Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sosiolinguistik Indonesia-Daerah

8811102226

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengkajian relasi produktif bahasa secara sosial untuk peningkatan keterampilan analisis bahasa dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa di sekolah dan masyarakat dengan memanfaatkan IPTEKS yang dilandasi sikap bertanggungjawab. Mata kuliah ini disajikan dengan sistem tugas, praktik, diskusi, presentasi, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. p>
  2. Basir, Udjang Pr. M. 2010. Sosiolinguistik, Pengantar Kajian Tindak Berbahasa: Edisi Revisi. Surabaya: Bintang Surabaya.

  3. Coupland, Nikolas and Adam Jaworski. 1997. Sociolinguistics, A Reader and Coursebook . New York: ST. Martin’s Press, INC.

  4. Holmes, Janet. 2001. An Introduction to Sociolinguistics . Second Edition. British Library: Longman Group UK Limited.

  5. Coulmas, Florian. 1998. The Handbook of Sociolinguistics. Main Street, Malden USA; Swanston Street, Carlton-Victoria Australia.

  6. Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Udjang Pairin, M.Pd.

Dr. Ina Ika Pratita, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami sejarah perkembangan sosiolinguistikdi Indonesia

Dapat menjelaskan sejarah perkembangan sosiolinguistik di Indonesia

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami Hubungan keilmuan dalam sosiolinguistik

Dapat menjelaskan Hubungan keilmuan dalam sosiolinguistik

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami adanya variasi bahasa dan kelas sosial di masyarakat

Dapat menjelaskan variasi bahasa dan kelas sosial di masyarakat

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami aspek hubungan antara bahasa dan usia

Menjelaskan aspek hubungan antara bahasa dan usia

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Ceramah dan demonstrasi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami adanya korelasional antara aspek bahasa dan Kebudayaan

Menjelaskan korelasional antara aspek bahasa dan Kebudayaan

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami konteks bahasa dan kedwibahasaan di masyarakat.

Menjelaskan konteks bahasa dan kedwibahasaan di masyarakat

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Presentasi dan diskusi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami adanya aspek Diglosia dan hirarki bahasa di masyarakat

Menjelaskan aspek diglosia dan hirarki bahasa di masyarakat

Kriteria:
  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)
Tutorial dan tugas
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Memahami sosiolinguistik dari aspek historis, objek kajian, sebagai interdisipliner, dan fakta sosial bahasa.

    Kriteria:
    1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
    2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
    3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami adanya fakta variasi bahasa di masyarakat

      Kriteria:
      1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
      2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
      3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

      2 X 50

      0%

      10

      Minggu ke 10

      Memahami fakta dan proses alih kode dan campur kode

        Kriteria:
        1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
        2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
        3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

        2 X 50

        0%

        11

        Minggu ke 11

        Memahami proses Interferensi dan integrasi dalam bahasa

          Kriteria:
          1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
          2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
          3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

          2 X 50

          0%

          12

          Minggu ke 12

          Memahami kinesik dan simbol sebagai proses komunikas

            Kriteria:
            1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
            2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
            3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

            2 X 50

            0%

            13

            Minggu ke 13

            Memahami bentuk sandi dalam bahasa Jawa dan Bali

              Kriteria:
              1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
              2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
              3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

              2 X 50

              0%

              14

              Minggu ke 14

              Memahami fakta pergeseran bahasa dan pemertahanannya

                Kriteria:
                1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
                2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
                3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

                2 X 50

                0%

                15

                Minggu ke 15

                Memahami aspek sikap dan pilihan bahasa dalam komunikasi

                  Kriteria:
                  1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
                  2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
                  3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

                  2 X 50

                  0%

                  16

                  Minggu ke 16

                  Tugas akhir makalah sosiolinguistik

                    Kriteria:
                    1. 1. Jawaban betul, alasan betul (90)
                    2. 2. Jawaban betul, alasan salah (60)
                    3. 3. Jawaban salah, alasan salah (30)

                    2 X 50

                    0%



                    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

                    No Evaluasi Persentase
                    0%

                    Catatan

                    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
                    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
                    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
                    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
                    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
                    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
                    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
                    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
                    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
                    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.