|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 PJJ Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Landasan Teknologi Pendidikan |
8610902051 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
....................................... |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
|
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Langsung 2 x 50 |
-
|
Materi: Landasan Teknologi Pendidikan Paradigma I Pustaka: Association for Educational Communications and Technology (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology. Materi: Landasan Teknologi Pendidikan Paradigma II Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT Materi: Landasan Teknologi Pendidikan Paradigma III Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma I Teknologi Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, dan Teknologi dalam Pendidikan |
- Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
- Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi dalam pendidikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 x 50 |
|
Materi: Paradigma TP I Pustaka: Association for Educational Communications and Technology (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma II Teknologi Pendidikan |
Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 x 50 |
|
Materi: Paradigma TP II Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma III Teknologi Pendidikan |
Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 x 50 |
-
|
Materi: Paradigma TP II Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT Materi: Paradigma TP III Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
15% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait FACILITATING LEARNING |
- Mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
- menjelaskan kembali tujuan facilitating learning
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan facilitating learning
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: Facilitating Learning Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT Materi: Facilitating learning Pustaka: Association for Educational Communications and Technology (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology. Materi: Facilitating Learning Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait IMPROVING PERFORMANCE |
- Mendeskripsikan kembali konsep improving performance
- menjelaskan kembali tujuan improving performance
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep improving performance
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan improving performance
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: Improving performance Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT Materi: Improving performance Pustaka: Allman, B., Kimmons, R., Rosenberg, J. et al. Trends and Topics in Educational Technology, 2023 Edition. TechTrends 67, 583–591 (2023). https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait CREATING |
- Mendeskripsikan kembali konsep CREATING
- menjelaskan kembali tujuan CREATING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep CREATING
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan CREATING
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: Creating Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: TEKNOLOGI PENDIDIKAN Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait USING |
- Mendeskripsikan kembali konsep USING
- menjelaskan kembali tujuan USING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep USING
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan USING
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: Using Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait MANAGING |
- Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
- menjelaskan kembali tujuan MANAGING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan MANAGING
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: MANAGING Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait PROCESSES |
- Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
- menjelaskan kembali tujuan MANAGING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan PROCESSES
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: PROCESSES Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait RESOURCES |
- Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
- menjelaskan kembali tujuan MANAGING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan PROCESSES
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 |
|
Materi: RESOURCES Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 x 50 |
|
Materi: Tugas Pengembang TP Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Kriteria:
Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case method 2 x 50 |
-
|
Materi: Teori dan Praktik TP Pustaka: J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2020. Handbook of Research on Educational Communications and Technology.Springer New York, NY |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Kriteria:
Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case method 2 x 50 |
-
|
Materi: Teori dan Praktik TP Pustaka: J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2020. Handbook of Research on Educational Communications and Technology.Springer New York, NY |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
2 X 50 |
|
Materi: Teknologi Pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT |
5% |