|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sosiolinguistik Indonesia-Daerah |
8811102226 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Titik Indarti, M.Pd.
|
Dr. Titik Indarti, M.Pd.
|
Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra. |
PLO-6 |
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; |
PLO-10 |
Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra |
PLO-11 |
Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif |
PLO-12 |
Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep sosiolinguistik dalam analisis variasi bahasa di berbagai daerah di Indonesia untuk memahami dinamika sosial yang mempengaruhinya (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis pengaruh faktor sosial terhadap pemilihan ragam bahasa di masyarakat multilingual dan multikultural di Indonesia (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi penggunaan bahasa dalam konteks sosial yang berbeda untuk mengidentifikasi dan memahami isu-isu sosiolinguistik yang relevan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan strategi pengajaran bahasa yang inovatif berdasarkan analisis sosiolinguistik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa dan sastra di daerah (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teori sosiolinguistik untuk mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan linguistik dan sosial masyarakat lokal (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis peran bahasa dalam pembentukan identitas sosial dan budaya di berbagai komunitas di Indonesia (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas kebijakan bahasa daerah dalam konteks multilingualisme dan sosiolinguistik (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metodologi penelitian yang inovatif untuk studi sosiolinguistik yang melibatkan komunitas bahasa daerah (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan pendekatan interdisiplin dalam analisis sosiolinguistik untuk memahami kompleksitas fenomena bahasa dan masyarakat (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dampak globalisasi terhadap perubahan linguistik dan sosial di daerah-daerah di Indonesia (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-12 | PO-1 | | | | ✔ | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | | ✔ | PO-5 | | | | | ✔ | ✔ | PO-6 | | | | ✔ | | | PO-7 | ✔ | | ✔ | | | | PO-8 | | ✔ | | | | ✔ | PO-9 | | | ✔ | ✔ | | | PO-10 | | | | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Sosiolinguistik Indonesia-Daerah pada jenjang S2 program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang hubungan antara bahasa dan masyarakat di Indonesia, khususnya dalam konteks daerah-daerah. Mata kuliah ini membahas berbagai aspek sosiolinguistik yang relevan dengan keberagaman bahasa dan budaya di Indonesia, termasuk analisis variasi bahasa, perubahan bahasa, serta faktor sosial dan politik yang memengaruhi penggunaan bahasa di tingkat daerah. Ruang lingkupnya mencakup studi tentang bahasa daerah, dialek, varietas bahasa, multilingualisme, revitalisasi bahasa daerah, dan isu-isu sosiolinguistik lainnya yang berkaitan dengan keberagaman bahasa di Indonesia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Basir, Udjang Pr. M. 2010. Sosiolinguistik, Pengantar Kajian Tindak Berbahasa: Edisi Revisi. Surabaya: Bintang Surabaya.
- Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC.
- Holmes, Janet. 2001. An Introduction to Sociolinguistics . Second Edition. British Library: Longman Group UK Limited.
- Coulmas, Florian. 1998. The Handbook of Sociolinguistics. Main Street, Malden USA; Swanston Street, Carlton-Victoria Australia.
- Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd. Dr. Ina Ika Pratita, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami sejarah perkembangan sosiolinguistikdi Indonesia |
Dapat menjelaskan sejarah perkembangan sosiolinguistik di Indonesia |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
Diskusi daring tentang variasi bahasa di daerah masing-masing
|
Materi: Teori sosiolinguistik, Variasi bahasa di Indonesia, Dinamika sosial dalam variasi bahasa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Hubungan keilmuan dalam sosiolinguistik |
Dapat menjelaskan Hubungan keilmuan dalam sosiolinguistik |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan ragam bahasa di masyarakat multilingual
|
Materi: Teori Sosiolinguistik, Faktor Sosial dalam Pemilihan Bahasa, Multilingualisme dan Multikulturalisme di Indonesia Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami adanya variasi bahasa dan kelas sosial di masyarakat |
Dapat menjelaskan variasi bahasa dan kelas sosial di masyarakat |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan ragam bahasa, Analisis kasus pemilihan ragam bahasa dalam masyarakat multilingual
|
Materi: Teori pemilihan ragam bahasa, Faktor sosial dalam pemilihan ragam bahasa, Studi kasus masyarakat multilingual dan multikultural di Indonesia Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami aspek hubungan antara bahasa dan usia |
Menjelaskan aspek hubungan antara bahasa dan usia |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan demonstrasi 2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan bahasa dalam konteks sosial yang berbeda
|
