Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Stilistika Bahasa Indonesia

7920103196

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.; Dr. Putri Retnossari, M.Phil.




Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai gaya bahasa dalam karya sastra dan perkembangan stilistika secara umum

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-7
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa mengetahui dan memahami pengertian gaya bahasa dalam karya sastra dan perkembangan stilistika secara umum. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa paham dan mampu menjelaskan, meneliti, dan menerapkan konsep, ruang lingkup, ragam/ jenis, dan kegunaan ilmu stilistika dalam berkomunikasi secara lisan dan melalui tulisan, baik tulisan kreatif, maupun tulisan ilmiah.

Pustaka

Utama :

  1. Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  2. Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
  3. Junus, Umar. 1989. Stilistika: Satu Pengantar . Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka.
  4. Natawidjaja, P. Suparman. 1986. Apresiasi Stilistika . Jakarta: Intermasa.
  5. Turner, G.W. 1977. Stilistics . New York: Penguin Books.

Pendukung :

  1. Beberapa penelitian stilistika

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Penjelasan RPS dan konsep stilistika

memahami konsep stilistika

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
2 X 50
Ceramah dan Diskusi
Materi: konsep stilistika
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami sejarah dan objek kajian stilistika

  1. Penjelasan sejarah stilistika
  2. Mind map objek kajian stilistika
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
2 X 50

Materi: sejarah dan kajian stilistika
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
10%

3

Minggu ke 3

memahami stilistika terapan

Terapan stilistika

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah tamu
2 X 50

Materi: stilistika terapan
Pustaka: Junus, Umar. 1989. Stilistika: Satu Pengantar . Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka.
5%

4

Minggu ke 4

Stilistika bahasa dan stilistika sastra

  1. Ruang lingkup stilistika bahasa
  2. Ruang lingkup stilistika sastra
  3. Persamaan dan perbedaan ruang lingkup stilistika bahasa dan sastra
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2 X 50
Presentasi dan diskusi
Materi: Stilistika bahasa dan stilistika sastra
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

5

Minggu ke 5

Gaya bahasa: Kata dan Kalimat

  1. Pemilihan kata
  2. Pemilihan kalimat
Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
2 X 50
Presentasi dan diskusi
Materi: Gaya bahasa: Kata dan Kalimat
Pustaka: Natawidjaja, P. Suparman. 1986. Apresiasi Stilistika . Jakarta: Intermasa.
5%

6

Minggu ke 6

Bahasa figuratif dan citraan

Konsep bahasa figuratif dan citraan

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
2 X 50
Presentasi dan Diskusi
Materi: Bahasa figuratif dan citraan
Pustaka: Junus, Umar. 1989. Stilistika: Satu Pengantar . Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka.
5%

7

Minggu ke 7

Metode analisis stilistika

Menjelaskan analisis stilistika

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: analisis stilistika
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

8

Minggu ke 8

ujian tengah semester

ujian tengah semester

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ujian tengah semester
2 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
10%

9

Minggu ke 9

Aplikasi Stilistika dalam Kajian Bahasa (Berita)

Kajian stilistika dalam berita

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
2 X 50
Presentasi dan Diskusi
Materi: Aplikasi Stilistika dalam Kajian Bahasa (Berita)
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

10

Minggu ke 10

Aplikasi Stilistika dalam Kajian Bahasa (Iklan)

Menjelaskan konsep stilistika dalam iklan

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
2 X 50
Presentasi dan Diskusi
Materi: konsep stilistika dalam iklan
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
10%

11

Minggu ke 11

Aplikasi Stilistika dalam Kajian Bahasa (Pidato)

Menjelaskan konsep kajian stilistika dalam pidato

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Aplikasi Stilistika dalam Kajian Bahasa (Pidato)
Pustaka: Junus, Umar. 1989. Stilistika: Satu Pengantar . Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka.
5%

12

Minggu ke 12

Aplikasi Stilistika dalam Kajian Sastra (Novel)

Menjelaskan konsep stilistika dalam novel

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Aplikasi Stilistika dalam Kajian Sastra (Novel
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

13

Minggu ke 13

Aplikasi Stilistika dalam Kajian Sastra (Cerpen)

Menjelaskan konsep stilistika dalam cerpen

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Aplikasi Stilistika dalam Kajian Sastra (cerpen)
Pustaka: Natawidjaja, P. Suparman. 1986. Apresiasi Stilistika . Jakarta: Intermasa.
5%

14

Minggu ke 14

Aplikasi Stilistika dalam Kajian Sastra (Puisi)

Menjelaskan konsep stilistika dalam puisi

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
2 X 50

Materi: konsep stilistika dalam puisi
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mini riset

riset kajian stilistika

Kriteria:
  1. 4: penjelasan lengkap
  2. 3: penjelasan kurang lengkap
  3. 2: penjelasan tidak sesuai
  4. 1: tidak salah total
  5. 0: tidak ada jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bimbingan dan Diskusi
2 X 50

Materi: kajian stilistika
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra . Semarang: IKIP Semarang Press.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 22.5%
3. Penilaian Portofolio 15%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.