|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702271 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini menggunakan teknologi pembelajaran
|
PO - 2 |
Mengkaji dampak penggunaan teknologi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
|
PO - 4 |
Analisis Potensi dan Kebutuhan Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
|
PO - 5 |
Merancang Instrumen Evaluasi Video Pembelajaran
|
PO - 6 |
Merefleksikan Pengalaman Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), mahasiswa akan mengembangkan keterampilan desain, implementasi, dan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Menggunakan metode pembelajaran Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT).
- Adhe, K. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran daring matakuliah kajian PAUD di jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26-31.
- Simatupang, N., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholihah, S. A. (2022). Application of Singing Activities to Stimulate Children's Vocabulary Acquisition. Child Education Journal, 4(2), 139-158.
- Aini, M. N., Widayati, S., Adhe, K. R., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan ebook mitigasi bencana kebakaran untuk anak usia 5-6 tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 400-411.
|
Pendukung : |
|
- Psikologi Perkembangan AnakUsia Dini Edisi Pertama Oleh Dr.Masganti Sit, M.Ag. penerbit:KencanaTahun:2017
- Suryana, D., & Hijriani, A.(2022). Pengembangan Media VideoPembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. JurnalObsesi: Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini, 6(2), 1077-1094
- Syafi’i, I., Sa’diyah, C.,Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020).Penerapan video pembelajaran daringanak usia dini pada masa pandemiCovid-19. Al-Athfaal: Jurnal IlmiahPendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160.
- Atmajaya, D. (2017).Implementasi augmented reality untukpembelajaran interaktif. ILKOM JurnalIlmiah, 9(2), 227-232
- Himamunanto, A. R., Waruwu,D. A., & Setyawan, G. C. (2023). ImageTracking Berbasis AR UntukPeningkatan Pembelajaran Buah PadaPendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Infotek: Jurnal Informatika danTeknologi, 6(2), 381-389
- ahrurrozi, M., & Rahmawati, S.N. L. (2021). Pengembangan ModelInstrumen Evaluasi MenggunakanAplikasi Kahoot Pada PembelajaranEkonomi. Jurnal Profit, 8(1), 1-10
- Hutapea, R. H., & PAK, S.(2022). Instrumen Evaluasi Non-Tesdalam Penilaian Hasil Belajar RanahAfektif dan Psikomotorik
- Iftitah, S. L. (2021). EvaluasiPembelajaran Anak Usia Dini.
- Abidin, N., & Haq, A. F. (2023).Aplikasi Media Pembelajaran Anak UsiaDini Menggunakan TeknologiAugmented Reality Berbasis Android.Jurnal Nasional Komputasi danTeknologi Informasi, 6(1), 95-102
- Nurhayati, N., Aslan, A., &Susilawati, S. (2023). PenggunaanTeknologi Gadget Sebagai MediaPembelajaran Pada Anak Usia Dini DiRaudhatul Atfhal Al-Ikhlas KotaSingkawang. JIP: Jurnal IlmuPendidikan, 1(3), 485-500
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran. |
Mengidentifikasi tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran |
Kriteria:
Mahasiswa mampu tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama Oleh Dr. Masganti Sit, M.Ag. penerbit:Kencana Tahun:2017 Pustaka: Materi: Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12. Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut. |
Pemahaman tentang teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami tentang teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094. Pustaka: |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Implementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran. |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengimmplementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160. Pustaka: |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini. |
Menysun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menysun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094. Pustaka: |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini. |
Pemahaman konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu memahami konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Atmajaya, D. (2017). Implementasi augmented reality untuk pembelajaran interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227-232. Pustaka: Materi: Himamunanto, A. R., Waruwu, D. A., & Setyawan, G. C. (2023). Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 6(2), 381-389. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini. |
Menganalisa potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisa potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Himamunanto, A. R., Waruwu, D. A., & Setyawan, G. C. (2023). Image Tracking Berbasis AR Untuk Peningkatan Pembelajaran Buah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 6(2), 381-389. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Rancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak. |
Merancang konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu melakukan perancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Himamunanto, A.R., Waruwu, D.A., & Setyawan,G. C. (2023).Image TrackingBerbasis ARUntukPeningkatanPembelajaranBuah PadaPendidikan AnakUsia Dini(PAUD). Infotek:JurnalInformatika danTeknologi, 6(2),381-389. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini. |
