Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiolinguistik Indonesia-Daerah

8811102226

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Titik Indarti, M.Pd.




Dr. Titik Indarti, M.Pd.




Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra.

PLO-6

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

PLO-10

Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra

PLO-11

Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif

PLO-12

Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep sosiolinguistik dalam analisis variasi bahasa di berbagai daerah di Indonesia untuk memahami dinamika sosial yang mempengaruhinya (C3)

PO - 2

Menganalisis pengaruh faktor sosial terhadap pemilihan ragam bahasa di masyarakat multilingual dan multikultural di Indonesia (C4)

PO - 3

Mengevaluasi penggunaan bahasa dalam konteks sosial yang berbeda untuk mengidentifikasi dan memahami isu-isu sosiolinguistik yang relevan (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi pengajaran bahasa yang inovatif berdasarkan analisis sosiolinguistik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa dan sastra di daerah (C6)

PO - 5

Menerapkan teori sosiolinguistik untuk mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan linguistik dan sosial masyarakat lokal (C3)

PO - 6

Menganalisis peran bahasa dalam pembentukan identitas sosial dan budaya di berbagai komunitas di Indonesia (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas kebijakan bahasa daerah dalam konteks multilingualisme dan sosiolinguistik (C5)

PO - 8

Menciptakan metodologi penelitian yang inovatif untuk studi sosiolinguistik yang melibatkan komunitas bahasa daerah (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan interdisiplin dalam analisis sosiolinguistik untuk memahami kompleksitas fenomena bahasa dan masyarakat (C3)

PO - 10

Menganalisis dampak globalisasi terhadap perubahan linguistik dan sosial di daerah-daerah di Indonesia (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7PLO-10PLO-11PLO-12
PO-1     
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6     
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Sosiolinguistik Indonesia-Daerah pada jenjang S2 program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang hubungan antara bahasa dan masyarakat di Indonesia, khususnya dalam konteks daerah-daerah. Mata kuliah ini membahas berbagai aspek sosiolinguistik yang relevan dengan keberagaman bahasa dan budaya di Indonesia, termasuk analisis variasi bahasa, perubahan bahasa, serta faktor sosial dan politik yang memengaruhi penggunaan bahasa di tingkat daerah. Ruang lingkupnya mencakup studi tentang bahasa daerah, dialek, varietas bahasa, multilingualisme, revitalisasi bahasa daerah, dan isu-isu sosiolinguistik lainnya yang berkaitan dengan keberagaman bahasa di Indonesia.

Pustaka

Utama :

  1. Basir, Udjang Pr. M. 2010. Sosiolinguistik, Pengantar Kajian Tindak Berbahasa: Edisi Revisi. Surabaya: Bintang Surabaya.

  2. Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC.

  3. Holmes, Janet. 2001. An Introduction to Sociolinguistics . Second Edition. British Library: Longman Group UK Limited.

  4. Coulmas, Florian. 1998. The Handbook of Sociolinguistics. Main Street, Malden USA; Swanston Street, Carlton-Victoria Australia.

  5. Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd.

Dr. Ina Ika Pratita, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami sejarah perkembangan sosiolinguistikdi Indonesia

Dapat menjelaskan sejarah perkembangan sosiolinguistik di Indonesia

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50
Diskusi daring tentang variasi bahasa di daerah masing-masing
Materi: Teori sosiolinguistik, Variasi bahasa di Indonesia, Dinamika sosial dalam variasi bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Memahami Hubungan keilmuan dalam sosiolinguistik

Dapat menjelaskan Hubungan keilmuan dalam sosiolinguistik

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan ragam bahasa di masyarakat multilingual
Materi: Teori Sosiolinguistik, Faktor Sosial dalam Pemilihan Bahasa, Multilingualisme dan Multikulturalisme di Indonesia
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Memahami adanya variasi bahasa dan kelas sosial di masyarakat

Dapat menjelaskan variasi bahasa dan kelas sosial di masyarakat

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus pemilihan ragam bahasa, Analisis kasus pemilihan ragam bahasa dalam masyarakat multilingual
Materi: Teori pemilihan ragam bahasa, Faktor sosial dalam pemilihan ragam bahasa, Studi kasus masyarakat multilingual dan multikultural di Indonesia
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Memahami aspek hubungan antara bahasa dan usia

Menjelaskan aspek hubungan antara bahasa dan usia

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah dan demonstrasi
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan bahasa dalam konteks sosial yang berbeda
Materi: Teori sosiolinguistik, Analisis wacana, Studi kasus penggunaan bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Memahami adanya korelasional antara aspek bahasa dan Kebudayaan

Menjelaskan korelasional antara aspek bahasa dan Kebudayaan

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus penggunaan bahasa dalam masyarakat
Materi: Teori sosiolinguistik, Metode analisis sosiolinguistik, Studi kasus penggunaan bahasa dalam masyarakat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Memahami konteks bahasa dan kedwibahasaan di masyarakat.

