Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kalkulus untuk Fisika

8420303291

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis kalkulus sesuai dengan bidang fisika

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan kalkulus

PO - 3

Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan kalkulus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-6
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang: Fungsi linear dan fungsi transenden serta grafiknya, Limit fungsi, Diferensial biasa dan parsial, Integral fungsi dan Integral garis, Analisis vektor, serta Koordinat kurvilinier melalui pembelajaran aktif dengan menggunakan metode case study.

Pustaka

Utama :

  1. Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
  2. Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Pendukung :

  1. Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Setyo Admoko, S.Pd., M.Pd.

Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Dr. Fitriana, S.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi sesuai dengan bidang fisika

1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi linier, kuadratik, cubic, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 1 dan Ch 5
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi dan grafiknya

2. Mahasiswa mampu mensketsa dan menganalisis grafik fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 1 dan Ch 5
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika

3. Mahasiswa mampu membuat model matematis yang tepat dari permasalahan/kasus fisika

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 1 dan Ch 5
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis limit sesuai dengan bidang fisika
  2. Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi

1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal terkait limit dari suatu fungsi

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 1
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 1
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi

2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 1
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 1
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi

2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 1
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 1
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis differensial sesuai dengan bidang fisika

1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik.

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Ceramah dan diskusi
3 x 50 menit
Materi: Ch 2
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 2
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
3%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi sesuai dengan bidang fisika
  2. Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis limit sesuai dengan bidang fisika
  3. Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi dan grafiknya
  4. Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis limit fungsi
  1. 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi fungsi linier, kuadratik, cubic, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial
  2. 2. Mahasiswa mampu mensketsa dan menganalisis grafik fungsi linier, polynomial, trigonometri, logaritmik, dan eksponensial
  3. 3. Mahasiswa mampu membuat model matematis yang tepat dari permasalahan/kasus fisika.
  4. 1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal terkait limit dari suatu fungsi.
  5. 2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan pendekatan limit.

Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
2 x 50 menit
Ujian Tengah Semester
2 x 50 menit
Materi: Ch 0 dan 1
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch P dan 1
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis differensial sesuai dengan bidang fisika

Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik.

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi dan penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi dan penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 2
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 2
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis diferensial

  1. 6. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan diferensiasi parsial dan implisit menggunakan aturan rantai
  2. 7. Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan terkait nilai maksimum dan minimum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi dan penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi dan penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 2
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 2
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan metode diferensial dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika

Mahasiswa dapat menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep diferensial

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi dan penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi dan penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 2
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 2
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap sesuai dengan bidang fisika

1. Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 3
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 5
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 4
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap sesuai dengan bidang fisika

  1. 1. Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi
  2. 2. Mahasiswa mampu melakukan integrasi lipat
Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 3
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 5
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 4
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap

3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 5
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 4
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 4
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap

3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika

Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Ceramah, diskusi, penugasan
3 x 50 menit
Materi: Ch 5
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 4
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 4
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis differensial sesuai dengan bidang fisika
  2. Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap sesuai dengan bidang fisika
  3. Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis diferensial
  4. Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis integral tak tentu, integral tentu, dan integral rangkap
  5. Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan metode diferensial dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
  6. Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis integral dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
  1. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal diferensial fungsi polynomial, trigonometri, eksponensial dan logaritmik
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan diferensiasi parsial dan implisit menggunakan aturan rantai
  3. Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan terkait nilai maksimum dan minimum
  4. Mahasiswa dapat menyelesaikan kasus fisika menggunakan konsep diferensial
  5. Mahasiswa mampu melakukan integrasi fungsi
  6. Mahasiswa mampu melakukan integrasi lipat
  7. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep integrasi untuk menyelesaikan kasus fisika
Kriteria:

Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
2 x 50 menit
Ujian Akhir Semester
2 x 50 menit
Materi: Ch 4 dan 5
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.

Materi: Ch 4 dan 5
Pustaka: Varberg, Purcell, Rigdon. 2021. Calculus, 9th ed, Illinois, USA.

Materi: Ch 3 dan 4
Pustaka: Larson and Edwards. 2010. Calculus of single variable, 9th ed.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 31.5%
2. Penilaian Portofolio 15%
3. Praktik / Unjuk Kerja 3.5%
4. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.