|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mendongeng Anak Usia Dini |
8620702288 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu bertanggung jawab atas tugas terkait mata kuliah mendongeng secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa mampu memahami konsep bercerita dan mendongeng, manfaat bercerita dan mendongeng untuk AUD, tahapan/cara bercerita/mendongeng untuk aud, setting tempat untuk bercerita pada AUD, jenis-jenis buku cerita untuk AUD, mengetahui tehnik-tehnik mahasiswa dapat merancang, membuat dan aplikasikan buku cerita (dongeng) yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta mahasiswa mampu mengevaluasi implikasi kegiatan bercerita/ mendongeng. Strategi pembelajaran yang digunakan berupa Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
- Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
- Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
|
Pendukung : |
|
- Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengertian bercerita dan mendongeng |
Memahami pengertian bercerita dan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami pengertian bercerita dan mendongeng Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pengertian bercerita dan mendongeng Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak |
Mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita |
memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: membuat cerita anak berdasarkan jenis buku cerita Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Pembuatan buku cerita untuk anak |
Membuat buku cerita untuk anak |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat buku cerita untuk anak Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: membuat buku cerita untuk anak usia dini Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Pengaplikasian kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya |
Mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: aplikasi penerapan kegiatan bercerita Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mengenal jenis dongeng |
Mengenal jenis dongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengenal jenis dongeng Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal jenis dongeng Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Perancangan cerita dongeng untuk AUD |
Merancang cerita dongeng untuk AUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merancang cerita dongeng untuk AUD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Perancangan cerita dongeng untuk AUD Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mengerjakan soal dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Materi: Mengenal kegiatan mendongeng Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Pembuatan media untuk kegiatan mendongeng |
Membuat media untuk kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat media untuk kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: membuat media untuk mendongeng anak Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Pembuatan evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng |
Membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng |
Membuat modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD |
Mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng |
menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Pembuatan laporan kegiatan mendongeng |
Membuat laporan kegiatan mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat laporan kegiatan mendongeng Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Pembuatan laporan kegiatan mendongeng Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Pembuatan jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng |
Membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: jurnal penerapan bercerita/mendongeng Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
uas |
Mampu mengerjakan ujian dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Tes Ujian/Sumatif 2 X 50 |
Materi: uas Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage. |
10% |