Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mk Pendukung Disertasi-2

8900102025

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

15 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber untuk meningkatkan pemahaman teoritis dan praktis dalam ilmu keolahragaan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknik dan metode yang digunakan dalam penelitian untuk memastikan integritas ilmiah (C5)

PO - 4

Menciptakan pendekatan baru dalam analisis performa olahraga yang mendukung pengembangan keilmuan yang kritis dan kreatif (C6)

PO - 5

Menerapkan kaidah ilmiah dalam penyusunan dan penulisan disertasi serta publikasi ilmiah (C3)

PO - 6

Menganalisis hasil penelitian untuk mengidentifikasi pola atau struktur yang mendukung hipotesis penelitian (C4)

PO - 7

Mengevaluasi relevansi dan aplikasi hasil penelitian dalam konteks praktis keolahragaan (C5)

PO - 8

Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam bidang keolahragaan berdasarkan hasil penelitian (C6)

PO - 9

Menerapkan nilai-nilai etika akademik dan integritas dalam semua aspek penelitian disertasi (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengkritisi literatur yang ada untuk mengembangkan kerangka teoritis yang mendukung disertasi (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Disertasi pada jenjang S3 program studi Ilmu Keolahragaan merupakan mata kuliah yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam melakukan penelitian ilmiah yang mendalam dan orisinal di bidang ilmu keolahragaan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan disertasi sebagai karya ilmiah yang signifikan dan berkontribusi pada perkembangan ilmu keolahragaan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemilihan topik penelitian yang relevan, perumusan masalah penelitian yang jelas, pengumpulan dan analisis data secara komprehensif, serta penyusunan laporan disertasi yang berkualitas tinggi.

Pustaka

Utama :

  1. Pedoman Penyusunan Disertasi Unesa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam pengembangan disertasi mereka.

  1. integrasi berbagai disiplin ilmu
  2. pemahaman mendalam terhadap metodologi penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis kritis.
Diskusi daring tentang penerapan metodologi interdisiplin dalam penelitian, Analisis kritis terhadap studi kasus penelitian multidisiplin
Materi: Pengertian metodologi interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin, Langkah-langkah menerapkan metodologi tersebut, Studi kasus penelitian interdisiplin
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42.33%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4%
3. Penilaian Portofolio 42.33%
4. Penilaian Praktikum 4%
5. Tes 7.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.