|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar-Dasar Bimb.& Konseling |
8620102048 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
14 Mei 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Denok Setiawati, M.Pd., Kons.
|
Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.
|
Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai konsep pendidikan, psikologi, dan penelitian untuk melandasi pelayanan bimbingan dan konseling |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memperjelas posisi BK di antara tiga bidang yang lain yakni administrasi dan supervise, pembelajaran dan Bantuan/Bimbingan serta menyelesaikan permasalahan siswa yang melibatkan 3 bidang yang ada
|
PO - 2 |
Mahasiswa menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling dan sejarah BK
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan untuk merumuskan jenis layanan dalam bimbingan dan konseling komprehensif yang sesuai
|
PO - 4 |
Memiliki kemampuan untuk melaksanakan layanan dasar; responsive, perencanaan individual dan dukungan sistem
|
PO - 5 |
Mahasiswa merumuskan langkah-langkah penyelenggaraan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan system berdasarkan kkebutuhan di lapangan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta berbagai layanan BK, hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning dengan strategi case study. Penilaian dilakukan dengan cara tes tulis. Penilaian dilakukan dengan baik melalui penilaian partisipatif, produk maupun portofolio berdasarkan kajian kasus yang berhubungan dengan materi dengan menggunakan rubrik penilaian. Matakuliah ini membahas tentang:
1. Konsep dasar bimbingan dan konseling
2. Pengertian bimbingan dan konseling
3. Sejarah bimbingan dan konseling
4. Landasan bimbingan dan konseling
5. Prinsip bimbingan dan konseling
6. Tujuan bimbingan dan konseling
7. Asas-asas bimbingan dan konseling
8. Pola/ Jenis layanan BK
9. Hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company.
- Prayitno. 2022. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA.
- Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation.
- Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
|
Pendukung : |
|
- Setiawati, D. 2021. Guidance and Counseling Services to Improve Student Resilience. Atlantis.
- Setiawati, D dan Winingsih, E. 2020. Bimbingan dan Konseling Karier. Surabaya: CV. Bayu Mandiri
- Setiawati, D., , Wiyono, B.B.,Hidayah, N. Atmoko, A., and Setiyowati, A. 2021. Group guidance based on Javanese character with merchant morals to improve student resilience. PEGEM Journal Of Education and Instrution.
- Setiawati, Denok. 2023. Group Guidance Guide with Surabaya Cultural Values for Students. Atlantis.
- Setiawati, D., Winingsih, E., Naqiyah, N., dan Widya, S.W. 2024. Perencanaan Karier. Pamekasan : Alifba Media
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons. Dr. Denok Setiawati, M.Pd., Kons. Dr. Wiryo Nuryono, S.Pd., M.Pd. Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memperjelas posisi BK di antara tiga bidang yang lain yakni administrasi dan supervise, pembelajaran dan Bantuan/Bimbingan |
- Mahasiswa menjelaskan hakikat pendidikan
- Mahasiswa menjelaskan posisi BK dalam pendidikan
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah, Membuat PPT
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan posisi BK diantara bidang yang ada dalam pendidikan 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Pengantar Dasar-Dasar BK Pustaka: Setiawati, D. 2021. Guidance and Counseling Services to Improve Student Resilience. Atlantis. Materi: Hakikat BK Pustaka: Prayitno. 2022. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memperjelas posisi BK di antara tiga bidang yang lain yakni administrasi dan supervise, pembelajaran dan Bantuan/Bimbingan |
- Mahasiswa menjelaskan hakikat pendidikan
- Mahasiswa menjelaskan posisi BK dalam pendidikan
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah, Membuat PPT
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan posisi BK diantara bidang yang ada dalam pendidikan 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: BK Karier Pustaka: Setiawati, D dan Winingsih, E. 2020. Bimbingan dan Konseling Karier. Surabaya: CV. Bayu Mandiri |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat memutuskan jenis kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian bimbingan dan konseling
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi, prinsip bimbingan dan konseling yang utama
- Mahasiswa dapat menjelaskan asas BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan landasan BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah BK
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah, Membuat PPT
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan tentang pengertian, fungsi, prinsip, asas, landasan, sejarah bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
SIDIA) 2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: BK Kelompok Pustaka: Setiawati, D., , Wiyono, B.B.,Hidayah, N. Atmoko, A., and Setiyowati, A. 2021. Group guidance based on Javanese character with merchant morals to improve student resilience. PEGEM Journal Of Education and Instrution. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat memutuskan jenis kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian bimbingan dan konseling
