Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tata Kelola TI

5720103058

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu Memahami Konsep Tata Kelola TI

PO - 2

Mampu Memahami Penyelarasan Strategis TI dengan Organisasi

PO - 3

Mampu Memahami konsep Value Delivery

PO - 4

Mampu Memahami Konsep pengelolaan Risiko

PO - 5

Mampu Memahami Pengelolaan Sumber Daya

PO - 6

Mampu Memahami Pengelolaan Kinerja

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa mengenai IT Governance (IT G)) dan hal – hal yang terkait dengannya. Pada mata kuliah ini dibahas: konsep dasar IT G, Unsur-unsur IT G, Model – model Kerangka Kerja IT G serta berbagai studi kasus penerapan maupun assessment IT G di suatu organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. ISACA. 2017. CGEIT Review Manual [Internet], 7th ed. Rolling Meadow, IL, USA: ISACA;. Available from: www.isaca.org
  2. ISACA. 2012. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 1st ed. Rolling Meadows, IL 60008 USA: ISACA
  3. Ali, S. 2014. Strategic Planning Using COBIT 5. COBIT® Focus, 2.
  4. ISACA. 2012. COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA. IL: ISACA.
  5. ISO/IEC. 2008. ISO/IEC 38500: Corporate governance of information technology. Geneva, Switzerland.
  6. ISO/IEC. 2008. ISO/IEC 27000: Information technology — Security techniques. Geneva, Switzerland.
  7. The IT Service Management Forum (itSMF International). 2005. IT Governance based on CobiT® 4.1: A Management Guide. IT Governance Institute.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Aries Dwi Indriyanti, S.Kom., M.Kom.

Rahadian Bisma, S.Kom., M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Latar belakang, tujuan & manfaat Tata Kelola

  1. Menyadari pentingnya Tata Kelola (C1)
  2. Menjelaskan latar belakang, tujuan & manfaat Tata Kelola (C1)
  3. Meminati belajar Tata Kelola (A1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
CeramahPresentasiDiskusi
3 X 50
CeramahPresentasiDiskusi
3 X 50
Materi: Tata Kelola
Pustaka: ISACA. 2017. CGEIT Review Manual [Internet], 7th ed. Rolling Meadow, IL, USA: ISACA;. Available from: www.isaca.org
3%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep dan strategis TI dengan Organisasi: (Teknik & Proses Perencanaan Strategis, Program Investasi TI)
  2. Mahasiswa mampu memahami faktor2 pengendali/pengarah organisasi (perusahaan)
  1. Mendiskusikan prinsip & pengertian Tata Kelola
  2. Menerangkan definisi, prinsip & pengertian Tata Kelola (C2)
  3. Menyimpulkan apa itu Tata Kelola (C2)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresentasiDiskusi
3 X 50
PresentasiDiskusi
3 X 50
Materi: Konsep dan strategis TI dengan Organisasi
Pustaka: ISACA. 2012. COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. ISACA. IL: ISACA.
3%

3

Minggu ke 3

  1. Membedakan Tata Kelola perusahaan & TI (C2)
  2. Merangkum konsep Tata Kelola TI (C2)
  3. Mengungkapkan konsep Tata Kelola TI (C2)
  1. Membedakan Tata Kelola perusahaan & TI (C2)
  2. Merangkum konsep Tata Kelola TI (C2)
  3. Mengungkapkan konsep Tata Kelola TI (C2)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Diskusi
3 X 50
Presentasi Diskusi
3 X 50
Materi: Tata Kelola Perusahaan & TI
Pustaka: ISACA. 2017. CGEIT Review Manual [Internet], 7th ed. Rolling Meadow, IL, USA: ISACA;. Available from: www.isaca.org
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu memahami : Mengidentifikasi proses-proses (C1);
  2. Menjabarkan tujuan suatu proses (C2);
  3. Menjelaskan kendali tujuan di suatu proses (C2);
  4. Menggali kendali tujuan di suatu proses (C2)
  1. Mengidentifikasi proses-proses (C1)
  2. Menjabarkan tujuan suatu proses (C2)
  3. Menjelaskan kendali tujuan di suatu proses (C2)
  4. Menggali kendali tujuan di suatu proses (C2)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PresentasiDiskusi
3 X 50
PresentasiDiskusi
3 X 50
Materi: Proses dan mekanisme monitoring IT
Pustaka: ISACA. 2012. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 1st ed. Rolling Meadows, IL 60008 USA: ISACA
4%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu :Mengemukakan pokok- pokok pikiran COBIT 5 (C2);
  2. Menjelaskan hal-hal penting dalam COBIT 5 (C2);
  1. Mengemukakan pokok- pokok pikiran COBIT 5 (C2)
  2. Menjelaskan hal-hal penting dalam COBIT 5 (C2)
  3. Menyimpulkan, apa yang harus diketahui tentang COBIT 5 (C2)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresentasiDiskusi
3 X 50
PresentasiDiskusi
3 X 50
Materi: COBIT 5
Pustaka: ISACA. 2012. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 1st ed. Rolling Meadows, IL 60008 USA: ISACA
4%

