Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Diskrit Lanjut

8400203006

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D




Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menguasai konsep matematika tingkat lanjut.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendeskripsikan konsep matematika diskret sesuai sikap ilmiah dan kritis

PO - 2

Melakukan enumerasi objek-objek kombinatorik dalam bahasa keadaan diskret (discrete states) dan/atau waktu diskret (discrete time) dengan argumen sesuai keilmuaan yang efektif dan komunikatif

PO - 3

Menerapkan pendekatan kombinatorik dan graf untuk merancang pemecahan masalah dari ilmu sosial dan alam.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian konsep matematika diskret terutama yang membahas sistem dinamik diskret, algoritma, kombinatorika, dan teori graf dengan menekankan pada kompleksitas algoritma, masalah eksistensi dan optimisasi dalam teori graf dan algoritmanya. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).

Pustaka

Utama :

  1. Budayasa, K.. 2008. Teori graph dan aplikasinya . Surabaya: University Press Unesa.
  2. Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag
  3. Chartrand, G. & Lesniak, L.. 1996. Graphs and digraphs .London: Chapman Hall/CRC.
  4. Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
  5. Diestel, R.. 2010. Graph theory . Springer Verlag.

Pendukung :

  1. Wilf, H. S.. 1994. Generating functionology .London: Academic Press, Inc.
  2. Tucker, A.. 2012. Applied combinatorics. New York: John Wiley & Sons, Inc.
  3. Gross, J. L., & Yellen, J.. 2005. Graph theory and its applications . CRC Press.
  4. Harary, F. & Palmer, E. M.. 1973. Graphical enumeration . New York: Academic Press, Inc.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mendeskripsikan konsep umum diskrit.

Mendeskripsikan konsep umum diskrit.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Pengantar Diskrit
Pustaka: Budayasa, K.. 2008. Teori graph dan aplikasinya . Surabaya: University Press Unesa.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu Menganalisis konsep dasar graph

  1. Menganalisis konsep dasar graph
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Konsep dan sifat dasar graph
Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag
5%

3

Minggu ke 3

Mampu Menganalisis konsep dasar graph

  1. Menganalisis konsep dasar graph
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Masalah Lintasan Terpendek
Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis konsep grpg Euler dan Algoritma

  1. Menganalisis konsep grpg Euler dan Algoritma
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Graph Euler dan algoritma
Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis konsep Graph Euler berarah

  1. Menganalisis konsep Graph Euler berarah
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Graph Euler berarah
Pustaka: Bollobas, B.. 2002. Modern graph theory, corrected Ed . Berlin: Springer Verlag
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis konsep graf penjodohan.

  1. Menganalisis konsep graf penjodohan.
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Graf penjodohan.
Pustaka: Chartrand, G. & Lesniak, L.. 1996. Graphs and digraphs .London: Chapman Hall/CRC.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas

  1. Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas
Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu menerapkan konsep network dan pemutus.

Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Materi: Network dan pemutus.
Pustaka: Diestel, R.. 2010. Graph theory . Springer Verlag.
15%

9

Minggu ke 9

Mampu Menerapkan konsep network dan pemutus

  1. Menerapkan konsep network dan pemutus
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Network dan pemutus
Pustaka: Diestel, R.. 2010. Graph theory . Springer Verlag.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menerapkan konsep flow maksimum pada network

  1. Menerapkan konsep flow maksimum pada network
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Flow maksimum pada network
Pustaka: Chartrand, G. & Lesniak, L.. 1996. Graphs and digraphs .London: Chapman Hall/CRC.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menerapkan bilangan titik penutup pada graph

  1. Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas
Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas

  1. Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas
Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas

  1. Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas
Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas

  1. Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas
Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis turnamen dan alur lalu lintas

  1. Menganalisis turnamen dan alur lalu lintas
Kriteria:

Kesesuaian dan ketepatan solusi tugas (25%), kedalaman pemahaman terhadap tugas (25%), kekritisan berpikir (25%) dan kemampuan analisis, kreativitas dalam penyelesaian masalah (25%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan, Kuliah, Presentasi, dan Diskusi
3 X 50
Penugasan, resentasi dan diskusi interaktif. Google Meeting
3 x 50‘
Materi: Turnamen dan alur lalu lintas
Pustaka: Chen, W. K.. 2003. Net Theory and its applications-flows in Networks . London: Imperial College Press.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45%
2. Praktik / Unjuk Kerja 40%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.