Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pemilihan dan Pemanfaatan Media

8610302026

T=2

P=0

ECTS=4.48

0

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-12

Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan program pendidikan dan pelatihan (teknologi kinerja); konsep umum pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar melalui pendekatan multidisipliner, riset dan pengembangan teknologi pendidikan/pembelajaran/ pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dan teori media pembelajaran dalam desain instruksional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran (C3)

PO - 2

Mampu menganalisis kebutuhan media pembelajaran berdasarkan karakteristik materi dan peserta didik (C4)

PO - 3

Mampu mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam berbagai konteks pendidikan (C5)

PO - 4

Mampu menciptakan media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan teknologi terkini (C6)

PO - 5

Mampu menerapkan prinsip-prinsip desain komunikasi visual dalam pembuatan media pembelajaran (C3)

PO - 6

Mampu menganalisis dan memilih teknologi media yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran (C4)

PO - 7

Mampu mengevaluasi dan mengadaptasi media pembelajaran yang ada untuk memenuhi kebutuhan spesifik pembelajaran (C5)

PO - 8

Mampu menciptakan prototipe media pembelajaran yang efektif dan efisien berdasarkan hasil analisis kebutuhan (C6)

PO - 9

Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pedagogis dalam pemanfaatan media pembelajaran (C3)

PO - 10

Mampu menganalisis dampak penggunaan media terhadap pencapaian tujuan pembelajaran (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-12
PO-1
PO-2 
PO-3 
PO-4
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Pemilihan Dan Pemanfaatan Media pada jenjang S2 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang strategi pemilihan media pembelajaran yang tepat dan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai kriteria pemilihan media yang efektif dan efisien serta cara optimal dalam memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Ruang lingkupnya mencakup teori-teori pemilihan media, analisis kebutuhan media, desain media pembelajaran, implementasi media dalam pembelajaran, evaluasi efektivitas media, dan tren terkini dalam penggunaan media dalam pendidikan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teori media pembelajaran dalam desain instruksional secara efektif untuk meningkatkan pembelajaran.

  1. Pemahaman konsep media pembelajaran
  2. Kemampuan menerapkan teori dalam desain instruksional
  3. Kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran kolaboratif dan proyek.
Diskusi daring tentang penerapan konsep media pembelajaran, Membuat desain instruksional menggunakan media pembelajaran
Materi: Teori belajar dan media pembelajaran, Desain instruksional, Penerapan media pembelajaran dalam pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teori media pembelajaran dalam desain instruksional untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif.

  1. Penerapan konsep media pembelajaran
  2. Penggunaan teori dalam desain instruksional
  3. Efektivitas pembelajaran yang tercipta
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan konsep media pembelajaran dalam desain instruksional
Materi: Teori-teori Media Pembelajaran, Desain Instruksional, Penerapan Konsep Media Pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep dan teori media pembelajaran secara kreatif dalam desain instruksional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

  1. Penerapan konsep media pembelajaran
  2. Kreativitas dalam desain instruksional
  3. Efektivitas pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang penerapan konsep media pembelajaran dalam desain instruksional
Materi: Teori Media Pembelajaran, Desain Instruksional, Efektivitas Pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.