Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENGEMBANGAN PERILAKU ORGANISASI

8610502056

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

19 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd., Dr. Mustakim, S.Pd., M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.




Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan teori, konsep dan gagasan ilmiah dalam bidang pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat

PLO-6

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, produktif melalui penelitian ilmiah dan memimpin penelittian kolaboratif antar institusi

PLO-7

Mampu merancang program pendidikan yang inovatif dan pengembangan model-model pembelajaraan bagi pengelola pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pengembangan masyarakat dengan pendekatan pedagogik, andragogi dan heutagogi

PLO-10

Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan mengembangkan teori-teori perilaku organisasi yang relevan dengan pengelolaan organisasi pendidikan nonformal serta memahami aplikasinya dalam konteks pengembangan masyarakat.

PO - 2

Mahasiswa mampu menggunakan pendekatan logis dan kritis dalam menganalisis dinamika perilaku organisasi, serta memberikan solusi terhadap masalah yang muncul dalam struktur organisasi pendidikan nonformal.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang program pendidikan yang mengintegrasikan teori-teori perilaku organisasi dengan pendekatan pedagogik, andragogi, dan heutagogi untuk pengelola pendidikan nonformal serta masyarakat.

PO - 4

Mahasiswa dapat memimpin penelitian yang melibatkan berbagai institusi dalam rangka pengembangan organisasi dan peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan nonformal serta pengembangan masyarakat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Perilaku Organisasi pada program studi Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teori dan praktik yang terkait dengan perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi pendidikan. Mata kuliah ini mengkaji dinamika sosial, komunikasi, kepemimpinan, motivasi, serta perubahan perilaku yang terjadi dalam organisasi pendidikan luar sekolah. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dalam menganalisis dan mengelola perilaku dalam lingkungan organisasi, serta memahami bagaimana kebijakan dan budaya organisasi memengaruhi kinerja dan kesejahteraan anggota organisasi. Pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal terhadap perilaku organisasi juga akan diperoleh, termasuk pengelolaan konflik, pembentukan tim yang efektif, dan strategi untuk mengoptimalkan kinerja organisasi di sektor pendidikan luar sekolah.

Pustaka

Utama :

  1. Ancok, Djamaludin. 2020. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
  2. Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori. Aplikasi, Dan Kasus. Bandung: Alfabeta.
  3. Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.
  4. Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo

Pendukung :

  1. Saidah, Nyai, Rusydan Abdul Hadi, and Yayat Suharyat. 2024. “Konsep Dasar Perilaku Organisasi: Definisi, Sejarah, Dan Kontribusinya Pada Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Pendidikan.” NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 5(1):45–53. doi: 10.55681/nusra.v5i1.1842.

Dosen Pengampu

Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd.

MUSTAKIM

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pengembangan organisasi

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan secara komprehensif konsep dasar pengembangan organisasi, termasuk tujuan, prinsip, dan tantangan dalam pengembangan organisasi di sektor pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi pengembangan organisasi, seperti faktor internal (struktur, budaya, kepemimpinan) dan eksternal (lingkungan sosial, kebijakan, teknologi).
  3. Mahasiswa dapat merancang strategi pengembangan organisasi yang efektif, dengan mempertimbangkan konteks pendidikan nonformal dan pengembangan masyarakat, serta memberikan solusi untuk permasalahan organisasi yang ada.
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan pengembangan organisasi, 75 benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Diskusi
- Curah Pendapat
2 X 50
- Diskusi
- Curah Pendapat
2 X 50
Materi: Pengembangan Organisasi
Pustaka: Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori. Aplikasi, Dan Kasus. Bandung: Alfabeta.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang Perubahan dan Pengembangan Organisasi: Suatu Pandangan Ke Depan

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dengan jelas berbagai teori perubahan organisasi (misalnya teori Lewin, Kotter, atau model transformasional), serta memahami faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi.
  2. Mahasiswa dapat menganalisis tantangan yang dihadapi organisasi dalam pengembangan dan bagaimana strategi-strategi yang tepat dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut
  3. Mahasiswa dapat menggambarkan bagaimana pandangan ke depan (future-oriented perspective) dalam pengembangan organisasi memengaruhi perencanaan jangka panjang, inovasi, dan adaptasi terhadap perubahan pasar atau industri.
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Penjelasan tentang teori-teori perubahan lengkap dan akurat, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Diskusi Kasus
- Presentasi
2 X 50
- Diskusi Kasus
- Presentasi
2 X 50
Materi: Perubahan dan Pengembangan Organisasi: Suatu Pandangan Ke Depan
Pustaka: Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori. Aplikasi, Dan Kasus. Bandung: Alfabeta.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kepemimpinan dan Pengawasan

