
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kolaborasi Tata Kelola Daerah |
6320102660 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Farid Ma‘ruf, Galih Wahyu Pradana
|
Muhammad Farid Ma‘ruf
|
EVA HANY FANIDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai konsep dasar manajemen publik, teori organisasi, manajemen sumber daya manusia (SDM) sektor publik, keuangan publik, serta kepemimpinan dan pengambilan keputusan. |
PLO-9 |
Mampu mentransformasi aktivitas, berkomunikasi, dan mengambil keputusan dalam berorganisasi dan bermasyarakat berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
PLO-12 |
Mampu memimpin dan mengelola organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai kaidah dan prinsip prinsip reformasi administrasi dan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebijakan publik, organisasi dan manajemen publik dalam rangka penyelesaian masalah publik
|
PO - 3 |
Mammpu menelaah dan menganalisis peluang dan tantangan Kerjasama Antar Daerah diera Otonomi Daerah
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang rekomendasi strategi penguatan kerjasama antar daerah berbasis data dan kebutuhan masyarakat.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-6 | PLO-9 | PLO-12 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengajak mahasisiwa belajar bersama tentang otonomi daerah dan potensi pengembangan kerjasama antar daerah (intergovernmental). Pada kajian awal, Mahasiswa belajar diajak mereload kembali konsep otonomi dan desentralisasi berdasarkan pendekatan (UU) terbaru. Selanjutnya Mahasiswa membahas dan mendiskusikan materi kajian hubungan Kerjasama Antar Daerah dalam kerangka otonomi dalam dan pendekatan desentralisasi. Kajian berikutnya adalah tentang substansi kerjasama antar daerah yang meliputi : Konsep dan latar belakang perlunyanya KAD, Model dan tatacara KAD, Kelembagaan KAD dan Bentuk KAD, Mekanisme tatacara pelaksanaan KAD yang dilakukan dengan strategi kuliah mimbar dan diskusi untuk menganalisis kasus. Pada bagian akhir, mahasiswa diberikan pengetahuan tentang aspek pendanaan dan mendiskusikan contoh pelaksanaan KAD yang sudah pernah dilakukan oleh beberapa pemerintah daerah di Indonesia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Donahue, John, 2011. Collaborative Governance, Princento University Press
- Huda, Ni&rsquomatul.2013. Otonomi Daerah, Pustaka Pelajar Yogyakarta
- Johnson, William.C. 2009.Public Administration Partnership in Public Service. Waveland Press
- Kaputra, Iswan, 2013. Dampak Otoda di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Yogyakarta
- Kuncoro, Mudrajat.2014. Otonomi Daerah. Erlangga Surabaya
- Widjaya. HW. 2014. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, Rajawali Pers Jakarta
- Hidayat, A. & Sutrisno, I. (2023). Kerjasama Antar Daerah dalam Konteks Otonomi dan Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Rajawali.
- Rini, A. & Kurniawan, F. (2024). Strategi dan Implementasi Kerjasama Antar Daerah di Indonesia: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
- Wibowo, D., & Prasetya, E. (2022). Peran Kerjasama Antar Daerah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Nugroho, D. & Santoso, M. (2023). Membangun Kerjasama Antar Daerah untuk Pembangunan Wilayah: Studi Kasus dan Perspektif Kebijakan. Malang: Penerbit UMM Press.
