Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Chukyu Nihongo Oyo

8820503053

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

3 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.




Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan

PLO-11

Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-11
PO-1  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembekalan keterampilan berbahasa Jepang, pengkajian pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang level menengah serta penerapannya secara lisan maupun tulis. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif-kolaboratif dan metode projek based learning (PJBL) melalui pelatihan-pelatihan keterampilan berbahasa Jepang secara intensif dan kontinyu, serta penugasan berbasis projek.

Pustaka

Utama :

  1. Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha

Pendukung :

  1. Video pembelajaran
  2. Renshuuchou
  3. Buku penunjang lain
  4. 3A Corp. (2008). Minna no Nihongo Chukyuu I. Tokyo: Surie network.
  5. 3A Corp.(2008). Minna no Nihongo Chukyuu I: Oshiekata no Tebiki. Tokyo: Surie network.
  6. 5. -. (thn). New Approach Japanese Intermediate Course. Tokyo.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt.

Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.

Dr. Mintarsih, S.S., M.Pd.

Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang level menengah
  2. Mempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang level menengah
  1. Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah
  2. Dapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah
Kriteria:
  1. 1. Hasil Kinerja : RPP (bobot 60%)
  2. a. Ketepatan waktu mengumpulkan hasil kinerja
  3. b. Kesesuian dengan komponen dalam RPP
  4. c. Kerapian kinerja
  5. d. Ketepatan pengembangan IPK dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD)
  6. e. Ketepatan pemilihan model pembelajaran f. Ketepatan memilih
  7. f. Ketepatan memilih sumber belajar
  8. g. Ketepatan memilih instrumen penilaian
  9. h. Power Ketepatan Tujuan Pembelajaran dengan IPK dan format ABCD
  10. 2. Point untuk presentasi (10%)
  11. Jelas dan konsisten, Sedehana & inovative, menampilkan gambar & blok sistem,tulisan menggunakan font yang mudah dibaca, jika diperlukan didukung dengan gambar dan vedio clip yang relevant
  12. Presentasi hasil Kinerja (30%)
  13. Bahasa komunikatif, penguasaan materi, penguasaan audiensi, pengendalian waktu (10 menit presentasi 5 menit diskusi), kejelasan & ketajaman paparan, penguasaan media presentasi
  14. Bobot penilaian 20% dari keseluruhan penilaian mata kuliah ini
  15. LAIN-LAIN
  16. 1. Tugas projek dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok dengan penuh tanggung jawab
  17. 2. Penilaian tugas ini 20% dari 100% penilaian mata kuliah ini

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Kooperatif KolaboratifPJBL
100 menit
Materi: Bab 1
Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha
10%

2

Minggu ke 2

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50

100
Materi: Bab 1
Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha

Materi: Bab 1
Pustaka:
0%

3

Minggu ke 3

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
2 X 50
Diskusi melalui break out rooms
2x50
Materi: Bab 2
Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha
0%

4

Minggu ke 4

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50

Materi: Bab 3
Pustaka:

Materi: Minna nihongo shokyu II, Tokyo: suriee network-3A
Pustaka: Renshuuchou
10%

5

Minggu ke 5

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian Tes Objektif, Tes Subjektif, Tes Kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x20
Materi: Bab 3
Pustaka:
0%

6

Minggu ke 6

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x100
0%

7

Minggu ke 7

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50

Materi: Bab 4
Pustaka:

Materi: Bab 4
Pustaka:
10%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Jumlah skor 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
3 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 5
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes Objektif, tes subjektif, dan tes kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kooperatif KolaboratifPJBL
2 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 5
Pustaka:
10%

10

Minggu ke 10

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x100
Materi: Bab 5
Pustaka:
10%

11

Minggu ke 11

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubkrik Penilaian Tes Objektif, Subjektif, dan Kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 6
Pustaka:
10%

12

Minggu ke 12

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik Penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)

Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 6
Pustaka:
10%

13

Minggu ke 13

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik Penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 7
Pustaka:
10%

14

Minggu ke 14

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memahami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 7
Pustaka:
0%

15

Minggu ke 15

Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah

Dapat memahami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah

Kriteria:

Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, kinerja (terlampir)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif KolaboratifPJBL
3 X 50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 8
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Break out rooms
2x50
Break out rooms
2x50
Materi: Bab 8
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80%
2. Penilaian Praktikum 5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.