|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Gender Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia |
8810102019 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=0 |
ECTS=2.24 |
3 |
10 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.
|
Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.
|
Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia. |
PLO-6 |
Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. |
PLO-8 |
Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA |
PLO-9 |
terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, wacana dan perspektif gender
|
PO - 2 |
2 Mahasiswa mampu menjelaskan tokoh dan pemikirannya dalam studi gender
|
PO - 3 |
3 Mahasiswa mampu menganalisis tentang permasalahan sosial yang timbul akibat adanya ketidakadilan gender
|
PO - 4 |
4 Mahasiswa mampu menganalisis konstruksi feminitas dan maskulinitas dalam pembelajaran bahasa dan sastra
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Singkat MK Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra yang meliputi konsep dasar, wacana dan perspektif gender, serta tokoh dan pemikirannya dalam studi gender. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rosemarie Buikema, Iris Van Der Tuin, 2007. Doing Gender in Media, Art and Culture, New York: Routledge
- Laksono, K., Mardliyah, S., Abdullah, Z., Prastyo, A. B., & Tyasnurita, R. (2023, December). The Exploring Gender Equity in Audiobook for Elementary School. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023) (pp. 404-409). Atlantis Press.
|
Pendukung : |
|
- 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia.
- 2. Mansour Fakih, 2003. Analisis Gender dan Transformasi Sosial.
- 3. Hastanti Widy N, 2004. Diskriminasi Gender (Potret Perempuan Dalam Hegemoni Laki-laki) Suatu Tinjauan Filsafat Moral.
- 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan
- 5. Rosemarie Putnam Tong, 2004. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dianita Indrawati, S.S., M.Hum. Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar gender |
- 1. Definisi gender
- 2. Teori Nature
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan konsep dasar gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
menjelaskan konsep dasar gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 menit |
- - |
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar gender Pustaka: Rosemarie Buikema, Iris Van Der Tuin, 2007. Doing Gender in Media, Art and Culture, New York: Routledge |
7% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender |
- 1. Simone De Beauvoir
- 2. Michel Foucault
- 3. Allan & Barbara Pease
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan tokoh dan pemikirannya tentang konsep dasar gender Pustaka: 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia. |
7% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender |
1. Identitas gender |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
3 Mahasiswa dapat menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender 1. Identitas gender
2. Budaya, keluarga, dan identitas
gender
Tes Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan peran budaya dalam pembentukan identitas gender Pustaka: 2. Mansour Fakih, 2003. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan dan Ketidakadilan gender |
- 1. Stereotipe
- 2. Marginalitas
- 3. Subordinitas
- 4. Violence
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan perbedaan dan Ketidakadilan gender
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
Menjelaskan perbedaan dan
Ketidakadilan gender dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan dan Ketidakadilan gender Pustaka: 3. Hastanti Widy N, 2004. Diskriminasi Gender (Potret Perempuan Dalam Hegemoni Laki-laki) Suatu Tinjauan Filsafat Moral. |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni |
- 1. Kesetaraan gender
- 2. Gender harmoni
|
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
a. Bentuk: Kuliah
b. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk kesetaraan gender dan gender harmoni Pustaka: Laksono, K., Mardliyah, S., Abdullah, Z., Prastyo, A. B., & Tyasnurita, R. (2023, December). The Exploring Gender Equity in Audiobook for Elementary School. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023) (pp. 404-409). Atlantis Press. |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
Gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa dapat menjelaskan konstruksi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra Pustaka: 5. Rosemarie Putnam Tong, 2004. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang feminisme |
1. Pengertian feminisme |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
1. Pengertian
feminisme
2. Sejarah dan
Perkembangan gerakan
feminism di dunia Tes Unjuk Kerja
1. Bentuk: Kuliah
2. Pembelajaran Kooperatif STAD
a. Penjelasan konsep
b. Pemberian tugas kelompok menjelaskan tentang feminisme
c. Presentasi hasil diskusi dalam teks multimodal (infografis, video)
Tugas Mahasiswa
menjelaskan tentang feminisme dalam bentuk teks multimoda (infografis, video, audio, audiovisual, gambar, film pendek dsb.) 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang feminisme Pustaka: Rosemarie Buikema, Iris Van Der Tuin, 2007. Doing Gender in Media, Art and Culture, New York: Routledge |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
- - |
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia. |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra |
1. Identifikasi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
Kriteria:
Tes Produk Bentuk Penilaian : Tes |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra Pustaka: 2. Mansour Fakih, 2003. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
1. Identifikasi gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
Kriteria:
Tes Produk Bentuk Penilaian : Tes |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra Pustaka: 3. Hastanti Widy N, 2004. Diskriminasi Gender (Potret Perempuan Dalam Hegemoni Laki-laki) Suatu Tinjauan Filsafat Moral. |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra |
Kriteria:
Tes Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: menyusun rancangan penelitian gender dalam bahasa dan sastra 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu Merancang draf penelitian gender dalam pembelajaran bahasa dan sastra Pustaka: 5. Rosemarie Putnam Tong, 2004. Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian |
Presentasi hasil penelitian |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian Pustaka: 1. Dr. Riant Nugroho, 2008. Gender & Strategi Pengarus-Utamaannya Di Indonesia. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian |
Presentasi hasil penelitian |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian |
Presentasi hasil penelitian |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian 2x50 |
- - |
Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian Pustaka: |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian |
Presentasi hasil penelitian |
Kriteria:
Tes Unjuk Kerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
1. Bentuk: Kuliah
2. Metode: Pembuatan produk
3. Penugasan Mahasiswa: mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab
pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian 2x50 |
- - |
Materi: 6. feminisme Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan Materi: Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk power point, menjawab pertanyaan yang muncul, dan merumuskan hasil penelitian Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 2x50 |
- - |
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: 4. Simone De Beauvoir, 2003. Second Sex : Kehidupan Perempuan |
0% |