|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Higiene, Sanitasi dan K3 |
6230502137 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menunjukkan pemahaman konsep manajemen, komunikasi, literasi global, bahan makanan, kesehatan, dan pariwisata |
PLO-7 |
Mampu menyusun menu, mengolah, mempresentasikan, dan menyimpan produk makanan, minuman atau masakan sesuai dengan standar yang berlaku (prosedur, kebersihan, sehat dan aman, inovatif, nilai estetika) dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien |
PLO-9 |
Mampu merancang business plan, melaksanakan, melakukan pengawasan dan evaluasi usaha di bidang kuliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar sanitasi dan higiene industri jasa boga.
|
PO - 2 |
M e m a h a mi k e r u s a k a n m a k a n a n.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materi kuliah ini mempelajari tentang sanitasi dan higiene makanan serta keselamatan kerja dalam kaitannya dengan industri jasa boga. Materi mata kuliah ini meliputi: konsep sanitasi dan higiene jasa
boga, kerusakan makanan, mikroba dan ekologinya dalam pangan, mekanisme infeksi dan intoksikasi, sanitasi pada tahap pengadaan, penyimpanan, pengolahan, distribusi dan pelayanan, pemeliharaan dan perawatan, serta keselamatan kerja. Perkuliahan dilaksanakan dengan melalui pengkajian, pemaparan konsep, diskusi studi kasus (Case Study), dan pemberian tugas, baik individu maupun kelompok. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Longree, Karla. 1980. Quality Food Sanitation . USA: John Willey and Sons
- Spears, Marian C and Vaden, Allene G. 1993. Food Service Organization . New York : Macmillan Pub. Co.
- Sjahmien Moehyie. 1992. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga . Jakarta: Bhratara.
- Jenie DSL. 1986. Sanitasi Dalam Industri Pangan. PAU IPB bekerja sama dengan Lembaga Sumber Daya Informasi IPB
- Nurlaela L. 2011. Sanitasi dan Higiene Makanan. Surabaya: Unesa University Press
|
Pendukung : |
|
- Forstyle and Hayes. 2013. Food Hygiene, Microbiology and HACCP. UK: Springer Sc
- Hutter BM. 2011. Managing Food Safety and Hygiene. Cheltenham UK: Edward Elgar Publishing Limited
- Somoray, AMM. 2016. Principles of Food Sanitation and Hygiene. Unlimited Books
|
Dosen Pengampu
|
Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar sanitasi dan higiene industri jasa boga. |
- a. Menjelaskan pengertian sanitasi dan higiene makanan
- b. Menjelaskan ruang lingkup sanitasi dan higiene makanan dalam industri jasa boga
- c. Mengidentifikasikan penyakit yang terjadi sebagai akibat dari mengkonsumsi makanan yang tidak aman.
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2X50 |
|
Materi: sanitasi dan higiene industri jasa boga Pustaka: Longree, Karla. 1980. Quality Food Sanitation . USA: John Willey and Sons |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami kerusakan makanan. |
- a. Menjelaskan kerusakan makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme, biologi, fisik, mekanis, fisiologi dan kimiawi.
- b. Mengidentifikasi mikroba penyebab keracunan/kerusakan makanan
- c. Menganalisis kasus keracunan makanan yang terjadi di sekitar
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2X50 |
|
Materi: kerusakan makanan Pustaka: Longree, Karla. 1980. Quality Food Sanitation . USA: John Willey and Sons |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami tentang personal hygiene |
- a. Menjelaskan pengertian pengertian personal hygiene
- b. Menganalisis faktor yang mempengaruhi personal hygiene
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: personal hygiene Pustaka: Spears, Marian C and Vaden, Allene G. 1993. Food Service Organization . New York : Macmillan Pub. Co. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami tentang pengadaan bahan makanan |
- a. Mengidentifikasi macam-macam bahan makanan sesuai dengan kelompoknya (perishable, unperishable, dan semi-perishable)
- b. Mendeskripsikan cara memilih bahan makanan
- c. Mendeskripsikan cara memperlakukan bahan makanan pada tahap persiapan bahan.
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: pengadaan bahan makanan Pustaka: Forstyle and Hayes. 2013. Food Hygiene, Microbiology and HACCP. UK: Springer Sc |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis penyimpanan bahan makanan |
- a. Menjelaskan pentingnya penyimpanan bahan makanan/makanan jadi
- b. Menjelaskan prinsip suhu penyimpanan
- c. Menjelaskan prinsip waktu penyimpanan
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: penyimpanan bahan makanan Pustaka: Hutter BM. 2011. Managing Food Safety and Hygiene. Cheltenham UK: Edward Elgar Publishing Limited |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menilai dan menganalisis kondisi sanitasi hygiene pada tempat penjualan makanan jajanan |
- a. Membuat instrument observasi kondisi sanitasi hygiene tempat penjualan makanan jajanan
- b. Melakukan observasi kondisi sanitasi hygiene tempat penjualan makanan jajanan
- c. Menganalisis kondisi sanitasi hygiene tempat penjualan makanan jajanan
- d. Membuat laporan kegiatan observasi dan presentasi
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: kondisi sanitasi hygiene pada tempat penjualan makanan jajanan Pustaka: Longree, Karla. 1980. Quality Food Sanitation . USA: John Willey and Sons |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menilai dan menganalisis kondisi sanitasi hygiene pada tempat penjualan makanan jajanan |
- a. Mengevaluasi kondisi sanitasi hygiene tempat penjualan makanan jajanan
- b. Memperbaiki /revisi laporan kondisi sanitasi hygiene tempat penjualan makanan jajanan, laporan dikumpulkan terakhir pada saat UTS.
