Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

8620702271

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini menggunakan teknologi pembelajaran

PO - 2

Mengkaji dampak penggunaan teknologi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini

PO - 3

Mengidentifikasi Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini

PO - 4

Analisis Potensi dan Kebutuhan Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran

PO - 5

Merancang Instrumen Evaluasi Video Pembelajaran

PO - 6

Merefleksikan Pengalaman Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), mahasiswa akan mengembangkan keterampilan desain, implementasi, dan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Menggunakan metode pembelajaran Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).
  2. Adhe, K. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran daring matakuliah kajian PAUD di jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26-31.
  3. Simatupang, N., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholihah, S. A. (2022). Application of Singing Activities to Stimulate Children's Vocabulary Acquisition. Child Education Journal, 4(2), 139-158.
  4. Aini, M. N., Widayati, S., Adhe, K. R., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan ebook mitigasi bencana kebakaran untuk anak usia 5-6 tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 400-411.

Pendukung :

  1. Psikologi Perkembangan AnakUsia Dini Edisi Pertama Oleh Dr.Masganti Sit, M.Ag. penerbit:KencanaTahun:2017
  2. Suryana, D., & Hijriani, A.(2022). Pengembangan Media VideoPembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. JurnalObsesi: Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini, 6(2), 1077-1094
  3. Syafi’i, I., Sa’diyah, C.,Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020).Penerapan video pembelajaran daringanak usia dini pada masa pandemiCovid-19. Al-Athfaal: Jurnal IlmiahPendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160.
  4. Atmajaya, D. (2017).Implementasi augmented reality untukpembelajaran interaktif. ILKOM JurnalIlmiah, 9(2), 227-232
  5. Himamunanto, A. R., Waruwu,D. A., & Setyawan, G. C. (2023). ImageTracking Berbasis AR UntukPeningkatan Pembelajaran Buah PadaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Infotek: Jurnal Informatika danTeknologi, 6(2), 381-389
  6. ahrurrozi, M., & Rahmawati, S.N. L. (2021). Pengembangan ModelInstrumen Evaluasi MenggunakanAplikasi Kahoot Pada PembelajaranEkonomi. Jurnal Profit, 8(1), 1-10
  7. Hutapea, R. H., & PAK, S.(2022). Instrumen Evaluasi Non-Tesdalam Penilaian Hasil Belajar RanahAfektif dan Psikomotorik
  8. Iftitah, S. L. (2021). EvaluasiPembelajaran Anak Usia Dini.
  9. Abidin, N., & Haq, A. F. (2023).Aplikasi Media Pembelajaran Anak UsiaDini Menggunakan TeknologiAugmented Reality Berbasis Android.Jurnal Nasional Komputasi danTeknologi Informasi, 6(1), 95-102
  10. Nurhayati, N., Aslan, A., &Susilawati, S. (2023). PenggunaanTeknologi Gadget Sebagai MediaPembelajaran Pada Anak Usia Dini DiRaudhatul Atfhal Al-Ikhlas KotaSingkawang. JIP: Jurnal IlmuPendidikan, 1(3), 485-500

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran.

Mengidentifikasi tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran

Kriteria:

Mahasiswa mampu tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama Oleh Dr. Masganti Sit, M.Ag. penerbit:Kencana Tahun:2017
Pustaka:

Materi: Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut.

Pemahaman tentang teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut.

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami tentang teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Implementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran.

Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengimmplementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160.
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini.

Menysun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menysun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.
Pustaka:
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini.

Pemahaman konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini.

Kriteria:

Mahasiswa mampu memahami konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Atmajaya, D. (2017). Implementasi augmented reality untuk pembelajaran interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227-232.
Pustaka:

Materi: Himamunanto, A. R., Waruwu, D. A., & Setyawan, G. C. (2023). Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 6(2), 381-389.
Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).
10%

6

Minggu ke 6

Potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini.

Menganalisa potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisa potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Himamunanto, A. R., Waruwu, D. A., & Setyawan, G. C. (2023). Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 6(2), 381-389.
Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).
10%

7

Minggu ke 7

Rancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak.