Menjelaskan konteks bahasa dan kedwibahasaan di masyarakat

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi dan diskusi
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran bahasa inovatif berdasarkan analisis sosiolinguistik
Materi: Teori Sosiolinguistik, Strategi Pengajaran Bahasa Inovatif, Analisis Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Memahami adanya aspek Diglosia dan hirarki bahasa di masyarakat

Menjelaskan aspek diglosia dan hirarki bahasa di masyarakat

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Tutorial dan tugas
2 X 50
Diskusi daring tentang penerapan strategi pengajaran inovatif berdasarkan analisis sosiolinguistik
Materi: Analisis sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa, Strategi inovatif dalam pengajaran bahasa, Efektivitas pembelajaran bahasa dan sastra di daerah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Memahami sosiolinguistik dari aspek historis, objek kajian, sebagai interdisipliner, dan fakta sosial bahasa.

UAS

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC.

15%

9

Minggu ke 9

Memahami adanya fakta variasi bahasa di masyarakat

  1. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat lokal
  2. Penerapan teori sosiolinguistik dalam pengembangan materi ajar
  3. Relevansi dan kebermanfaatan materi ajar
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

2 X 50
Penugasan proyek online
Materi: Teori sosiolinguistik, Analisis kebutuhan linguistik dan sosial masyarakat lokal, Pengembangan materi ajar yang sesuai
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Memahami fakta dan proses alih kode dan campur kode

  1. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat lokal
  2. Penerapan teori sosiolinguistik dalam pengembangan materi ajar
  3. Relevansi dan kebermanfaatan materi ajar
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

2 X 50
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan masyarakat lokal, Pengembangan materi ajar berbasis teori sosiolinguistik
Materi: Teori Sosiolinguistik, Analisis Kebutuhan Masyarakat Lokal, Pengembangan Materi Ajar
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Memahami proses Interferensi dan integrasi dalam bahasa

  1. analisis peran bahasa dalam identitas sosial
  2. kemampuan mengidentifikasi budaya di komunitas Indonesia
  3. kemampuan menyusun argumen berdasarkan analisis bahasa
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus komunitas Indonesia
Materi: Teori identitas sosial, Teori identitas budaya, Studi kasus komunitas di Indonesia
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Memahami kinesik dan simbol sebagai proses komunikas

  1. Analisis kebijakan bahasa daerah
  2. Pemahaman multilingualisme
  3. Penerapan konsep sosiolinguistik
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus kebijakan bahasa daerah
Materi: Teori kebijakan bahasa, Multilingualisme, Sosiolinguistik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Memahami bentuk sandi dalam bahasa Jawa dan Bali

  1. Kemampuan merumuskan metodologi penelitian inovatif
  2. Kemampuan menerapkan metodologi penelitian dalam konteks sosiolinguistik daerah
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

2 X 50
Penugasan online memungkinkan, Penugasan online: Menyusun proposal metodologi penelitian inovatif untuk studi sosiolinguistik komunitas bahasa daerah
Materi: Pengenalan metodologi penelitian inovatif, Studi kasus sosiolinguistik komunitas bahasa daerah, Penerapan metodologi dalam penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Memahami fakta pergeseran bahasa dan pemertahanannya

  1. Kemampuan menerapkan konsep interdisiplin dalam analisis sosiolinguistik
  2. Kemampuan mengidentifikasi kompleksitas fenomena bahasa dan masyarakat
  3. Kemampuan menjelaskan hubungan antara bahasa dan masyarakat
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus sosiolinguistik
Materi: Konsep interdisiplin dalam sosiolinguistik, Metode analisis sosiolinguistik, Studi kasus tentang kompleksitas fenomena bahasa dan masyarakat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Memahami aspek sikap dan pilihan bahasa dalam komunikasi

  1. Kemampuan menganalisis dampak globalisasi
  2. Kemampuan mengidentifikasi perubahan linguistik dan sosial
  3. Kemampuan menyusun argumen berdasarkan analisis
Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes

2 X 50
Diskusi daring tentang studi kasus perubahan linguistik dan sosial di daerah-daerah Indonesia
Materi: Teori sosiolinguistik, Globalisasi dan dampaknya, Perubahan linguistik dan sosial di Indonesia
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Tugas akhir makalah sosiolinguistik

UAS

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian
2 X 50

Materi: -
Pustaka: Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC.

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 8.76%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 56.27%
3. Penilaian Portofolio 23.77%
4. Tes 11.26%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.