|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian Lanjut |
8800104134 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
1 |
11 Juni 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-11 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji |
PLO-14 |
Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu analisis dan penerapan metode penelitian kualitatif
|
PO - 2 |
Menguasai prinsip-prinsip dasar dan aspek-aspek teknis metode penelitian kualitatif untuk merancang prosedur penelitian bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan strategis dalam menerapkan metode penelitian kualitatif dalam merancang prosedur penelitian bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas penerapan metode penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasan, dan/atau kesastraan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-11 | PLO-14 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk analisis dan penerapan prinsip-prinsip dasar penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan secara aplikatif operasional. Topik mata kuliah ini meliputi paradigma penelitian kualitatif, model-model penelitian kualitataif, fungsi teori, pengumpulan dan pengolahan data, penganalisisan data, dan pengujian kesahihan temuan melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa makalah/artikel |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, John (2015). A concise introduction to mixed methods research. Los Angeles, CA: Sage.
- Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
|
Pendukung : |
|
- Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009)
- Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The counseling psychologist, 35(2), 236-264.
- Forman, J., Creswell, J. W., Damschroder, L., Kowalski, C. P., & Krein, S. L. (2008). Qualitative research methods: key features and insights gained from use in infection prevention research. American journal of infection control, 36(10), 764-771.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memanfaatkan ipteks untuk Menyusun sintesis hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi untuk mendapatkan model metode penelitian yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi. |
Presentation |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discussion 150 menit |
|
Materi: RPS kontrak perkuliahan search engines scholarly sources mendeley course policies Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
2
Minggu ke 2 |
mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: CCDA Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: CDA Pustaka: |
4% |
3
Minggu ke 3 |
mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: Metode penelitian etnography, narrative analysis, dan case study Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: Creative writing, photo video, dan genre based analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: Creative writing, photo video, dan genre based analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: Method of critical discourse analysis & content analysis Pustaka: |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra terutama yang berfokus pada Classroom Critical Discourse Analysis |
Kriteria:
Kecakapan presentasi dan keaktifan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Literacy cicrcle, grounded theory, dan discourse analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: Creative writing, photo video, dan genre based analysis Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) Materi: Method of critical discourse analysis & content analysis Pustaka: Materi: Participant-oriented research Pustaka: |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Analysis proposal |
Progress proposal |
Kriteria:
Kecakapan penulisan proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Analisis propsal Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
9
Minggu ke 9 |
Analysis proposal |
Progress proposal |
Kriteria:
Kecakapan penulisan proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Analisis propsal Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Analysis proposal |
Progress proposal |
Kriteria:
Kecakapan penulisan proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Analisis propsal Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Analysis proposal |
Progress proposal |
Kriteria:
Kecakapan penulisan proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Analisis propsal Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Analysis proposal |
Progress proposal |
Kriteria:
Kecakapan penulisan proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi kelompok dan diskusi 150 menit |
|
Materi: Analisis propsal Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan |
Proses dan progress penulisan |
Kriteria:
Kecakapan penulisan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework 150 |
|
Materi: Konsultasi Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan |
Proses dan progress penulisan |
Kriteria:
Kecakapan penulisan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework 150 |
|
Materi: Konsultasi Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan |
Proses dan progress penulisan |
Kriteria:
Kecakapan penulisan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework 150 |
|
Materi: Konsultasi Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan |
Proses dan progress penulisan |
Kriteria:
Kecakapan penulisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Telaah backgound, research gap, novelties, RQ, dan theoritical framework 150 |
|
Materi: Revisi akhir Pustaka: Materi: Revisi akhir Pustaka: Qualitative Research in Applied Linguistics_ A Practical Introduction-Palgrave Macmillan (2009) |
40% |