|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Chukyu Nihongo Oyo |
8820503053 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
3 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.
|
Rusmiyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan |
PLO-11 |
Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembekalan keterampilan berbahasa Jepang, pengkajian pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang level menengah serta penerapannya secara lisan maupun tulis. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif-kolaboratif dan metode projek based learning (PJBL) melalui pelatihan-pelatihan keterampilan berbahasa Jepang secara intensif dan kontinyu, serta penugasan berbasis projek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha
|
Pendukung : |
|
- Video pembelajaran
- Renshuuchou
- Buku penunjang lain
- 3A Corp. (2008). Minna no Nihongo Chukyuu I. Tokyo: Surie network.
- 3A Corp.(2008). Minna no Nihongo Chukyuu I: Oshiekata no Tebiki. Tokyo: Surie network.
- 5. -. (thn). New Approach Japanese Intermediate Course. Tokyo.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt. Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd. Dr. Mintarsih, S.S., M.Pd. Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang level menengah
- Mempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang level menengah
|
- Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah
- Dapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah
|
Kriteria:
- 1. Hasil Kinerja : RPP (bobot 60%)
- a. Ketepatan waktu mengumpulkan hasil kinerja
- b. Kesesuian dengan komponen dalam RPP
- c. Kerapian kinerja
- d. Ketepatan pengembangan IPK dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD)
- e. Ketepatan pemilihan model pembelajaran f. Ketepatan memilih
- f. Ketepatan memilih sumber belajar
- g. Ketepatan memilih instrumen penilaian
- h. Power Ketepatan Tujuan Pembelajaran dengan IPK dan format ABCD
- 2. Point untuk presentasi (10%)
- Jelas dan konsisten, Sedehana & inovative, menampilkan gambar & blok sistem,tulisan menggunakan font yang mudah dibaca, jika diperlukan didukung dengan gambar dan vedio clip yang relevant
- Presentasi hasil Kinerja (30%)
- Bahasa komunikatif, penguasaan materi, penguasaan audiensi, pengendalian waktu (10 menit presentasi 5 menit diskusi), kejelasan & ketajaman paparan, penguasaan media presentasi
- Bobot penilaian 20% dari keseluruhan penilaian mata kuliah ini
- LAIN-LAIN
- 1. Tugas projek dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok dengan penuh tanggung jawab
- 2. Penilaian tugas ini 20% dari 100% penilaian mata kuliah ini
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Kooperatif KolaboratifPJBL 100 menit |
Materi: Bab 1 Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
100 |
Materi: Bab 1 Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha Materi: Bab 1 Pustaka: |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 2 X 50 |
Diskusi melalui break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 2 Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
|
Materi: Bab 3 Pustaka: Materi: Minna nihongo shokyu II, Tokyo: suriee network-3A Pustaka: Renshuuchou |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian Tes Objektif, Tes Subjektif, Tes Kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x20 |
Materi: Bab 3 Pustaka: |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x100 |
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
|
Materi: Bab 4 Pustaka: Materi: Bab 4 Pustaka: |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Jumlah skor 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 5 Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes Objektif, tes subjektif, dan tes kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 2 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 5 Pustaka: |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x100 |
Materi: Bab 5 Pustaka: |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubkrik Penilaian Tes Objektif, Subjektif, dan Kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 6 Pustaka: |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik Penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 6 Pustaka: |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik Penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 7 Pustaka: |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memahami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 7 Pustaka: |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memahami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 8 Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Break out rooms 2x50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 8 Pustaka: |
10% |