Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Termodinamika Kimia

8420403316

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

1 Juli 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dian Novita, ST., M.Pd.




Prof. Dr. Suyono, M.Pd.




Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan baik secara individu maupun dalam kelompok, memiliki jiwa edu-ecopreneurship yang berwawasan lingkungan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia

PLO-11

Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip dasar termodinamika dan penerapannya: sifat dan perilaku gas; kinetika gas, energi, kalor dan kerja; energi dalam dan entalpi; arah proses dan konsep entropi; energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa

PO - 2

Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti melalui penerapan pengetahuan sifat dan perilaku gas; kinetika gas, energi, kalor dan kerja; energi dalam dan entalpi; arah proses dan konsep entropi; energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa, serta penerapan teknologi yang relevan

PO - 3

Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam memahami konsep energetika.

PO - 4

Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar kimia dengan kegiatan laboratorium, hasil penelitian, dan keberadaan kimia dalam kehidupan sehari-hari

PO - 5

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi singkat : Kajian tentang sifat dan perilaku gas kinetika gas, energi, kalor dan kerja energi dalam dan entalpi arah proses dan konsep entropi energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa serta kegiatan laboratorium yang sesuai.

Pustaka

Utama :

  1. Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.

Pendukung :

  1. Levine, I.N., 2005, Physical Chemistry, 4th edition, Singapore, McGraw-Hill
  2. Bahl, BS. 2002. Essential of Physical Chemistry. New Delhi: S.Chand and Company Ltd.
  3. Argon Sembiring, 2000, Kimia Fisika I, Universitas Terbuka.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.

Dian Novita, S.T., M.Pd.

Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd.

Arikasuci Fitonna Ridassepri, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami RPS

Membuat persiapan materi kuliah untuk pertemuan berikutnya

Kriteria:

Partisipasi, tugas

Membaca dan diskusi
3 X 50

Materi: Pendahuluan dasar termodinamika
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata

  1. Menerapkan hukum-hukum gas ideal.
  2. Menjelaskan kompresibilitas.
  3. Menjelaskan/Menerapkan persamaan van der Waals.
  4. Menginterpretasi kurva Z-P
Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi/Presentasi dan latihan soal
3 X 50

Materi: sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan.

  1. Menjelaskan arti energy, kalor, kerja.
  2. Menerapkan hubungan matematis hokum pertama termodinamika.
  3. Menurunkan arti fisik dari energy dalam, entalpi, kapasitas kalor
Kriteria:

Partisipais, tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Diskusi dan latihan soal
3 X 50

Materi: konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan.

  1. Menjelaskan arti energy, kalor, kerja.
  2. Menerapkan hubungan matematis hokum pertama termodinamika.
  3. Menurunkan arti fisik dari energy dalam, entalpi, kapasitas kalor
Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan soal, dan praktikum
5 X 50

Materi: konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami arah proses, konsep entropi dan kestabilan system.

1. Menjelaskan dan menggambarkan proses lingkar melalui diagram P-V. 2. Menghitung kerja setiap langkah proses. 3. Menjelaskan konsep entropi berdasarkan hitungan lingkar Carnot 4. Mendefinisikan perubahan entropi. 5. Menjelaskan perumusan hukum kedua termodinamika 6. Menjelaskan bahwa perubahan entropi sebagai criteria kestabilan system.

Kriteria:

Partispasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan soal
3 X 50

Materi: arah proses, konsep entropi dan kestabilan system.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
10%

6

Minggu ke 6

Memahami arah proses, konsep entropi dan kestabilan system.

1. Menghitung perubahan entropi sebagai fungsi volum dan temperature dan entropi sebagai fungsi tekanan dan temperature. 2. Menghitung perubahan entropi pada perubahan fasa 3. Menghitung entropi mutlak.

Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Diskusi dan latihan soal
3 X 50

Materi: arah proses, konsep entropi dan kestabilan system.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami fungsi energi bebas dan hubungannya dengan fungsi keadaan lain serta menerapkannya dalam memecahkan soal.

Mendefinisikan dan menjelaskan arti fisik energi bebas Helmholtz Mendefinisikan dan menjelaskan arti fisik energi bebas Gibbs Menuliskan persamaan-persamaan fundamental dan hubungan Maxwell serta menerapkannya dalam hitungan..

Kriteria:

Partisipais, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan soal
3 X 50

Materi: fungsi energi bebas dan hubungannya dengan fungsi keadaan lain
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mencakup pertemuan 1-7

Mencakup pertemuan 1-7

Kriteria:

Tes UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
3 X 50

10%

9

Minggu ke 9

Memahami konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas.

1. Menuliskan syarat kesetimbangan. 2. Menuliskan persamaan Clapeyron dan menerapkannya.

Kriteria:

partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan soal, dan praktikum
5 X 50

Materi: konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Memahami konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas.

  1. Menjelaskan bentuk tetapan kesetimbangan.
  2. 2. Menjelaskan pengaruh temperature terhadap tetapan kesetimbangan. 3. Menghitung tetapan kesetimbangan.
Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan soal, praktikum
5 X 50

Materi: konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Memahami konsep sifat larutan non elektrolit terkait dengan energi bebas.

Menjelaskan: besaran molar parsial, larutan ideal, termodinamika pencampuran larutan ideal.

Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan soal
3 X 50

Materi: konsep sifat larutan non elektrolit terkait dengan energi bebas.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Memahami energi Gibbs dalam sel elektrokimia.

Menjelaskan energi Gibbs, persamaan Nernst dan koefisien suhu potensial sel.

Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Diskusi
3 X 50

Materi: energi Gibbs dalam sel elektrokimia.
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen

Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen.

Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan latihan
3 X 50

Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
10%

14

Minggu ke 14

Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen

Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen.

Kriteria:

partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Diskusi dan latihan, dan praktikum
5 X 50

Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen

Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen.

Kriteria:

Partisipasi, tugas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan latihan
3 X 50

Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen
Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.

Materi: 5
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Mencakup pertemuan 9-15

Mencakup pertemuan 9-15

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tulis
3 X 50

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.