Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

2010102122

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D




.......................................




Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dasar penelitian dalam pengembangan instrumen untuk mengukur variabel penelitian di bidang teknik elektro (C3)

PO - 2

Menganalisis dan memilih metode yang tepat untuk pengembangan instrumen penelitian sesuai dengan kebutuhan dan konteks penelitian (C4)

PO - 3

Mengevaluasi keefektifan dan keakuratan instrumen yang dikembangkan berdasarkan kriteria ilmiah dan etika penelitian (C5)

PO - 4

Menciptakan instrumen penelitian inovatif yang dapat memberikan solusi pada masalah-masalah khusus di bidang teknik elektro (C6)

PO - 5

Menerapkan nilai-nilai etika dalam setiap tahapan pengembangan instrumen penelitian (C3)

PO - 6

Menganalisis data yang diperoleh dari penggunaan instrumen untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan merevisi instrumen penelitian berdasarkan feedback dan hasil uji coba untuk peningkatan kualitas (C5)

PO - 8

Menciptakan pendekatan baru dalam pengembangan instrumen yang efisien dan efektif dengan memanfaatkan teknologi terkini (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip desain instrumen yang sesuai dengan standar internasional dan kebutuhan industri (C3)

PO - 10

Menganalisis pengaruh budaya dan konteks lokal dalam pengembangan dan aplikasi instrumen penelitian (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3
PO-1 
PO-2 
PO-3
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Teknik Elektro bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam merancang, mengembangkan, dan menguji instrumen penelitian sesuai dengan kebutuhan penelitian di bidang Teknik Elektro. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dasar pengukuran, jenis-jenis instrumen penelitian, teknik validasi, dan teknik analisis data instrumen penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
  2. Azwar, S., Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2), Pustaka Pelajar, 2013

Pendukung :

  1. Retnawati, H., Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian, Parama Publishing, 2016

Dosen Pengampu

Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

2

Minggu ke 2

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

3

Minggu ke 3

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

4

Minggu ke 4

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

5

Minggu ke 5

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

6

Minggu ke 6

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

7

Minggu ke 7

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

8

Minggu ke 8

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

9

Minggu ke 9

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

5%

10

Minggu ke 10

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
5%

11

Minggu ke 11

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
5%

12

Minggu ke 12

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
5%

13

Minggu ke 13

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
10%

14

Minggu ke 14

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
10%

15

Minggu ke 15

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
10%

16

Minggu ke 16

1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian

  1. 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
  2. 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
  3. 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
Kriteria:
  1. 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
  2. 2. kesiapan mahasiswa
  3. 3. Tugas
  4. 4. Penguasaan materi
  5. 5. Etika dan sikap
  6. 6. Kreativitas dan pemecahan masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2 x 50

Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis
Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.