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan sejauh mana seorang pemimpin mampu memberikan arahan yang jelas dan inspiratif kepada anggota tim
  2. Mahasiswa dapat menganalisis sejauh mana pemimpin dapat memantau, mengevaluasi, dan memberikan umpan balik terhadap kinerja tim secara objektif dan konstruktif
  3. Mahasiswa dapat menganalisis sejauh mana pemimpin dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik yang terjadi dalam tim atau organisasi.
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Kepemimpinan dan Pengawasan, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Studi Kasus
- Pendapat personal
2 X 50
- Studi Kasus
- Pendapat personal
2 X 50
Materi: Kepemimpinan dan Pengawasan
Pustaka: Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori. Aplikasi, Dan Kasus. Bandung: Alfabeta.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengembangan Manajemen: Sebagai Salah Satu Alat Dari Pengembangan Organisasi

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengukur seberapa efektif program pengembangan manajemen dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi para manajer di dalam organisasi
  2. Mahasiswa dapat menganalisis menilai sejauh mana manajemen berhasil mengimplementasikan program pengembangan yang berfokus pada peningkatan kinerja dan kapasitas organisasi secara keseluruhan.
  3. Mahasiswa dapat menganalisis sejauh mana manajemen melakukan evaluasi terhadap program pengembangan yang sudah dilaksanakan, serta upaya untuk memperbaiki dan menyempurnakan program tersebut agar lebih efektif
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Pengembangan Manajemen: Sebagai Salah Satu Alat Dari Pengembangan Organisasi, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
Materi: Pengembangan Manajemen: Sebagai Salah Satu Alat Dari Pengembangan Organisasi
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsepsi Pengembangan Organisasi: Menemukan dan Memecahkan Persoalan Organisasi

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menilai sejauh mana organisasi dapat mengidentifikasi persoalan yang ada, baik yang bersifat internal maupun eksternal
  2. Mahasiswa dapat mengukur kemampuan dalam menganalisis masalah yang ditemukan dan merancang solusi yang tepat
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai sejauh mana solusi yang diterapkan dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi organisasi secara efektif
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Konsepsi Pengembangan Organisasi: Menemukan dan Memecahkan Persoalan Organisasi, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
Materi: Konsepsi Pengembangan Organisasi: Menemukan dan Memecahkan Persoalan Organisasi
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Pengembangan Organisasi Di Masa Depan: Membentuk Model-Model Baru dan Nilai-Nilai Baru Untuk Kemajuan yang Bertanggung Jawab

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis sejauh mana organisasi mampu mengadopsi model-model baru dan inovasi yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan
  2. Mahasiswa dapat mengukur seberapa baik organisasi mengembangkan dan mengintegrasikan nilai-nilai baru yang mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab
  3. Mahasiswa dapat menganalisis menilai sejauh mana model-model baru yang diterapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan jangka panjang organisasi, baik dari sisi keuangan, operasional, maupun sosial
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Pengembangan Organisasi Di Masa Depan: Membentuk Model-Model Baru dan Nilai-Nilai Baru Untuk Kemajuan yang Bertanggung Jawab, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
Materi: Pengembangan Organisasi Di Masa Depan: Membentuk Model-Model Baru dan Nilai-Nilai Baru Untuk Kemajuan yang Bertanggung Jawab
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Motivasi dan Kepuasan Kerja

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis sejauh mana organisasi berhasil membangkitkan motivasi kerja pada karyawan untuk mencapai tujuan bersama
  2. Mahasiswa dapat mengukur sejauh mana karyawan merasa puas dengan lingkungan kerja, fasilitas yang disediakan, hubungan dengan rekan kerja, serta kebijakan organisasi yang mendukung kesejahteraan karyawan
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai sejauh mana tingkat motivasi karyawan berdampak pada kinerja mereka
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Motivasi dan Kepuasan Kerja, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
Materi: Motivasi dan Kepuasan Kerja
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa lulus apabila mampu menjawab soal-soal UTS dengan benar

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan UTS secara mandiri


Bentuk Penilaian :
Tes
- Lisan
- Tes
- Portofolio
2 X 50
- Lisan
- Tes
- Portofolio
2 X 50
Materi: Materi UTS
Pustaka: Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori. Aplikasi, Dan Kasus. Bandung: Alfabeta.

Materi: Materi UTS
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.
14%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Manajemen Kerja dan Penilaian Kinerja

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis menilai sejauh mana organisasi berhasil merencanakan dan menetapkan sasaran kerja yang jelas dan terukur bagi karyawan
  2. Mahasiswa dapat mengukur efektivitas proses pengawasan yang dilakukan oleh manajer atau supervisor untuk memantau kinerja karyawan secara berkelanjutan
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai bagaimana organisasi menggunakan hasil penilaian kinerja untuk merancang tindakan perbaikan atau pengembangan bagi karyawan
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Manajemen Kerja dan Penilaian Kinerja, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Diskusi
- Curah Pendapat
2 X 50
- Diskusi
- Curah Pendapat
2 X 50
Materi: Manajemen Kerja dan Penilaian Kinerja
Pustaka: Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Politik dan Organisasi

