Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktikum latihan fisik cabang olahraga

8520604063

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengetahui dan memahami dasar-dasar latihan fisik yang diperlukan dalam berbagai cabang olahraga.

PO - 2

Merancang program latihan fisik yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik atlet dari cabang olahraga yang berbeda.

PO - 3

Menerapkan teknik dan metode latihan yang efektif untuk mening

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1      
PO-2      
PO-3      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Praktikum Latihan Fisik Cabang Olahraga ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program latihan fisik untuk berbagai cabang olahraga. Praktikum ini akan mengajarkan mahasiswa tentang cara melatih fisik atlet dalam konteks cabang olahraga tertentu, yang meliputi teknik, metode, serta pemantauan kondisi fisik dan perkembangan atlet. Mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan dalam menyusun latihan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan fisik cabang olahraga yang dipilih. Selain itu, mereka juga akan dilatih untuk memahami pentingnya berbagai komponen kebugaran (seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelincahan, dan fleksibilitas) dalam meningkatkan performa atlet.

Pustaka

Utama :

  1. Exercise Physiology: Energy, Nutrition, and Human Performance oleh William D. McArdle
  2. Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
  3. ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pertemuan 1: Pengenalan Latihan Fisik dalam Cabang Olahraga

Topik: Konsep latihan fisik untuk cabang olahraga, pentingnya kebugaran dalam olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Exercise Physiology: Energy, Nutrition, and Human Performance oleh William D. McArdle
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Komponen Kebugaran dalam Olahraga

Topik: Penjelasan tentang komponen kebugaran fisik: kekuatan, daya tahan, kecepatan, fleksibilitas, dan kelincahan.

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

3

Minggu ke 3

rubrik penilaian

Kriteria:

memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Evaluasi Kebugaran Fisik Atlet

Topik: Pengukuran dan evaluasi kebugaran fisik atlet menggunakan tes standar.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Exercise Physiology: Energy, Nutrition, and Human Performance oleh William D. McArdle
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Latihan Kekuatan untuk Atlet

Topik: Teknik dan program latihan kekuatan untuk cabang olahraga tertentu.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Latihan Ketahanan dan Daya Tahan Kardiovaskular

Topik: Latihan aerobik dan anaerobik untuk meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru atlet.

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Latihan Fleksibilitas dan Mobilitas

Topik: Program latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas tubuh atlet.

Materi: ...
Pustaka: Exercise Physiology: Energy, Nutrition, and Human Performance oleh William D. McArdle
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Latihan Kecepatan dan Kelincahan

Topik: Teknik dan latihan untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan dalam cabang olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

Topik: Evaluasi terhadap pemahaman mahasiswa mengenai latihan fisik cabang olahraga, serta aplikasi praktikum yang telah dipelajari.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Latihan Spesifik Cabang Olahraga (Sepak Bola)

Topik: Program latihan untuk meningkatkan kebugaran fisik atlet sepak bola (kekuatan kaki, kecepatan, ketahanan).
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Exercise Physiology: Energy, Nutrition, and Human Performance oleh William D. McArdle
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Latihan Spesifik Cabang Olahraga (Basketball)

Topik: Program latihan untuk atlet bola basket, meliputi latihan kekuatan, kelincahan, dan kecepatan.

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Latihan Spesifik Cabang Olahraga (Lari Sprint)

Topik: Program latihan untuk atlet lari sprint, meliputi latihan kecepatan dan kekuatan tubuh bagian bawah.

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Pemulihan dan Pencegahan Cedera dalam Latihan Fisik

Topik: Teknik pemulihan pasca-latihan dan pencegahan cedera dalam latihan fisik.

Materi: ...
Pustaka: Exercise Physiology: Energy, Nutrition, and Human Performance oleh William D. McArdle
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Perencanaan Program Latihan untuk Atlet

Topik: Merancang program latihan fisik yang terstruktur dan sistematis untuk cabang olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 14: Pemantauan dan Evaluasi Hasil Latihan

Topik: Teknik pemantauan kebugaran fisik atlet dan evaluasi hasil program latihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 15: Ujian Akhir Semester (UAS)

Topik: Penyusunan dan presentasi program latihan fisik untuk cabang olahraga yang telah dipelajari.

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
10%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 16: Refleksi dan Evaluasi Akhir

Topik: Diskusi hasil latihan, analisis keberhasilan program latihan, dan evaluasi proses pembelajaran.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Principles of Strength and Conditioning oleh National Strength and Conditioning Association
6%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.