Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA TENIS MEJA

8520204737

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

6 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik dasar dan strategi permainan tenis meja dalam situasi pertandingan nyata (C3)

PO - 2

Menganalisis video pertandingan tenis meja untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pemain (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknik dan taktik yang digunakan atlet dalam pertandingan tenis meja (C5)

PO - 4

Menciptakan program latihan yang inovatif berdasarkan analisis performa atlet tenis meja (C6)

PO - 5

Menerapkan metode analisis statistik untuk mengukur performa atlet tenis meja dalam berbagai kondisi pertandingan (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak psikologis kompetisi pada performa atlet tenis meja dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan program pelatihan berdasarkan feedback dan hasil pertandingan terkini (C5)

PO - 8

Menciptakan alat bantu pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan spesifik atlet tenis meja (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip biomekanika untuk meningkatkan efisiensi gerakan atlet tenis meja (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja selama kompetisi (C4, C5)

PO - 11

Menganalisis dan mengevaluasi pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja selama kompetisi (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-4PLO-6PLO-9PLO-12
PO-1    
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6    
PO-7     
PO-8    
PO-9     
PO-10    
PO-11      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Tenis Meja pada jenjang S1 program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet tenis meja. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet tenis meja, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik permainan, strategi pertandingan, dan faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman teori dan praktik analisis performa atlet tenis meja, penerapan teknik analisis dalam situasi latihan dan pertandingan, serta pengembangan rencana peningkatan performa atlet berdasarkan hasil analisis yang dilakukan.

Pustaka

Utama :

  1. Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.

Pendukung :

  1. Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dasar dan strategi permainan tenis meja secara efektif dalam situasi pertandingan nyata.

tugas

Kriteria:

tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi
luring
Materi: teknik dasar 1
Pustaka: Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.
5%

2

Minggu ke 2

tugas

Kriteria:

tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi
luring
Materi: teknik dasar 1
Pustaka: Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.
5%

3

Minggu ke 3

tugas

Kriteria:

tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi
luring
Materi: teknik dasar 1
Pustaka: Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.
5%

4

Minggu ke 4

tugas

Kriteria:

tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi
luring
Materi: teknik dasar 1
Pustaka: Hodges, Larry. Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics, 2015. Decoursey, Mike. Table Tennis: The Skills of the Game. A&C Black, 2012. Pearce, J. Richard P. Table Tennis: A Guide for Beginners. Piatkus, 2004. Yaping, Deng. The Art of Table Tennis. China Intercontinental Press, 2008. Wilson, Colin. The Complete Guide to Table Tennis. HarperCollins, 2009. Boggan, Tim. Advanced Table Tennis: Techniques and Tactics. International Table Tennis Federation (ITTF), 2010.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan program latihan inovatif yang berdasarkan analisis performa atlet tenis meja.

  1. Analisis performa atlet tenis meja
  2. Identifikasi kelemahan dan kekuatan atlet
  3. Rancangan program latihan inovatif

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan proyek online
Materi: Analisis performa atlet tenis meja, Identifikasi kelemahan dan kekuatan atlet, Merancang program latihan inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan statistik dalam mengukur performa atlet tenis meja secara objektif dan akurat.

  1. analisis statistik performa atlet tenis meja
  2. penerapan metode statistik dalam pertandingan tenis meja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Materi: Konsep dasar analisis statistik, Penerapan statistik dalam olahraga tenis meja, Interpretasi data statistik dalam pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada performa atlet tenis meja dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengatasinya.

  1. Analisis dampak psikologis kompetisi pada performa atlet tenis meja
  2. Pengembangan strategi untuk mengatasi dampak psikologis kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, studi kasus, dan simulasi.
Diskusi daring tentang pengalaman pribadi dalam menghadapi tekanan kompetisi
Materi: Teori psikologi dalam olahraga, Studi kasus dampak psikologis kompetisi pada atlet tenis meja, Strategi psikologis untuk meningkatkan performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi teknik dan taktik atlet tenis meja, serta mampu merumuskan strategi perbaikan untuk meningkatkan performa atlet.

