Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Studi Pembangunan Ekonomi

8420703107

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

2

4 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Jun Surjanti, SE., M.Si; Nurul Hasanah, M.Pd; Dr. Asnimawati, M.Pd




Prof. Dr. Jun Surjanti, SE., M.Si




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-7

Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep-konsep dasar dan teori-teori ekonomi pembangunan

PO - 2

Mampu menganalisis berbagai indikator ekonomi pembangunan dan implikasinya terhadap masyarakat

PO - 3

Mampu mengevaluasi kebijakan ekonomi pembangunan yang diterapkan di berbagai negara dan wilayah

PO - 4

Mampu menyusun laporan penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan

PO - 5

Mampu mengkritisi dampak ekonomi pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan

PO - 6

Mampu mengembangkan strategi ekonomi pembangunan yang berkelanjutan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5  
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar dan teori-teori ekonomi pembangunan beserta indikator ekonomi pembangunan dan implikasinya terhadap masyarakat disertai kebijakan ekonomi pembangunan yang diterapkan di berbagai negara dan wilayah sesuai dengan isu-isu ekonomi pembangunan yang sedang berkembang saat ini menuju ketercapaian kesejahteraan masyarakat dan lingkungan untuk pengembangan strategi ekonomi pembangunan yang berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Pearson Education.
  2. 2. Ray, D. (1998). Development Economics. Princeton University Press.
  3. 3. Peet, R., & Hartwick, E. (2009). Theories of Development: Contentions, Arguments, Alternatives. Guilford Press
  4. 4. Sachs, J. D. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time. Penguin Press.
  5. 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press.

Pendukung :

  1. Amalia, F., Sinaga, R., Asyari, Soeyatno, R. F., & Dkk. (2022). Www.Penerbitwidina.Com Www.Penerbitwidina.Com.
  2. 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
  3. 3. Lestari Sukarniati., D. (2021). Ekonomi Pembangunan (Teori dan Tamtangan di Negara Berkembang). In UAD Press,.
  4. 4. Wahed, M., Sishadiyati, & Imaningsih, N. (2021). Ekonomi Pembangunan kajian Teori dan Studi Empiris.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Dr. Asnimawati, M.Pd.

Nurul Hasanah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar ekonomi pembangunan dengan tepat

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3x50 menit

Materi: Konsep-konsep dasar ekonomi pembangunan dengan tepat.
Pustaka: 1. Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Pearson Education.
3%

2

Minggu ke 2

Mampu menggambarkan teori-teori ekonomi pembangunan dalam tulisan dan presentasi.

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3x50 menit

Materi: Teori-teori ekonomi pembangunan dalam tulisan dan presentasi.
Pustaka: 1. Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2015). Economic Development (12th ed.). Pearson Education.
4%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis data indikator ekonomi pembangunan seperti PDB, tingkat pengangguran, dan indeks pembangunan manusia

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: 1. Indikator ekonomi pembangunan 2. PDB (Product Domestic Bruto)
Pustaka: 3. Peet, R., & Hartwick, E. (2009). Theories of Development: Contentions, Arguments, Alternatives. Guilford Press
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mempresentasikan hasil analisis indikator ekonomi pembangunan dalam bentuk diskusi kelas

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: a. Pengangguran; b. Indeks pembangunan manusia
Pustaka: 2. Ray, D. (1998). Development Economics. Princeton University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengevaluasi kebijakan ekonomi pembangunan berdasarkan studi kasus dari berbagai negara.

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Kebijakan ekonomi pembangunan
Pustaka: 2. Ray, D. (1998). Development Economics. Princeton University Press.

Materi: Kebijakan fiskal dan moneter; Kebijakan perdagangan dan Investasi
Pustaka: 4. Sachs, J. D. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time. Penguin Press.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengkritisi efektivitas kebijakan ekonomi pembangunan dalam laporan tertulis

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Kebijakan Industri, dan Tenaga Kerja; Kebijakan Lingkungan dan pertanian; Kebijakan infrastruktur
Pustaka: 4. Sachs, J. D. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time. Penguin Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun proposal penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Isu-isu ekonomi pembangunan; Kemiskinan dan Ketimpangan Ekonomi
Pustaka: 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press.

Materi: Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran
Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

tes

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Tes

UTS
3 x 50 menit
Materi: UTS
Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menyajikan hasil penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Pendidikan dan Keterampilan; Infrastruktur dan Kesehatan
Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
3%

10

Minggu ke 10

Mampu menyajikan hasil penelitian tentang isu-isu ekonomi pembangunan dalam bentuk laporan tertulis dan presentasi

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Pembangunan Berkelanjutan dan Globalisasi; Kebijakan Publik, Teknologi dan Inovasi
Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu mengidentifikasi dan mengkritisi dampak ekonomi pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat dalam esai tertulis.

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Dampak ekonomi pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat
Pustaka: 3. Lestari Sukarniati., D. (2021). Ekonomi Pembangunan (Teori dan Tamtangan di Negara Berkembang). In UAD Press,.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memberikan rekomendasi kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan
Pustaka: 3. Lestari Sukarniati., D. (2021). Ekonomi Pembangunan (Teori dan Tamtangan di Negara Berkembang). In UAD Press,.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu memberikan rekomendasi kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Kebijakan ekonomi pembangunan yang berkelanjutan
Pustaka: 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press.
3%

14

Minggu ke 14

Mampu mengembangkan strategi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Strategi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif
Pustaka: 5. Allen, T., & Thomas, A. (2000). Poverty and Development. Oxford University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengkomunikasikan strategi pembangunan ekonomi dalam presentasi yang jelas dan persuasif.

penugasan

Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah (PBL-Problem Based Learning), diskusi dan tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Strategi pembangunan ekonomi dalam presentasi yang jelas dan persuasif
Pustaka: 4. Wahed, M., Sishadiyati, & Imaningsih, N. (2021). Ekonomi Pembangunan kajian Teori dan Studi Empiris.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3 x 50 menit

Materi: UAS
Pustaka: 2. Hasan, M., & Dkk. (2022). Ekonomi Pembangunan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. In Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 31.67%
2. Penilaian Portofolio 7.67%
3. Praktik / Unjuk Kerja 19.67%
4. Tes 40%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.