|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan dalam Pendidikan Sains (Science Edu-Preneurship) |
8410102241 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan. |
PLO-7 |
Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu berkreasi dalam pemanfaatan pengetahuan yang dimilikinya melalui riset ilmiah yang mempertimbangkan etika secara berkelanjutan
|
PO - 2 |
Menginspirasi produktivitas masyarakat sebagai hasil pengembangan konsep sains edupreneurship untuk mewujudkan masyarakat madiri
|
PO - 3 |
Mampu menguasai konsep sains edupreneurship dan berinovasi dengan memanfaatkan kearifan lokal dalam bidang sains dan pendidikan sains
|
PO - 4 |
Mendesain, menciptakan dan mengkomunikasikan ide kreatif dan inovatif dalam penerapan ilmu IPA untuk mengembangkan produk-produk barang dan jasa
|
PO - 5 |
Menciptakan produk-produk sains edupreneurship sesuai budaya dan karakter Bangsa Indonesia seiring perkembangan teknologi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membelajarkan konsepsi kewirausahaan, pribadi pengusaha muda, sikap mental
bisnis wirausahawan sukses, motivasi wirausahawan sukses, kreativitas dan inovasi wirausaha
IPA ramah lingkungan, mengenali peluang dan pilihan wirausaha, perencanaan dan operasional
wirausaha, pengelolaan keuangan wirausaha, strategi pemasaran yang disajikan dalam bentuk
diskusi dan penemuan terbimbing, kajian artikel, pencermatan aktivitas wirausaha sukses di
masyarakat dan pratik merencanakan sebuah kegiatan wirausaha secara offline dan/atau online. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dyanasari & Asnah. 2018.Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Deepublish
- Hidayat, Rachmat.2019.Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Yogyakarta: Deepublish
- Kasal Rhenald. 2010. Wirausaha Muda Mandiri.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Isnawati, M.Si. Dr. Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan pengertian wirausaha dan contoh-contohnya |
- Mendeskripsikan pengertian wirausaha menurut beberapa ahli (Josep Schumpeter, Zimmerer, Effendy, Raymond, Kasmir, Peter F Drucker, Kathleen, Stein dan John F. Burgess, Ahmad Sanusi)
- Mengidentifikasi karakteristik wirausaha
|
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
luring
|
PjBL
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mengemukakan ide pribadi dan sikap mental pengusaha sukses |
- Merumuskan pribadi pengusaha muda sukses
- Merumuskan sikap mental pengusaha muda sukses
|
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
kajian kasus
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mengemukakan ide memupuk motivasi berwirausaha |
Mengemukakan ide memupuk motivasi berwirausaha |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam wirausaha |
- Mendeskripsikan berbagai bentuk kerjasama dalam wirausaha (Merger. Joint Venture.Konsolidasi. Waralaba)
- Menganalisis kelemahan dan kekuatan bentuk bentuk kerjasama dalam wirausaha
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
diskusi kasus/fenomena
|
|
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentifikasi pihak-pihak terlibat kerjasama |
Merumuskan karakteristik pihak yang sesuai untuk bekerjasama dalam wirausaha |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Penugasan case study identifikasi pihak-pihak yang terlibat kerjasama dengan bahan sudah terunggah di SiDia
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang strategi sukses bekerjasama |
Menginventarisasi strategi-strategi supaya sukses bekerjasma |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi dan penugasan literasi merancang strategi kerja sama
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi bentuk bentuk wirausaha di bidang IPA ramah lingkungan |
- Mendeskripsikan karakteristik wirausaha bidang IPA yang ramah lingkungan
- Menginventarisasi bentuk-bentuk wirausaha bidang IPA ramah lingkungan
|
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi dan Penemuan terbimbing
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
sub CPMK pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-7 |
semua indikator pada pertemuan ke-1 sampai ke-7 |
Kriteria:
35 Bentuk Penilaian : Tes |
|
secara online di SiDia
|
|
35% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha bidang IPA |
Merumuskan factor faktor pendukung keberhasilan wirausaha di bidang IPA |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
penugasan
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi bentuk wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat luas |
Menginventarisasi bentuk wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat luas |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi Penemuan terbimbing via ruang virtual (GM/ GC/Zoom)
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang ide kreatif promosi/pemasara n produk barang dan jasa di bidang IPA |
Merancang ide kreatif cara promosi/pemasaran produk wirausaha berupa barang |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi dan presentasi via ruang virtual Referensi nomor 1
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis berbagai bentuk ide promosi/pemasara n produk barang DAN JASA DIBIDANG IPA |
Menentukan kelebihan dan kekurangan berbagai bentuk promosi/pemasaran produk wirausaha barang |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
Diskusi Penemuan terbimbing via ruang virtual
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi strategi promosi/pemasara n yang tepat terkait produk barang dan jasa tertentu di bidang IPA |
Memilih satu bentuk promosi/pemasaran yang sesuai untuk produk wirausaha berupa barang |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi & presentasi via ruang virtual
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang kegiatan wirausaha di bidang produk IPA dan jasa pendidikan yang diperlukan masyarakat luas |
Menampilkan suatu rancangan kegiatan wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
penugasan via GC
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Membuat produk wirausaha di bidang IPA dan jasa pendidikan yang diperlukan masyarakat |
Menampilkan suatu produk wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat |
Kriteria:
sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
penugasan
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
MELAKSANAKAN UJIAN AKHIR SEMESTER |
semua indikator pada pertemuan ke-9 sampai ke-15 |
Bentuk Penilaian : Tes |
|
TES ONLINE
|
|
0% |