Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ekonomi politik

6720102016

T=0

P=2

ECTS=3.18

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Imam Zarkachi, S.IP., LL.M., M.IntR. - Mi‘rojul Huda, S.IP., M.IP.




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

PLO-12

Mampu menyajikan, memetakan, menganalisa, dan memberi solusi dalam penyelesaian masalah-masalah dibutuhkan dalam dunia politik

PLO-16

Mampu menguasai literasi politik, membangun networking, dan kemampuan diplomasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami pengertian ekonomi politik

PO - 2

Mahasiswa dapat memahami actor ekonomi politik

PO - 3

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pemberdayaan yang berlangsung di masyarakat

PO - 4

Mahasiswa dapat menyumbangkan ide-ide kreatif terkait permasalahan di dalam lingkup ekonomi politik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9PLO-12PLO-16
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Politik Ekonomi merupakan mata kuliah yang harus diambil pada semester pertama bagi mahasiswa program Politik Lokal. Dalam mata kuliah ini, hubungan antara politik dan ekonomi akan diperiksa secara mendalam. Untuk memahami topik ini, mata kuliah ini akan mencakup topik seperti perkembangan pemikiran ekonomi, pendekatan dalam studi politik ekonomi, dinamika pasar, serta peran institusi politik dan ekonomi.

Pustaka

Utama :

  1. Caporaso, J.A. and Levine. 1992. "Theories of Political Economy." New York: Praeger
  2. Deliarnov. 2006. "Ekonomi Politik." Jakarta: Penerbit Erlangga
  3. Edelman (et al). 2005. "Anthropology of Development and Globalization." Victoria: Blackwell Publishing
  4. Harvey, David. 2003. "New Imperialism." Oxford: Oxford University Press
  5. Harvey, David. 2005. "A Brief History of Neoliberalism." Oxford: Oxford University Press
  6. Nigel Thrift. 1997. "The Rise of Soft Capitalism," Cultural Values, 1:1, 29-57
  7. Li, Tania. 2014. "Land's End." London: Duke University Press
  8. Ikbar, Yanuar. 2006. "Ekonomi Politik Internasional." Bandung: Refika Aditama
  9. Marx, Karl and Engels, Friedrich. 2014. "Manifesto Partai Komunis" (diterjemahkan: DN Aidit, dkk). Yogyakarta: Cakrawang
  10. . Isabela Mares and Matthew Carnes. 2008. "Social Policy in Developing Countries." Annual Review of Political Science 12: 93-113
  11. . Jude Hays. 2003. "Globalization and Capital Taxation in Consensus and Majoritarian Democracies." World Politics 56 (October): 79-113.
  12. . Jude Hays, Sean Ehrlich, and Clint Peinhardt. 2005. "Government Spending and Public Support for Trade in the OECD: An Empirical Test of the Embedded Liberalism Thesis." International Organization (Spring): 473-94.
  13. . Lowry, S. Todd. 1987. "Pre-Classical Economic Thought From The Greeks to the Scottish Enlightenment."
  14. . Marius Busemeyer. 2009. "From Myth to Reality: Globalization and Public Spending in OECD Countries Revisited." European Journal of Political Research 48: 455-482.
  15. . Naazneen Barma and Steven Vogel (eds). 2008. "The Political Economy Reader." New York: Routledge
  16. . Nita Rudra. 2007. "Welfare States in Developing Countries: Unique or Universal?" The Journal of Politics 69 (May): 378-396
  17. . Pablo Beramendi and Thomas Cusack. 2008. "Economic Institutions, Partisanship, and Inequality." In Pablo Beramendi and Christopher Anderson, eds, "Democracy, Inequality, and Representation." New York: Russell Sage Foundation: 127-168

Pendukung :

Dosen Pengampu

Imam Zarkachi, S.IP., LL.M., M.IntR.

Mi'rojul Huda, S.IP., M.IP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan

Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan - Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Silabus singkat, Rencana Penugasan • Kontrak Perkuliahan
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami pengertian dasar ekonomi politik

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian ekonomi politik

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Pengertian dan sejarah ekonomi politik
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep klasik dan neo klasik ekonomi politik

Ketepatan dalam memahami paham klasik dan Neoklasik

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: Konsep utama Kekuatan Politik. 1. Partai politik 2. Birokrasi 3. Media sosial 4. Komunikasi media
Pustaka:
10%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep keynesian

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: Politik, media, dan komunikasi
Pustaka:
7%

5

Minggu ke 5

Memahami Aktor-Aktor Ekonomi Politik

Pemahaman peran aktor dalam ekonomi politik

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Pengelolaan Sumber Daya media Berbasis Komunitas
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami Actor-aktor ekonomi politik

Pemahaman peran aktor dalam ekonomi politik

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Prinsip, Pendekatan dan Strategi dalam Pemberdayaan media
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengetahui konsep dasar globalisasi

Pemahaman konsep dasar globalisasi

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Metode media dalam Pemberdayaan Masyarakat
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian Tengah Semester (UTS)

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Tes
Kuliah

Materi: UTS
Pustaka:
7%

9

Minggu ke 9

Mampu mengetahui kosnep dasar globalisasi

Pemahaman konsep dasar globalisasi

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Pemberdayaan media
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami konsep marxime dalam ekonomi politik

Pemahaman konsep Marxisme

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Konsep dasar Marxisme dalam ekonomi politik
Pustaka:
7%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis dan mengevaluasi relasi ekonomi dan kekuasaan

Pemahaman relasi ekonomi dan kekuasaan

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Hubungan ekonomi dan kekuasaan
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis dan mengevaluasi relasi ekonomi dan kekuasaan

Pemahaman relasi ekonomi dan kekuasaan

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: Hubungan ekonomi dan kekuasaan
Pustaka:

Materi: Hubungan ekonomi dan kekuasaan
Pustaka:
7%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis dan mengevaluasi relasi ekonomi dan kekuasaan

Pemahaman relasi ekonomi dan kekuasaan

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Hubungan ekonomi dan kekuasaan
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis dan mengevaluasi relasi ekonomi dan kekuasaan

Pemahaman relasi ekonomi dan kekuasaan

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah

Materi: Hubungan ekonomi dan kekuasaan
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis dan mengevaluasi relasi ekonomi dan kekuasaan

Pemahaman relasi ekonomi dan kekuasaan

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah

Materi: Hubungan ekonomi dan kekuasaan
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian Akhir Semester (UAS)

Kriteria:

Ketetapan menjawab soal


Bentuk Penilaian :
Tes
Kuliah

Materi: UAS
Pustaka:
7%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62%
2. Praktik / Unjuk Kerja 24%
3. Tes 14%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.