Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pertanggungjawaban Hukum Dalam Keolahragaan

7410802012

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

-

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas aspek-aspek hukum yang berkaitan dengan keolahragaan, termasuk regulasi, etika, dan tanggung jawab hukum dalam aktivitas olahraga. Mahasiswa akan mempelajari ketentuan hukum yang mengatur penyelenggaraan olahraga, perlindungan atlet, tanggung jawab pelatih, ofisial, dan badan olahraga, serta penyelesaian sengketa dalam bidang keolahragaan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,
  2. 2. James A.R. Nafziger,
  3. 3. David McArdle,
  4. 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,
  5. 5. John O'Leary,
  6. 6. M. Habib Adjie, "Hukum Olahraga di Indonesia," Penerbit Alumni, 2018

Pendukung :

  1. 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,
  2. 2. Simon Boyes, "Sports Governance and the Law: International Perspectives," Routledge, 2022

Dosen Pengampu

Prof. Dr. I Made Sri Undy Mahardika, M.Pd.

Budi Hermono, S.H., M.H.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan

Dapat mendeskripsikan konsep pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan deskripsi konsep pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-1: mendeskripsikan konsep pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Konsep Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menguraikan jenis pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan

Dapat menguraikan jenis pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan pemahaman jenis pertanggungjawaban hukum dalam keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-2:
Melakukan review materi
50 Menit
-
-
Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Jenis Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menguraikan kompetensi relatif dan absolut pengadilan

Dapat menguraikan kompetensi relatif dan absolut pengadilan

Kriteria:

Ketepatan analisis menguraikan kompetensi relatif dan absolut pengadilan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-3:
Melakukan review materi
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Pihak-Pihak yang Dapat Dimintai Pertanggungjawaban
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiwa mampu menyebutkan dan menjelaskan pihak-pihak yang dapat dimintai pertanggungjawaban

Dapat menyebutkan dan menjelaskan pihak-pihak yang dapat dimintai pertanggungjawaban

Kriteria:

Ketepatan menyebutkan dan menjelaskan pihak-pihak yang dapat dimintai pertanggungjawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4:
Melakukan review Materi
50 Menit
-
-
Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Tahapan Awal Kasus-Kasus Pertanggungjawaban Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan penegakan hukum dalam keolahragaan

Dapat menjelaskan proses penegakan hukum dalam keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan perkembangan proses penegakan hukum dalam keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5: menjelaskan menjelaskan proses penegakan hukum dalam keolahragaan
50 Menit
-
-
Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Penegakan Hukum dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami etika dan pertanggungjawaban sosial dalam keolahragaan

Dapat memahami etika dan pertanggungjawaban sosial dalam keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan memahami etika dan pertanggungjawaban sosial dalam keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6: Review Materi
50 Menit
-
-
Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Etika dan Pertanggungjawaban Sosial dalam Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan hukum dan regulasi internasional yang mempengaruhi keolahragaan

Dapat menjelaskan hukum dan regulasi internasional yang mempengaruhi keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan analisis tentang hukum dan regulasi internasional yang mempengaruhi keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
7 Mahasiswa mampu menjelaskan hukum dan regulasi internasional yang mempengaruhi keolahragaan Dapat menjelaskan hukum dan regulasi internasional yang mempengaruhi keolahragaan Ketepatan analisis tentang hukum dan regulasi internasional yang mempengaruhi keolahragaan *Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas-7:
Review Materi Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan 10%
50 Menit
-
-
Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Hukum dan Regulasi Internasional yang Mempengaruhi Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

-

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
UTS
50 Menit
-
-
Materi: -
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: -
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: -
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: -
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: -
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: -
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: -
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: -
Pustaka: 2. Simon Boyes,
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan pertanggungjawaban dalam konteks keamanan penonton dan penyelenggaraan acara

Dapat menjelaskan pertanggungjawaban dalam konteks keamanan penonton dan penyelenggaraan acara

Kriteria:

