Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian Sosiologi Kualitatif

6920102288

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=0

ECTS=1.59

3

1 September 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami pengetahuan dasar, realitas, pendekatan, paradigma sosiologi

PO - 2

Memahami perspektif teori dalam pendekatan sosiologi

PO - 3

Memahami jenis penelitian (metode) kualitatif

PO - 4

Mengimplementasikan pendekatan/ perspektif teori/ metode ke dalam proposal

PO - 5

Melakukan penelitian kualitatif sederhana dan artikel kualitatif

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Metode Penelitian Kualitatif merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Sosiologi untuk memperdalam cara kerja metode penelitian Sosiologi. Mata kuliah ini menyajikan tentang Hakekat Penelitian Kualitatif, berbagai pendekatan kualitatif dan prinsip-prinsip dasarnya, teknik pengumpulan dan pengolahan data, serta teknik penyusunan proposal bercorak kualitatif. Perkuliahan dilaksanakan dengan project based learning, presentasi, dan diskusi

Pustaka

Utama :

  1. Jujun S. Sumantri, 2009.Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer.Bandung: Sinar Harapan
  2. Dedy Mulyana, 2008.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosdakarya
  3. Lexy J. Moleong, 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Rosdakarya
  4. Agus Salim, 2002.Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana
  5. Audivax, 2008.Research.Yogyakarta: Jalasutra
  6. Burhan Bungin, 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Press
  7. Burhan Bungin, 2003.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Garfindo Persada
  8. Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
  9. Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.
  10. Atkinson, et.all 2001.Handbook Of Ethnography.London: SAGE Publication

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Fransiscus Xaverius Sri Sadewo, M.Si.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Diyah Utami, S.Sos., M.M.

Nur'aini Inayah, S.Pd., M.Sos.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menguasai latar belakang pendekatan kualitatif dalam penelitian ilmu-ilmu sosial untuk memecahkan masalah pembangunan dan pendidikan
  2. 2.Memahami perspektif teori dalam pendekatan sosiologi
  1. Jelaskan proses pembentukan pengetahuan dan ilmu pengetahuan
  2. Jelaskan peristiwa, fakta dan realitas serta hiperealitas
  3. Jelaskan paradigm yang digunakan oleh pendekatan kualitatif
Kriteria:

Bila benar, maka nilainya=100


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Bab 1-2
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bag. 1
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.
5%

2

Minggu ke 2

Menguasai latar belakang pendekatan kualitatif dalam penelitian ilmu-ilmu sosial untuk memecahkan masalah pembangunan dan pendidikan

Mengidentifikasi logika, paradigma dan perspektif dalam penelitian kualitatif

Kriteria:

Bila benar, maka nilainya=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Bab 3
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
5%

3

Minggu ke 3

Menguasai perspektif teori yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif.

Menjelaskan lima perspektif teori dalam Pendekatan Kualitatif dan implikasi

Kriteria:

Bila jelas dan tepat, maka nilai=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menonton film, Ceramah dan Diskusi
3 X 50

Materi: Bab 3
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Burhan Bungin, 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Press
5%

4

Minggu ke 4

Menguasai perspektif teori yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif.

Menjelaskan lima perspektif teori dalam Pendekatan Kualitatif dan implikasi

Kriteria:

Bila jelas dan tepat, maka nilai=100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Menonton film, Ceramah dan Diskusi
3 X 50

Materi: Bagian 1 Bab 1-5
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
10%

5

Minggu ke 5

Mampu merancang penelitian ilmu sosial dengan pendekatan kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

  1. Menjelaskan jenis-jenis penelitian berdasarkan perspektif teori;
  2. Menjelaskan rumusan hingga tujuan penelitian
Kriteria:

Bila benar, maka nilai =100. Bergantung dengan tingkat kesalahannya, maka nilai berkurang. Tidak benar sama sekali nilai=0


Bentuk Penilaian :
Tes
Social investigation
3 X 50

Materi: Ba
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.

Materi: Bag
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
7%

6

Minggu ke 6

  1. Mampu merancang penelitian ilmu sosial dengan pendekatan kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan
  2. Menjelaskan teknik pengumpulan data
  1. Membuat pedoman wawancara
  2. Membuat pedoman pengamatan
  3. Membuat logbook dan catatan lapangan
Kriteria:

Bila benar, maka nilai =100. Bergantung dengan tingkat kesalahannya, maka nilai berkurang. Tidak benar sama sekali nilai=0


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Social Research Investigation
2 X 50

Materi: Bab 4-5
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
7%

7

Minggu ke 7

Mampu merancang penelitian ilmu sosial dengan pendekatan kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

  1. Melatih editing data, koding, data structuring and filing, entry data Melatih triangulasi
Kriteria:

Bila benar, maka nilai =100. Bergantung dengan tingkat kesalahannya, maka nilai berkurang. Tidak benar sama sekali nilai=0


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Social Research Investigation
3 X 50

Materi: Bab 4-5
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
9%

8

Minggu ke 8

Mampu mengerjakan soal UTS

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Social Research Investigation
3 X 50

11%

9

Minggu ke 9

Mampu mengerjakan soal UTS

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.

Social Research Investigation
2 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
7%

10

Minggu ke 10

Mampu mengerjakan soal UTS

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Social Research Investigation
2 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
7%

11

Minggu ke 11

Mampu mengerjakan soal UTS

Mampu mengerjakan soal UTS

Kriteria:

Bila benar, maka nilai = 100. Bila salah atau tidak tepat dalam penjelasannya, maka akan bergantung pada penilaiannya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Social Research Investigation
2 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
7%

12

Minggu ke 12

Mampu melakukan analisis data kualitatif untuk memecahkan masalah-masalah pembangunan dan pendidikan

Menjelaskan analisis data

Kriteria:

Bila benar, maka nilai 100. Nilai berkurang sesuai dengan tingkat kesalahannya.

Social investigation
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Denzim K., and Yvonna S. Lincoln, 1994.Handbook Of Qualitative Research.London: SAGE Publication.

Materi: Bab 1-10
Pustaka: Atkinson, et.all 2001.Handbook Of Ethnography.London: SAGE Publication
7%

13

Minggu ke 13

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Social investigation
3 X 50

7%

14

Minggu ke 14

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Social investigation
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
7%

15

Minggu ke 15

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.

Social investigation
3 X 50

7%

16

Minggu ke 16

Mampu merancang, melakukan penelitian lapangan secara sederhana, dan mempresentasikan laporan, serta menulis artikel.

Membuat proposal penelitian, instrumen, catatan lapangan, logbook hingga artikel.

Kriteria:

Nilai sempurna, bila partisipasi dan hasil sempurna.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Social investigation
3 X 50

Materi: Bab 5-7
Pustaka: Sadewo, FX Sri. 2017.Meneliti itu Mudah (Petunjuk Praktis Penelitian Kualitatif).Surabaya: Unesa Press.
13%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.66%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 23.33%
3. Penilaian Portofolio 10.5%
4. Penilaian Praktikum 9%
5. Praktik / Unjuk Kerja 9.16%
6. Tes 14.33%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.