Pengimplementasian konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengImplementasikan konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
UTS 2 X 50 |
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami penggunaan instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas video pembelajaran anak usia dini. |
- Evaluasi pembelajaran AUD
- Penyusunan instrumen evaluasi
- Efektifitas video terhadap perkembangan AUD
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu mengevaluasi pembelajaran AUD
- Mahasiswa mampu melakukan penyusunan instrumen evaluasi
- Mahasiswa mampu menganalisa efektifitas video terhadap perkembangan AUD
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Fahrurrozi, M., & Rahmawati, S. N. L. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Profit, 8(1), 1-10. Pustaka: Materi: Hutapea, R. H., & PAK, S. (2022). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. Pustaka: Materi: Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56. Pustaka: |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Perancangan instrumen evaluasi yang fokus pada kualitas pembelajaran anak usia dini. |
- Pembuatan instrumen evaluasi yang dibuat
- Pemberian alasan terkait kualitas pembelajaran
- Pembuatan rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen evaluasi yang dibuat
- Mahasiswa mampu memberikan alasan terkait kualitas pembelajaran
- Mahasiswa mampu membuat rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan Pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Iftitah, S. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pustaka: Alan Januszewski and Michael Molenda. (2008). Educational technology:. Association for educational communications and technology (AECT). Materi: Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2). Pustaka: |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Implementasi instrumen evaluasi dalam uji coba video pembelajaran anak usia dini. |
- Penjelasan instrumen evaluasi
- Pendemonstrasian video pembelajaran
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan instrumen evaluasi
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan video pembelajaran
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 Xx 50 |
|
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis hasil evaluasi dan memberikan pembaruan pada desain pembelajaran anak usia dini. |
- Mengetahui kesalahan desain pembelajaran
- Menganalogikan solusi yang sesuai dengan kesalahannya
|
Kriteria:
- Mahasiswa mengetahui kesalahan desain pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalogikan solusi yang sesuai dengan kesalahannya
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142. Pustaka: |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Respon dan Refleksi pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan teknologi pembelajaran anak usia dini. |
- Refleksi pengalaman dalam merancang pembelajaran AUD
- Penjelasan penggunaan teknologi pembelajaran
|
Kriteria:
- Mahasiwa mampu merefleksikan pengalaman dalam merancang pembelajaran AUD
- Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan teknologi pembelajaran
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Abidin, N., & Haq, A. F. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 6(1), 95-102. Pustaka: |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Analisis dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini. |
- Penjelasan dampak positif penggunaan teknologi
- Penjelasan dampak negatif penggunaan teknologi
- Penganalogikan penggunaan teknologi dengan tepat dan benar
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan dampak positif penggunaan teknologi
- Mahasiswa mampu menjelaskan dampak negatif penggunaan teknologi
- Mahasiswa mampu menganalogikan penggunaan teknologi dengan tepat dan benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih, M. D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112. Pustaka: Materi: Nurhayati, N., Aslan, A., & Susilawati, S. (2023). Penggunaan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 485-500. Pustaka: Candy, Philip C. (1991). Self-direction for lifelong learning , a comprehensive to theory and practice. San Fancisco: Jossey-Bass Inc. Publishers |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Rumusan strategi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anak usia dini. |
Penjelasan strategi perbaikan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaaskan strategi perbaikan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Ceramah dan pembelajaran berbasis proyek 2 X 50 |
Materi: Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187. Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Representatif hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini. |
Merepresetasikan hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu merepresentasikan hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini. Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS 2 X 50 |
|
5% |