Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif

8700302013

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian metode kualitatif dan tujuan serta ruang lingkup metode kualitatif.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan pendekatan penelitian dari studi kasus, fenomenologi, etnografi serta grounded theory

PO - 3

Mahasiswa mampu membuat list wawancara mulai dari jenis wawancara dan prosedur dan menganalisis observasi, catatan lapangan dan jenis dokumen

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis teknik analisis tematik, naratif dan konteksual serta proses koding yaitu koding terbuka, koding aksial, koding selektif

PO - 5

Mahasiswa mampu menganalisis validitas internal dan eksternal yaitu triangulasi, member checking, peer review dan reliabilitas yaitu konsistensi dan audit trail.

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis pertimbangan etika yaitu persetujuan informasi, kerahasiaan, keterbukaan dan menganalisis hak partisipan.

PO - 7

Mahasiswa mampu menganalisis struktur laporan penelitian dan teknik penyajian

PO - 8

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

PO - 9

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang laporan penelitian kualitatif sesuai bidang pendidikan ekonomi atau pendidikan kewirausahaan

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Metode Kualitatif ini untuk memberikan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang teori dan praktik penelitian kualitatif pada tingkat lanjut. Mata kuliah ini mengeksplorasi pendekatan metodologis lanjutan dalam penelitian kualitatif, termasuk desain penelitian yang kompleks, teknik analisis data canggih, dan pertimbangan etis serta filosofis yang mendalam. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif yang inovatif serta menyumbangkan pemikiran teoritis baru ke dalam bidang pendidikan ekonomi. Metode pembelajaran yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes

Pustaka

Utama :

  1. 1. The SAGE Handbook of Qualitative Research
  2. 2. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation
  3. 3. Constructing Grounded Theory
  4. 4. The Coding Manual for Qualitative Researchers
  5. 5. Ethnography: Principles in Practice
  6. 6. Handbook of Qualitative Research in Education" (2nd Edition, 2023); Penulis: J. Amos Hatch (Editor);Penerbit: Routledge

Pendukung :

  1. 1. Thematic Analysis: A Practical Guide (2023); Penulis: Virginia Braun, Victoria Clarke; Jurnal: International Journal of Social Research Methodology
  2. 2. Grounded Theory Methodology: Advances and Future Directions
  3. 3. . Reflexivity in Qualitative Research: Enhancing Rigour and Credibility
  4. 4.Critical Approaches to Qualitative Research: Recent Trends and Challenges
  5. 5. . Narrative Research: Methodological Innovations and Advances" (2023); Penulis: Catherine Kohler Riessman; Jurnal: Qualitative Inquiry

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
0%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ buku.
0%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/
Ceramah, Diskusi, dan review artikel/buku/
0%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
0%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan review artikel/buku/
Diskusi dan review artikel/buku/
0%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
0%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
Diskusi dalam pendekatan Project Based Learning /
0%

8

Minggu ke 8

UTS
UTS
0%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
review artikel/buku/buku series
review artikel/buku/buku series
0%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
0%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan artikel ilmiah
PjBL Penulisan artikel ilmiah
0%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL submited pada jurnal internasional
PjBL submited pada jurnal internasional
0%

16

Minggu ke 16

UAS
UAS
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.