Ketepatan analisis tentang pertanggungjawaban dalam konteks keamanan penonton dan penyelenggaraan acara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
9 Mahasiswa mampu menjelaskan pertanggungjawaban dalam konteks keamanan penonton dan penyelenggaraan acara Dapat menjelaskan pertanggungjawaban dalam konteks keamanan penonton dan penyelenggaraan acara Ketepatan analisis tentang pertanggungjawaban dalam konteks keamanan penonton dan penyelenggaraan acara *Kuliah & Diskusi
*Tugas 8 : review materi Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara 10%
50 Menit
-
-
Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Pertanggungjawaban dalam Konteks Keamanan Penonton dan Penyelenggaraan Acara
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami mengenai pelanggaran dan penegakan kode etik olahraga

Dapat memahami pelanggaran dan penegakan kode etik olahraga

Kriteria:

Ketepatan analisis tentang pelanggaran dan penegakan kode etik olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 9: Review Materi
50 menit
-
-
Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Pelanggaran dan Penegakan Kode Etik Olahraga
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan teknologi dalam keolahragaan dan pertanggungjawaban hukum

Dapat menjelaskan teknologi dalam keolahragaan dan pertanggungjawaban hukum

Kriteria:

Ketepatan analisis dan menjelaskan teknologi dalam keolahragaan dan pertanggungjawaban hukum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 10: Studi Review Mater
50 Menit
-
-
Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Teknologi dalam Keolahragaan dan Pertanggungjawaban Hukum
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami kesejahteraan atlet dan tanggung jawab hukum pengurus

Dapat menjelaskan kesejahteraan atlet dan tanggung jawab hukum pengurus

Kriteria:

Ketepatan analisis tentang kesejahteraan atlet dan tanggung jawab hukum pengurus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 11 : Presentasi terkait Review Materi
50 Menit
-
-
Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Kesejahteraan Atlet dan Tanggung Jawab Hukum Pengurus
Pustaka: 2. Simon Boyes,
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu Memahami terkait (Peradilan Anak, Peradilan Militer, dan Tindak Pidana Khusus)

Dapat menjelaskan (Peradilan Anak, Peradilan Militer, dan Tindak Pidana Khusus)

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan (Peradilan Anak, Peradilan Militer, dan Tindak Pidana Khusus)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 12 : Review Materi
50 menit
-
-
Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Isu Kontemporer dalam Hukum Keolahragaan
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami isu kontemporer dalam hukum keolahragaan

Dapat memahami isu kontemporer dalam hukum keolahragaan

Kriteria:

Ketepatan dalam memahami isu kontemporer dalam hukum keolahragaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 13 :
Review Materi
50 Menit
-
-
Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Olahraga
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis perbandingan: hukum keolahragaan di berbagai negara

Dapat menganalisis perbandingan: hukum keolahragaan di berbagai negara

Kriteria:

Ketepatan dan keseuaian perbandingan: hukum keolahragaan di berbagai negara


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas 14 : Review Materi
-
-
-
Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: 1. Studi Perbandingan: Hukum Keolahragaan di Berbagai Negara
Pustaka: 2. Simon Boyes,
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

-

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
uas
50 menit
-
-
Materi: -
Pustaka: 1. Mitten, Matthew J., Simon Gardiner, and Timothy Davis,

Materi: -
Pustaka: 2. James A.R. Nafziger,

Materi: -
Pustaka: 3. David McArdle,

Materi: -
Pustaka: 4. Adam Lewis dan Jonathan Taylor,

Materi: -
Pustaka: 5. John O'Leary,

Materi: -
Pustaka: 6. M. Habib Adjie,

Materi: -
Pustaka: 1. Michael Beloff, Tim Kerr, and Marie Demetriou,

Materi: -
Pustaka: 2. Simon Boyes,
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 43.33%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9.17%
3. Penilaian Portofolio 5.83%
4. Penilaian Praktikum 30%
5. Praktik / Unjuk Kerja 5%
6. Tes 6.66%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.