Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Administrasi dan Kebijakan Publik

6310603012

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Suci Megawati, M.Si




Dr. Suci Megawati, M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-10

Mampu merumuskan, melaksanakan, mengkomunikasikan, dan mengadvokasi kebijakan

PLO-11

Mampu mengambil kesempatan untuk menawarkan ide dan strategi inovasi yang dapat mendorong hasil kebijakan yang diinginkan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep administrasi dan manajemen publik dalam pengembangan inovasi kebijakan (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai teori kebijakan publik untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks tertentu (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas strategi inovasi dalam implementasi kebijakan publik (C5)

PO - 4

Menciptakan solusi inovatif untuk masalah administrasi dan kebijakan publik yang kompleks (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-10PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Inovasi Administrasi Dan Kebijakan Publik pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik membahas tentang konsep, teori, dan praktik inovasi dalam administrasi publik serta kebijakan publik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahamkan mahasiswa tentang pentingnya inovasi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan administrasi publik serta pembuatan kebijakan yang responsif terhadap perubahan sosial dan kebutuhan masyarakat. Ruang lingkup mata kuliah mencakup studi kasus inovasi dalam berbagai sektor administrasi publik, analisis kebijakan publik yang inovatif, serta strategi implementasi inovasi dalam konteks pemerintahan.

Pustaka

Utama :

  1. Osborne, S.P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
  2. Hartley, J. (2005). Innovation in Governance and Public Services: Past and Present. Public Money & Management, 25(1), 27–34.

Pendukung :

  1. Savas, E.S. 2000. Privatization’and'Public-Private Part*nerships. New York: Chatam House Publishers

Dosen Pengampu

Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep administrasi dan manajemen publik dalam pengembangan inovasi kebijakan.

  1. konsep administrasi publik
  2. manajemen publik
  3. pengembangan kebijakan inovatif
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok dan studi kasus.
3 X 50
Materi: Teori Administrasi Publik, Manajemen Publik, Inovasi Kebijakan Publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengembangan Inovasi Kebijakan Publik
Pustaka: Osborne, S.P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep administrasi dan manajemen publik dalam pengembangan inovasi kebijakan.

  1. Penerapan konsep administrasi publik
  2. Penerapan konsep manajemen publik
  3. Kemampuan mengidentifikasi inovasi kebijakan
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Penugasan Esai tentang Penerapan Konsep Administrasi dan Manajemen Publik dalam Kasus Studi Tertentu
3 X 50
Materi: Konsep Administrasi Publik, Konsep Manajemen Publik, Pengembangan Inovasi Kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengembangan Inovasi Kebijakan Publik
Pustaka: Osborne, S.P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai teori kebijakan publik untuk mengidentifikasi kebijakan yang paling efektif dalam konteks tertentu.

  1. Analisis teori kebijakan publik
  2. Identifikasi kebijakan efektif
  3. Pemahaman konsep dasar kebijakan publik
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang aplikasi teori kebijakan publik dalam kasus nyata
3 X 50
Materi: Konsep dasar teori kebijakan publik, Pendekatan analisis kebijakan, Faktor-faktor keefektifan kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengembangan Inovasi Kebijakan Publik
Pustaka: Osborne, S.P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai teori kebijakan publik dan memilih yang paling efektif sesuai konteks yang diberikan.

  1. Analisis mendalam terhadap teori kebijakan publik
  2. Kemampuan mengidentifikasi teori yang paling efektif
  3. Kemampuan mengaitkan teori dengan konteks tertentu
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang penerapan teori kebijakan publik dalam kasus nyata
3 X 50
Materi: Pengantar Teori Kebijakan Publik, Analisis Teori Kebijakan Publik, Pemilihan Teori yang Efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Pengembangan Inovasi Kebijakan Publik
Pustaka: Osborne, S.P. (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectives on the Theory and Practice of Public Governance. Routledge.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengidentifikasi keberhasilan strategi inovasi dalam implementasi kebijakan publik.

  1. efektivitas strategi inovasi
  2. analisis implementasi kebijakan publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus implementasi kebijakan publik
3 X 50
Materi: Teori inovasi dalam administrasi publik, Studi kasus implementasi kebijakan publik, Evaluasi strategi inovasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif yang relevan dan efektif untuk masalah administrasi dan kebijakan publik yang kompleks.

  1. Kemampuan analisis
  2. Kreativitas dalam solusi
  3. Relevansi solusi
  4. Efektivitas solusi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus inovasi kebijakan publik
3 X 50
Materi: Proses inovasi dalam administrasi publik, Studi kasus inovasi kebijakan publik, Teknik kreatif dalam penyelesaian masalah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah administrasi dan kebijakan publik yang kompleks.

  1. kreativitas dalam menciptakan solusi
  2. kemampuan analisis masalah
  3. kesesuaian solusi dengan konteks administrasi dan kebijakan publik
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus penyelesaian masalah administrasi dan kebijakan publik
3 X 50
Materi: Pengembangan solusi inovatif, Analisis masalah administrasi dan kebijakan publik, Implementasi solusi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai teori kebijakan publik dan mengidentifikasi teori yang paling efektif dalam konteks tertentu.

  1. Analisis teori kebijakan publik
  2. Identifikasi teori yang efektif
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Tes

Ujian Tengah Semester
3 X 50
Materi: Teori-teori kebijakan publik, Analisis teori kebijakan publik, Studi kasus teori kebijakan publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan praktik kebijakan publik dalam situasi simulasi, serta dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak kebijakan yang diambil.

  1. Penerapan teori kebijakan publik dalam simulasi
  2. Analisis dampak kebijakan yang diambil
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang simulasi kebijakan publik, Penyusunan laporan analisis dampak kebijakan
3 X 50
Materi: Teori Kebijakan Publik, Praktik Kebijakan Publik, Simulasi Kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak kebijakan yang diadvokasi terhadap masyarakat dan pemerintahan dengan menggunakan kemampuan kognitif level C4 dalam Taksonomi Bloom.

  1. Analisis dampak kebijakan yang komprehensif
  2. Kemampuan mengidentifikasi implikasi kebijakan
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi berdasarkan analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus dampak kebijakan, Penyusunan analisis kebijakan secara individu
3 X 50
Materi: Teori analisis kebijakan publik, Studi kasus dampak kebijakan, Metode evaluasi kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan inovasi kebijakan dengan menggunakan studi kasus nyata sebagai acuan.

  1. Analisis mendalam keberhasilan inovasi kebijakan
  2. Identifikasi faktor kegagalan inovasi kebijakan
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus keberhasilan inovasi kebijakan
3 X 50
Materi: Konsep evaluasi keberhasilan kebijakan publik, Studi kasus inovasi kebijakan, Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan inovasi kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan inovasi kebijakan dalam studi kasus nyata dengan menggunakan kriteria yang relevan.

  1. Analisis keberhasilan inovasi kebijakan
  2. Analisis kegagalan inovasi kebijakan
  3. Kemampuan menyimpulkan hasil evaluasi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi online tentang studi kasus inovasi kebijakan dengan menyajikan analisis keberhasilan dan kegagalan dalam kelompok
3 X 50
Materi: Konsep evaluasi kebijakan publik, Studi kasus inovasi kebijakan, Metode analisis keberhasilan dan kegagalan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metodologi baru yang efektif dalam melaksanakan dan mengkomunikasikan kebijakan publik.

  1. Kemampuan merancang metodologi baru
  2. Kemampuan mengkomunikasikan kebijakan publik secara efektif
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring, Studi Kasus, Brainstorming. tentang pendekatan inovatif dalam kebijakan publik
3 X 50
Materi: Konsep Metodologi Baru dalam Kebijakan Publik, Studi Kasus Implementasi Metodologi Baru
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam administrasi publik.

  1. Pemahaman konsep inovasi
  2. Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam administrasi publik
  3. Kemampuan merancang strategi inovatif
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus penerapan strategi inovasi dalam administrasi publik
3 X 50
Materi: Konsep inovasi, Identifikasi masalah dalam administrasi publik, Strategi inovatif dalam administrasi publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi inovasi secara kreatif dan efektif dalam konteks administrasi publik.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah
  2. Kemampuan merancang solusi inovatif
  3. Kemampuan menerapkan strategi inovasi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi daring tentang studi kasus inovasi dalam administrasi publik
3 X 50
Materi: Pengertian inovasi dalam administrasi publik, Strategi inovasi untuk efisiensi dan efektivitas, Studi kasus implementasi inovasi dalam administrasi publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

16

Minggu ke 16

    1. solusi inovatif
    2. kompleksitas masalah
    3. kreativitas
    Kriteria:

    Rubrik Holistik


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    .
    Ujian akhir semester
    Materi:
    Pustaka: Handbook Perkuliahan
    30%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 50%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
    3. Tes 35%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.