  1. Teknik yang digunakan atlet
  2. Taktik yang digunakan atlet
  3. Strategi perbaikan yang diusulkan

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi, studi kasus, observasi langsung.
Diskusi daring tentang teknik dan taktik tenis meja
Materi: Teknik dasar tenis meja, Taktik dalam permainan tenis meja, Strategi evaluasi performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada performa atlet tenis meja dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengatasi dampak tersebut.

  1. Analisis dampak psikologis kompetisi pada performa atlet tenis meja
  2. Pengembangan strategi untuk mengatasi dampak psikologis kompetisi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi.
Diskusi daring tentang pengalaman pribadi dalam menghadapi tekanan kompetisi, Membuat jurnal refleksi tentang strategi psikologis yang dapat diterapkan dalam latihan
Materi: Teori psikologi dalam olahraga, Dampak psikologis kompetisi pada performa atlet tenis meja, Strategi psikologis untuk meningkatkan performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan kognitif dalam Taksonomi Bloom level C5, yaitu mampu mengevaluasi dan menyesuaikan program pelatihan atlet tenis meja berdasarkan feedback dan hasil pertandingan terkini.

  1. Analisis program pelatihan berdasarkan feedback
  2. Penyesuaian program pelatihan berdasarkan hasil pertandingan
  3. Kemampuan mengevaluasi performa atlet

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis video pertandingan.
Diskusi online tentang analisis program pelatihan, Membuat laporan penyesuaian program pelatihan
Materi: Prinsip-prinsip dasar evaluasi program pelatihan, Teknik analisis feedback, Strategi penyesuaian program pelatihan, Studi kasus program pelatihan atlet tenis meja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan alat bantu pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan spesifik atlet tenis meja sesuai dengan taksonomi Bloom level C6.

  1. Kemampuan merancang alat bantu pelatihan yang sesuai
  2. Kemampuan mengimplementasikan alat bantu pelatihan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang desain alat bantu pelatihan yang efektif untuk atlet tenis meja
Materi: Konsep alat bantu pelatihan, Desain alat bantu pelatihan, Implementasi alat bantu pelatihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan alat bantu pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan spesifik atlet tenis meja sesuai dengan taksonomi Bloom level C6.

  1. Kemampuan merancang alat bantu pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan atlet tenis meja
  2. Kemampuan mengidentifikasi prinsip-prinsip efektifitas alat bantu pelatihan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang konsep alat bantu pelatihan yang efektif untuk atlet tenis meja
Materi: Konsep alat bantu pelatihan, Prinsip-prinsip efektifitas alat bantu pelatihan, Studi kasus pengembangan alat bantu pelatihan untuk atlet tenis meja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja


5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja selama kompetisi.

  1. Analisis pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja
  2. Evaluasi dampak nutrisi pada performa atlet tenis meja

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan yang cocok adalah Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk.
Materi: Pengaruh nutrisi pada performa atlet tenis meja, Strategi nutrisi untuk meningkatkan performa atlet tenis meja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja selama kompetisi.

  1. Analisis pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja
  2. Evaluasi strategi nutrisi untuk meningkatkan performa atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang pengaruh nutrisi terhadap performa atlet tenis meja, Membuat jurnal nutrisi atlet tenis meja
Materi: Pentingnya nutrisi dalam olahraga, Nutrisi yang dibutuhkan atlet tenis meja, Strategi nutrisi untuk meningkatkan performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hubungan antara nutrisi dan performa atlet tenis meja, serta mampu mengevaluasi pengaruh nutrisi terhadap performa atlet selama kompetisi.

  1. Pemahaman konsep nutrisi atlet tenis meja
  2. Kemampuan menganalisis pengaruh nutrisi terhadap performa atlet
  3. Kemampuan mengevaluasi dampak nutrisi selama kompetisi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, studi kasus, presentasi.

Materi: Konsep nutrisi atlet tenis meja, Pengaruh nutrisi terhadap performa atlet, Strategi nutrisi selama kompetisi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
14%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 6%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.27%
3. Penilaian Portofolio 20.27%
4. Penilaian Praktikum 7.34%
5. Praktik / Unjuk Kerja 31.94%
6. Tes 16.25%
99.07%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.