Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kreatives Schreiben

7920603089

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemberian kemampuan, pengetahuan dan keterampilan membuat tulisan dalam bahasa Jerman ragam ilmiah. Kegiatan perkuliahan meliputi teori sebanyak 30% dan kegiatan praktek sebanyak 70%. Kegiatan perkuliahan meliputi pelatihan penulisan karya ilmiah utk penulisan skripsi dalam bentuk argumentasi dengan pola These-Argument- Beweis dan Beweis-Argument – These dalam bahasa Jerman. Penilaian Matakuliah ini meliputi: tugas terstruktur, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Pustaka

Utama :

  1. Hall, Karin; Scheiner, Barbara. 2011. Übungsgrammatik für Fortgeschrittene. Verlag für Deutsch.
  2. Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
  3. McKie, Robert, 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
  4. Suparno. 2004. Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi. Jakarta: UT.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd.

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami pengertian Kreatives SchreibenMahasiswa mampu memahami pentingnya mata kuliah Kreatives SchreibenMahasiswa mampu memahami jenis-jenis Kreatives Schreiben

  1. Mahasiswa mampu menjelakan hakikat mata kuliah Kreatives Schreiben
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mata kuliah Kreatives Schreiben
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis menulis kreatif
Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi

Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest

Kriteria:
  1. - teks yang kohesif dan koheren
  2. - teks yang kreatif
- cooperative learning
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.