|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mk Pendukung Disertasi-2 |
8900102025 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
15 Oktober 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber untuk meningkatkan pemahaman teoritis dan praktis dalam ilmu keolahragaan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas teknik dan metode yang digunakan dalam penelitian untuk memastikan integritas ilmiah (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan pendekatan baru dalam analisis performa olahraga yang mendukung pengembangan keilmuan yang kritis dan kreatif (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan kaidah ilmiah dalam penyusunan dan penulisan disertasi serta publikasi ilmiah (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis hasil penelitian untuk mengidentifikasi pola atau struktur yang mendukung hipotesis penelitian (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi relevansi dan aplikasi hasil penelitian dalam konteks praktis keolahragaan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam bidang keolahragaan berdasarkan hasil penelitian (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan nilai-nilai etika akademik dan integritas dalam semua aspek penelitian disertasi (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengkritisi literatur yang ada untuk mengembangkan kerangka teoritis yang mendukung disertasi (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | PO-9 | | ✔ | PO-10 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Disertasi pada jenjang S3 program studi Ilmu Keolahragaan merupakan mata kuliah yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam melakukan penelitian ilmiah yang mendalam dan orisinal di bidang ilmu keolahragaan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan disertasi sebagai karya ilmiah yang signifikan dan berkontribusi pada perkembangan ilmu keolahragaan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemilihan topik penelitian yang relevan, perumusan masalah penelitian yang jelas, pengumpulan dan analisis data secara komprehensif, serta penyusunan laporan disertasi yang berkualitas tinggi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pedoman Penyusunan Disertasi Unesa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka. |
- integrasi berbagai disiplin ilmu
- pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
|
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
|
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |