|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktek Piano |
8820902573 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
27 April 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.
|
Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dalam memainkan instrumen piano.
|
PO - 2 |
Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan perkuliahan Instrumen Pendamping (bidang keahlian piano) meliputi studi pustaka untuk mendapatkan data bentuk bentuk model piano dan teknik bermain piano, melakukan browsing internet untuk mendapatkan data bentuk pola latihan instrumen piano yang terbaru dengan cara mengunduh pada situs yang gratis atau yang berbayar.
|
PO - 3 |
Memiliki pengetahuan tentang instrumen piano, ketrampilan memainkan instrumen piano dengan berbagai macam teknik pada tingkat dasar, serta dapat menyajikan lagu untuk latihan instrumen piano di depan kelas.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Dasar Praktek Piano bertujuan untuk mengajarkan keterampilan dasar bermain piano kepada mahasiswa, termasuk teknik dasar, pembacaan notasi, dan interpretasi musik. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), mahasiswa diberikan tantangan praktis, seperti menyiapkan dan memainkan repertoar untuk kebutuhan pertunjukan atau proyek kolaboratif, sehingga mereka belajar memecahkan masalah secara kreatif dalam praktik bermain piano. Pendekatan ini mengacu pada lifelong learning, mendorong mahasiswa untuk terus berlatih, mengembangkan teknik, dan menyesuaikan diri dengan berbagai gaya musik sepanjang karier mereka. Selain itu, pembelajaran ini juga menanamkan prinsip kewirausahaan, mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi peluang sebagai pianis profesional atau pengajar piano, serta mempersiapkan mereka agar mampu menawarkan layanan piano yang kompetitif di dunia seni pertunjukan dan pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
- Brown, A. L., & Thompson, S. (2023). Effective strategies for teaching beginners: A comparative study of piano pedagogy methods. Journal of Music Education Research, 50(2), 150-172. https://doi.org/10.1080/19443927.2023.1543217
- Lee, H. J., & Kim, S. Y. (2022). Integrating technology in early piano education: Benefits and challenges. International Journal of Music Pedagogy, 39(1), 45-67. https://doi.org/10.1007/s00139-022-01245-w
|
Pendukung : |
|
- Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada
- Martinez, R., & Johnson, L. (2020). A systematic approach to teaching piano technique to young learners. Journal of Piano Pedagogy, 32(3), 78-95. https://doi.org/10.2683/jpp.2020.32.3.78
|
Dosen Pengampu
|
Senyum Sadhana, S.Sn., M.Pd. Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memainkan tangga nada C major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- • Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C,
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, major dengan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming 2 x 50 |
|
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memainkan tangga nada C dan G serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat. |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G.
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G major dengan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming 2 x 50 |
|
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G major dengan penomoran jari yang tepat. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D, |
- Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D,
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming 2 x 50 |
|
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat. Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D dan A major dengan penomoran jari yang tepat |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D dan A major dengan penomoran jari yang tepat |
Kriteria:
Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x 50 |
|
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat |
• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat |
Kriteria:
Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x 50 |
|
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
|
Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai Pustaka: Brown, A. L., & Thompson, S. (2023). Effective strategies for teaching beginners: A comparative study of piano pedagogy methods. Journal of Music Education Research, 50(2), 150-172. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
|
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai |
- Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
- Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
|
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
|
Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
|
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika Pustaka: Martinez, R., & Johnson, L. (2020). A systematic approach to teaching piano technique to young learners. Journal of Piano Pedagogy, 32(3), 78-95. https://doi.org/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x 50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
|
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. Pustaka: Martinez, R., & Johnson, L. (2020). A systematic approach to teaching piano technique to young learners. Journal of Piano Pedagogy, 32(3), 78-95. https://doi.org/... |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika. Pustaka: Brown, A. L., & Thompson, S. (2023). Effective strategies for teaching beginners: A comparative study of piano pedagogy methods. Journal of Music Education Research, 50(2), 150-172. https://doi.org/... |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. |
Kriteria:
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek 2 x50 |
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai. Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson. |
20% |