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis serta menilai sejauh mana organisasi berhasil merencanakan dan menetapkan sasaran kerja yang jelas dan terukur bagi karyawanmenilai sejauh mana organisasi mampu mengelola dinamika politik internal yang terjadi antara individu, kelompok, atau departemen dalam organisasi
  2. Mahasiswa dapat mengukur sejauh mana politik internal memengaruhi proses pengambilan keputusan dalam organisasi
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai sejauh mana praktik politik di dalam organisasi dijalankan secara etis dan terbuka
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Politik dan Organisasi , 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
- Ceramah
2 x 50
Daring/ Online
2 x 50
Materi: Politik dan Organisasi
Pustaka: Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Sistem Informasi Manajemen

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menilai sejauh mana sistem informasi manajemen (SIM) dapat mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data secara efektif dan efisien
  2. Mahasiswa dapat mengukur sejauh mana sistem informasi manajemen dapat melindungi data dan informasi organisasi dari ancaman keamanan
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai sejauh mana sistem informasi manajemen dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses, menggunakan, dan menavigasi informasi yang dibutuhkan
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Sistem Informasi Manajemen, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
- Diskusi
- Studi Kasus
2 x 50
- Diskusi
- Studi Kasus
2 x 50
Materi: Sistem Informasi Manajemen
Pustaka: Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Persepsi dan Pengambilan Keputusan

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan sejauh mana individu atau kelompok dalam organisasi dapat mengembangkan persepsi yang akurat dan objektif terhadap situasi atau informasi yang tersedia
  2. Mahasiswa dapat mengukur sejauh mana keputusan dapat dibuat secara tepat waktu dan dengan efisien, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang relevan
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai sejauh mana keputusan yang diambil memiliki dampak positif terhadap organisasi dan para stakeholder yang terlibat
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Persepsi dan Pengambilan Keputusan, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
- Penalaran materi
- Diskusi
2 X 50
- Penalaran materi
- Diskusi
2 X 50
Materi: Persepsi dan Pengambilan Keputusan
Pustaka: Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Stress dan Solusinya

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan sejauh mana karyawan mengalami stres dalam lingkungan kerja
  2. Mahasiswa dapat menilai sejauh mana organisasi berhasil menerapkan strategi pengelolaan stres yang efektif untuk mengurangi dampak negatifnya
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan mengukur sejauh mana solusi pengelolaan stres yang diterapkan berdampak positif pada produktivitas dan kesejahteraan karyawan.
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Stress dan Solusinya, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
- Penalaran materi
- Diskusi
2 X 50
- Penalaran materi
- Diskusi
2 X 50
Materi: Stress dan Solusinya
Pustaka: Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan E-Bisnis dan Perubahan Organisasi

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menilai sejauh mana organisasi dapat beradaptasi dengan tren dan teknologi e-bisnis yang terus berkembang
  2. Mahasiswa dapat mengukur sejauh mana penerapan e-bisnis memberikan dampak positif terhadap kinerja organisasi, baik dari segi efisiensi operasional, pengurangan biaya, peningkatan pelayanan pelanggan, maupun peningkatan pendapatan
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan menilai sejauh mana organisasi berhasil mengelola perubahan yang terjadi akibat penerapan e-bisnis.
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan E-Bisnis dan Perubahan Organisasi, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
- Prsentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
2 X 50
- Prsentasi
- Tanya Jawab
- Diskusi
2 X 50
Materi: E-Bisnis dan Perubahan Organisasi
Pustaka: Winardi, Joseph. 2006. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Depok: Raja Grafindo

Materi: E-Bisnis dan Perubahan Organisasi
Pustaka: Ancok, Djamaludin. 2020. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tim Kinerja dan Perilaku Kelompok

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengukur sejauh mana tim mampu bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  2. Mahasiswa dapat menilai sejauh mana tim dapat mengelola dinamika kelompok yang muncul, termasuk potensi konflik antara anggota tim
  3. Mahasiswa dapat menganalisis dan tingkat komitmen dan motivasi anggota tim terhadap tujuan dan keberhasilan tim
Kriteria:

Mahasiswa lulus apabila mampu menyebutkan dan menjelaskan Tim Kinerja dan Perilaku Kelompok, 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
- Prsentasi
- Studi Kasus
- Diskusi
2 X 50
Materi: Tim Kinerja dan Perilaku Kelompok
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.

Materi: Tim Kinerja dan Perilaku Kelompok
Pustaka: Ancok, Djamaludin. 2020. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menjawab dan menganalisis soal-soal UAS dengan benar

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjawab soal-soal UAS dengan kemampuan sendiri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
- Lisan
- Penugasan
2 X 50
- Lisan
- Penugasan
2 X 50
Materi: UAS
Pustaka: Ancok, Djamaludin. 2020. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.

Materi: UAS
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.

Materi: UAS
Pustaka: Jacobus, Ranjabar. 2021. Pengembangan Organizasi. Bandung: Alfabeta.

Materi: UAS
Pustaka: Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi, Teori. Aplikasi, Dan Kasus. Bandung: Alfabeta.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 59.17%
2. Penilaian Portofolio 19.17%
3. Praktik / Unjuk Kerja 1.67%
4. Tes 19%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.