Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tari Jawa Timur Etnis Mataraman

8820902407

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

3 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu menguasai keterampilan dan pengetahuan tentang berbagai jenis tari (sebanyak empat materi tari) yang ada di wilayah Jawa Timur Mataraman (Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri)

Pustaka

Utama :

  1. Perkembangan Jaranan, Tesis, 2005, Sekolah Tinggi Surakarta.
  2. Koreografi Etnik, Dewan kesenian Jawa Timur.

Pendukung :

Dosen Pengampu

DJOKO TUTUKO

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendiskripsikan materi tari Jawa Timur Mataraman & dapat menjelaskan ruang lingkupnya

1. Mendiskripsikan Dan menjelaskan latar belakang tari Jawa Timur Mataraman secara umum ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) 2. Mendiskripsikan Dan menjelaskan ruang lingkup tari Jawa Timur Mataraman secara umum ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri) 3. Mendiskripsikan Dan menjelaskan materi tari Jawa Timur Mataraman ( Meliputi Pacitan, Ngawi, Madiun, Nganjuk dan Karisedenan Kediri)

Kriteria:

Menemukan hal-hal pokok isi dari masing-masing topik

Ceramah, tanya jawab
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi & menjelaskan keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman

1. Mengidentifikasi keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman Menjelaskan keragaman wilayah etnik kantong seni tari Jawa Timur Mataraman

Kriteria:

1. Menemukan hal-hal pokok isi dari masing-masing topik

Diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mengkaji sejarah & karakter gerak tari sesuai etnik.

1. Mengkaji sejarah tari sesuai etnik. 2. Mengkaji karakter gerak tari sesuai etnik.

Kriteria:

Membuat laporan Individu sesuai topik

Kooperatif
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari etnik (rias, busana & musik)

1. Pengetahuan & penguasaan elemen rias tari etnik 2. Pengetahuan & penguasaan elemen busana tari etnik 3. Pengetahuan & penguasaan elemen musik tari etnik

Kriteria:

Membuat laporan kelompok sesuai topik

Ceramah, Tanya Jwab
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Pengetahuan & penguasaan elemen-elemen tari etnik (rias, busana & musik)

1. Pengetahuan & penguasaan elemen rias tari etnik 2. Pengetahuan & penguasaan elemen busana tari etnik 3. Pengetahuan & penguasaan elemen musik tari etnik

Kriteria:

Membuat laporan kelompok sesuai topik

Ceramah, Tanya Jwab
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam masuk sampai ragam Junjungan, Singget Sembah. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Entrakan sampai ragam Lampah tiga maju mundur. 3. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Singget Junjungan sampai ragam lampah ½ putar gejug

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Ujian Tengah Semester

Pencapaian penyerapan Materi yang telah diberikan

Kriteria:

Masing masing item memiliko bobot penilaian serta praktek Wiraga, Wirasa, Wirama dan Harmoni.

Tes Praktek dan teori tentang Jawa Timur Mataraman
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Ogek Lambung sampai gareng kencikan. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan. 3. Mempraktekkan Tari Jawa Timur Mataraman (Wiraga, Wirama, Wirasa) Lumaksana putar sampai lembehan asta

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Ogek Lambung sampai gareng kencikan. 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dari ragam Lembehan lompat tranjal sampai Singget Junjungan. 3. Mempraktekkan Tari Jawa Timur Mataraman (Wiraga, Wirama, Wirasa) Lumaksana putar sampai lembehan asta

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan.
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan.
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan.
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan.
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa)

1. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) dimulai dari Tiban Pecutan sampai tendangan lumaksana 2. Mempraktekkan Tari Turangga Yaksa (Wiraga, Wirama, Wirasa) Jalan Lembehan sampai Junjungan jalan samping bergantian masuk

Kriteria:
  1. 1. Wiraga
  2. 2. Wirama
  3. 3. Wirasa
Observasi video hasil download, demontrasi, peragaan.
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.