|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dinamika Relasi Sosial |
7320104223 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
2 |
28 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Adiwignya Nugraha Widhi Harita, M.So
|
Siti Jaro‘ah, S.Psi., M.A.
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu berkomunikasi dan mengembangkan kolaborasi dengan mitra dalam bidang ilmu yang sama maupun lintas ilmu |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mahasiswa memahami konsep-konsep dasar dalam dinamika relasi sosial
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis teori-teori psikologi sosial, budaya, dan gender dalam relasi sosial
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori dalam studi kasus nyata
|
PO - 4 |
Mahasiswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif dalam diskusi kelompok
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Dinamika Relasi Sosial pada program studi Psikologi S1 membahas tentang interaksi sosial antara individu dalam berbagai konteks. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahami dinamika hubungan antarindividu, kelompok, dan masyarakat serta faktor-faktor yang memengaruhi relasi sosial. Ruang lingkupnya mencakup teori-teori tentang relasi sosial, konflik, kerjasama, komunikasi interpersonal, serta strategi dalam membangun hubungan yang sehat dan harmonis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson
- Rudman, L. A. & Glick, P. (2021). The Social Psychology of Gender: Second Edition. New York: The Guilford Press
- Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company
- Hegelson, V.S. (2017). Psychology of Gender (5th Ed). Routledge
- Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning
- Shiraev, E.B. & Levy, D.A. (2017). Cross-cultural psychology: Critical thinking and contemporary application (6th Ed).
- Berry, J.W. Portinga, Y.H., Segall, M.H., & Dasen, P.R. (2012). Crosscultural psychology: Research and application (3rd Ed.) . Cambridge University Press.
|
Pendukung : |
|
- Mehrad, A., Sternberg, M., Buyandalai, E., Pius, A., Stanich, E., … Langston, E. (2024). Theories and approaches of social psychology. International Review of Social Sciences Research, 4(2), 99–118. https://doi.org/10.53378/353066
- Yulianto, J.E. et al. (2022) ‘Navigating tensions in inter-ethnic marriages in Indonesia: Cultural, relational, spatial and material considerations’, International Journal of Intercultural Relations, 86, pp. 227–239. doi:10.1016/j.ijintrel.2021.12.008.
- Harita, A.N.W. & Suryanto. (2020). Bagaimana Pasangan Ta'aruf Mencapai kepuasan pernikahan?: Studi kasis Interaksi Struktur Vs Agency. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi UMBY. 76-86. linkL https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1358/0
- Irawanto, D. W., Ramsey, P. L., & Ryan, J. C. (2011). Challenge of leading in Javanese culture. Asian Ethnicity, 12(2), 125–139. https://doi.org/10.1080/14631369.2011.571829
- Pamungkas, S. (2017). Menafsir Perilaku Latah Coprolalia pada Perempuan Latah dalam Lingkup Budaya Mataraman : Sebuah Kajian Sosiopsikolinguistik (Interpreting Coprolalia Latah Behaviour Among Women With Latah in The Mataraman Cultural Sphere A Socio-Psycholinguistic Study). MOZAIK HUMANIORA, 17(2), 273–290. https://doi.org/10.20473/mozaik.v17i2.5752
- Afifuddin, M., & Othman, N. (2016). The Ruqyah Syar’iyyah Spiritual Method as an Alternative for Depression Treatment. Mediterranean journal of social sciences, 7, 406.
