Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tegangan Tanah

2220103220

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

3

29 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan dan tekonologi dalam bidang teknik sipil atau praktik professional melalui perancangan, riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang teknik pemadatan tanah, dapat menentukan tingkat pemadatan suatu tanah, baik laboratorium maupun lapangan sesuaidengan yang ditetapkan balam bidang teknik sipil (ASPEK BIDANG KERJA).

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan pengetahuan dasar tentang kekuatan geser tanah, yang sesuai untuk suatu pekerjaan rekayasa teknik sipil (ASPEK BIDANG PENGETAHUAN).

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis suatu penurunan yang terjadi pada tanah untuk suatu permasalahan yang dihadapi dalam suatu pekerjaan di bidang rekayasa teknik sipil (ASPEKBIDANG PENGETAHUAN).

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang teknik pemadatan tanah dengan uji laboratorium menggunakan Proctor Standart, dan teknik pemadatan lapangan dengan melakukan uji laboratorium Sand Cone dan CBR. Menentukan parameter kuat geser tanah, menghitung secara analitis dan grafis melalui metode Lingkaran Mohr dan metode kutub serta melakukan praktikum geser langsung (Direct Shear Tes) dan praktikum Kuat Tekan (Anconfined Tes). Pemampatan Tanah tentang tegangan prakonsolidasi, tegangan overburden, menentukan parameter koefisien pemampatan tanah (Cc lapangan), koefisien swelling ( Cs) serta melakukan praktikum konsolidasi tes, melakukan tes Sondir di Lapangan

Pustaka

Utama :

  1. Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press
  2. M. Das Braja. Terjemahan B. Mochtar Indrasurya. 2013. Mekanika Tanah II (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press
  3. Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami Pemadatan tanah laboratorium

  1. Mampu menjelaskan pengertian & fungsi pemadatan tanah
  2. Mampu menggamb. grafik pemadatan proctor.
  3. Dapat menent. harga kepadatan max tanah (gdmax) & kadar air optimum (wcopt).
  4. Mampu mengitung dan menggbrkn kurva gdZAV.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi di laboratorium
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi di laboratorium
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami Pemadatan tanah laboratorium

  1. Mampu menjelaskan pengertian & fungsi pemadatan tanah
  2. Mampu menggamb. grafik pemadatan proctor.
  3. Dapat menent. harga kepadatan max tanah (gdmax) & kadar air optimum (wcopt).
  4. Mampu mengitung dan menggbrkn kurva gdZAV.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi di laboratorium
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi di laboratorium
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami Pemadatan tanah laboratorium

  1. Mampu menjelaskan pengertian & fungsi pemadatan tanah
  2. Mampu menggamb. grafik pemadatan proctor.
  3. Dapat menent. harga kepadatan max tanah (gdmax) & kadar air optimum (wcopt).
  4. Mampu mengitung dan menggbrkn kurva gdZAV.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi di laboratorium
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi di laboratorium
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami Pemadatan tanah lapangan.

  1. Mampu menjelaskan pengert pemadatan di lapangan.
  2. Dpt menentukan harga kepadatan lap.
  3. Menentukan besar kepadatan relatif, kadar air dry set dan wet set.
  4. Kepadatan CBR
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lapangan
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lapangan
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami Pemadatan tanah lapangan.

  1. Mampu menjelaskan pengert pemadatan di lapangan.
  2. Dpt menentukan harga kepadatan lap.
  3. Menentukan besar kepadatan relatif, kadar air dry set dan wet set.
  4. Kepadatan CBR
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lapangan
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lapangan
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami kekuatan geser tanah

  1. dpt menentukan teg. geser & teg. normal sec. analitis.
  2. dpt menent teg geser & teg normal sec grafis dgn Lingkaran Mohr & Metode.Kutub.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Tata tulis, kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lab.
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lab.
3 X 50
Materi: M. Das Braja, terjemahan B. Mochtar Indrasurya. 2013. Mekanika Tanah II (Prinsip-prinsip Rekayasa Geotekn karta: Erlangga University Press
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami kekuatan geser tanah

  1. dpt menentukan teg. geser & teg. normal sec. analitis.
  2. dpt menent teg geser & teg normal sec grafis dgn Lingkaran Mohr & Metode.Kutub.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Tata tulis, kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lab.
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lab
3 X 50
Materi: M. Das Braja, terjemahan B. Mochtar Indrasurya. 2013. Mekanika Tanah II (Prinsip-prinsip Rekayasa Geotekn karta: Erlangga University Press
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Sub Sumatif

UTS

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Sub Sumatif
3 X 50
Ujian Sub Sumatif
3 X 50
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami pemampatan tanah

dpt menjelaskan tent pemampatan yg terjadi pd tnh.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Tata tulis, kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lab.
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di lab.
3 x 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan TanahLempung NC dan OC

  1. dapat menjelaskan perbedaan lempung NC & OC Soil.
  2. dapat menentukan tegangan overburden tanah.
  3. dapat menentukan tegangan prakonsolidasi tanah.
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di laboratorium
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di laboratorium
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami tanah lempung NC Soil

  1. dapat menentukan tegangan prakonsolidasi, Cc lap dan Cs dari grafik e Vs log s untuk tanah NC Soil.
  2. dapat menentukan penurunan yangg terjadi pada lempung NC Soil
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di laboratorium
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di laboratorium
3 x 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami Tanah lempung OC Soil.

  1. dapat menentukan tegangan prakonsolidasi, Cc lap dan Cs dari grafik e Vs log s unt tnh OC Soil.
  2. dapat menentukan penurunan yang terjadi pada lempung OC Soi
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di laboratorium
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta demontrasi praktik di laboratorium
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami perhit. Waktu pemampatan tanah

  1. Mhs dpt menent. waktu konsolidasi melalui t50.
  2. Mhs dpt menent koefisien konsolidasi
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 x 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami perhit. Waktu pemampatan tanah

Mahasiswa dapat menentukan waktu konsolidasi melalui t90.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50
5%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mampu memahami sondi dan boring dilapangan

Mahasiswa dapat menjelaskan Sondir & boring di lapangan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar , kebenaran analisis hasil praktikum, kelengkapan laporan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
3 X 50
Materi: Das Braja. 2013. Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Jakarta: Erlangga University Press.
Pustaka:

Materi: Hardiyatmo Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah I. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Nilai baik jika pertanyaan dijawab dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3 X 50
UAS
3 x 50
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.