Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian Lanjut

8800104134

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=10.08

1

11 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.




.......................................




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-11

Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji

PLO-14

Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu analisis dan penerapan metode penelitian kualitatif

PO - 2

Menguasai prinsip-prinsip dasar dan aspek-aspek teknis metode penelitian kualitatif untuk merancang prosedur penelitian bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan

PO - 3

Mengambil keputusan strategis dalam menerapkan metode penelitian kualitatif dalam merancang prosedur penelitian bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan

PO - 4

Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas penerapan metode penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasan, dan/atau kesastraan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-11PLO-14
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk analisis dan penerapan prinsip-prinsip dasar penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan secara aplikatif operasional. Topik mata kuliah ini meliputi paradigma penelitian kualitatif, model-model penelitian kualitataif, fungsi teori, pengumpulan dan pengolahan data, penganalisisan data, dan pengujian kesahihan temuan melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa makalah/artikel

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, John (2015). A concise introduction to mixed methods research. Los Angeles, CA: Sage.
  2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
  3. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Pendukung :

  1. Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
  2. Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The counseling psychologist, 35(2), 236-264.
  3. Forman, J., Creswell, J. W., Damschroder, L., Kowalski, C. P., & Krein, S. L. (2008). Qualitative research methods: key features and insights gained from use in infection prevention research. American journal of infection control, 36(10), 764-771.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A.

Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memanfaatkan ipteks untuk Menyusun sintesis hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi untuk mendapatkan model metode penelitian yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi.

Presentation

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Discussion
150 menit

Materi: RPS kontrak perkuliahan search engines scholarly sources mendeley course policies
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

2

Minggu ke 2

mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: CCDA
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: CDA
Pustaka:
4%

3

Minggu ke 3

mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

4

Minggu ke 4

Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: Metode penelitian etnography, narrative analysis, dan case study
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

5

Minggu ke 5

Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: Creative writing, photo video, dan genre based analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

6

Minggu ke 6

Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: Creative writing, photo video, dan genre based analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: Method of critical discourse analysis & content analysis
Pustaka:
4%

7

Minggu ke 7

Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis

Kriteria:

Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: Creative writing, photo video, dan genre based analysis
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)

Materi: Method of critical discourse analysis & content analysis
Pustaka:

Materi: Participant-oriented research
Pustaka:
4%

8

Minggu ke 8

Analysis proposal

Progress proposal

Kriteria:

Kecakapan penulisan proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Analisis propsal
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

9

Minggu ke 9

Analysis proposal

Progress proposal

Kriteria:

Kecakapan penulisan proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Analisis propsal
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

10

Minggu ke 10

Analysis proposal

Progress proposal

Kriteria:

Kecakapan penulisan proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Analisis propsal
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

11

Minggu ke 11

Analysis proposal

Progress proposal

Kriteria:

Kecakapan penulisan proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Analisis propsal
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

12

Minggu ke 12

Analysis proposal

Progress proposal

Kriteria:

Kecakapan penulisan proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok dan diskusi
150 menit

Materi: Analisis propsal
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

13

Minggu ke 13

Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan

Proses dan progress penulisan

Kriteria:

Kecakapan penulisan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework
150

Materi: Konsultasi
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

14

Minggu ke 14

Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan

Proses dan progress penulisan

Kriteria:

Kecakapan penulisan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework
150

Materi: Konsultasi
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

15

Minggu ke 15

Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan

Proses dan progress penulisan

Kriteria:

Kecakapan penulisan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework
150

Materi: Konsultasi
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
4%

16

Minggu ke 16

Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan

Proses dan progress penulisan

Kriteria:

Kecakapan penulisan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework
150

Materi: Revisi akhir
Pustaka:

Materi: Revisi akhir
Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 44%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 56%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.