Merancang konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak.

Kriteria:

Mahasiswa mampu melakukan perancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Himamunanto, A.R., Waruwu, D.A., & Setyawan,G. C. (2023).Image TrackingBerbasis ARUntukPeningkatanPembelajaranBuah PadaPendidikan AnakUsia Dini(PAUD). Infotek:JurnalInformatika danTeknologi, 6(2),381-389.
Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengimplementasikan konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini.

Pengimplementasian konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengImplementasikan konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50
UTS
2 X 50
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami penggunaan instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas video pembelajaran anak usia dini.

  1. Evaluasi pembelajaran AUD
  2. Penyusunan instrumen evaluasi
  3. Efektifitas video terhadap perkembangan AUD
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu mengevaluasi pembelajaran AUD
  2. Mahasiswa mampu melakukan penyusunan instrumen evaluasi
  3. Mahasiswa mampu menganalisa efektifitas video terhadap perkembangan AUD

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Fahrurrozi, M., & Rahmawati, S. N. L. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Profit, 8(1), 1-10.
Pustaka:

Materi: Hutapea, R. H., & PAK, S. (2022). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik.
Pustaka:

Materi: Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56.
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

Perancangan instrumen evaluasi yang fokus pada kualitas pembelajaran anak usia dini.

  1. Pembuatan instrumen evaluasi yang dibuat
  2. Pemberian alasan terkait kualitas pembelajaran
  3. Pembuatan rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen evaluasi yang dibuat
  2. Mahasiswa mampu memberikan alasan terkait kualitas pembelajaran
  3. Mahasiswa mampu membuat rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan Pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Iftitah, S. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini.
Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).

Materi: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
Pustaka:
3%

11

Minggu ke 11

Implementasi instrumen evaluasi dalam uji coba video pembelajaran anak usia dini.

  1. Penjelasan instrumen evaluasi
  2. Pendemonstrasian video pembelajaran
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen evaluasi
  2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan video pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 Xx 50
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi dan memberikan pembaruan pada desain pembelajaran anak usia dini.

  1. Mengetahui kesalahan desain pembelajaran
  2. Menganalogikan solusi yang sesuai dengan kesalahannya
Kriteria:
  1. Mahasiswa mengetahui kesalahan desain pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu menganalogikan solusi yang sesuai dengan kesalahannya

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142.
Pustaka:
6%

13

Minggu ke 13

Respon dan Refleksi pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan teknologi pembelajaran anak usia dini.

  1. Refleksi pengalaman dalam merancang pembelajaran AUD
  2. Penjelasan penggunaan teknologi pembelajaran
Kriteria:
  1. Mahasiwa mampu merefleksikan pengalaman dalam merancang pembelajaran AUD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan teknologi pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Abidin, N., & Haq, A. F. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 6(1), 95-102.
Pustaka:
10%

14

Minggu ke 14

Analisis dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini.

  1. Penjelasan dampak positif penggunaan teknologi
  2. Penjelasan dampak negatif penggunaan teknologi
  3. Penganalogikan penggunaan teknologi dengan tepat dan benar
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dampak positif penggunaan teknologi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dampak negatif penggunaan teknologi
  3. Mahasiswa mampu menganalogikan penggunaan teknologi dengan tepat dan benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih, M. D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112.
Pustaka:

Materi: Nurhayati, N., Aslan, A., & Susilawati, S. (2023). Penggunaan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 485-500.
Pustaka: Candy, Philip C. (1991). Self-direction for lifelong learning , a comprehensive to theory and practice. San Fancisco: Jossey-Bass Inc. Publishers
10%

15

Minggu ke 15

Rumusan strategi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anak usia dini.

Penjelasan strategi perbaikan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaaskan strategi perbaikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek
2 X 50
Materi: Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187.
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Representatif hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini.

Merepresetasikan hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini.

Kriteria:

Mahasiswa mampu merepresentasikan hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini.


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50
UAS
2 X 50
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.