Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif

8700302013

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

19 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Yoyok Soesatyo., Ph.D Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian metode kualitatif dan tujuan serta ruang lingkup metode kualitatif.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan penelitian dari studi kasus, fenomenologi, etnografi serta grounded theory

PO - 3

Mahasiswa mampu membuat list wawancara mulai dari jenis wawancara dan prosedur dan menganalisis observasi, catatan lapangan dan jenis dokumen

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis teknik analisis tematik, naratif dan konteksual serta proses koding yaitu koding terbuka, koding aksial, koding selektif

PO - 5

Mahasiswa mampu menganalisis validitas internal dan eksternal yaitu triangulasi, member checking, peer review dan reliabilitas yaitu konsistensi dan audit trail.

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis pertimbangan etika yaitu persetujuan informasi, kerahasiaan, keterbukaan dan menganalisis hak partisipan.

PO - 7

Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian

PO - 8

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

PO - 9

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4    
PO-5     
PO-6   
PO-7        
PO-8        
PO-9        

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori dan praktik penelitian kualitatif pada tingkat lanjut. Mata kuliah ini mengeksplorasi pendekatan metodologis lanjutan dalam penelitian kualitatif, termasuk desain penelitian yang kompleks, teknik analisis data canggih, dan pertimbangan etis serta filosofis yang mendalam. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research" (5th Edition, 2024); Penulis: Norman K. Denzin, Yvonna S. Lincoln; Penerbit: SAGE Publications
  2. 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation" (5th Edition, 2023); Penulis: Sharan B. Merriam, Elizabeth J. Tisdell; Penerbit: Jossey-Bass
  3. 3. Constructing Grounded Theory" (3rd Edition, 2023); Penulis: Kathy Charmaz; Penerbit: SAGE Publications
  4. 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers" (4th Edition, 2023); Penulis: Johnny SaldaƱa; Penerbit: SAGE Publications
  5. 5. Ethnography: Principles in Practice" (5th Edition, 2023); Penulis: Martyn Hammersley, Paul Atkinson; Penerbit: Routledge
  6. 6. Handbook of Qualitative Research in Education" (2nd Edition, 2023); Penulis: J. Amos Hatch (Editor);Penerbit: Routledge

Pendukung :

  1. 1. Thematic Analysis: A Practical Guide (2023); Penulis: Virginia Braun, Victoria Clarke; Jurnal: International Journal of Social Research Methodology
  2. 2. Grounded Theory Methodology: Advances and Future Directions
  3. 3. Reflexivity in Qualitative Research: Enhancing Rigour and Credibility
  4. 4. Critical Approaches to Qualitative Research: Recent Trends and Challenges
  5. 5. Narrative Research: Methodological Innovations and Advances
  6. 6. "Digital Ethnography: New Frontiers in Qualitative Research" (2024); Penulis: Daniel Miller, Heather Horst; Jurnal: Journal of Contemporary Ethnography
  7. 7. "Advanced Qualitative Research Methods: Insights and Innovations" (2023); Penulis: Kathy Charmaz, Anselm Strauss; Jurnal: Qualitative Research

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami Pengenalan Metode Kualitatif

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan Pengertian Metode Kualitatif dan filosofi dasar metode kualitatif
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi Tujuan dan Ruang Lingkup metode kualitatif
Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional.
120 Menit
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
120 Menit
Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education

Materi: Pengenalan Metode Kualitatif
Pustaka: 7.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami Desain Penelitian Kualitatif

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Pemilihan Masalah Penelitian mulai dari Identifikasi Masalah dan Penentuan Tujuan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu mengklasifikasikan Pendekatan Penelitian dari Studi Kasus, Fenomenologi dan Etnografi serta Grounded Theory
Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
120 Menit
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education

Materi: Desain Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Grounded Theory Methodology: Advances and Future Directions
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Teknik Pengumpulan Data

  1. Mahasiswa mampu membuat list wawancara mulai dari jenis wawancara dan prosedur.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis observasi dan catatan lapangan
  3. Mahasiswa mampu menganalisis jenis dokumen
Kriteria:

Kriteria: Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/
120 Menit
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/
120 Menit
Materi: Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Teknik Pengumpulan Data
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Analisis Data Kualitatif

  1. Mahasiswa mampu menganalisis teknik analisis tematik, naratif dan konteksual
  2. Mahasiswa mampu menganalisis proses koding yaitu Koding Terbuka, Koding Aksial, Koding Selektif
Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
120 Menit
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
120 Menit
Materi: Analisis Data Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Analisis Data Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Analisis Data Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Analisis Data Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Analisis Data Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Analisis Data Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami Validitas dan Reliabilitas

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Validitas Internal dan Eksternal yaitu Triangulasi, Member Checking, Peer Review.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Reliabilitas yaitu Konsistensi dan Audit Trail.
Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan review artikel/buku/
120 Menit
Diskusi dan review artikel/buku/
120 Menit
Materi: Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Validitas dan Reliabilitas
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Etika dalam Penelitian Kualitatif

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Pertimbangan Etika yaitu Persetujuan Informasi, Kerahasiaan, Keterbukaan.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis hak partisipan
Kriteria:

Kriteria: Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
120 Menit
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
120 Menit
Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian

  1. Mahasiswa mampu menganalisis Struktur Laporan Penelitian
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Teknik penyajian
Kriteria:

Kriteria: Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
120 Menit
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
120 Menit
Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
UTS
Materi: UTS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
review artikel/buku/buku series
120 Menit
review artikel/buku/buku series
120 Menit
Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
review artikel/buku/buku series
120 Menit
review artikel/buku/buku series
120 Menit
Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
PjBL Penulisan artikel ilmiah
120 Menit
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice

Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif
Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.