|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kreatives Schreiben |
7920603089 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemberian kemampuan, pengetahuan dan keterampilan membuat tulisan dalam bahasa Jerman ragam ilmiah. Kegiatan perkuliahan meliputi teori sebanyak 30% dan kegiatan praktek sebanyak 70%. Kegiatan perkuliahan meliputi pelatihan penulisan karya ilmiah utk penulisan skripsi dalam bentuk argumentasi dengan pola These-Argument- Beweis dan Beweis-Argument – These dalam bahasa Jerman. Penilaian Matakuliah ini meliputi: tugas terstruktur, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hall, Karin; Scheiner, Barbara. 2011. Übungsgrammatik für Fortgeschrittene. Verlag für Deutsch.
- Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
- McKie, Robert, 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
- Suparno. 2004. Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi. Jakarta: UT.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Lutfi Saksono, S.Pd., M.Pd. Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami pengertian Kreatives SchreibenMahasiswa mampu memahami pentingnya mata kuliah Kreatives SchreibenMahasiswa mampu memahami jenis-jenis Kreatives Schreiben |
- Mahasiswa mampu menjelakan hakikat mata kuliah Kreatives Schreiben
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mata kuliah Kreatives Schreiben
- Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis menulis kreatif
|
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengenali kaidah menulis sebuah teksMahasiswa mampu menghasilkan tulisan fiksiMahasiswa mampu menghasilkan tulisan non fiksi |
Mahasiswa mampu menulis puisiMahasiswa mampu menulis prosaMahasiswa mampu menulis essayMahasiswa mampu menulis biografiMahasiswa mampu menulis teks human interest |
Kriteria:
- - teks yang kohesif dan koheren
- - teks yang kreatif
|
- cooperative learning 3 X 50 |
|
|
0% |