|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Diskrit Lanjut |
8400203006 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D
|
Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D
|
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menguasai konsep matematika tingkat lanjut. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mendeskripsikan konsep matematika diskret sesuai sikap ilmiah dan kritis
|
PO - 2 |
Melakukan enumerasi objek-objek kombinatorik dalam bahasa keadaan diskret (discrete states) dan/atau waktu diskret (discrete time) dengan argumen sesuai keilmuaan yang efektif dan komunikatif
|
PO - 3 |
Menerapkan pendekatan kombinatorik dan graf untuk merancang pemecahan masalah dari ilmu sosial dan alam.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | ✔ | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengkajian konsep matematika diskret terutama yang membahas sistem dinamik diskret, algoritma, kombinatorika, dan teori graf dengan menekankan pada kompleksitas algoritma, masalah eksistensi dan optimisasi dalam teori graf dan algoritmanya. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Budayasa, K.. 2008. Teori graph dan aplikasinya . Surabaya: University Press Unesa.
- Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag
- Chartrand, G. & Lesniak, L.. 1996. Graphs and digraphs .London: Chapman Hall/CRC.
- Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
- Diestel, R.. 2010. Graph theory . Springer Verlag.
|
Pendukung : |
|
- Wilf, H. S.. 1994. Generating functionology .London: Academic Press, Inc.
- Tucker, A.. 2012. Applied combinatorics. New York: John Wiley & Sons, Inc.
- Gross, J. L., & Yellen, J.. 2005. Graph theory and its applications . CRC Press.
- Harary, F. & Palmer, E. M.. 1973. Graphical enumeration . New York: Academic Press, Inc.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mendeskripsikan konsep umum diskrit. |
Mendeskripsikan konsep umum diskrit. |
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Pengantar Diskrit Pustaka: Budayasa, K.. 2008. Teori graph dan aplikasinya . Surabaya: University Press Unesa. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu Menganalisis konsep dasar graph |
- Menganalisis konsep dasar graph
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Konsep dan sifat dasar graph Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu Menganalisis konsep dasar graph |
- Menganalisis konsep dasar graph
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Masalah Lintasan Terpendek Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis konsep grpg Euler dan Algoritma |
- Menganalisis konsep grpg Euler dan Algoritma
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Graph Euler dan algoritma Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis konsep Graph Euler berarah |
- Menganalisis konsep Graph Euler berarah
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Graph Euler berarah Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis konsep graf penjodohan. |
- Menganalisis konsep graf penjodohan.
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Graf penjodohan. Pustaka: Chartrand, G. & Lesniak, L.. 1996. Graphs and digraphs .London: Chapman Hall/CRC. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas |
- Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menerapkan konsep network dan pemutus. |
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: Network dan pemutus. Pustaka: Diestel, R.. 2010. Graph theory . Springer Verlag. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu Menerapkan konsep network dan pemutus |
- Menerapkan konsep network dan pemutus
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Network dan pemutus Pustaka: Diestel, R.. 2010. Graph theory . Springer Verlag. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menerapkan konsep flow maksimum pada network |
- Menerapkan konsep flow maksimum pada network
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Flow maksimum pada network Pustaka: Chartrand, G. & Lesniak, L.. 1996. Graphs and digraphs .London: Chapman Hall/CRC. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menerapkan bilangan titik penutup pada graph |
- Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas |
- Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas |
- Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas |
- Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas |
- Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
|
Kriteria:
Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi 3 X 50 |
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting 3 x 50‘ |
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
15% |