|
Dosen Pengampu
|
Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp. Arfin Nurma Halida, M.A. Mimbar Oktaviana, S.Pd., M.Si. Adiwignya Nugraha Widhi Harita, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- mahasiwa mampu memahami kontrak perkuliahan
- mahasiswa mampu menguasai konsep dasar ontologi pada psikologi sosial, psikologi budaya, dan gender
- mahasiswa mampu menguasai konsep dasar aksiologi pada psikologi sosial, psikologi budaya, dan gender
- mahasiswa mampu menguasai konsep dasar epistemologi pada psikologi sosial, psikologi budaya, dan gender
|
- mahasiswa mampu menjalankan tugas dan kewajiban selama perkuliahan dalam satu semester
- mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan psikologi sosial, psikologi budaya, dan gender dalam konteks aksiologi
- mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan psikologi sosial, psikologi budaya, dan gender dalam konteks ontologi
- mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan psikologi sosial, psikologi budaya, dan gender dalam konteks epistemologi
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
contextual instruction 4x50 |
contextual instruction 4x50 |
Materi: Konsep dasar psikologi sosial Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: konsep dasar psikologi gender Pustaka: Rudman, L. A. & Glick, P. (2021). The Social Psychology of Gender: Second Edition. New York: The Guilford Press Materi: konsep dasar psikologi budaya Pustaka: Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- mahasiswa mampu menguasai riset dalam psikologi sosial
- mahasiswa mampu menguasai riset dalam psikologi budaya
- mahasiswa mampu menguasai riset dalam psikologi gender
|
- mahasiswa mampu menjelaskan dan menelaah riset dalam psikologi sosial
- mahasiswa mampu menjelaskan dan menelaah riset dalam psikologi gender
- mahasiswa mampu menjelaskan dan menelaah riset dalam psikologi budaya
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: riset dalam psikologi sosial Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: riset dalam psikologi gender Pustaka: Rudman, L. A. & Glick, P. (2021). The Social Psychology of Gender: Second Edition. New York: The Guilford Press Materi: riset dalam psikologi budaya Pustaka: Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company |
2% |
3
Minggu ke 3 |
mahasiswa mampu menguasai psikologi indigenous |
- mahasiswa mampu menguasai teori psikologi indigenous
- mahasiswa mampu mengkritisi perbandingan teori psikologi indigenous dengan psikologi mainstream
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: riset dalam psikologi sosial Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: riset dalam psikologi gender Pustaka: Rudman, L. A. & Glick, P. (2021). The Social Psychology of Gender: Second Edition. New York: The Guilford Press Materi: riset dalam psikologi budaya Pustaka: Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company |
2% |
4
Minggu ke 4 |
- mahasiswa mampu menguasai social thinking
- mahasiswa mampu menguasai hubungan dimensi kebudayaan dan gender
|
- mahasiswa mampu memetakan social thinking terkait atribusi dan bias atribusi
- mahasiswa mampu memetakan proses pembentukan persepsi sosial
- mahasiswa mampu memetakan proses pembentukan kognisi sosial
- mahasiswa mampu memetakan hubungan dimensi kebudayaan dan gender serta hubungan keduanya dengan proses social thinking
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: social thinking Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: akulturasi dan interaksi antar budaya Pustaka: Yulianto, J.E. et al. (2022) ‘Navigating tensions in inter-ethnic marriages in Indonesia: Cultural, relational, spatial and material considerations’, International Journal of Intercultural Relations, 86, pp. 227–239. doi:10.1016/j.ijintrel.2021.12.008. Materi: Psikologi Gender Pustaka: Hegelson, V.S. (2017). Psychology of Gender (5th Ed). Routledge Materi: social cognition Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: enculturation Pustaka: Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning |
2% |
5
Minggu ke 5 |
mahasiswa mampu menguasai tentang the self |
- mahasiswa mampu mengkritisi hubungan antara self, self-presentation, dan self-knowledge
