Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Kedokteran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kardiorespirasi

1120306032

T=5

P=1

ECTS=9.54

3

12 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




dr. Arifiana Wungu Kartika Dewi, M.Ked.Klin., Sp.D.V.E.




.......................................




Nur Ilahi Anjani, S.Ked., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan/Kedokteran Komunitas, dan kedokteran olahraga.

PLO-6

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif kepada individu, masyarakat, dan tim kerja.

PLO-7

Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan.

PLO-8

Terampil mensimulasikan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menentukan etiopatomekanisme, pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang kedokteran dalam ilmu Kardiorespirasi

PO - 2

Menguasai pengetahuan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu kedokteran klinik, IKM/KP/KK yang terkait dengan Kardiorespirasi

PO - 3

Terampil dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam tim seusai peran pada mata kuliah Kardiorespirasi

PO - 4

Terampil dalam memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi terkait dengan Kardiorespirasi

PO - 5

Terampil mensimulasikan prosedur klinis (pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE) yang berkaitan dengan masalah Kardiorespirasi dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain dalam ranah layanan kesehatan primer

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mendalam tentang sistem kardiovaskuler dan respirasi manusia yang meliputi penyakit dan gangguan kardio-respirasi baik yang disebabkan oleh infeksi, alergi, keganasan, gaya hidup, dan juga mempelajari penyakit sistem kardiorespirasi akibat olahraga. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SPICES dan model PBL. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah, tutorial, dan praktikum.

Pustaka

Utama :

  1. Anne MR Agur, Arthur F Dalley, and Keith L. Moore. Moore's Clinically Oriented Anatomy: 9th Edition. Wolters Kluwer.
  2. Anthony L. Mescher. 2024. Junqueira's Basic Histology: 17th Edition. McGraw Hill.
  3. Braunwald, Bonow, Libby, Mann, Zipes. 2011. Braunwald’s Heart Disease, a textbook of cardiovascular medicine. 9th ed. Elsevier.
  4. Friedrich Paulsen, Jens Waschke. 2023. Sobotta Atlas of Human Anatomy.Elsevier.
  5. Ganong, WF : Review of medical physiologi 20 th ed, Lange Medical Book, Mc Graw Hill, 2001
  6. Gerard J. Tortora, Bryan H. Derrickson. 2016. Tortora's Principles of Anatomy and Physiology: 15th Edition. Willey.
  7. Hall J.E. 2016. Guyton and Hall A Textbook of Medical Physiology: 13th Edition. Elsevier.
  8. Jameson JL, Fauci AS, Hauser SL, Longo DL, Loscalzo J. 2018. Harrison’s Principle of Internal medicine 20th edition. McGraw-Hill. New York.
  9. Kumar, Abbas, Aster. Robbin & Cotran Pathology Basic of Disease, 10th ed, Elsevier Opie LH. 2021. Drugs for the Heart. 9th ed. Elsevier.
  10. Park Myung K. 2014. Pediatric Cardiology for Practitioners. 6th ed. Elsevier.
  11. Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia. 2007. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. edisi keempat. Jakarta. Balai Penerbit FKUI.
  12. Rodwell VW, Bender DA, Botham KM, Kennelly PJ, Weil PA, 2018.
  13. RSUD dr Soetomo, 2004, Pedoman Diagnosis dan Terapi Lab/UPF Ilmu penyakit paru, Surabaya.
  14. Harper’s Illustrated Biochemistry: 30th edition, Mc Graw Hill.
  15. Todd W. Vanderah. 2024. Katzung's Basic & Clinical Pharmacology:16th Edition. McGraw Hill.

