|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kardiorespirasi |
1120306032 |
|
T=5 |
P=1 |
ECTS=9.54 |
3 |
12 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
dr. Arifiana Wungu Kartika Dewi, M.Ked.Klin., Sp.D.V.E.
|
.......................................
|
Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga. |
PLO-6 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja. |
PLO-7 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan. |
PLO-8 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menentukan etiopatomekanisme, pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran dalam ilmu Kardiorespirasi
|
PO - 2 |
Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, IKM/KP/KK yang terkait dengan Kardiorespirasi
|
PO - 3 |
Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Kardiorespirasi
|
PO - 4 |
Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Kardiorespirasi
|
PO - 5 |
Terampil mensimulasikan prosedur klinis (pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE) yang berkaitan dengan masalah Kardiorespirasi dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang sistem kardiovaskuler dan respirasi manusia yang meliputi penyakit dan gangguan kardio-respirasi baik yang disebabkan oleh infeksi, alergi, keganasan, gaya hidup, dan juga mempelajari penyakit sistem kardiorespirasi akibat olahraga. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, tutorial, dan praktikum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anne MR Agur, Arthur F Dalley, and Keith L. Moore. Moore's Clinically Oriented Anatomy: 9th Edition. Wolters Kluwer.
- Anthony L. Mescher. 2024. Junqueira's Basic Histology: 17th Edition. McGraw Hill.
- Braunwald, Bonow, Libby, Mann, Zipes. 2011. Braunwald’s Heart Disease, a textbook of cardiovascular medicine. 9th ed. Elsevier.
- Friedrich Paulsen, Jens Waschke. 2023. Sobotta Atlas of Human Anatomy.Elsevier.
- Ganong, WF : Review of medical physiologi 20 th ed, Lange Medical Book, Mc Graw Hill, 2001
- Gerard J. Tortora, Bryan H. Derrickson. 2016. Tortora's Principles of Anatomy and Physiology: 15th Edition. Willey.
- Hall J.E. 2016. Guyton and Hall A Textbook of Medical Physiology: 13th Edition. Elsevier.
- Jameson JL, Fauci AS, Hauser SL, Longo DL, Loscalzo J. 2018. Harrison’s Principle of Internal medicine 20th edition. McGraw-Hill. New York.
- Kumar, Abbas, Aster. Robbin & Cotran Pathology Basic of Disease, 10th ed, Elsevier Opie LH. 2021. Drugs for the Heart. 9th ed. Elsevier.
- Park Myung K. 2014. Pediatric Cardiology for Practitioners. 6th ed. Elsevier.
- Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia. 2007. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. edisi keempat. Jakarta. Balai Penerbit FKUI.
- Rodwell VW, Bender DA, Botham KM, Kennelly PJ, Weil PA, 2018.
- RSUD dr Soetomo, 2004, Pedoman Diagnosis dan Terapi Lab/UPF Ilmu penyakit paru, Surabaya.
- Harper’s Illustrated Biochemistry: 30th edition, Mc Graw Hill.
- Todd W. Vanderah. 2024. Katzung's Basic & Clinical Pharmacology:16th Edition. McGraw Hill.
|
Pendukung : |
|
- Drake, R., Vogl, A. W. and Mitchell, A. W. M. (2009) Gray’s Anatomy for Students E-Book. Elsevier Health Sciences.
- Moore, K. L., Dalley, A. F. and Agur, A. M. R. (2018) ‘Clinically Oriented Anatomy, 8e’.
- J . Waschke , F. Paulsen. Sobotta Atlas Anatomi Manusia Jilid 3. Book. 2013. Terbitan: EGC
- Mescher A. (2016). Junqueira's basic histology: Text and atlas (Fourteenth edition.). New York: McGraw-Hill Education.
- Young, B., Heath, J. W., Stevens, A., Lowe, J. S., Wheater, P. R., & Burkitt, H. G. (2000). Wheater's functional histology: A text and colour atlas. Edinburgh: Churchill Livingstone.
- Guyton, A.C. dan Hall, J.E. (2019). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran edisi 13. Jakarta : EGC.
- Barrett, K. E., & Ganong, W. F. (2012). Ganong's review of medical physiology. New York: McGraw-Hill Medical.
- Silverthorn, D.U. (2014). Fisiologi Manusia edisi 6. Jakarta : EGC.
- Sherwood, Lauralee. (2013). Human physiology : from cells to systems. Belmont, CA :Brooks/Cole, Cengage Learning.
- Rodwell, V. W., Bender, D. A., Botham, K. M., Kennelly, P. J., & Weil, P. A. (2018). Harper's illustrated biochemistry.
- Gabriel J.F., Fisika Kedokteran, Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1996.
- Giancoli D. C., Physics: Principles with Aplplications (Sixth Editon), United States of America : Pearson Education Inc., 2005.
- Hani A. R., Riwidikdo H., Fisika Kesehatan, Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.
- King M.W, 2019, Muscle Biochemistry, available in: http://www.themedicalbiochemistrypage.org
- Murray, R. K., Granner, D.K., & Rodwell, V. W. Biokimia Harper (27 ed). Jakarta : Buku Kedokteran EGC; 2009
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang gangguan kardiorespirasi berupa batuk kering, batuk dahak, pilek, bersin |
- Influenza
- Pertusis
- Pneumonia, bronkopneumonia, pneumoniaspirasi
- Acute respiratory distress syndrome, COVID-19
- Flu burung
- SARS
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa batuk darah, sesak, dan napas berbunyi |
- Asma bronkial, status asmatikus
- Bronkitis akut, bronkiolitis akut, bronkiektasis
- PPOK, PPOK eksaserbasi akut
- Tb paru tanpa komplikasi
- Tb paru dengan HIV, Tb paru MDR
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
|
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa nyeri dada |
- Hipertensi essensial dan sekunder
- EKG dan interpretasinya
- Angina pektoris
- Infark miokard
- Kardiomiopati, kardiomiopati hipertrofi pada atlet
- Cor pulmonale akut
- Cor pulmonale kronik
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
|
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa kebiruan, kaki menghitam |
- Kelainan katup dan jantung kongenital
- Tromboflebitis, limfangitis, obstructed venous return, varises, trombosis vena dalam, emboli vena
- Limfedema
- Insufisiensi vena kronik
- Raynaud, buerger, trombosis arteri, klaudikasio intermiten
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
|
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa sesak napas / napas pendek |
- Gagal jantung akut, gagal jantung kronik
- Edema paru
- Abses paru
- Tumor paru, tumor mediastinum
- Gangguan keseimbangan asam basa
|
Kriteria:
- Kriteria: partisipasi aktif
- Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah
Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL
Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik
|
|
|
4% |
6
Minggu ke 6 |
Ujian Akhir BLOK |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Tes |
CBT & Praktikum
|
|
|
80% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |