|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Animasi 2D & 3D |
8620320247 |
|
T=1 |
P=3 |
ECTS=6.36 |
4 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap ilmiah,kritis,dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran animasi 2 dan 3 dimensi
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan keilmuan teknologi pendidikan sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Analis Pendidikan dalam mengembangkan media animasi 2 dan 3 dimensi
|
PO - 3 |
Mampu memecahkan masalah berdasarkan metode studi kasus dalam bidang teknologi pendidikan untuk mengembangkan media animasi 2 dan 3 dimensi
|
PO - 4 |
Mampu menghasilkan outcome berupa peningkatan kinerja dan komitmen yang tinggi sebagai pengembang teknologi pendidikan dan guru animasi 2 dan 3 dimensi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang teknik dan prosedur penyajian animasi 2 dimensi dan 3 dimensi untuk komputer yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan media komputer dalam tujuan belajar untuk massal maupun individual melalui pembelajaran kolaboratif. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis antara mahasiswa dan dosen. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Len Unsworth. 2020. Learning from Animations in Science Education. Springer Cham
- Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course.
- Rao Heidmets. 2022. The Animation Textbook. CRC Press Taylor and Francis Group
- Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa
|
Pendukung : |
|
- Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan tentang perkembangan Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Ketepatan pengetahuan tentang perkembangan Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi Pustaka: Rao Heidmets. 2022. The Animation Textbook. CRC Press Taylor and Francis Group Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembuatan storyboard |
- Mampu mengklasifikasikan jenis animasi 2 Dimensi dan 3 dimensi
- Menjelaskan konsep dasar animasi 2 Dimensi dan 3 dimensi
|
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok 4 X 50 |
- - |
Materi: perkembangan industri film animasi Pustaka: Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi . Yogyakarta: Graha Ilmu. Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menjelaskan Proses Produksi Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Dapat menjelaskan alur dari proses produksi animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, diskusi kelompok, dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: Konsep Animasi 2 dan 3 Dimensi Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa Materi: Storyboard Dan Karakter Animasi Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembuatan storyboard |
- Dapat menyebutkan langkah - langkah pembuatan storyboard
- Mampu menjelaskan fungsi panel dalam storyboard dan peran script dalam mendukung narasi visual
|
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok, dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: Perkembangan teknologi media Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memahami teknik modeling dalam pengembangan storyboard |
Ketepatan dalam menjelaskan Teknik Modeling 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: storytelling dan karakter Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat memahami Teknik Merancang Modelling Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Ketepatan dalam menjelaskan teknik dalam merancang modelling objek animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: storytelling dan karakter Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. |
12% |
7
Minggu ke 7 |
Menguraikan tentang alur penulisan cerita yang akan dibuat dalam storyboard |
menguraikan indikator cerita yang baik |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Tes |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: indikator cerita yang baik Pustaka: Aksoy, G. (2012) The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat mengembangkan storyboard |
- Dapat mengembangkan storyboard
- Mampu menentukan jenis shot yang tepat dan mengatur komposisi visual dalam setiap panel
- Mampu menambahkan catatan aksi dan dialog yang relevan dalam panel storyboard
- Mampu menentukan timing yang tepat untuk setiap panel dari storyboard
|
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Tes |
Project Based Learning 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 2 dan 3 dimensi Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mengembangkan cerita sederhana |
Mahasiswa mampu mengembangkan cerita sederhana |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, dan Tanya Jawab 4 X 50 |
- - |
Materi: cerita sederhana Pustaka: Klein, S. B. (2002). Learning: principles and applications (4th ed.). New York: McGraw-Hill Higer Education. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mengembangkan cerita sederhana |
Mahasiswa mampu mengembangkan cerita sederhana |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Presentasi, dan Tanya Jawab 4 X 50 |
- - |
Materi: cerita sederhana Pustaka: Klein, S. B. (2002). Learning: principles and applications (4th ed.). New York: McGraw-Hill Higer Education. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan 2D Animasi |
Memahami kaidah-kaidah animasi 2 dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 2 dimensi Pustaka: Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengembangkan 2D Animasi |
Dapat mengembangkan animasi 2 dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 2 dimensi Pustaka: Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu |
15% |
13
Minggu ke 13 |
Memiliki kemampuan mengembangkan 3D animasi |
Memahami kaidah-kaidah animasi 3 dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 3 dimensi Pustaka: Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memiliki kemampuan mengembangkan 3D animasi |
Dapat mengembangkan animasi 3 dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 3 dimensi Pustaka: Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia |
14% |
15
Minggu ke 15 |
Mengembangkan tugas akhir animasi 2 dan 3 dimensi |
Membuat tugas akhir media animasi 2 dan 3 dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Project Based Learning, Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 2 dan 3 dimensi Pustaka: Ruslan, Arief. 2016. Animasi: Perkembangan dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu mengembangkan tugas akhir animasi 2 dan 3 dimensi |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi produk 4 X 50 |
- - |
Materi: animasi 2 dan 3 dimensi Pustaka: Sumarno, Alim, dkk. 2020. Handout Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Surabaya: Teknologi Pendidikan FIP Unesa |
5% |