|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Termodinamika Kimia |
8420403316 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
1 Juli 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dian Novita, ST., M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyono, M.Pd.
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan baik secara individu maupun dalam kelompok, memiliki jiwa edu-ecopreneurship yang berwawasan lingkungan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia |
PLO-11 |
Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami prinsip dasar termodinamika dan penerapannya: sifat dan perilaku gas; kinetika gas, energi, kalor dan kerja; energi dalam dan entalpi; arah proses dan konsep entropi; energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa
|
PO - 2 |
Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti melalui penerapan pengetahuan sifat dan perilaku gas; kinetika gas, energi, kalor dan kerja; energi dalam dan entalpi; arah proses dan konsep entropi; energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa, serta penerapan teknologi yang relevan
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam memahami konsep energetika.
|
PO - 4 |
Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar kimia dengan kegiatan laboratorium, hasil penelitian, dan keberadaan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 5 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PLO-11 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | | PO-4 | | | | PO-5 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi singkat : Kajian tentang sifat dan perilaku gas kinetika gas, energi, kalor dan kerja energi dalam dan entalpi arah proses dan konsep entropi energi bebas dan hubungannya dengan kestabilan system, kesetimbangan kimia, termodinamika sel elektrokimia, temodinamika larutan, kesetimbangan fasa serta kegiatan laboratorium yang sesuai. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press.
|
Pendukung : |
|
- Levine, I.N., 2005, Physical Chemistry, 4th edition, Singapore, McGraw-Hill
- Bahl, BS. 2002. Essential of Physical Chemistry. New Delhi: S.Chand and Company Ltd.
- Argon Sembiring, 2000, Kimia Fisika I, Universitas Terbuka.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. Dian Novita, S.T., M.Pd. Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd. Arikasuci Fitonna Ridassepri, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami RPS |
Membuat persiapan materi kuliah untuk pertemuan berikutnya |
Kriteria:
Partisipasi, tugas |
Membaca dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Pendahuluan dasar termodinamika Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata |
- Menerapkan hukum-hukum gas ideal.
- Menjelaskan kompresibilitas.
- Menjelaskan/Menerapkan persamaan van der Waals.
- Menginterpretasi kurva Z-P
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi/Presentasi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: sifat dan perilaku gas ideal dan gas nyata Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. |
- Menjelaskan arti energy, kalor, kerja.
- Menerapkan hubungan matematis hokum pertama termodinamika.
- Menurunkan arti fisik dari energy dalam, entalpi, kapasitas kalor
|
Kriteria:
Partisipais, tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. |
- Menjelaskan arti energy, kalor, kerja.
- Menerapkan hubungan matematis hokum pertama termodinamika.
- Menurunkan arti fisik dari energy dalam, entalpi, kapasitas kalor
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal, dan praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep energy, kalor, energy dalam, entalpi dan hubungannya serta mampu menerapkan dalam hitungan. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. |
1. Menjelaskan dan menggambarkan proses lingkar melalui diagram P-V. 2. Menghitung kerja setiap langkah proses. 3. Menjelaskan konsep entropi berdasarkan hitungan lingkar Carnot 4. Mendefinisikan perubahan entropi. 5. Menjelaskan perumusan hukum kedua termodinamika 6. Menjelaskan bahwa perubahan entropi sebagai criteria kestabilan system. |
Kriteria:
Partispasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. |
1. Menghitung perubahan entropi sebagai fungsi volum dan temperature dan entropi sebagai fungsi tekanan dan temperature. 2. Menghitung perubahan entropi pada perubahan fasa 3. Menghitung entropi mutlak. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: arah proses, konsep entropi dan kestabilan system. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami fungsi energi bebas dan hubungannya dengan fungsi keadaan lain serta menerapkannya dalam memecahkan soal. |
Mendefinisikan dan menjelaskan arti fisik energi bebas Helmholtz Mendefinisikan dan menjelaskan arti fisik energi bebas Gibbs Menuliskan persamaan-persamaan fundamental dan hubungan Maxwell serta menerapkannya dalam hitungan.. |
Kriteria:
Partisipais, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: fungsi energi bebas dan hubungannya dengan fungsi keadaan lain Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mencakup pertemuan 1-7 |
Mencakup pertemuan 1-7 |
Kriteria:
Tes UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas. |
1. Menuliskan syarat kesetimbangan. 2. Menuliskan persamaan Clapeyron dan menerapkannya. |
Kriteria:
partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal, dan praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas. |
- Menjelaskan bentuk tetapan kesetimbangan.
- 2. Menjelaskan pengaruh temperature terhadap tetapan kesetimbangan. 3. Menghitung tetapan kesetimbangan.
|
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal, praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan kimia terkait dengan fungsi energi bebas. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami konsep sifat larutan non elektrolit terkait dengan energi bebas. |
Menjelaskan: besaran molar parsial, larutan ideal, termodinamika pencampuran larutan ideal. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan soal 3 X 50 |
|
Materi: konsep sifat larutan non elektrolit terkait dengan energi bebas. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami energi Gibbs dalam sel elektrokimia. |
Menjelaskan energi Gibbs, persamaan Nernst dan koefisien suhu potensial sel. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: energi Gibbs dalam sel elektrokimia. Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen |
Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen |
Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen. |
Kriteria:
partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Diskusi dan latihan, dan praktikum 5 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen |
Menjelaskan:kriteria kesetimbangan fasa, aturan fasa Gibbs, Persamaan Clapeyron, Persamaan Clasius Clapeyron, diagram fasa air, diagram fasa CO2, sistim dua komponen dan tiga komponen. |
Kriteria:
Partisipasi, tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan latihan 3 X 50 |
|
Materi: konsep kesetimbangan fasa 1, 2 dan 3 komponen Pustaka: Atkins, PW. 1996. Physical Chemistry. Oxford: ELBS Oxford University Press. Materi: 5 Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mencakup pertemuan 9-15 |
Mencakup pertemuan 9-15 |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
|
|
10% |