Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KIMIA II

2220103195

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

1 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menggunakan prinsip ilmu kimia sebagai dasar dalam mempelajari ilmu yang berkaitan dengan kimia.

PO - 2

Mahasiswa dapat melakukan perhitungan kimia.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Sifat Fisik larutan, kinetik kimia, kimia inti, kesetimbangan kimia, termodinamika kimia, teori asam basa, kesetimbangan asam basa, kesetimbangan kelarutan, elektrokimia, kimia organik, biomolekul

Pustaka

Utama :

  1. J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan Sifat Fisik larutan

Sifat Fisik larutan

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan
  2. Ketepatan dalam perhitungan (rumus dan satuan)
  3. Contoh yang relevan
  4. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  5. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 X 50
Kuliah (Tatap muka)
3 X 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan kinetik kimia

kinetik kimia

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan kimia inti

kimia inti

Kriteria:

Ketepatan dalam menjelaskan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan kesetimbangan kimia

kesetimbangan kimia

Kriteria:

Ketepatan perhitungan kesetimbangan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 X 50
Kuliah (Tatap muka)
3 X 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan termodinamika kimia

termodinamika kimia

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam menjelaskan termodinamika kimia

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
3 X 50
Kuliah (Tatap Muka)
3 X 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan teori asam basa

teori asam basa

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap Muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan teori asam basa

teori asam basa

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap Muka)
Kuliah (Tatap Muka)
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester

UTS

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Tengah Semester
3 x 50
Evaluasi Tengah Semester
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan kesetimbangan asam basa

kesetimbangan asam basa

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan kesetimbangan kelarutan

kesetimbangan kelarutan

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan kesetimbangan kelarutan

kesetimbangan kelarutan

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan elektrokimia

elektrokimia

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan elektrokimia

elektrokimia

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
Kuliah (Tatap muka)
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan kimia organik

kimia organik

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan biomolekul

biomolekul

Kriteria:
  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Kuliah (Tatap muka)
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester

UAS

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Akhir Semester
3 x 50
Evaluasi Akhir Semester
3 x 50
Materi: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
Pustaka: J. E. Brady, F. A. Senese and N D Jespersen, Chemistry, 6th edition, Jhon Wiley and Sons Inc, 2010.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.