Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Animasi 2D & 3D

8620320247

T=1

P=3

ECTS=6.36

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap ilmiah,kritis,dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran animasi 2 dan 3 dimensi

PO - 2

Mampu menerapkan keilmuan teknologi pendidikan sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Analis Pendidikan dalam mengembangkan media animasi 2 dan 3 dimensi

PO - 3

Mampu memecahkan masalah berdasarkan metode studi kasus dalam bidang teknologi pendidikan untuk mengembangkan media animasi 2 dan 3 dimensi

PO - 4

Mampu menghasilkan outcome berupa peningkatan kinerja dan komitmen yang tinggi sebagai pengembang teknologi pendidikan dan guru animasi 2 dan 3 dimensi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang teknik dan prosedur penyajian animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk komputer yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan media komputer dalam tujuan belajar untuk massal maupun individual melalui pembelajaran kolaboratif. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis antara mahasiswa dan dosen.

Pustaka

Utama :

  1. Len Unsworth. 2020. Learning from Animations in Science Education. Springer Cham
  2. Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course.
  3. Rao Heidmets. 2022. The Animation Textbook. CRC Press Taylor and Francis Group
  4. Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa

Pendukung :

  1. Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu
  2. Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan tentang perkembangan Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Ketepatan pengetahuan tentang perkembangan Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi kelompok, dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi
Pustaka: Rao Heidmets. 2022. The Animation Textbook. CRC Press Taylor and Francis Group

Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi
Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembuatan storyboard

  1. Mampu mengklasifikasikan jenis animasi 2 Dimensi dan 3 dimensi
  2. Menjelaskan konsep dasar animasi 2 Dimensi dan 3 dimensi
Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok
4 X 50
-
-
Materi: perkembangan industri film animasi
Pustaka: Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi
Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menjelaskan Proses Produksi Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Dapat menjelaskan alur dari proses produksi animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, diskusi kelompok, dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi
Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa

Materi: Storyboard Dan Karakter Animasi
Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembuatan storyboard

  1. Dapat menyebutkan langkah - langkah pembuatan storyboard
  2. Mampu menjelaskan fungsi panel dalam storyboard dan peran script dalam mendukung narasi visual
Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok, dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: Perkembangan teknologi media
Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat memahami teknik modeling dalam pengembangan storyboard

Ketepatan dalam menjelaskan Teknik Modeling 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: storytelling dan karakter
Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course.
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memahami Teknik Merancang Modelling Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Ketepatan dalam menjelaskan teknik dalam merancang modelling objek animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: storytelling dan karakter
Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course.
12%

7

Minggu ke 7

Menguraikan tentang alur penulisan cerita yang akan dibuat dalam storyboard

menguraikan indikator cerita yang baik

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Tes
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: indikator cerita yang baik
Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course.
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengembangkan storyboard

  1. Dapat mengembangkan storyboard
  2. Mampu menentukan jenis shot yang tepat dan mengatur komposisi visual dalam setiap panel
  3. Mampu menambahkan catatan aksi dan dialog yang relevan dalam panel storyboard
  4. Mampu menentukan timing yang tepat untuk setiap panel dari storyboard
Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Tes
Project Based Learning
4 X 50
-
-
Materi: animasi 2 dan 3 dimensi
Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
5%

9

Minggu ke 9

Mengembangkan cerita sederhana

Mahasiswa mampu mengembangkan cerita sederhana

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi, dan Tanya Jawab
4 X 50
-
-
Materi: cerita sederhana
Pustaka: Klein, S. B. (2002). Learning: principles and applications (4th ed.). New York: McGraw-Hill Higer Education.
4%

10

Minggu ke 10

Mengembangkan cerita sederhana

Mahasiswa mampu mengembangkan cerita sederhana

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Presentasi, dan Tanya Jawab
4 X 50
-
-
Materi: cerita sederhana
Pustaka: Klein, S. B. (2002). Learning: principles and applications (4th ed.). New York: McGraw-Hill Higer Education.
5%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan 2D Animasi

Memahami kaidah-kaidah animasi 2 dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: animasi 2 dimensi
Pustaka: Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu
5%

12

Minggu ke 12

Mengembangkan 2D Animasi

Dapat mengembangkan animasi 2 dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: animasi 2 dimensi
Pustaka: Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu
15%

13

Minggu ke 13

Memiliki kemampuan mengembangkan 3D animasi

Memahami kaidah-kaidah animasi 3 dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: animasi 3 dimensi
Pustaka: Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia
5%

14

Minggu ke 14

Memiliki kemampuan mengembangkan 3D animasi

Dapat mengembangkan animasi 3 dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: animasi 3 dimensi
Pustaka: Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia
14%

15

Minggu ke 15

Mengembangkan tugas akhir animasi 2 dan 3 dimensi

Membuat tugas akhir media animasi 2 dan 3 dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
4 X 50
-
-
Materi: animasi 2 dan 3 dimensi
Pustaka: Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mampu mengembangkan tugas akhir animasi 2 dan 3 dimensi

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi produk
4 X 50
-
-
Materi: animasi 2 dan 3 dimensi
Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 34.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 49%
3. Tes 16.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.