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: kondisi sanitasi hygiene pada tempat penjualan makanan jajanan Pustaka: Sjahmien Moehyie. 1992. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga . Jakarta: Bhratara. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
Menjawab soal pilihan ganda dan essay 2x50 menit |
|
Materi: higiene makanan Pustaka: Nurlaela L. 2011. Sanitasi dan Higiene Makanan. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami tentang sanitasi dalam pengolahan makanan |
- a. Menjelaskan pengertian pengolahan makanan
- b. Tempat pengolahan makanan
- c. Tenaga penagan dan pengolah
- d. Alat pengolahan makanan
- e. Cara mengolah makanan
- f. Metode memasak dan keamanan relative
- g. Hubungan suhu dan sanitasi pangan
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: sanitasi dalam pengolahan makanan Pustaka: Somoray, AMM. 2016. Principles of Food Sanitation and Hygiene. Unlimited Books |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami santasi dalam pelayanan dan penyajian makanan |
- a. Menjelaskan pentingnya memperhatikan sanitasi pada penyajian makanan.
- b. Menganalisis prinsip wadah.
- c. Menganalisis prinsip kadar air
- d. Menganalisis perinsip edible part
- e. Menganalisis prinsip pemisahan
- f. Menganalisis prinsip panas
- g. Menganalisis prinsip alat
- h. Menganalisis prinsip penanganan (handling)
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: santasi dalam pelayanan dan penyajian makanan Pustaka: Nurlaela L. 2011. Sanitasi dan Higiene Makanan. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami santasi dalam pelayanan dan penyajian makanan |
- a. Menjelaskan pentingnya memperhatikan sanitasi pada penyajian makanan.
- b. Menganalisis prinsip wadah.
- c. Menganalisis prinsip kadar air
- d. Menganalisis perinsip edible part
- e. Menganalisis prinsip pemisahan
- f. Menganalisis prinsip panas
- g. Menganalisis prinsip alat
- h. Menganalisis prinsip penanganan (handling)
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: santasi dalam pelayanan dan penyajian makanan Pustaka: Nurlaela L. 2011. Sanitasi dan Higiene Makanan. Surabaya: Unesa University Press |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai sanitasi dalam perawatan/pemeliharaan dan keselamatan kerja. |
a. Menjelaskan pentingnya sanitasi sarana pengolahan dan lingkungan lingkungan b. Menjelaskan ruang lingkup sanitasi lingkungan c. Menjelaskan proses sanitasi lingkungan. d. Menjelaskan pengertian pencucian peralatan e. Menjelaskan macam-macam pencucian peralatan f. Menjelaskan bahan-bahan pencucian perlatan. g. Menjelaskan proses pencucian peralatan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: sanitasi dalam perawatan/pemeliharaan dan keselamatan kerja Pustaka: Hutter BM. 2011. Managing Food Safety and Hygiene. Cheltenham UK: Edward Elgar Publishing Limited |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami pengemasan makanan |
- a. Menjelaskan pengertian pengemasan
- b. Menjelaskan tujuan/fungsi pengemasan.
- c. Menjelaskan macam-macam pengemasan.
- d. Menjelaskan kemasan berbahaya
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi. 2 X 50 |
|
Materi: pengemasan makanan Pustaka: Jenie DSL. 1986. Sanitasi Dalam Industri Pangan. PAU IPB bekerja sama dengan Lembaga Sumber Daya Informasi IPB |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami penjaminan mutu keamanan pangan |
- a. Menjelaskan konsep HACCP
- b. Mengidentifikasi Prinsip HACCP
- c. Menganalisis penerapan prinsip HACCP di industri
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila menjawab semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: HACCP Pustaka: Forstyle and Hayes. 2013. Food Hygiene, Microbiology and HACCP. UK: Springer Sc |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Evaluasi kondisi hygiene dan sanitasi jasa boga (usaha penjualan makanan). |
Mendeskripsikan kondisi hygiene sanitasi jasa boga Menganalisis hygiene sanitasi jasa boga |
Kriteria:
Mendapatkan nilai penuh apabila melakukan presentasi dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban kepada penanya benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
Materi: HACCP Pustaka: Forstyle and Hayes. 2013. Food Hygiene, Microbiology and HACCP. UK: Springer Sc |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
Menjawab soal essay 2 X 50 |
|
Materi: Food Safety Pustaka: Forstyle and Hayes. 2013. Food Hygiene, Microbiology and HACCP. UK: Springer Sc |
15% |