6

Minggu ke 6

Menguraikan lingkup proses di COBIT 5 (C2)Mengemukakan hal-hal penting dalam menyatupadukan COBIT 5 ke dalam proses (C3)Mengkonsepkan bagaimana COBIT 5 dapat di fit in ke proses perusahaan (C3)

  1. Menguraikan lingkup proses di COBIT 5 (C2)
  2. Mengemukakan hal-hal penting dalam menyatupadukan COBIT 5 ke dalam proses (C3)
  3. Mengkonsepkan bagaimana COBIT 5 dapat di fit in ke proses perusahaan (C3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresentasaiDiskusi
3 X 50
PresentasaiDiskusi
3 X 50
Materi: Lingkup proses di COBIT 5
Pustaka: ISACA. 2012. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 1st ed. Rolling Meadows, IL 60008 USA: ISACA
4%

7

Minggu ke 7

Mentabulasi COBIT 5 vs best practice (C3)Menggambarkan mapping COBIT 5 dengan best practice (C3)Mengemukakan mapping COBIT 5 dengan best practice (C3)

  1. Mentabulasi COBIT 5 vs best practice (C3)
  2. Menggambarkan mapping COBIT 5 dengan best practice (C3)
  3. Mengemukakan mapping COBIT 5 dengan best practice (C3)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: COBIT 5 vs best practice
Pustaka: ISACA. 2017. CGEIT Review Manual [Internet], 7th ed. Rolling Meadow, IL, USA: ISACA;. Available from: www.isaca.org
4%

8

Minggu ke 8

Mampu mengerjakan UTS secara baik benar

Mampu mejawab dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
3 X 50
UTS
3 X 50
Materi: UTS
Pustaka:
25%

9

Minggu ke 9

Metode manajemen risiko seperti COSO ERM, ISO 31000, dan NIST SP 800-30


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Manajemen Resiko
Pustaka: ISACA. 2012. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 1st ed. Rolling Meadows, IL 60008 USA: ISACA
3%

10

Minggu ke 10

Memahami pentingnya kebijakan dan prosedur TI dalam organisasi serta proses pengembangan kebijakan dan prosedur TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Kebijakan dan Prosedur TI
Pustaka: ISACA. 2017. CGEIT Review Manual [Internet], 7th ed. Rolling Meadow, IL, USA: ISACA;. Available from: www.isaca.org
3%

11

Minggu ke 11

Tinjauan tentang regulasi dan standar yang relevan dalam industri TI, seperti GDPR, HIPAA, PCI DSS, dan ISO 27001


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Standar dalam Industri TI
Pustaka: ISO/IEC. 2008. ISO/IEC 27000: Information technology — Security techniques. Geneva, Switzerland.
3%

12

Minggu ke 12

Manajemen Perubahan TI


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Manajemen Perubahan TI
Pustaka: The IT Service Management Forum (itSMF International). 2005. IT Governance based on CobiT® 4.1: A Management Guide. IT Governance Institute.
4%

13

Minggu ke 13

Tata Kelola Data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Tata Kelola Data
Pustaka: The IT Service Management Forum (itSMF International). 2005. IT Governance based on CobiT® 4.1: A Management Guide. IT Governance Institute.
4%

14

Minggu ke 14

Tata Kelola Layanan TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Tata Kelola Layanan TI
Pustaka: ISACA. 2012. COBIT 5 A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, 1st ed. Rolling Meadows, IL 60008 USA: ISACA
4%

15

Minggu ke 15

Tata Kelola Keamanan TI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
PresntasiCeramahDiskusi
3 X 50
Materi: Tata Kelola Keamanan TI
Pustaka: ISACA. 2017. CGEIT Review Manual [Internet], 7th ed. Rolling Meadow, IL, USA: ISACA;. Available from: www.isaca.org
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

UAS
3 X 50
UAS
3 X 50
Materi: UAS
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 33%
75%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.