|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Akademischer Vortrag auf Deutsch |
7920603284 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=0 |
ECTS=1.59 |
4 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai dengan konteks dengan kemampuan yang setara Common European Framework of Reference (CEFR) level B1 |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
terampilan berbicara dalam bahasa Jerman di depan umum dengan menggunakan teknik informatif atau argumentatif, teknik persuasif dan teknik rekreatif. Kegiatan perkuliahan meliputi teori sebanyak 30% dan kegiatan praktek sebanyak 70%.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemberian kemampuan, pengetahuan dan keterampilan berbicara dalam bahasa Jerman di depan umum dengan menggunakan teknik informatif atau argumentatif, teknik persuasif dan teknik rekreatif. Kegiatan perkuliahan meliputi teori sebanyak 30% dan kegiatan praktek sebanyak 70%. Kegiatan perkuliahan meliputi pelatihan cara memilih topik, tujuan, pengembangan bahasan, pemilihan kata atau diksi, ungkapan yang tepat serta membangun kepercayaan didi. Penilaian Matakuliah ini meliputi: tugas terstruktur, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bernd Kast. 2001. Fertigkeit Schreiben. Langenscheid
- Friedrich Mueller. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett
- Funk, Hermann, dkk. 2010. Studio D B1. Berlin: Cornelson Verlag.
- McKie, Robert. 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
- Mackensen, Lutz, 2007. Gutes Deutsch in Schrift und Rede. München: Langenscheidt.
- Robert McKie. 2013. Creative Writing. London:Cambridge
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami tentang konsep dasar berbicara di depan umum (Retorika). |
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang definisi Retorika.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan konsep dasar berbicara di depan umum.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar berbicara di depan umum (Retorika). |
- Menjelaskan konsep dasar retorika
- Menjelaskan prinsip dasar retorika Aristoteles
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dan menggunakan prinsip Einleitung dalam Vortrag. |
- Mengidentifikasi dan menguasai Begruessung dan Thema dalam Vortrag.
- Mengidentifikasi cara membangun ketertarikan pendengar (Interesse der Hoerer zu wecken).
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami dan menggunakan prinsip Einleitung dalam Vortrag. |
- Mengidentifikasi dan menguasai Begruessung dan Thema dalam Vortrag.
- Mengidentifikasi cara membangun ketertarikan pendengar (Interesse der Hoerer zu wecken).
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages |
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
- Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh, dalam
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
3% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages |
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
- Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
3% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages |
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
- Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
3% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages |
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
- Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh, dalam
- Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 4 X 50 |
|
|
3% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami Vortrag informatif / argumentatif. |
- Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang informatif dan argumentatif.
- Menyimak penjelasan tentang ciri pidato informatif.
- Mempresentasikan pidato informatif.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
4% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami Vortrag informatif/argumentatif |
- Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang informatif dan argumentatif.
- Menjelaskan tentang ciri pidato informatif.
- Mempresentasikan pidato informatif.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami Vortrag persuasif |
- Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang persuasif
- Menyimak penjelasan tentang ciri pidato persuasif
- Mempresentasikan pidato persuasif.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami Vortrag persuasif |
- Menjelaskan ciri-ciri Vortrag persuasif
- Memahami penjelasan tentang ciri pidato persuasif
- Menyimak penjelasan tentang pidato persuasif
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Vortrag rekreatif |
- Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang rekreatif.
- Menyimak penjelasan tentang ciri pidato rekreatif.
- Mempresentasikan pidato rekreatif.
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami Vortrag rekreatif |
- Menjelaskan ciri-ciri Vortrag rekreatif
- Memahami penjelasan tentang ciri pidato rekreatif
- Menyimak penjelasan tentang pidato rekreatif
|
Kriteria:
sehr gutgutbefriedigendausreichend Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning 4 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 4 X 50 |
|
|
30% |