Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kimia

2220103191

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menggunakan prinsip-prinsip dasar ilmu kimia sebagai dasar dalam mempelajari ilmu yang berkaitan dengan kimia.

PO - 2

Mahasiswa dapat melakukan perhitungan-perhitungan dasar kimia.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Konsep Dasar Kimia, Model dan Struktur Atom, Konfigurasi Elektron dan Ikatan Kimia, Stoikhiometri dan Reaksi Kimia, Wujud Zat dan Perubahan Fasa, Kesetimbangan Kimia, Teori Asam Basa, Kesetimbangan Ionik dalam Larutan (Asam Basa, Kelarutan, Kompleks dan Pengendapan), Termodinamika Kimia, Kinetika Kimia dan Elektrokimia

Pustaka

Utama :

  1. Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.
  2. Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Dr. Amaria, M.Si.

Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd.

Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd.

Mirwa Adiprahara Anggarani, S.Si., M.Si.

Dr. Indah Ardiningsih, S.Si, M.Sc.

Amalia Putri Purnamasari, S.Si., M.Si.

Muhammad Nurrohman Sidiq, S.Si., M.Sc., Ph.D.

Dr. Andika Pramudya Wardana, S.Si., M.Si.

Nurina Rizka Ramadhania, S.Si. M.Si.

apt. Aulia Charis Aqsha, S.Farm., M.Farm.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Konsep Dasar Kimia

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar kimia
  2. Ketepatan dalam perhitungan (rumus dan satuan)
  3. Contoh yang relevan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Proses analisis materi (unsur, senyawa, sifat fisika, sifat kimia)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Hukum-hukum dasar penggabungan unsur (Proust, Lavoisier, Dalton)
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Model dan Struktur Atom

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Perkembangan modeldan struktur atom
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Percobaanpercobaan yang mendasarinya (Dalton, Thompson, Rutherford, Bohr dan Spektrum Atom Hidrogen)
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Konfigurasi Elektron dan Ikatan Kimia

Ketepatan dalam menjelaskan konsep

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Konfigurasi elektron suatu unsur dan ion
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Sistem Periodik Unsur; Sifat periodisitas unsur; Ikatan Ionik
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Konsep Mol, Stoikhiometri

  1. Ketepatan perhitungan yang berkaitan dengan konsentrasi
  2. larutan, stoikhiometri dan sifat koligatif larutan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Perhitungan konsep mol, Rumus empiris dan rumus molekul
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Satuan Konsentrasi (M, m, N, F, %, ppm, ppb), Stoikhiometri dalam Larutan
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Ikatan Kimia

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dan membedakan jenis ikatan kimia
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Ikatan kovalen dan kovalen polar, momen dipol, ikatan logam, ikatan hidrogen, dan ikatan Van der Walls
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Struktur dan bentuk geometri molekul (struktur Lewis, dan hibridisasi)
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia meliputi Wujud Zat dan Perubahan Fasa

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Wujud Gas (Hukum-hukum gas dan sifat fisiknya)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Wujud Cair (sifat fisik cairan: tekanan uap, titik didih, tegangan permukaan, viskositas)
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia meliputi Wujud Zat dan Perubahan Fasa

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Wujud Padat (kisi Kristal, kubus sederhana simple cube, kubus berpusat muka face centered cube, kubus berpusat badan body centered cube, indeks Miller, persamaan Bragg)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Materi pertemuan 1-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2 x 50 menit

Materi: General Chemistry
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: General Chemistry
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Kesetimbangan Ionik dalam Larutan

  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Teori Asam Basa (Teori Arrhenius, BrønstedLowry, Teori Lewis)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Derajat ionisasi dan tetapan ionisasi, Kekuatan Asam Basa
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Kesetimbangan Ionik dalam Larutan

  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Teori Asam Basa (Teori Arrhenius, BrønstedLowry, Teori Lewis)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Derajat ionisasi dan tetapan ionisasi, Kekuatan Asam Basa
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar ilmu kimia meliputi, Termodinamika Kimia dan Termokimia

  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (tatap muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Konsep termodinamika (prinsip, keadaan dan proses), Hukum I Termodinamika: energi dalam, kerja dan kalor, Kapasitas panas, kalorimetri dan entalpi
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Hukum II Termodinamika dan spontanitas, Termokimia serta penggunaannya untuk menjelaskan kespontanan reaksi kimia
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill

Materi: Perhitungan yang berkaitan dengan aplikasi mesin Carnot
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar kimia, meliputi Kesetimbangan Kimia

  1. Ketepatan dalam konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (tatap muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Konsep Kesetimbangan Kimia dan Tetapan Kesetimbangan (Quotient reaksi, tetapan kesetimbangan Kp dan Kc)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Asas Le Chatelier, Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar ilmu kimia meliputi Kinetika Kimia

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (tatap muka)
(2 xd 50 menit) x (1 x 50 menit)

Materi: Konsep kinetika kimia, Laju dalam reaksi kimia, Penetuan laju reaksi, orde dan konstanta laju reaksi
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Pengaruh suhu pada laju reaksi, Reaksi elementer, Katalis
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar ilmu kimia meliputi Elektrokimia

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Konsep reaksi redoks, Sel elektrokimia (elektroda dan larutan elektrolit dalam sel elektrokimia)
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Pengaruh konsentrasi dan persamaan Nerst
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsipprinsip dasar ilmu kimia meliputi Elektrokimia

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep
  2. Ketepatan dalam perhitungan
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah (Tatap Muka)
(2 x 50 menit) (1 x 50 menit)

Materi: Penggunaan konsep elektrokimia ntuk aplikasi sel volta (baterei dan Fuel Cells) serta elektrolisis
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: Korosi dan pencegahan korosi
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
5%

16

Minggu ke 16

Materi pertemuan 9-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
(2 x 50 menit)

Materi: General Chemistry
Pustaka: Brady and Humiston. 2004. General Chemistry, Principles and Structures. 4th. New York: John Willey and Sons.

Materi: General Chemistry
Pustaka: Chang, Raymond. 2005. General Chemistry The Essential Concepts Third Edition. USA: McGraw Hill
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.