Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu

6920102259

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu menguasai dan mengimplementasikan konsep dasar filsafat, filsafat ilmu, substansi filsafat ilmu, filsafat dan ilmu pengetahuan, dimensi kajian filsafat ilmu, jalinan ilmu pengetahuan-filsafat dan agama dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa dan anggota masyarakat di lingkungannya.

Pustaka

Utama :

  1. Biyanto.2015. Filsafat Ilmu dan Ilmu Keislaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. The Liang Gie.1991. Pengantar Filsafat Ilmu . Yogyakarta: Liberty
  3. Osborne,Richard.2001. Filsafat untuk Pemula . Yogyakarta: Kanisius
  4. Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu (suatu kajian dalam dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis). Jakarta: Bumi Aksara

Pendukung :

Dosen Pengampu

ARI WAHYUDI

Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai hakikat filsafat dan filsafat ilmu

Menjelaskan hakikat filsafat dan filsafat ilmu.

Kriteria:

Menjawab dengan jelas dan benar

Ekspository/Klasikal/ Ceramah variasi/penelusuran internet
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu memperdalam sifat dasar, cabang cabang, manfaat, sejarah dan aliran filsafat

Mendiskusikan tentang sifat dasar, cabang cabang, manfaat, sejarah dan aliran filsafat

Kriteria:

Menyusun laporan singkat dan benar

Inquiry/Problem solving/diskusi/ kelompok kelas
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu mendalami hakikat dan fungsi filsafat ilmu

Mendiskusikan hakikat dan fungsi filsafat ilmu

Kriteria:

Menyusun laporan kegiatan

Inquiry/Penemuan/eksperimen/ penelaahan literature secara individu
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu menguasai tentang epistemologi dan aksiologi

Mendiskusikan tentang epistemologi dan aksiologi

Kriteria:

Menyusun laporan singkat dan jelas

Inquiry/Problem solving
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu menguasai tentang epistemologi dan aksiologi

Mendiskusikan tentang epistemologi dan aksiologi

Kriteria:

Menyusun laporan singkat dan jelas

Inquiry/Problem solving
4 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu menguasai rasionalisme klasik dan moder.

Mendiskusikan aliran filsafat rasionalisme klasik dan modern

Kriteria:

Menyusun laporan sederhana

Inquiry/Problem solving
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu Mendalami tentang aliran filsafat emperisme klasik dan modern.

Mendiskusikan tentang aliran filsafat emperisme klasik dan modern.

Kriteria:

Menyusun laporan secara benar

Inquiry/Problem solving
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mampu menganalisis berbagai aliran filsafat dan UTS

Mereview berbagai aliran filsafat yg telah didiskusikan dan UTS

Kriteria:

Menyusun makalah secara benar

Inquiry/ problem solving
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu mendalami tentang positivisme logis

Mendiskusikan tentang positivisme logis

Kriteria:

Menyusun laporan hasil analisis

Inquiry/Penemuan/eksperimen/ penelaahan hasil diskusi
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu mendalami ttg pemikiran Khun

Mendiskusikan tentang pemikiran Khun

Kriteria:

Menyusun laporan hasil analisis.

Inquiry/Penemuan/eksperimen/ penelaahan hasil diskusi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu mendalami ttg Falsifikasi

Mendiskusikan tentang falsifikasi

Kriteria:

Menyusun laporan secara benar

Inquiry/Penemuan/eksperimen
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu mendalami ttg Hermeneutika

Mendiskusikan tentang Hermeneutika

Kriteria:

Menyusun laporan hasil analisis

Inquiry/Penemuan/eksperimen
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu mendalami tentang Fenomenologi

Mendiskusikan tentang Fenomenologi

Kriteria:

Menyusun laporan hasil analisis

Inquiry/ diskusi/ kerja mandiiri
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu mengidentifikasi perbedaan dan persamaan ilmu-filsafat dan agama

Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan ilmu-filsafat dan agama

Kriteria:

Menyusun laporan hasil identifikasi

Inquiry/ eksperimen/ diskusi
4 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu mengidentifikasi perbedaan dan persamaan ilmu-filsafat dan agama

Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan ilmu-filsafat dan agama

Kriteria:

Menyusun laporan hasil identifikasi

Inquiry/ eksperimen/ diskusi
4 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.