Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Gender Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

8810102019

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=0

ECTS=2.24

3

10 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.




Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.




Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

PLO-6

Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.

PLO-8

Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA

PLO-9

terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, wacana dan perspektif gender

PO - 2

2 Mahasiswa mampu menjelaskan tokoh dan pemikirannya dalam studi gender

PO - 3

3 Mahasiswa mampu menganalisis tentang permasalahan sosial yang timbul akibat adanya ketidakadilan gender

PO - 4

4 Mahasiswa mampu menganalisis konstruksi feminitas dan maskulinitas dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-8PLO-9
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Singkat MK Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra yang meliputi konsep dasar, wacana dan perspektif gender, serta tokoh dan pemikirannya dalam studi gender.

Pustaka

Utama :

  1. Rosemarie Buikema, Iris Van Der Tuin, 2007. Doing Gender in Media, Art and Culture, New York: Routledge
  2. Laksono, K., Mardliyah, S., Abdullah, Z., Prastyo, A. B., & Tyasnurita, R. (2023, December). The Exploring Gender Equity in Audiobook for Elementary School. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023) (pp. 404-409). Atlantis Press.

Pendukung :

  1. 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia.
  2. 2. Mansour Fakih, 2003. Analisis Gender dan Transformasi Sosial.
  3. 3. Hastanti Widy N, 2004. Diskriminasi Gender (Potret Perempuan Dalam Hegemoni Laki-laki) Suatu Tinjauan Filsafat Moral.
  4. 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan
  5. 5. Rosemarie Putnam Tong, 2004. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis

Dosen Pengampu

Dr. Dianita Indrawati, S.S., M.Hum.

Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar gender

  1. 1. Definisi gender
  2. 2. Teori Nature
Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan konsep dasar gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
menjelaskan konsep dasar gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50 menit
-
-
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar gender
Pustaka: Rosemarie Buikema, Iris Van Der Tuin, 2007. Doing Gender in Media, Art and Culture, New York: Routledge
7%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender

  1. 1. Simone De Beauvoir
  2. 2. Michel Foucault
  3. 3. Allan & Barbara Pease
Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender
Pustaka: 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia.
7%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender

1. Identitas gender

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
3 Mahasiswa dapat menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender 1. Identitas gender
2. Budaya, keluarga, dan identitas
gender
Tes Unjuk Kerja

1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender
Pustaka: 2. Mansour Fakih, 2003. Analisis Gender dan Transformasi Sosial.
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan dan Ketidakadilan gender

  1. 1. Stereotipe
  2. 2. Marginalitas
  3. 3. Subordinitas
  4. 4. Violence
Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan perbedaan dan Ketidakadilan gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
Menjelaskan perbedaan dan
Ketidakadilan gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan dan Ketidakadilan gender
Pustaka: 3. Hastanti Widy N, 2004. Diskriminasi Gender (Potret Perempuan Dalam Hegemoni Laki-laki) Suatu Tinjauan Filsafat Moral.
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni

  1. 1. Kesetaraan gender
  2. 2. Gender harmoni
Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
a. Bentuk: Kuliah
b. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni
Pustaka: Laksono, K., Mardliyah, S., Abdullah, Z., Prastyo, A. B., & Tyasnurita, R. (2023, December). The Exploring Gender Equity in Audiobook for Elementary School. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023) (pp. 404-409). Atlantis Press.
8%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra
Pustaka: 5. Rosemarie Putnam Tong, 2004. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis
7%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang feminisme

1. Pengertian feminisme

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
1. Pengertian
feminisme
2. Sejarah dan
Perkembangan gerakan
feminism di dunia Tes Unjuk Kerja

1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan tentang feminisme
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)

Tugas Mahasiswa
menjelaskan tentang feminisme dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.)
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang feminisme
Pustaka: Rosemarie Buikema, Iris Van Der Tuin, 2007. Doing Gender in Media, Art and Culture, New York: Routledge
8%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50
-
-
Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia.
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra

1. Identifikasi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Kriteria:

Tes Produk


Bentuk Penilaian :
Tes
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra
Pustaka: 2. Mansour Fakih, 2003. Analisis Gender dan Transformasi Sosial.
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

1. Identifikasi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Kriteria:

Tes Produk


Bentuk Penilaian :
Tes
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra
Pustaka: 3. Hastanti Widy N, 2004. Diskriminasi Gender (Potret Perempuan Dalam Hegemoni Laki-laki) Suatu Tinjauan Filsafat Moral.
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra

Kriteria:

Tes Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra
Pustaka: 5. Rosemarie Putnam Tong, 2004. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis
7%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian

Presentasi hasil penelitian

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
Pustaka: 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia.
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian

Presentasi hasil penelitian

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian

Presentasi hasil penelitian

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
2x50
-
-
Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian

Presentasi hasil penelitian

Kriteria:

Tes Unjuk Kerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
2x50
-
-
Materi: 6. feminisme
Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan

Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian
Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan
7%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
2x50
-
-
Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 28%
2. Praktik / Unjuk Kerja 58%
3. Tes 14%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.