- mahasiswa mampu mengkritisi hubungan antara personal identity, social identity, dan social comparison
- mahasiswa mampu mengkritisi hubungan antara self esteem dan emotion
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
presentasi dan kuis 4x50 |
presentasi dan kuis 4x50 |
Materi: the self Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- perbedaan gender secara biologis, psikologis, dan sosiologis
- pengaruh budaya terhadap perkembangan manusia
- mahasiswa mampu menelaah permasalahan identitas gender
|
- mahasiswa mampu menguasai tentang perbedaan gender secara biologis, psikologis, dan sosiologis
- mahasiswa mampu menguasai tentang pengaruh budaya terhadap perkembangan identitas gender
- mahasiswa mampu menguasai tentang pengaruh budaya terhadap faktor sosial dan gender
- mahasiswa mampu menguasai tentang pengaruh budaya terhadap kondisi psikologis dan sosial pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan
- mahasiswa mampu menelaah permasalahan identitas gender
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: the self Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: Budaya dan Perkembangan Manusia Pustaka: Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company Materi: Budaya dan Perkembangan Manusia Pustaka: Shiraev, E.B. & Levy, D.A. (2017). Cross-cultural psychology: Critical thinking and contemporary application (6th Ed). |
2% |
7
Minggu ke 7 |
- pengaruh budaya pada interaksi antar manusia dan kelompok
- hubungan interaksi antar budaya dan gender
- hubungan romantis dalam perspektif budaya dan gender
|
- mahasiswa mampu menguasai tentang pengaruh budaya pada interaksi antar manusia maupun kelompok
- mahasiswa mampu menguasai tentang hubungan interaksi antar budaya dan gender terkait akulturasi
- mahasiswa mampu menguasai tentang hubungan interaksi antar budaya dan gender terkait asimilasi
- mahasiswa mampu menguasai tentang hubungan interaksi antar budaya dan gender terkait amalgamasi
- mahasiswa mampu menelaah hubungan romantis dalam perspektif psikologi sosial
- mahasiswa mampu menganalisa kasus permasalahan dalam perkawinan antar ras/budaya
|
Kriteria:
kedalaman analisa kasus oleh kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan analisa kasus 4x50 |
presentasi dan analisa kasus 4x50 |
Materi: akulturasi dan interaksi antar budaya Pustaka: Yulianto, J.E. et al. (2022) ‘Navigating tensions in inter-ethnic marriages in Indonesia: Cultural, relational, spatial and material considerations’, International Journal of Intercultural Relations, 86, pp. 227–239. doi:10.1016/j.ijintrel.2021.12.008. Materi: social interaction Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: Liking, Love, and Other Close Relationships Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
tes tulis 3x50 |
tes tulis 3x50 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Pengaruh bahasa, budaya, dan gender pada sikap dan perilaku manusia |
- mahasiswa menguasai proses pembentukan perilaku prososial dan altruisme ditinjau dari bahasa dan gender
- mahasiswa menguasai proses pembentukan agresi ditinjau dari bahasa dan gender
- mahasiswa menguasai proses pembentukan prejudice, stereotype, dan diskriminasi dalam interaksi budaya dan gender
|
Kriteria:
kedalaman analisa kasus oleh kelompok mahasiswa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan analisa kasus 4x50 |
presentasi dan analisa kasus 4x50 |
Materi: prosocial behavior Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: Causes and Cures of Stereotyping, Prejudice, and Discrimination Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: agression Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: agressiveness Pustaka: Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning Materi: culture and social behavior Pustaka: Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning Materi: gender-role and attitudes Pustaka: Hegelson, V.S. (2017). Psychology of Gender (5th Ed). Routledge |
10% |
10
Minggu ke 10 |
social influence |
- mahasiswa dapat menguasai social influence terkait konformitas
- mahasiswa dapat menguasai social influence terkait kepemimpinan
- mahasiswa dapat menguasai social influence terkait kepatuhan
