Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 PJJ Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Landasan Teknologi Pendidikan

8610902051

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




.......................................

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Langsung
2 x 50
-
Materi: Landasan Teknologi Pendidikan Paradigma I
Pustaka: Association for Educational Communications and Technology (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology.

Materi: Landasan Teknologi Pendidikan Paradigma II
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT

Materi: Landasan Teknologi Pendidikan Paradigma III
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami paradigma I Teknologi Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, dan Teknologi dalam Pendidikan

  1. Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
  2. Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
  3. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi dalam pendidikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 x 50

Materi: Paradigma TP I
Pustaka: Association for Educational Communications and Technology (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology.
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami paradigma II Teknologi Pendidikan

Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 x 50

Materi: Paradigma TP II
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami paradigma III Teknologi Pendidikan

Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 x 50
-
Materi: Paradigma TP II
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT

Materi: Paradigma TP III
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
15%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait FACILITATING LEARNING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
  2. menjelaskan kembali tujuan facilitating learning
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan facilitating learning

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: Facilitating Learning
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT

Materi: Facilitating learning
Pustaka: Association for Educational Communications and Technology (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology.

Materi: Facilitating Learning
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita . 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field . AECT
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait IMPROVING PERFORMANCE

  1. Mendeskripsikan kembali konsep improving performance
  2. menjelaskan kembali tujuan improving performance
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep improving performance
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan improving performance

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: Improving performance
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT

Materi: Improving performance
Pustaka: Allman, B., Kimmons, R., Rosenberg, J. et al. Trends and Topics in Educational Technology, 2023 Edition. TechTrends 67, 583–591 (2023). https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait CREATING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep CREATING
  2. menjelaskan kembali tujuan CREATING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep CREATING
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan CREATING

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: Creating
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes

2 X 50

Materi: TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait USING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep USING
  2. menjelaskan kembali tujuan USING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep USING
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan USING

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: Using
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait MANAGING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
  2. menjelaskan kembali tujuan MANAGING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan MANAGING

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: MANAGING
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait PROCESSES

  1. Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
  2. menjelaskan kembali tujuan MANAGING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan PROCESSES

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: PROCESSES
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait RESOURCES

  1. Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
  2. menjelaskan kembali tujuan MANAGING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan PROCESSES

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50

Materi: RESOURCES
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 x 50

Materi: Tugas Pengembang TP
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Kriteria:

Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case method
2 x 50
-
Materi: Teori dan Praktik TP
Pustaka: J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2020. Handbook of Research on Educational Communications and Technology.Springer New York, NY
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Kriteria:

Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case method
2 x 50
-
Materi: Teori dan Praktik TP
Pustaka: J. Michael Spector, M. David Merrill, Jan Elen, M. J. Bishop. 2020. Handbook of Research on Educational Communications and Technology.Springer New York, NY
10%

16

Minggu ke 16

UAS


2 X 50

Materi: Teknologi Pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael . 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary . AECT
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 95%
2. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.