Materi: Teori sosiolinguistik, Analisis wacana, Studi kasus penggunaan bahasa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami adanya korelasional antara aspek bahasa dan Kebudayaan |
Menjelaskan korelasional antara aspek bahasa dan Kebudayaan |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan bahasa dalam masyarakat
|
Materi: Teori sosiolinguistik, Metode analisis sosiolinguistik, Studi kasus penggunaan bahasa dalam masyarakat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami konteks bahasa dan kedwibahasaan di masyarakat. |
Menjelaskan konteks bahasa dan kedwibahasaan di masyarakat |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa inovatif berdasarkan analisis sosiolinguistik
|
Materi: Teori Sosiolinguistik, Strategi Pengajaran Bahasa Inovatif, Analisis Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami adanya aspek Diglosia dan hirarki bahasa di masyarakat |
Menjelaskan aspek diglosia dan hirarki bahasa di masyarakat |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Tutorial dan tugas 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran inovatif berdasarkan analisis sosiolinguistik
|
Materi: Analisis sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa, Strategi inovatif dalam pengajaran bahasa, Efektivitas pembelajaran bahasa dan sastra di daerah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami sosiolinguistik dari aspek historis, objek kajian, sebagai interdisipliner, dan fakta sosial bahasa. |
UAS |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami adanya fakta variasi bahasa di masyarakat |
- Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat lokal
- Penerapan teori sosiolinguistik dalam pengembangan materi ajar
- Relevansi dan kebermanfaatan materi ajar
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
2 X 50 |
Penugasan proyek online
|
Materi: Teori sosiolinguistik, Analisis kebutuhan linguistik dan sosial masyarakat lokal, Pengembangan materi ajar yang sesuai Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami fakta dan proses alih kode dan campur kode |
- Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat lokal
- Penerapan teori sosiolinguistik dalam pengembangan materi ajar
- Relevansi dan kebermanfaatan materi ajar
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
2 X 50 |
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan masyarakat lokal, Pengembangan materi ajar berbasis teori sosiolinguistik
|
Materi: Teori Sosiolinguistik, Analisis Kebutuhan Masyarakat Lokal, Pengembangan Materi Ajar Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami proses Interferensi dan integrasi dalam bahasa |
- analisis peran bahasa dalam identitas sosial
- kemampuan mengidentifikasi budaya di komunitas Indonesia
- kemampuan menyusun argumen berdasarkan analisis bahasa
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus komunitas Indonesia
|
Materi: Teori identitas sosial, Teori identitas budaya, Studi kasus komunitas di Indonesia Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami kinesik dan simbol sebagai proses komunikas |
- Analisis kebijakan bahasa daerah
- Pemahaman multilingualisme
- Penerapan konsep sosiolinguistik
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus kebijakan bahasa daerah
|
Materi: Teori kebijakan bahasa, Multilingualisme, Sosiolinguistik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami bentuk sandi dalam bahasa Jawa dan Bali |
- Kemampuan merumuskan metodologi penelitian inovatif
- Kemampuan menerapkan metodologi penelitian dalam konteks sosiolinguistik daerah
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
2 X 50 |
Penugasan online memungkinkan, Penugasan online: Menyusun proposal metodologi penelitian inovatif untuk studi sosiolinguistik komunitas bahasa daerah
|
Materi: Pengenalan metodologi penelitian inovatif, Studi kasus sosiolinguistik komunitas bahasa daerah, Penerapan metodologi dalam penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami fakta pergeseran bahasa dan pemertahanannya |
- Kemampuan menerapkan konsep interdisiplin dalam analisis sosiolinguistik
- Kemampuan mengidentifikasi kompleksitas fenomena bahasa dan masyarakat
- Kemampuan menjelaskan hubungan antara bahasa dan masyarakat
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus sosiolinguistik
|
Materi: Konsep interdisiplin dalam sosiolinguistik, Metode analisis sosiolinguistik, Studi kasus tentang kompleksitas fenomena bahasa dan masyarakat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami aspek sikap dan pilihan bahasa dalam komunikasi |
- Kemampuan menganalisis dampak globalisasi
- Kemampuan mengidentifikasi perubahan linguistik dan sosial
- Kemampuan menyusun argumen berdasarkan analisis
|
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus perubahan linguistik dan sosial di daerah-daerah Indonesia
|
Materi: Teori sosiolinguistik, Globalisasi dan dampaknya, Perubahan linguistik dan sosial di Indonesia Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Tugas akhir makalah sosiolinguistik |
UAS |
Kriteria:
- 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
- 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
- 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian 2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC. |
15% |