Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mendongeng Anak Usia Dini

8620702288

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu bertanggung jawab atas tugas terkait mata kuliah mendongeng secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa mampu memahami konsep bercerita dan mendongeng, manfaat bercerita dan mendongeng untuk AUD, tahapan/cara bercerita/mendongeng untuk aud, setting tempat untuk bercerita pada AUD, jenis-jenis buku cerita untuk AUD, mengetahui tehnik-tehnik mahasiswa dapat merancang, membuat dan aplikasikan buku cerita (dongeng) yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta mahasiswa mampu mengevaluasi implikasi kegiatan bercerita/ mendongeng. Strategi pembelajaran yang digunakan berupa Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi

Pustaka

Utama :

  1. Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
  2. Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
  3. Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Pendukung :

  1. Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.

Dosen Pengampu

Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengertian bercerita dan mendongeng

Memahami pengertian bercerita dan mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami pengertian bercerita dan mendongeng


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Pengertian bercerita dan mendongeng
Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
2%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak

Mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Mengenal dan mengetahui macam buku cerita untuk anak
Pustaka: Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106.
2%

3

Minggu ke 3

Pemahaman tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita

memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami tentang rancangan cerita untuk anak berdasar jenis buku cerita


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: membuat cerita anak berdasarkan jenis buku cerita
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
2%

4

Minggu ke 4

Pembuatan buku cerita untuk anak

Membuat buku cerita untuk anak

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat buku cerita untuk anak


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: membuat buku cerita untuk anak usia dini
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
6%

5

Minggu ke 5

Pengaplikasian kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya

Mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengaplikasikan kegiatan bercerita pada anak dengan menggunakan buku cerita karyanya

Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: aplikasi penerapan kegiatan bercerita
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
2%

6

Minggu ke 6

Mengenal jenis dongeng

Mengenal jenis dongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengenal jenis dongeng


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Mengenal jenis dongeng
Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
2%

7

Minggu ke 7

Perancangan cerita dongeng untuk AUD

Merancang cerita dongeng untuk AUD

Kriteria:

Mahasiswa mampu merancang cerita dongeng untuk AUD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Perancangan cerita dongeng untuk AUD
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
2%

8

Minggu ke 8

UTS

Mengerjakan soal dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Ujian/Sumatif
2 X 50
Tes Ujian/Sumatif
2 X 50
Materi: Mengenal kegiatan mendongeng
Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.
10%

9

Minggu ke 9

Pembuatan media untuk kegiatan mendongeng

Membuat media untuk kegiatan mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat media untuk kegiatan mendongeng


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: membuat media untuk mendongeng anak
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
2%

10

Minggu ke 10

Pembuatan evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng

Membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa membuat evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: evaluasi kegiatan bercerita/mendongeng
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
10%

11

Minggu ke 11

Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng

Membuat modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Pembuatan modul yang di dalamnya ada kegiatan mendongeng
Pustaka: Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53-59.
10%

12

Minggu ke 12

Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD

Mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengaplikasikan rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Pengaplikasian rancangan kegiatan mendongeng di lembaga PAUD
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
10%

13

Minggu ke 13

Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng

menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Analisis keberhasilan penerapan kegiatan mendongeng
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
10%

14

Minggu ke 14

Pembuatan laporan kegiatan mendongeng

Membuat laporan kegiatan mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat laporan kegiatan mendongeng


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: Pembuatan laporan kegiatan mendongeng
Pustaka: Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
10%

15

Minggu ke 15

Pembuatan jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng

Membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng

Kriteria:

Mahasiswa mampu membuat jurnal terkait penerapan kegiatan bercerita/mendongeng


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Ceramah, Projek Based Learning, dan Demonstrasi
2 X 50
Materi: jurnal penerapan bercerita/mendongeng
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
10%

16

Minggu ke 16

uas

Mampu mengerjakan ujian dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Ujian/Sumatif
2 X 50
Tes Ujian/Sumatif
2 X 50
Materi: uas
Pustaka: Biddle, Kimberly A. Gordon etc. Early Childhood Education Becoming a Profesional . 2014. California: Sage.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 50%
4. Tes 20%
98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.