Pendukung :

  1. Drake, R., Vogl, A. W. and Mitchell, A. W. M. (2009) Gray’s Anatomy for Students E-Book. Elsevier Health Sciences.
  2. Moore, K. L., Dalley, A. F. and Agur, A. M. R. (2018) ‘Clinically Oriented Anatomy, 8e’.
  3. J . Waschke , F. Paulsen. Sobotta Atlas Anatomi Manusia Jilid 3. Book. 2013. Terbitan: EGC
  4. Mescher A. (2016). Junqueira's basic histology: Text and atlas (Fourteenth edition.). New York: McGraw-Hill Education.
  5. Young, B., Heath, J. W., Stevens, A., Lowe, J. S., Wheater, P. R., & Burkitt, H. G. (2000). Wheater's functional histology: A text and colour atlas. Edinburgh: Churchill Livingstone.
  6. Guyton, A.C. dan Hall, J.E. (2019). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran edisi 13. Jakarta : EGC.
  7. Barrett, K. E., & Ganong, W. F. (2012). Ganong's review of medical physiology. New York: McGraw-Hill Medical.
  8. Silverthorn, D.U. (2014). Fisiologi Manusia edisi 6. Jakarta : EGC.
  9. Sherwood, Lauralee. (2013). Human physiology : from cells to systems. Belmont, CA :Brooks/Cole, Cengage Learning.
  10. Rodwell, V. W., Bender, D. A., Botham, K. M., Kennelly, P. J., & Weil, P. A. (2018). Harper's illustrated biochemistry.
  11. Gabriel J.F., Fisika Kedokteran, Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1996.
  12. Giancoli D. C., Physics: Principles with Aplplications (Sixth Editon), United States of America : Pearson Education Inc., 2005.
  13. Hani A. R., Riwidikdo H., Fisika Kesehatan, Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.
  14. King M.W, 2019, Muscle Biochemistry, available in: http://www.themedicalbiochemistrypage.org
  15. Murray, R. K., Granner, D.K., & Rodwell, V. W. Biokimia Harper (27 ed). Jakarta : Buku Kedokteran EGC; 2009

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE tentang gangguan kardiorespirasi berupa batuk kering, batuk dahak, pilek, bersin

  1. Influenza
  2. Pertusis
  3. Pneumonia, bronkopneumonia, pneumoniaspirasi
  4. Acute respiratory distress syndrome, COVID-19
  5. Flu burung
  6. SARS
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

4%

2

Minggu ke 2

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa batuk darah, sesak, dan napas berbunyi

  1. Asma bronkial, status asmatikus
  2. Bronkitis akut, bronkiolitis akut, bronkiektasis
  3. PPOK, PPOK eksaserbasi akut
  4. Tb paru tanpa komplikasi
  5. Tb paru dengan HIV, Tb paru MDR
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

4%

3

Minggu ke 3

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa nyeri dada

  1. Hipertensi essensial dan sekunder
  2. EKG dan interpretasinya
  3. Angina pektoris
  4. Infark miokard
  5. Kardiomiopati, kardiomiopati hipertrofi pada atlet
  6. Cor pulmonale akut
  7. Cor pulmonale kronik
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

4%

4

Minggu ke 4

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa kebiruan, kaki menghitam

  1. Kelainan katup dan jantung kongenital
  2. Tromboflebitis, limfangitis, obstructed venous return, varises, trombosis vena dalam, emboli vena
  3. Limfedema
  4. Insufisiensi vena kronik
  5. Raynaud, buerger, trombosis arteri, klaudikasio intermiten
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

4%

5

Minggu ke 5

Mampu memutuskan pemeriksaan fisik/penunjang, diagnosis, tatalaksana awal/kedaruratan/farmako/nonfarmako, dan KIE gangguan kardiorespirasi berupa sesak napas / napas pendek

  1. Gagal jantung akut, gagal jantung kronik
  2. Edema paru
  3. Abses paru
  4. Tumor paru, tumor mediastinum
  5. Gangguan keseimbangan asam basa
Kriteria:
  1. Kriteria: partisipasi aktif
  2. Metode: Observasi dalam tutorial menggunakan rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah:
5 x 100 menit
Metode: ceramah

Tutorial:
2 x 150 menit
Metode: PBL

Praktikum:
3 x 170 menit
Metode: praktik

4%

6

Minggu ke 6

Ujian Akhir BLOK


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
CBT & Praktikum

80%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Praktikum 40%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.