
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Studi Pembangunan Ekonomi |
8420703107 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
2 |
4 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Jun Surjanti, SE., M.Si; Nurul Hasanah, M.Pd; Dr. Asnimawati, M.Pd
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, SE., M.Si
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-7 |
Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep-konsep dasar dan teori-teori ekonomi pembangunan
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis berbagai indikator ekonomi pembangunan dan implikasinya terhadap masyarakat
|
PO - 3 |
Mampu mengevaluasi kebijakan ekonomi pembangunan yang diterapkan di berbagai negara dan wilayah
|
PO - 4 |
Mampu menyusun laporan penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan
|
PO - 5 |
Mampu mengkritisi dampak ekonomi pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan
|
PO - 6 |
Mampu mengembangkan strategi ekonomi pembangunan yang berkelanjutan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | ✔ | PO-6 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar dan teori-teori ekonomi pembangunan beserta indikator ekonomi pembangunan dan implikasinya terhadap masyarakat disertai kebijakan ekonomi pembangunan yang diterapkan di berbagai negara dan wilayah sesuai dengan isu-isu ekonomi pembangunan yang sedang berkembang saat ini menuju ketercapaian kesejahteraan masyarakat dan lingkungan untuk pengembangan strategi ekonomi pembangunan yang berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Pearson Education.
- 2. Ray, D. (1998). Development Economics. Princeton University Press.
- 3. Peet, R., & Hartwick, E. (2009). Theories of Development: Contentions, Arguments, Alternatives. Guilford Press
- 4. Sachs, J. D. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time. Penguin Press.
- 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press.
|
Pendukung : |
|
- Amalia, F., Sinaga, R., Asyari, Soeyatno, R. F., & Dkk. (2022). Www.Penerbitwidina.Com Www.Penerbitwidina.Com.
- 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
- 3. Lestari Sukarniati., D. (2021). Ekonomi Pembangunan (Teori dan Tamtangan di Negara Berkembang). In UAD Press,.
- 4. Wahed, M., Sishadiyati, & Imaningsih, N. (2021). Ekonomi Pembangunan kajian Teori dan Studi Empiris.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si. Dr. Asnimawati, M.Pd. Nurul Hasanah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar ekonomi pembangunan dengan tepat |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3x50 menit |
|
Materi: Konsep-konsep dasar ekonomi pembangunan dengan tepat. Pustaka: 1. Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Pearson Education. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menggambarkan teori-teori ekonomi pembangunan dalam tulisan dan presentasi. |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3x50 menit |
|
Materi: Teori-teori ekonomi pembangunan dalam tulisan dan presentasi. Pustaka: 1. Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Pearson Education. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis data indikator ekonomi pembangunan seperti PDB, tingkat pengangguran, dan indeks pembangunan manusia |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Indikator ekonomi pembangunan 2. PDB (Product Domestic Bruto) Pustaka: 3. Peet, R., & Hartwick, E. (2009). Theories of Development: Contentions, Arguments, Alternatives. Guilford Press |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mempresentasikan hasil analisis indikator ekonomi pembangunan dalam bentuk diskusi kelas |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: a. Pengangguran; b. Indeks pembangunan manusia Pustaka: 2. Ray, D. (1998). Development Economics. Princeton University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengevaluasi kebijakan ekonomi pembangunan berdasarkan studi kasus dari berbagai negara. |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Kebijakan ekonomi pembangunan Pustaka: 2. Ray, D. (1998). Development Economics. Princeton University Press. Materi: Kebijakan fiskal dan moneter; Kebijakan perdagangan dan Investasi Pustaka: 4. Sachs, J. D. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time. Penguin Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengkritisi efektivitas kebijakan ekonomi pembangunan dalam laporan tertulis |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Kebijakan Industri, dan Tenaga Kerja; Kebijakan Lingkungan dan pertanian; Kebijakan infrastruktur Pustaka: 4. Sachs, J. D. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time. Penguin Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyusun proposal penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Isu-isu ekonomi pembangunan; Kemiskinan dan Ketimpangan Ekonomi Pustaka: 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press. Materi: Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
tes |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Tes |
|
UTS 3 x 50 menit |
Materi: UTS Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyajikan hasil penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendidikan dan Keterampilan; Infrastruktur dan Kesehatan Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyajikan hasil penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Pembangunan Berkelanjutan dan Globalisasi; Kebijakan Publik, Teknologi dan Inovasi Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengidentifikasi dan mengkritisi dampak ekonomi pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat dalam esai tertulis. |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Dampak ekonomi pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat Pustaka: 3. Lestari Sukarniati., D. (2021). Ekonomi Pembangunan (Teori dan Tamtangan di Negara Berkembang). In UAD Press,. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memberikan rekomendasi kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan Pustaka: 3. Lestari Sukarniati., D. (2021). Ekonomi Pembangunan (Teori dan Tamtangan di Negara Berkembang). In UAD Press,. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memberikan rekomendasi kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan Pustaka: 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengembangkan strategi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Strategi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif Pustaka: 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengkomunikasikan strategi pembangunan ekonomi dalam presentasi yang jelas dan persuasif. |
penugasan |
Kriteria:
Pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Strategi pembangunan ekonomi dalam presentasi yang jelas dan persuasif Pustaka: 4. Wahed, M., Sishadiyati, & Imaningsih, N. (2021). Ekonomi Pembangunan kajian Teori dan Studi Empiris. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 3 x 50 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. |
20% |