Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Akademischer Vortrag auf Deutsch

7920603284

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=0

ECTS=1.59

4

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai dengan konteks dengan kemampuan yang setara Common European Framework of Reference (CEFR) level B1

Program Objectives (PO)

PO - 1

terampilan berbicara dalam bahasa Jerman di depan umum dengan menggunakan teknik informatif atau argumentatif, teknik persuasif dan teknik rekreatif. Kegiatan perkuliahan meliputi teori sebanyak 30% dan kegiatan praktek sebanyak 70%.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemberian kemampuan, pengetahuan dan keterampilan berbicara dalam bahasa Jerman di depan umum dengan menggunakan teknik informatif atau argumentatif, teknik persuasif dan teknik rekreatif. Kegiatan perkuliahan meliputi teori sebanyak 30% dan kegiatan praktek sebanyak 70%. Kegiatan perkuliahan meliputi pelatihan cara memilih topik, tujuan, pengembangan bahasan, pemilihan kata atau diksi, ungkapan yang tepat serta membangun kepercayaan didi. Penilaian Matakuliah ini meliputi: tugas terstruktur, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Pustaka

Utama :

  1. Bernd Kast. 2001. Fertigkeit Schreiben. Langenscheid
  2. Friedrich Mueller. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett
  3. Funk, Hermann, dkk. 2010. Studio D B1. Berlin: Cornelson Verlag.
  4. McKie, Robert. 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
  5. Mackensen, Lutz, 2007. Gutes Deutsch in Schrift und Rede. München: Langenscheidt.
  6. Robert McKie. 2013. Creative Writing. London:Cambridge

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami tentang konsep dasar berbicara di depan umum (Retorika).

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang definisi Retorika.
  2. Mahasiswa dapat mempraktekkan konsep dasar berbicara di depan umum.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

3%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar berbicara di depan umum (Retorika).

  1. Menjelaskan konsep dasar retorika
  2. Menjelaskan prinsip dasar retorika Aristoteles
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

3%

3

Minggu ke 3

Memahami dan menggunakan prinsip Einleitung dalam Vortrag.

  1. Mengidentifikasi dan menguasai Begruessung dan Thema dalam Vortrag.
  2. Mengidentifikasi cara membangun ketertarikan pendengar (Interesse der Hoerer zu wecken).
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

3%

4

Minggu ke 4

Memahami dan menggunakan prinsip Einleitung dalam Vortrag.

  1. Mengidentifikasi dan menguasai Begruessung dan Thema dalam Vortrag.
  2. Mengidentifikasi cara membangun ketertarikan pendengar (Interesse der Hoerer zu wecken).
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages

  1. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
  2. Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh, dalam
  3. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

3%

6

Minggu ke 6

Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages

  1. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
  2. Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh
  3. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

3%

7

Minggu ke 7

Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages

  1. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
  2. Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh
  3. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

3%

8

Minggu ke 8

Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages

  1. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Hauptteil des Vortrages
  2. Menggunakan cara menggambarkan dan menyebutkan struktur, penjelasan, contoh, dalam
  3. Memahami dan menggunakan cara menyampaikan Schluss des Vortrages
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

20%

9

Minggu ke 9

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
4 X 50

3%

10

Minggu ke 10

Memahami Vortrag informatif / argumentatif.

  1. Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang informatif dan argumentatif.
  2. Menyimak penjelasan tentang ciri pidato informatif.
  3. Mempresentasikan pidato informatif.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

4%

11

Minggu ke 11

Memahami Vortrag informatif/argumentatif

  1. Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang informatif dan argumentatif.
  2. Menjelaskan tentang ciri pidato informatif.
  3. Mempresentasikan pidato informatif.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memahami Vortrag persuasif

  1. Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang persuasif
  2. Menyimak penjelasan tentang ciri pidato persuasif
  3. Mempresentasikan pidato persuasif.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

5%

13

Minggu ke 13

Memahami Vortrag persuasif

  1. Menjelaskan ciri-ciri Vortrag persuasif
  2. Memahami penjelasan tentang ciri pidato persuasif
  3. Menyimak penjelasan tentang pidato persuasif
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

5%

14

Minggu ke 14

Memahami Vortrag rekreatif

  1. Menjelaskan ciri-ciri Vortrag yang rekreatif.
  2. Menyimak penjelasan tentang ciri pidato rekreatif.
  3. Mempresentasikan pidato rekreatif.
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

5%

15

Minggu ke 15

Memahami Vortrag rekreatif

  1. Menjelaskan ciri-ciri Vortrag rekreatif
  2. Memahami penjelasan tentang ciri pidato rekreatif
  3. Menyimak penjelasan tentang pidato rekreatif
Kriteria:

sehr gutgutbefriedigendausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
LecturingSmall Group DiscussionProblem Based Learning
4 X 50

5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
4 X 50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.