|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pemilihan dan Pemanfaatan Media |
8610302026 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
0 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-12 |
Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja); konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan multidisipliner, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan konsep dan teori media pembelajaran dalam desain instruksional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran (C3)
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis kebutuhan media pembelajaran berdasarkan karakteristik materi dan peserta didik (C4)
|
PO - 3 |
Mampu mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam berbagai konteks pendidikan (C5)
|
PO - 4 |
Mampu menciptakan media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan teknologi terkini (C6)
|
PO - 5 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip desain komunikasi visual dalam pembuatan media pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Mampu menganalisis dan memilih teknologi media yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran (C4)
|
PO - 7 |
Mampu mengevaluasi dan mengadaptasi media pembelajaran yang ada untuk memenuhi kebutuhan spesifik pembelajaran (C5)
|
PO - 8 |
Mampu menciptakan prototipe media pembelajaran yang efektif dan efisien berdasarkan hasil analisis kebutuhan (C6)
|
PO - 9 |
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pedagogis dalam pemanfaatan media pembelajaran (C3)
|
PO - 10 |
Mampu menganalisis dampak penggunaan media terhadap pencapaian tujuan pembelajaran (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | | PO-8 | | ✔ | PO-9 | ✔ | ✔ | PO-10 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Pemilihan Dan Pemanfaatan Media pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang strategi pemilihan media pembelajaran yang tepat dan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai kriteria pemilihan media yang efektif dan efisien serta cara optimal dalam memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Ruang lingkupnya mencakup teori-teori pemilihan media, analisis kebutuhan media, desain media pembelajaran, implementasi media dalam pembelajaran, evaluasi efektivitas media, dan tren terkini dalam penggunaan media dalam pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teori media pembelajaran dalam desain instruksional secara efektif untuk meningkatkan pembelajaran. |
- Pemahaman konsep media pembelajaran
- Kemampuan menerapkan teori dalam desain instruksional
- Kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran kolaboratif dan proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep media pembelajaran, Membuat desain instruksional menggunakan media pembelajaran
|
Materi: Teori belajar dan media pembelajaran, Desain instruksional, Penerapan media pembelajaran dalam pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teori media pembelajaran dalam desain instruksional untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. |
- Penerapan konsep media pembelajaran
- Penggunaan teori dalam desain instruksional
- Efektivitas pembelajaran yang tercipta
|
|
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep media pembelajaran dalam desain instruksional
|
Materi: Teori-teori Media Pembelajaran, Desain Instruksional, Penerapan Konsep Media Pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teori media pembelajaran secara kreatif dalam desain instruksional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. |
- Penerapan konsep media pembelajaran
- Kreativitas dalam desain instruksional
- Efektivitas pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep media pembelajaran dalam desain instruksional
|
Materi: Teori Media Pembelajaran, Desain Instruksional, Efektivitas Pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |