|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Sains |
8410102036 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji filsafat sains melalui analisis kritis produk-produk IPA dan proses pemikiran filsuf/ilmuwan IPA termasuk justifikasinya dari berbagai sumber belajar/media dan penerapannya dalam konteks pendidikan IPA secara logis, kritis, dan inovatif untuk menganalisis masalah/isu/kebijakan pendidikan dan pembelajaran IPA sehingga dapat memecahkannya melalui riset yang bermanfaat dan dipublikasikan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Thomas J. Hickey, 2011, Introduction to phisophy of science. NewYork: Springer 2. Craigh Dilworth, 2006, The methaphysics of science: Boston studies in the philosophy of science, Netherland: Springer. 3. Cornel M. Hamm, 2005, Philosophycal Issues in Education: An introduction, London: Routledge. 4. James Ladyman, 2002, Understanding philosophy of science, London and New York: Roudledge 5. Anna Poedjiadi, 2001, Filsafat Ilmu Kependidikan, Bandung 6. Wilburg Applebaum, 2005, The scientific revolution and the foundation of modern science, London: Greenwood Press 7. Referensi lain yang relevan
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Erman, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari sumber informasi terkait produk-produk IPA (ontologi), proses berpikir filsuf, dan nilai-nilai filsafat dalam pengembangan produk sains untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, sikap ilmiah, dan etika akademik dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
1. Mengeksplorasi produk-produk IPA (konsep, prinsip, dan teori) dari berbagai sumber informasi 2. Menganalisis proses berpikir dan sikap ilmiah dalam mengembangkan IPA 3. Membedakan domain metafisika, filsafat dan dan metode ilmiah 4. Membedakan sains, pseudosains dan agama |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar tapi kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar, sebagian salah, diberi skor 2
- Jawaban tidak benar diberi skor 1
|
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan presentasi PPt 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari sumber informasi terkait produk-produk IPA (ontologi), proses berpikir filsuf, dan nilai-nilai filsafat dalam pengembangan produk sains untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, sikap ilmiah, dan etika akademik dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
1. Mengeksplorasi produk-produk IPA (konsep, prinsip, dan teori) dari berbagai sumber informasi 2. Menganalisis proses berpikir dan sikap ilmiah dalam mengembangkan IPA 3. Membedakan domain metafisika, filsafat dan dan metode ilmiah 4. Membedakan sains, pseudosains dan agama |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar tapi kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar, sebagian salah, diberi skor 2
- Jawaban tidak benar diberi skor 1
|
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan presentasi PPt 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari sumber informasi terkait produk-produk IPA (ontologi), proses berpikir filsuf, dan nilai-nilai filsafat dalam pengembangan produk sains untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, sikap ilmiah, dan etika akademik dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
1. Mengeksplorasi produk-produk IPA (konsep, prinsip, dan teori) dari berbagai sumber informasi 2. Menganalisis proses berpikir dan sikap ilmiah dalam mengembangkan IPA 3. Membedakan domain metafisika, filsafat dan dan metode ilmiah 4. Membedakan sains, pseudosains dan agama |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar tapi kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar, sebagian salah, diberi skor 2
- Jawaban tidak benar diberi skor 1
|
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan presentasi PPt 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai produk-produk sains, pokok pikiran filsuf, deduktif-logik, induktif, falsifikasi, metode ilmiah dan justifikasinya secara secara logis, sistematis, dan kritis dalam pengembangan sains untuk memecahkan masalah pendidikan sains |
1. Menjelaskan minimal 3 produk IPA dan proses penemuannya 2. Menjelaskan proses berpikir (metode ilmiah) yang digunakan dalam menemukan produk IPA 3. Menjelaskan justifikasi produk yang ditemukan |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar diberi skor 2
- Jawaban salah diberi skor 1
|
Membuat makalah, diskusi, dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai produk-produk sains, pokok pikiran filsuf, deduktif-logik, induktif, falsifikasi, metode ilmiah dan justifikasinya secara secara logis, sistematis, dan kritis dalam pengembangan sains untuk memecahkan masalah pendidikan sains |
1. Menjelaskan minimal 3 produk IPA dan proses penemuannya 2. Menjelaskan proses berpikir (metode ilmiah) yang digunakan dalam menemukan produk IPA 3. Menjelaskan justifikasi produk yang ditemukan |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar diberi skor 2
- Jawaban salah diberi skor 1
|
Membuat makalah, diskusi, dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai produk-produk sains, pokok pikiran filsuf, deduktif-logik, induktif, falsifikasi, metode ilmiah dan justifikasinya secara secara logis, sistematis, dan kritis dalam pengembangan sains untuk memecahkan masalah pendidikan sains |
1. Menjelaskan minimal 3 produk IPA dan proses penemuannya 2. Menjelaskan proses berpikir (metode ilmiah) yang digunakan dalam menemukan produk IPA 3. Menjelaskan justifikasi produk yang ditemukan |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar diberi skor 2
- Jawaban salah diberi skor 1
|
Membuat makalah, diskusi, dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai produk-produk sains, pokok pikiran filsuf, deduktif-logik, induktif, falsifikasi, metode ilmiah dan justifikasinya secara secara logis, sistematis, dan kritis dalam pengembangan sains untuk memecahkan masalah pendidikan sains |
1. Menjelaskan minimal 3 produk IPA dan proses penemuannya 2. Menjelaskan proses berpikir (metode ilmiah) yang digunakan dalam menemukan produk IPA 3. Menjelaskan justifikasi produk yang ditemukan |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar diberi skor 2
- Jawaban salah diberi skor 1
|
Membuat makalah, diskusi, dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai produk-produk sains, pokok pikiran filsuf, deduktif-logik, induktif, falsifikasi, metode ilmiah dan justifikasinya secara secara logis, sistematis, dan kritis dalam pengembangan sains untuk memecahkan masalah pendidikan sains |
1. Menjelaskan minimal 3 produk IPA dan proses penemuannya 2. Menjelaskan proses berpikir (metode ilmiah) yang digunakan dalam menemukan produk IPA 3. Menjelaskan justifikasi produk yang ditemukan |
Kriteria:
- Jawaban benar dan lengkap diberi skor 4
- Jawaban benar kurang lengkap diberi skor 3
- Jawaban sebagian benar diberi skor 2
- Jawaban salah diberi skor 1
|
Membuat makalah, diskusi, dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menerapkan filsafat sains yang dikuasainya untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah pendidikan sains, kebijakan yang terkait dengan pendidikan sains melalui pendekatan inter dan multidisipliner |
1. Mengidentifikasi masalah pendidikan, kebijakan, dan pembelajaran sains 2. Menjelaskan secara logis kerangka berpikir permasalahan yang teridentifikasi |
Kriteria:
- Tugas lengkap dan benar diberi skor 4
- Tugas kurang lengkap dan benar diberi skor 3
- Tugas tidak lengkap dan sebagian salah atau kosong diberi skor 2
- Tugas salah diberi skor 1
|
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan filsafat sains yang dikuasainya untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah pendidikan sains, kebijakan yang terkait dengan pendidikan sains melalui pendekatan inter dan multidisipliner |
1. Mengidentifikasi masalah pendidikan, kebijakan, dan pembelajaran sains 2. Menjelaskan secara logis kerangka berpikir permasalahan yang teridentifikasi |
Kriteria:
- Tugas lengkap dan benar diberi skor 4
- Tugas kurang lengkap dan benar diberi skor 3
- Tugas tidak lengkap dan sebagian salah atau kosong diberi skor 2
- Tugas salah diberi skor 1
|
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengelola riset untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran sains melalui kajian filsafat sains pada berbagai kebijakan dan praktik pembelajaran sains yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasikan di jurnal internasional |
1. Menyusun proposal 2. Melakukan riset |
Kriteria:
- Proposal lengkap dan logis serta artikel disubmit ke jurnal internasional diberi skor 4
- Proposal lengkap, logis, dan artikel belum disubmit diberi skor 3
- Proposal lengkap tidak menulis artikel diberi skor 2
- Proposal tidak lengkap diberi skor 1
|
Membuat proposal, laporan, dan artikel 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengelola riset untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran sains melalui kajian filsafat sains pada berbagai kebijakan dan praktik pembelajaran sains yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasikan di jurnal internasional |
1. Menyusun proposal 2. Melakukan riset |
Kriteria:
- Proposal lengkap dan logis serta artikel disubmit ke jurnal internasional diberi skor 4
- Proposal lengkap, logis, dan artikel belum disubmit diberi skor 3
- Proposal lengkap tidak menulis artikel diberi skor 2
- Proposal tidak lengkap diberi skor 1
|
Membuat proposal, laporan, dan artikel 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengelola riset untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran sains melalui kajian filsafat sains pada berbagai kebijakan dan praktik pembelajaran sains yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasikan di jurnal internasional |
1. Menyusun proposal 2. Melakukan riset |
Kriteria:
- Proposal lengkap dan logis serta artikel disubmit ke jurnal internasional diberi skor 4
- Proposal lengkap, logis, dan artikel belum disubmit diberi skor 3
- Proposal lengkap tidak menulis artikel diberi skor 2
- Proposal tidak lengkap diberi skor 1
|
Membuat proposal, laporan, dan artikel 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengelola riset untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran sains melalui kajian filsafat sains pada berbagai kebijakan dan praktik pembelajaran sains yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasikan di jurnal internasional |
1. Menyusun proposal 2. Melakukan riset |
Kriteria:
- Proposal lengkap dan logis serta artikel disubmit ke jurnal internasional diberi skor 4
- Proposal lengkap, logis, dan artikel belum disubmit diberi skor 3
- Proposal lengkap tidak menulis artikel diberi skor 2
- Proposal tidak lengkap diberi skor 1
|
Membuat proposal, laporan, dan artikel 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mengelola riset untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran sains melalui kajian filsafat sains pada berbagai kebijakan dan praktik pembelajaran sains yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasikan di jurnal internasional |
1. Menyusun proposal 2. Melakukan riset |
Kriteria:
- Proposal lengkap dan logis serta artikel disubmit ke jurnal internasional diberi skor 4
- Proposal lengkap, logis, dan artikel belum disubmit diberi skor 3
- Proposal lengkap tidak menulis artikel diberi skor 2
- Proposal tidak lengkap diberi skor 1
|
Membuat proposal, laporan, dan artikel 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mengelola riset untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran sains melalui kajian filsafat sains pada berbagai kebijakan dan praktik pembelajaran sains yang bermanfaat bagi masyarakat dan dipublikasikan di jurnal internasional |
1. Menyusun proposal 2. Melakukan riset |
Kriteria:
- Proposal lengkap dan logis serta artikel disubmit ke jurnal internasional diberi skor 4
- Proposal lengkap, logis, dan artikel belum disubmit diberi skor 3
- Proposal lengkap tidak menulis artikel diberi skor 2
- Proposal tidak lengkap diberi skor 1
|
Membuat proposal, laporan, dan artikel 2 X 50 |
|
|
0% |