|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif |
8700302013 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian metode kualitatif dan tujuan serta ruang lingkup metode kualitatif.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan penelitian dari studi kasus, fenomenologi, etnografi serta grounded theory
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu membuat list wawancara mulai dari jenis wawancara dan prosedur dan menganalisis observasi, catatan lapangan dan jenis dokumen
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis teknik analisis tematik, naratif dan konteksual serta proses koding yaitu koding terbuka, koding aksial, koding selektif
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis validitas internal dan eksternal yaitu triangulasi, member checking, peer review dan reliabilitas yaitu konsistensi dan audit trail.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis pertimbangan etika yaitu persetujuan informasi, kerahasiaan, keterbukaan dan menganalisis hak partisipan.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian
|
PO - 8 |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian
|
PO - 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 | PO-9 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Metode Kualitatif ini untuk memberikan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang teori dan praktik penelitian kualitatif pada tingkat lanjut. Mata kuliah ini mengeksplorasi pendekatan metodologis lanjutan dalam penelitian kualitatif, termasuk desain penelitian yang kompleks, teknik analisis data canggih, dan pertimbangan etis serta filosofis yang mendalam. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research
- 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation
- 3. Constructing Grounded Theory
- 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers
- 5. Ethnography: Principles in Practice
- 6. Handbook of Qualitative Research in Education" (2nd Edition, 2023); Penulis: J. Amos Hatch (Editor);Penerbit: Routledge
|
Pendukung : |
|
- 1. Thematic Analysis: A Practical Guide (2023); Penulis: Virginia Braun, Victoria Clarke; Jurnal: International Journal of Social Research Methodology
- 2. Grounded Theory Methodology: Advances and Future Directions
- 3. . Reflexivity in Qualitative Research: Enhancing Rigour and Credibility
- 4.Critical Approaches to Qualitative Research: Recent Trends and Challenges
- 5. . Narrative Research: Methodological Innovations and Advances" (2023); Penulis: Catherine Kohler Riessman; Jurnal: Qualitative Inquiry
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami Pengenalan Metode Kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
|
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami Desain Penelitian Kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Teknik Pengumpulan Data |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/
|
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Data Kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
|
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Validitas dan Reliabilitas |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan review artikel/buku/
|
Diskusi dan review artikel/buku/
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Etika dalam Penelitian Kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
|
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
|
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
UTS
|
UTS
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
review artikel/buku/buku series
|
review artikel/buku/buku series
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
|
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
PjBL Penulisan artikel ilmiah
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL submited pada jurnal internasional
|
PjBL submited pada jurnal internasional
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
UAS
|
UAS
|
|
0% |