- Sari, T., & Haryanto, W. (2024). Kebijakan Kerjasama Antar Daerah dalam Pembangunan Ekonomi Daerah. Surabaya: Penerbit Universitas Surabaya Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP. Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup perencanaan pembangunan |
Menjelaskan ruang kingkup perencanaan pembangunan |
Kriteria:
Rubrik Analitik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
CeramahTanya Jawab/Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Collaborative Governance Pustaka: Donahue, John, 2011. Collaborative Governance, Princento University Press Materi: Ruang Lingkup Perencanaan Pembangunan Daerah Pustaka: Hidayat, A. & Sutrisno, I. (2023). Kerjasama Antar Daerah dalam Konteks Otonomi dan Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Rajawali. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjabarkan perubahan paradigma dalam Otonomi Daerah |
Kompetensi Pengetahuan Mahasiswa mampu menjelaskan arah paradigma Otonomi Daerah sebelum dan pasca Orde Baru |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah MimbarTanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: perubahan paradigma dalam Otonomi Daerah Pustaka: Huda, Ni&rsquomatul.2013. Otonomi Daerah, Pustaka Pelajar Yogyakarta Materi: Perubahan paradigma dalam Otonomi Daerah Pustaka: Hidayat, A. & Sutrisno, I. (2023). Kerjasama Antar Daerah dalam Konteks Otonomi dan Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Rajawali. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjabarkan format baru Otonomi Daerah serta tujuan pembangunan daerah |
- Kompetensi PengetahuanMahasiswa dapat menjelaskan format baru otonomi daerah
- Mahasiswa dapat mendefinisikan beberapa fungsi gubernur dalam pembangunan daerah
- Kompetensi Analisis Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kewenangan yang tumpang tindih antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbarDiskusi 2 X 50 |
|
Materi: format baru Otonomi Daerah serta tujuan pembangunan daerah Pustaka: Huda, Ni&rsquomatul.2013. Otonomi Daerah, Pustaka Pelajar Yogyakarta |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang reformasi desentralisasi fiskal di Indonesia |
- Kompetensi Pengetahuan Mahasiswa dapat memahami bagaimana hubungan keuangan Pusat-Daerah
- Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa jenis Pendapatan Daerah
- Kompetensi Analisis Mahasiswa mampu menganalisis hubungan antara APBN dengan APBD
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbarTanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: reformasi desentralisasi fiskal di Indonesia Pustaka: Johnson, William.C. 2009.Public Administration Partnership in Public Service. Waveland Press Materi: reformasi desentralisasi fiskal di Indonesia Pustaka: Wibowo, D., & Prasetya, E. (2022). Peran Kerjasama Antar Daerah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bandung: Penerbit Alfabeta. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami beberapa skema perencanaan pembangunan daerah |
- Kompetensi Pengetahuan Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana konsep perencanaan pembangunan daerah yang ideal
- Mahasiswa mampu menguraikan perbedaan antara perencanaan dari bawah (bottom up planning) dengan perencanaan dari atas (top down planning)
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbarTanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: skema perencanaan pembangunan daerah Pustaka: Kaputra, Iswan, 2013. Dampak Otoda di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Yogyakarta |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami pengertian Good Governance di era Otonomi Daerah |
- Kompetensi Pengetahuan Mahasiswa mampu menjabarkan makna dari Governance
- Mahassiwa mampu menjabarkan permasalahan kelembagaan dalam transisi otonomi daerah
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbarTanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: pengertian Good Governance di era Otonomi Daerah Pustaka: Widjaya. HW. 2014. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, Rajawali Pers Jakarta |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa klasifikasi daerah berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita |
- Kompetensi PengetahuanMahasiswa dapat menjelaskan peran pemerintah dalam strategi membangun daerah
- Mahasiswa dapat menjelaskan paradigma baru pembangunan ekonomi daerah
- Mahasiswa dapat menjelaskan indikator fundamental ekonomi daerah
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah MimbarTanya Jawab 2 X 50 |
|
Materi: klasifikasi daerah berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita Pustaka: Johnson, William.C. 2009.Public Administration Partnership in Public Service. Waveland Press |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
Mahasiswa mampu menjawab berbagai soal yang sumber materinya berasal dari pertemuan 1 sampai pertemuan ke 7 |
