Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktek Piano

8820902573

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

27 April 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.




Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai ilmu pengetahuan, praktik dan penciptaan seni drama, tari dan musik, serta seni pertunjukan (dramaturgi, musikologi, kajian seni pertunjukan, koreologi, dan lain- lain).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dalam memainkan instrumen piano.

PO - 2

Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan perkuliahan Instrumen Pendamping (bidang keahlian piano) meliputi studi pustaka untuk mendapatkan data bentuk bentuk model piano dan teknik bermain piano, melakukan browsing internet untuk mendapatkan data bentuk pola latihan instrumen piano yang terbaru dengan cara mengunduh pada situs yang gratis atau yang berbayar.

PO - 3

Memiliki pengetahuan tentang instrumen piano, ketrampilan memainkan instrumen piano dengan berbagai macam teknik pada tingkat dasar, serta dapat menyajikan lagu untuk latihan instrumen piano di depan kelas.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6
PO-1  
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Dasar Praktek Piano bertujuan untuk mengajarkan keterampilan dasar bermain piano kepada mahasiswa, termasuk teknik dasar, pembacaan notasi, dan interpretasi musik. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), mahasiswa diberikan tantangan praktis, seperti menyiapkan dan memainkan repertoar untuk kebutuhan pertunjukan atau proyek kolaboratif, sehingga mereka belajar memecahkan masalah secara kreatif dalam praktik bermain piano. Pendekatan ini mengacu pada lifelong learning, mendorong mahasiswa untuk terus berlatih, mengembangkan teknik, dan menyesuaikan diri dengan berbagai gaya musik sepanjang karier mereka. Selain itu, pembelajaran ini juga menanamkan prinsip kewirausahaan, mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi peluang sebagai pianis profesional atau pengajar piano, serta mempersiapkan mereka agar mampu menawarkan layanan piano yang kompetitif di dunia seni pertunjukan dan pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
  2. Brown, A. L., & Thompson, S. (2023). Effective strategies for teaching beginners: A comparative study of piano pedagogy methods. Journal of Music Education Research, 50(2), 150-172. https://doi.org/10.1080/19443927.2023.1543217
  3. Lee, H. J., & Kim, S. Y. (2022). Integrating technology in early piano education: Benefits and challenges. International Journal of Music Pedagogy, 39(1), 45-67. https://doi.org/10.1007/s00139-022-01245-w

Pendukung :

  1. Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada
  2. Martinez, R., & Johnson, L. (2020). A systematic approach to teaching piano technique to young learners. Journal of Piano Pedagogy, 32(3), 78-95. https://doi.org/10.2683/jpp.2020.32.3.78

Dosen Pengampu

Senyum Sadhana, S.Sn., M.Pd.

Tomy Agung Sugito, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memainkan tangga nada C major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. • Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C,
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, major dengan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Direct instruction
Diskusi Brainstorming
2 x 50

Materi: Mampu memainkan tangga nada C, major, serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.
Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memainkan tangga nada C dan G serta mampu mengidentifikasi notasi balok dalam suatu repertoar piano secara tepat.

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G.
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G major dengan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Direct instruction
Diskusi Brainstorming
2 x 50

Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G major dengan penomoran jari yang tepat.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D,

  1. Mampu mengindentifikasi anggota notasi dalam tangga nada C, G, D,
  2. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Direct instruction
Diskusi Brainstorming
2 x 50

Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D major dengan penomoran jari yang tepat.
Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D dan A major dengan penomoran jari yang tepat

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D dan A major dengan penomoran jari yang tepat

Kriteria:

Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x 50

Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat
Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat

• Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E major dengan penomoran jari yang tepat

Kriteria:

Sinkronous Diskusi Brainstorming, Praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x 50

Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor secara lancar, serta mampu memainkan etude dan repertoar piano dengan artikulasi yang tepat
Pustaka: Khodijat Latifah, Tangga Nada dan Tri nada
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50

Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
Pustaka: Brown, A. L., & Thompson, S. (2023). Effective strategies for teaching beginners: A comparative study of piano pedagogy methods. Journal of Music Education Research, 50(2), 150-172. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50

Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.

Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai

  1. Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
  2. Mampu memainkan repertoar piano dengan artikulasi dan penomoran jari yang tepat.
Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50

Materi: Menguasai permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB mayor dalam berbagai variasi bentuk, serta mampu mengaplikasikan artikulasi permainan etude dan repertoar piano secara terampil.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.

Materi: Mampu mengaplikasikan permainan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, major dalam bentuk searah (Legato dan staccato) dan berlawanan dengan tempo yang sesuai
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x 50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.

Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika
Pustaka: Martinez, R., & Johnson, L. (2020). A systematic approach to teaching piano technique to young learners. Journal of Piano Pedagogy, 32(3), 78-95. https://doi.org/...
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x 50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.
Pustaka: Martinez, R., & Johnson, L. (2020). A systematic approach to teaching piano technique to young learners. Journal of Piano Pedagogy, 32(3), 78-95. https://doi.org/...
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan dinamika.
Pustaka: Brown, A. L., & Thompson, S. (2023). Effective strategies for teaching beginners: A comparative study of piano pedagogy methods. Journal of Music Education Research, 50(2), 150-172. https://doi.org/...
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.

Kriteria:

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Direct instruction
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Sinkronous
Diskusi Brainstorming, Praktek
2 x50
Materi: Mampu memainkan tangga nada C, G, D, A, E, F, B, #C, bE, #F, bA, bB (2 Oktaf) dan c, g, d, a, e, f, b, #c, be, #f, ba, bb Minor (harmonis dan melodis) dalam berbagai variasi bentuk serta memainkan Etude dan repertoar piano dengan menerapkan artikulasi, tempo yang tepat, serta dinamika dan penjiwaan yang sesuai.
Pustaka: 1. Beyer, Ferdinand. First Lesson. China: Chuan Yin Music Publishing Co. 2.Thompson, John. First Lesson.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 82.5%
3. Tes 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.