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi, prinsip bimbingan dan konseling yang utama
- Mahasiswa dapat menjelaskan asas BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan landasan BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah BK
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah, Membuat PPT
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan tentang pengertian, fungsi, prinsip, asas, landasan, sejarah bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
SIDIA) 2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Dasar BK Pustaka: Setiawati, Denok. 2023. Group Guidance Guide with Surabaya Cultural Values for Students. Atlantis. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat memutuskan jenis kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian bimbingan dan konseling
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi, prinsip bimbingan dan konseling yang utama
- Mahasiswa dapat menjelaskan asas BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan landasan BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah BK
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah, Membuat PPT
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan tentang pengertian, fungsi, prinsip, asas, landasan, sejarah bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
SIDIA) 2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Pelatihan Konseling Karier Pustaka: Setiawati, D., Purwoko, B., Nursalim, M., Pratiwi, T.I. 2019. September 2019. Pelatihan Konseling Karier Cognitive Information Processing (CIP) Bagi Guru BK SMP Kota Mojokerto. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik) 3(1):35.DOI:10.26740/bikotetik.v3n1.p35-39 |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat memutuskan jenis kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian bimbingan dan konseling
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi, prinsip bimbingan dan konseling yang utama
- Mahasiswa dapat menjelaskan asas BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan landasan BK
- Mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah BK
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah, Membuat PPT
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan tentang pengertian, fungsi, prinsip, asas, landasan, sejarah bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
SIDIA) 2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Pengantar Dasar BK Pustaka: Setiawati, D. 2021. Guidance and Counseling Services to Improve Student Resilience. Atlantis. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat membandingkan antara bimbingan dan konseling |
- Mahasiswa dapat membedakan antara bimbingan dan konseling
- Mahasiswa dapat dalam menjabarkan aspek-aspek pembeda
|
Kriteria:
- Rubrik
- Bentuk non-test & tes: Menyusun matrik perbandingan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning
Menyusun ringkasan 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Pengertian BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Prinsip dan Asas BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengenalan Fungsi BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Pengantar dan pengenalan landasan BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: BK Karier Pustaka: Setiawati, D dan Winingsih, E. 2020. Bimbingan dan Konseling Karier. Surabaya: CV. Bayu Mandiri |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
mahasiswa mengerjakan tugas dan soal ujian dengan baik |
Kriteria:
- Diseri skor 4 bila jawaban benarNilai = (Total skor: 20) x 100
- Diberi skor 3 bila jawaban cukup benar
- Diberi skor 2 bila jawaban banyak salahnya
- Diberi skor 1 bila jawaban salah
- Diberi skor 0 bila tidak mengerjakan
- Nilai = (Total skor: 20) x 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UTS 2 X 50 |
UTS 2 X 50 |
Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Developmental Guidance and Counseling Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa membedakan BK Komprehensif dan BK Pola 17 Plus |
- Mahasiswa dapat menjelaskan layanan pokok dan kegiatan pendukung dalam BK Pola 17 Plus
- Mahasiswa dapat menjelaskan BK Komprehensif; Komponen, strategi layanan
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan tentang pengertian, fungsi, prinsip, asas, landasan, sejarah bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: Pedoman BK Pustaka: Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa membedakan BK Komprehensif dan BK Pola 17 Plus |
- Mahasiswa dapat menjelaskan layanan pokok dan kegiatan pendukung dalam BK Pola 17 Plus
- Mahasiswa dapat menjelaskan BK Komprehensif; Komponen, strategi layanan
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun ringkasan tentang pengertian, fungsi, prinsip, asas, landasan, sejarah bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: Pedoman BK Pustaka: Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa membedakan BK Komprehensif dan BK Pola 17 Plus |
