|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif |
8700302013 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
19 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Yoyok Soesatyo., Ph.D Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd
|
Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian metode kualitatif dan tujuan serta ruang lingkup metode kualitatif.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan penelitian dari studi kasus, fenomenologi, etnografi serta grounded theory
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu membuat list wawancara mulai dari jenis wawancara dan prosedur dan menganalisis observasi, catatan lapangan dan jenis dokumen
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis teknik analisis tematik, naratif dan konteksual serta proses koding yaitu koding terbuka, koding aksial, koding selektif
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis validitas internal dan eksternal yaitu triangulasi, member checking, peer review dan reliabilitas yaitu konsistensi dan audit trail.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis pertimbangan etika yaitu persetujuan informasi, kerahasiaan, keterbukaan dan menganalisis hak partisipan.
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian
|
PO - 8 |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian
|
PO - 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | PO-6 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas teori dan praktik penelitian kualitatif pada tingkat lanjut. Mata kuliah ini mengeksplorasi pendekatan metodologis lanjutan dalam penelitian kualitatif, termasuk desain penelitian yang kompleks, teknik analisis data canggih, dan pertimbangan etis serta filosofis yang mendalam. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research" (5th Edition, 2024); Penulis: Norman K. Denzin, Yvonna S. Lincoln; Penerbit: SAGE Publications
- 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation" (5th Edition, 2023); Penulis: Sharan B. Merriam, Elizabeth J. Tisdell; Penerbit: Jossey-Bass
- 3. Constructing Grounded Theory" (3rd Edition, 2023); Penulis: Kathy Charmaz; Penerbit: SAGE Publications
- 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers" (4th Edition, 2023); Penulis: Johnny SaldaƱa; Penerbit: SAGE Publications
- 5. Ethnography: Principles in Practice" (5th Edition, 2023); Penulis: Martyn Hammersley, Paul Atkinson; Penerbit: Routledge
- 6. Handbook of Qualitative Research in Education" (2nd Edition, 2023); Penulis: J. Amos Hatch (Editor);Penerbit: Routledge
|
Pendukung : |
|
- 1. Thematic Analysis: A Practical Guide (2023); Penulis: Virginia Braun, Victoria Clarke; Jurnal: International Journal of Social Research Methodology
- 2. Grounded Theory Methodology: Advances and Future Directions
- 3. Reflexivity in Qualitative Research: Enhancing Rigour and Credibility
- 4. Critical Approaches to Qualitative Research: Recent Trends and Challenges
- 5. Narrative Research: Methodological Innovations and Advances
- 6. "Digital Ethnography: New Frontiers in Qualitative Research" (2024); Penulis: Daniel Miller, Heather Horst; Jurnal: Journal of Contemporary Ethnography
- 7. "Advanced Qualitative Research Methods: Insights and Innovations" (2023); Penulis: Kathy Charmaz, Anselm Strauss; Jurnal: Qualitative Research
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D. Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami Pengenalan Metode Kualitatif |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan Pengertian Metode Kualitatif dan filosofi dasar metode kualitatif
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi Tujuan dan Ruang Lingkup metode kualitatif
|
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional. 120 Menit |
Ceramah dan Diskusi review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional 120 Menit |
Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education Materi: Pengenalan Metode Kualitatif Pustaka: 7. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami Desain Penelitian Kualitatif |
- Mahasiswa mampu menganalisis Pemilihan Masalah Penelitian mulai dari Identifikasi Masalah dan Penentuan Tujuan Penelitian
- Mahasiswa mampu mengklasifikasikan Pendekatan Penelitian dari Studi Kasus, Fenomenologi dan Etnografi serta Grounded Theory
|
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku. 120 Menit |
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
|
Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education Materi: Desain Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Grounded Theory Methodology: Advances and Future Directions |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Teknik Pengumpulan Data |
- Mahasiswa mampu membuat list wawancara mulai dari jenis wawancara dan prosedur.
- Mahasiswa mampu menganalisis observasi dan catatan lapangan
- Mahasiswa mampu menganalisis jenis dokumen
|
Kriteria:
Kriteria: Penguasaan topik dan kesesuaian dengan kajiannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/ 120 Menit |
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/ 120 Menit |
Materi: Teknik Pengumpulan Data Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Teknik Pengumpulan Data Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Teknik Pengumpulan Data Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Teknik Pengumpulan Data Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Teknik Pengumpulan Data Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Teknik Pengumpulan Data Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Data Kualitatif |
- Mahasiswa mampu menganalisis teknik analisis tematik, naratif dan konteksual
- Mahasiswa mampu menganalisis proses koding yaitu Koding Terbuka, Koding Aksial, Koding Selektif
|
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/ 120 Menit |
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/ 120 Menit |
Materi: Analisis Data Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Analisis Data Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Analisis Data Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Analisis Data Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Analisis Data Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Analisis Data Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Validitas dan Reliabilitas |
- Mahasiswa mampu menganalisis Validitas Internal dan Eksternal yaitu Triangulasi, Member Checking, Peer Review.
- Mahasiswa mampu menganalisis Reliabilitas yaitu Konsistensi dan Audit Trail.
|
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan review artikel/buku/ 120 Menit |
Diskusi dan review artikel/buku/ 120 Menit |
Materi: Validitas dan Reliabilitas Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Validitas dan Reliabilitas Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Validitas dan Reliabilitas Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Validitas dan Reliabilitas Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Validitas dan Reliabilitas Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Validitas dan Reliabilitas Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Etika dalam Penelitian Kualitatif |
- Mahasiswa mampu menganalisis Pertimbangan Etika yaitu Persetujuan Informasi, Kerahasiaan, Keterbukaan.
- Mahasiswa mampu menganalisis hak partisipan
|
Kriteria:
Kriteria: Penguasaan topik kajian Ketepatan, dan kesesuaiannya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning / 120 Menit |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning / 120 Menit |
Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Etika dalam Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian |
- Mahasiswa mampu menganalisis Struktur Laporan Penelitian
- Mahasiswa mampu menganalisis Teknik penyajian
|
Kriteria:
Kriteria: Penguasaan topik kajiannya, Ketepatan, Dan kesesuaiannya. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning / 120 Menit |
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning / 120 Menit |
Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
review artikel/buku/buku series 120 Menit |
review artikel/buku/buku series 120 Menit |
Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
review artikel/buku/buku series 120 Menit |
review artikel/buku/buku series 120 Menit |
Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penulisan dan Penyajian Hasil Penelitian Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
PjBL Penulisan artikel ilmiah 120 Menit |
Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 3. Constructing Grounded Theory Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 5. Ethnography: Principles in Practice Materi: Penyusunan Artikel Penelitian Kualitatif Pustaka: 6. Handbook of Qualitative Research in Education |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: |
15% |