Kriteria:
Lembar Penilaian UTS. Terdiri atas 4 soal uraian. Bobot Soal No 1= 30Bobot Soal No 2 = 20Bobot Soal No 3 = 30 Bobot Soal No 4 = 20Lembar Penilaian 2 (tugas) terdiri atas penilaian terhadap:- Kesesuaian paper dengan sistematika penulisan- Kesesuaian judul dengan isi paper - Kedalaman isi paperLembar Penilaian UAS. Terdiri atas 5 soal uraian. Bobot Soal No 1= 25Bobot Soal No 2 = 25Bobot Soal No 3 = 25 Bobot Soal No 4 = 25 Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tertulis 2 X 50 |
|
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-7 Pustaka: Donahue, John, 2011. Collaborative Governance, Princento University Press |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis prinsip-prinsip dasar, pokok bahasan, obyek, dan ruang lingkup kerjasama antar daerah secara logis, kritis dan sistematis |
- Mampu menjelaskan subyek subyek yang telibat dalam KAD - Mampu menejelasan mnguraikan obyek dan ruang lingkup kerjasama dalam KAD Kemampuan Analitis - Mampu mendeskripsikan latar belakang, alasan dan factor factor yang mendukung terjalinnya KAD |
Kriteria:
Rubrik Analitik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 29 September 2021 |
asistensi tugas
|
Materi: prinsip-prinsip dasar, pokok bahasan, obyek, dan ruang lingkup kerjasama antar daerah Pustaka: Kuncoro, Mudrajat.2014. Otonomi Daerah. Erlangga Surabaya |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis aktor dan interaksi aktor dalam pelaksanaan kerjasama antar daerah secara logis, kritis dan sistematis |
- - Mampu menjelaskan subyek subyek yang telibat dalam KAD
- - Mampu menjelaskan obyek dan ruang lingkup kerjasama dalam KAD
|
Kriteria:
- Rubrik Analitik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
FGD dan diskusi kelompok
|
Materi: analisis aktor dan interaksi aktor dalam pelaksanaan kerjasama antar daerah Pustaka: Huda, Ni&rsquomatul.2013. Otonomi Daerah, Pustaka Pelajar Yogyakarta |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengidentifikasi bentuk/model kerjasama antar daerah secara logis, kritis dan sistematis |
- - Mampu menjelaskan bentuk dan model Kerjasama dalam KAD
- - Mampu menjelaskan format kerjasama dalam KAD
- Ketepatan dalam mengidentifikasi berbagai bentuk/model kerjasama antar daerah
|
Kriteria:
mahasiswa mampu menjelaskan bentuk dan model Kerjasama dalam KAD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
ceramah dan diskusi
|
Materi: Bentuk dan Model Kerjasama Pustaka: Materi: Mekanisme Kerjasama antar daerah Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis berbagai mekanisme kerja sama antardaerah secara logis, kritis dan sistematis |
Ketepatan dalam menganalisis berbagai mekanisme kerjasama kerjasama antar daerah |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
|
|
Materi: mekanisme kerja sama antardaerah Pustaka: Kuncoro, Mudrajat.2014. Otonomi Daerah. Erlangga Surabaya |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis kelembagaan dan jaringan kelembagaan dalam praktik kerja sama antardaerah secara logis, kritis dan sistematis |
Ketepatan dalam menganalisis kelembagaan dan jaringan kelembagaan dalam praktik kerja sama antardaerah |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring, ceramah
|
|
Materi: kelembagaan dan jaringan kelembagaan dalam praktik kerja sama antardaerah Pustaka: Johnson, William.C. 2009.Public Administration Partnership in Public Service. Waveland Press |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis aspek pendanaan dalam praktik kerjasama antar daerah secara logis, kritis dan sistematis. |
Keakuratan dalam menganalisis aspek pendanaan dalam praktik kerjasama antar daerah |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah
|
|
Materi: aspek pendanaan dalam praktik kerjasama antar daerah Pustaka: Johnson, William.C. 2009.Public Administration Partnership in Public Service. Waveland Press |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai praktik kerja sama antar daerah dan pentingnya interaksi aktor dalam pelaksanaan kerja sama antar daerah |
Keakuratan dalam menganalisis berbagai praktik kerja sama antardaerah dan pentingnya interaksi aktor dalam pelaksanaan kerja sama antardaerah |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah
|
|
Materi: analisis berbagai praktik kerja sama antar daerah dan pentingnya interaksi aktor dalam pelaksanaan kerja sama antar daerah Pustaka: Widjaya. HW. 2014. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, Rajawali Pers Jakarta |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan UAS dengan baik |
Mahasiswa mampu mengerjakan UAS dengan baik |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah
|
|
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-15 Pustaka: Huda, Ni&rsquomatul.2013. Otonomi Daerah, Pustaka Pelajar Yogyakarta |
20% |