- mahasiswa dapat menguasai social influence terkait ketaatan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: social influence Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: culture, leadership, and management styles Pustaka: Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning |
2% |
11
Minggu ke 11 |
pengaruh budaya dan gender pada perilaku di lingkungan sehari-hari |
- mahasiswa menguasai pengaruh budaya dan gender pada perilaku organisasi
- mahasiswa menguasai pengaruh budaya dan gender pada perilaku di lingkungan kerja
- mahasiswa menguasai pengaruh budaya dan gender pada perilaku di dunia politik
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: organizations, leadership, and justice Pustaka: Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company Materi: gender dan dunia kerja Pustaka: Hegelson, V.S. (2017). Psychology of Gender (5th Ed). Routledge |
2% |
12
Minggu ke 12 |
pengaruh sosial yang tidak disengaja |
- mahasiswa mampu menguasai pengaruh sosial tidak disengaja terkait penularan emosi
- mahasiswa mampu menguasai pengaruh sosial tidak disengaja terkait pengaruh sosial simbolik
- mahasiswa mampu menguasai pengaruh sosial tidak disengaja terkait modeling
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: Unintentional Social Influence Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: culture and emotion Pustaka: Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning |
2% |
13
Minggu ke 13 |
kaitan budaya dan gender pada keluarga |
- mahasiswa mampu menguasai pengaruh budaya dan gender pada kondisi keluarga
- mahasiswa mampu menguasai pengaruh budaya dan gender pada kondisi kemiskinan
- mahasiswa mampu menguasai pengaruh budaya dan gender pada kekerasan dalam rumah tangga
|
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: culture and agression Pustaka: Matsumoto, D. & Juang, L. (2017). Culture and Psychology (6th Eds.). Cengange Learning Materi: gender role socialization Pustaka: Hegelson, V.S. (2017). Psychology of Gender (5th Ed). Routledge |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Kaitan budaya, gender, dan psikopatologi |
mahasiswa mampu menguasai kaitan budaya, gender, dan psikopatologi |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: Budaya dan Psikopatologi Pustaka: Shiraev, E.B. & Levy, D.A. (2017). Cross-cultural psychology: Critical thinking and contemporary application (6th Ed). Materi: gender dan psikopatologi Pustaka: Hegelson, V.S. (2017). Psychology of Gender (5th Ed). Routledge Materi: perilaku latah di indonesia Pustaka: Pamungkas, S. (2017). Menafsir Perilaku Latah Coprolalia pada Perempuan Latah dalam Lingkup Budaya Mataraman : Sebuah Kajian Sosiopsikolinguistik (Interpreting Coprolalia Latah Behaviour Among Women With Latah in The Mataraman Cultural Sphere A Socio-Psycholinguistic Study). MOZAIK HUMANIORA, 17(2), 273–290. https://doi.org/... |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Kaitan budaya, gender, dan perilaku kesehatan |
mahasiswa mampu menguasai kaitan budaya, gender, dan perilaku kesehatan |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 4x50 |
presentasi dan diskusi 4x50 |
Materi: budaya dan perilaku kesehatan Pustaka: Berry, J.W. Portinga, Y.H., Segall, M.H., & Dasen, P.R. (2012). Crosscultural psychology: Research and application (3rd Ed.) . Cambridge University Press. Materi: budaya dan perilaku kesehatan Pustaka: Afifuddin, M., & Othman, N. (2016). The Ruqyah Syar’iyyah Spiritual Method as an Alternative for Depression Treatment. Mediterranean journal of social sciences, 7, 406. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa menerapkan penguasaannya atas materi pertemuan 1- 15 untuk menyelesaikan Ujian Sumatif (US) |
mahasiswa menunjukkan penguasaan materi dari pertemuan 1-15 yang ditunjukkan dalam penulisan book chapter sesuai pembagian yang telah disepakati |
Kriteria:
rubrik penilaian UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
tes tulis 3x50 |
tes tulis 3x50 |
Materi: psikologi sosial Pustaka: Branscombe, N.R. & Baron, A. R. (2022). Social Psychology: Fifteenth Global Edition. Pearson Materi: psikologi gender Pustaka: Rudman, L. A. & Glick, P. (2021). The Social Psychology of Gender: Second Edition. New York: The Guilford Press Materi: psikologi budaya Pustaka: Heine, S. J. (2020). Cultural Psychology. Canada: W.W. Norton & Company |
30% |