Universitas Negeri Surabaya Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Nihon Bungaku Kenkyu
8820502166
T=2
P=0
ECTS=3.18
6
25 November 2024
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.
Model Pembelajaran
Project Based Learning
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Pengkajian isi karya sastra Jepang masa perang dunia ke 2 di Indonesia &pengkajian puisi /nyanyian geisha dengan berbagai pendekatan dalam studi sastra, kaitan fungsional antara substansi ilmu sastra Jepang dengan kompetensi keterampilan berbahasa, materi kurikulum, dan pembelajarannya. Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep menggunakan metode presentasi, diskusi, analisis konsep intrinsik dan ekstrinsik
Pustaka
Utama :
(Yuragi) no Nihon Bungaku. Tokyo: Nihon Housou Suppan Kyoukai.
S. 1997.Nihon kindai bungaku wo manabu hito no tameni. Kyoto. Sekai Shisousha
Jonathan.2003.Bungaku Riron( A very short Introduction literary theory Japanese edition)Tokyo: Iwanami Shoten
Nobukazu,Ueda.Hiroshi & Kimura Kazuaki.1996.Sakka no Ajia Taiken.tokyo:Sekai Shisousha
& Takajima.Kokuou.1996.Nanpou Chouyou Sakka- Sensou to Bungaku.Tokyo: Sekai Shisousha
Penelitian Sastra-Analisis StrukturPuisi .Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Dalby.2000.Little songs of the Geisha.Tokyo:Tuttle Publishing
11.Liza Dalby.2000. Little songs of the Geisha .Tokyo:Tuttle Publishing 12.Yoga Miarti,2016. Adversity Quotient agar anak tak gampang menyerah .Solo:tiga Serangkai 13.Bethvine Yovinza.2013.Kembang kamboja.Jakarta:ILUNI KWJ Press 14.Bethvine Yovinza.2014.Meniti hari penuh dosa.Jakarta: ILUNI KWJ Press
Pendukung :
Dosen Pengampu
Dra. Yovinza Bethvine Sopaheluwakan, M.Pd.
Minggu Ke-
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot Penilaian (%)
Indikator
Kriteria & Bentuk
Luring (offline)
Daring (online)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Minggu ke 1
0%
2
Minggu ke 2
0%
3
Minggu ke 3
0%
4
Minggu ke 4
0%
5
Minggu ke 5
0%
6
Minggu ke 6
0%
7
Minggu ke 7
0%
8
Minggu ke 8
0%
9
Minggu ke 9
0%
10
Minggu ke 10
0%
11
Minggu ke 11
0%
12
Minggu ke 12
0%
13
Minggu ke 13
0%
14
Minggu ke 14
0%
15
Minggu ke 15
0%
16
Minggu ke 16
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
No
Evaluasi
Persentase
0%
Catatan
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.