|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
2010102122 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D
|
.......................................
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan konsep dasar penelitian dalam pengembangan instrumen untuk mengukur variabel penelitian di bidang teknik elektro (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan memilih metode yang tepat untuk pengembangan instrumen penelitian sesuai dengan kebutuhan dan konteks penelitian (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi keefektifan dan keakuratan instrumen yang dikembangkan berdasarkan kriteria ilmiah dan etika penelitian (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan instrumen penelitian inovatif yang dapat memberikan solusi pada masalah-masalah khusus di bidang teknik elektro (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan nilai-nilai etika dalam setiap tahapan pengembangan instrumen penelitian (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data yang diperoleh dari penggunaan instrumen untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan merevisi instrumen penelitian berdasarkan feedback dan hasil uji coba untuk peningkatan kualitas (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan pendekatan baru dalam pengembangan instrumen yang efisien dan efektif dengan memanfaatkan teknologi terkini (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip-prinsip desain instrumen yang sesuai dengan standar internasional dan kebutuhan industri (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis pengaruh budaya dan konteks lokal dalam pengembangan dan aplikasi instrumen penelitian (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ | PO-7 | | ✔ | PO-8 | | ✔ | PO-9 | | ✔ | PO-10 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S2 program studi Teknik Elektro bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam merancang, mengembangkan, dan menguji instrumen penelitian sesuai dengan kebutuhan penelitian di bidang Teknik Elektro. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dasar pengukuran, jenis-jenis instrumen penelitian, teknik validasi, dan teknik analisis data instrumen penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020
- Azwar, S., Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2), Pustaka Pelajar, 2013
|
Pendukung : |
|
- Retnawati, H., Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian, Parama Publishing, 2016
|
Dosen Pengampu
|
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
10% |
14
Minggu ke 14 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
10% |
15
Minggu ke 15 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
10% |
16
Minggu ke 16 |
1. Memahami konsep dasar pengembangan instrumen penelitian |
- 1. Memahami tentang pengembangan instrumen penelitian
- 2. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
- 3. Mengevaluasi tentang pengembangan instrumen penelitian
|
Kriteria:
- 1. Kehadiran dan partisipasi aktif
- 2. kesiapan mahasiswa
- 3. Tugas
- 4. Penguasaan materi
- 5. Etika dan sikap
- 6. Kreativitas dan pemecahan masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Materi Pembelajaran : Metode dan analisis Pustaka: stiyono, E., Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analsis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern, UNY Press, 2020 |
10% |