Yang. 2017. Engineering Mathematics with Examples and Applications. Middlesex University. School of Science and Technology. London, United Kingdom
- Alan Jeffrey. 2002. Advanced Engineering Mathematics. University of Newcastle-upon-Ttyne. Harcourt/Academic Press
|
Pendukung : |
|
- Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- Pepes Louis A & Harvill Lawrence R. 1985. Applied Mathematics for Engineering and physics. McGraw Hill.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat memahami persamaan differensial orde 1 dan orde 2.Mahasiswa dapat menganalisa dan mampu menyelesaikan permasalahan persamaan differensialrde 1 dan orde 2 |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan mampu menyelesaikan permasalahan persamaan differensial orde 1 dan orde 2 |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui integrasi langsung Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui pemisahan variabel |
Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui integrasi langsung dan pemisahan variabel |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 2 Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui subtitusi Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui persamaan linier (Factor Integral) |
Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan persamaan differensial melalui subtitusi dan persamaan linier (Factor Iintegral) |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 3 Pustaka: K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat memahami Persamaan Diferensial Biasa Orde n Koefisien KonstanMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan Persamaan Diferensial Biasa Orde n Koefisien Konstan |
Mahasiswa dapat memahami serta menganalisa dan menyelesaikan permasalahan Persamaan Diferensial Biasa Orde n Koefisien Konstan |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 4 Pustaka: K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa dan menyelesaikan SUPD Linear Orde Dua Homogen Koefisien KonstanMahasiswa dapat memahami, menganalisa dan menyelesaikan SKPD Linear Orde Dua Homogen Koefisien Konstan |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa dan menyelesaikan SUPD dan SKPD Linear Orde Dua Homogen Koefisien Konstan |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 5 Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat memahami hubungan logaritma natural dengan eksponensialMahasiswa dapat memahami dan mampu menyelesaikan penggunaan eksponensial dalam permasalahan sehari-hari (estimasi pertumbuhan dan peluruhan populasi) dan juga membuat diagramnya |
Mahasiswa dapat memahami hubungan logaritma natural dengan eksponensial serta mampu menganalisa dan menyelesaikan permasalahan fungsi eksponensial sehari-hari (estimasi pertumbuhan dan peluruhan populasi) dan juga membuat diagramnya |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 6 Pustaka: K A Stroud. 2015. Matematika untuk Teknik. Bandung: Erlangga |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat memahami sistem bilangan kompleks secara umumMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aljabar bilangan kompleks dan fungsi persamaannya serta sifat-sifatnya |
Mahasiswa dapat memahami sistem bilangan kompleks secara umum serta dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aljabar bilangan kompleks dan fungsi persamaannya serta sifat-sifatnya |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 7 Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menyelesaikan soal-soal ujian tengah semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7 |
Mampu menyelesaikan soal-soal ujian tengah semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 7 |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Tes |
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1-7 Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat memahami konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya |
Mahasiswa dapat memahami konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya serta dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan konjugasi fungsi persamaan bilangan kompleks dan sifat-sifat aljabarnya |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 9 Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat memahami diagram ArgandMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan fungsi bilangan kompleks pada diagram Argand |
Mahasiswa dapat memahami diagram Argand serta dapat menganalisa dan menyelesaikan fungsi bilangan kompleks pada diagram Argand |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 10 Pustaka: Pepes Louis A & Harvill Lawrence R. 1985. Applied Mathematics for Engineering and physics. McGraw Hill. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat memahami koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus EulerMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus Euler |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan koordinat polar bilangan kompleks dan aplikasi ke dalam rumus Euler |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 11 Pustaka: Xin-She Yang. 2017. Engineering Mathematics with Examples and Applications. Middlesex University. School of Science and Technology. London, United Kingdom |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat memahami modulus bilangan kompleks dan sifat-sifatnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan modulus bilangan kompleks dan sifat-sifat modulus bilangan kompleks |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan permasalahan modulus bilangan kompleks dan sifat-sifat modulus bilangan kompleks |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 12 Pustaka: Alan Jeffrey. 2002. Advanced Engineering Mathematics. University of Newcastle-upon-Ttyne. Harcourt/Academic Press |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat memahami rumus de Moivre dan akar bilangan kompleksMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan persamaan de Moivre dan akar bilangan kompleks |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan persamaan de Moivre dan akar bilangan kompleks |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 13 Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat memahami persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnyaMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan persamaan differensial Legendre dan operasi aljabarnya |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 14 Pustaka: Kreyszig. Erwin. 1993. Matematika Teknik Lanjutan. Edisi-6, buku 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat memahami limit satu sisiMahasiswa dapat menganalisa dan menyelesaikan permasalahan limit satu sisi |
Mahasiswa dapat memahami, menganalisa, dan menyelesaikan permasalahan limit satu sisi |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan: SaintifikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan dan Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 15 Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 15 |
Mampu menyelesaikan soal-soal ujian akhir semester sesuai materi pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 15 |
Kriteria:
- Kriteria Nilai:
- Istimewa : 90 sd 100;Sangat Baik : 76 sd 89;Rata-rata : 56 sd 75;Dibawah rata-rata: 0 sd 55
Bentuk Penilaian : Tes |
Pendekatan: SaintefikMetode : Tanya jawab dan penugasanModel: KooperatifStrategi Pembelajaran: Penugasan, tugas kelompok, Keaktifan selama PBM 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1-15 Pustaka: Mursita, Danang. 2011. Matematika untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Rekayasa Sains |
30% |