- Mahasiswa dapat menjelaskan layanan pokok dan kegiatan pendukung dalam BK Pola 17 Plus
- Mahasiswa dapat menjelaskan BK Komprehensif; Komponen, strategi layanan
|
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning
Menyusun PPT tentang manfaat dan karakteristik program bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Problem based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: Pedoman BK Pustaka: Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa merumuskan langkah-langkah penyelenggaraan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan system berdasarkan kkebutuhan di lapangan |
Mahasiswa membuat alur layanan, langkah langkah layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam bentuk flyer/ PPT Interaktif/ Video |
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning
Menyusun RPL bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Project based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Pengenalan BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Landasan, Asas dan Aturan BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengantar BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: Pengantar Dasar BK Pustaka: Setiawati, D. 2021. Guidance and Counseling Services to Improve Student Resilience. Atlantis. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa merumuskan langkah-langkah penyelenggaraan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan system berdasarkan kkebutuhan di lapangan |
Mahasiswa membuat alur layanan, langkah langkah layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam bentuk flyer/ PPT Interaktif/ Video |
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning
Menyusun RPL bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Project based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Pengenalan BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Landasan, Asas dan Aturan BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengantar BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: BK Karier Pustaka: Setiawati, D dan Winingsih, E. 2020. Bimbingan dan Konseling Karier. Surabaya: CV. Bayu Mandiri |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa merumuskan langkah-langkah penyelenggaraan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan system berdasarkan kkebutuhan di lapangan |
Mahasiswa membuat alur layanan, langkah langkah layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam bentuk flyer/ PPT Interaktif/ Video |
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning
Menyusun RPL bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Project based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Pengenalan BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Landasan, Asas dan Aturan BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengantar BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: BK Kelompok Pustaka: Setiawati, D., , Wiyono, B.B.,Hidayah, N. Atmoko, A., and Setiyowati, A. 2021. Group guidance based on Javanese character with merchant morals to improve student resilience. PEGEM Journal Of Education and Instrution. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa merumuskan langkah-langkah penyelenggaraan layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual dan dukungan system berdasarkan kkebutuhan di lapangan |
Mahasiswa membuat alur layanan, langkah langkah layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam bentuk flyer/ PPT Interaktif/ Video |
Kriteria:
- Pedoman Penskoran
- Bentuk non-test: Instrumen evaluasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Project based learning
Menyusun RPL bimbingan dan konseling 2 X 50 |
Project based online learning (eLearning:
VINESA) 2 X 50 |
Materi: Pengenalan BK Pustaka: Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK . Surabaya: Unesa University Press. Materi: Landasan, Asas dan Aturan BK Pustaka: Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Rambu-rambu Pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Kemendikbud. Materi: Pengantar BK Pustaka: Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance . New York: Macmillan Publishing Company. Materi: Dasar - Dasar BK Pustaka: Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika ADITAMA. Materi: Perkembangan BK Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. Materi: Developmental Guidance and Counseling Pustaka: Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach . USA: Educational Media Corporation. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS : mahasiswa dapat menyusun langkah-langkah penyelenggaraan layanan |
Mengerjakan tugas dengan baik |
Kriteria:
- Diseri skor 4 bila jawaban benar
- Diberi skor 3 bila jawaban cukup benar
- Diberi skor 2 bila jawaban banyak salahnya
- Diberi skor 1 bila jawaban salah
- Diberi skor 0 bila tidak mengerjakan
- Nilai = (Total skor: 20) x 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS 2 X 50 |
Materi: BK untuk peningkatan pemahaman dan potensi individu Pustaka: Setiawati, D. 2021. Guidance and Counseling Services to Improve Student Resilience. Atlantis. Materi: Pedoman BK Pustaka: Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud. |
30% |