Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan dalam Pendidikan Sains (Science Edu-Preneurship)

8410102241

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu berkreasi dalam pemanfaatan pengetahuan yang dimilikinya melalui riset ilmiah yang mempertimbangkan etika secara berkelanjutan

PO - 2

Menginspirasi produktivitas masyarakat sebagai hasil pengembangan konsep sains edupreneurship untuk mewujudkan masyarakat madiri

PO - 3

Mampu menguasai konsep sains edupreneurship dan berinovasi dengan memanfaatkan kearifan lokal dalam bidang sains dan pendidikan sains

PO - 4

Mendesain, menciptakan dan mengkomunikasikan ide kreatif dan inovatif dalam penerapan ilmu IPA untuk mengembangkan produk-produk barang dan jasa

PO - 5

Menciptakan produk-produk sains edupreneurship sesuai budaya dan karakter Bangsa Indonesia seiring perkembangan teknologi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membelajarkan konsepsi kewirausahaan, pribadi pengusaha muda, sikap mental bisnis wirausahawan sukses, motivasi wirausahawan sukses, kreativitas dan inovasi wirausaha IPA ramah lingkungan, mengenali peluang dan pilihan wirausaha, perencanaan dan operasional wirausaha, pengelolaan keuangan wirausaha, strategi pemasaran yang disajikan dalam bentuk diskusi dan penemuan terbimbing, kajian artikel, pencermatan aktivitas wirausaha sukses di masyarakat dan pratik merencanakan sebuah kegiatan wirausaha secara offline dan/atau online.

Pustaka

Utama :

  1. Dyanasari & Asnah. 2018.Manajemen Usaha Kecil dan Kewirausahaan. Yogyakarta: Deepublish
  2. Hidayat, Rachmat.2019.Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Yogyakarta: Deepublish
  3. Kasal Rhenald. 2010. Wirausaha Muda Mandiri.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Isnawati, M.Si.

Dr. Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan pengertian wirausaha dan contoh-contohnya

  1. Mendeskripsikan pengertian wirausaha menurut beberapa ahli (Josep Schumpeter, Zimmerer, Effendy, Raymond, Kasmir, Peter F Drucker, Kathleen, Stein dan John F. Burgess, Ahmad Sanusi)
  2. Mengidentifikasi karakteristik wirausaha
Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
luring
PjBL
0%

2

Minggu ke 2

Mengemukakan ide pribadi dan sikap mental pengusaha sukses

  1. Merumuskan pribadi pengusaha muda sukses
  2. Merumuskan sikap mental pengusaha muda sukses
Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

kajian kasus
0%

3

Minggu ke 3

Mengemukakan ide memupuk motivasi berwirausaha

Mengemukakan ide memupuk motivasi berwirausaha


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Diskusi
0%

4

Minggu ke 4

Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam wirausaha

  1. Mendeskripsikan berbagai bentuk kerjasama dalam wirausaha (Merger. Joint Venture.Konsolidasi. Waralaba)
  2. Menganalisis kelemahan dan kekuatan bentuk bentuk kerjasama dalam wirausaha

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

diskusi kasus/fenomena
10%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi pihak-pihak terlibat kerjasama

Merumuskan karakteristik pihak yang sesuai untuk bekerjasama dalam wirausaha

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Penugasan case study identifikasi pihak-pihak yang terlibat kerjasama dengan bahan sudah terunggah di SiDia
0%

6

Minggu ke 6

Merancang strategi sukses bekerjasama

Menginventarisasi strategi-strategi supaya sukses bekerjasma

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi dan penugasan literasi merancang strategi kerja sama
0%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi bentuk bentuk wirausaha di bidang IPA ramah lingkungan

  1. Mendeskripsikan karakteristik wirausaha bidang IPA yang ramah lingkungan
  2. Menginventarisasi bentuk-bentuk wirausaha bidang IPA ramah lingkungan
Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi dan Penemuan terbimbing
0%

8

Minggu ke 8

sub CPMK pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-7

semua indikator pada pertemuan ke-1 sampai ke-7

Kriteria:

35


Bentuk Penilaian :
Tes

secara online di SiDia
35%

9

Minggu ke 9

Menganalisis faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha bidang IPA

Merumuskan factor faktor pendukung keberhasilan wirausaha di bidang IPA

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

penugasan
0%

10

Minggu ke 10

Mengevaluasi bentuk wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat luas

Menginventarisasi bentuk wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat luas

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi Penemuan terbimbing via ruang virtual (GM/ GC/Zoom)
0%

11

Minggu ke 11

Merancang ide kreatif promosi/pemasara n produk barang dan jasa di bidang IPA

Merancang ide kreatif cara promosi/pemasaran produk wirausaha berupa barang

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi dan presentasi via ruang virtual Referensi nomor 1
10%

12

Minggu ke 12

Menganalisis berbagai bentuk ide promosi/pemasara n produk barang DAN JASA DIBIDANG IPA

Menentukan kelebihan dan kekurangan berbagai bentuk promosi/pemasaran produk wirausaha barang

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

Diskusi Penemuan terbimbing via ruang virtual
0%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi strategi promosi/pemasara n yang tepat terkait produk barang dan jasa tertentu di bidang IPA

Memilih satu bentuk promosi/pemasaran yang sesuai untuk produk wirausaha berupa barang

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi & presentasi via ruang virtual
0%

14

Minggu ke 14

Merancang kegiatan wirausaha di bidang produk IPA dan jasa pendidikan yang diperlukan masyarakat luas

Menampilkan suatu rancangan kegiatan wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

penugasan via GC
10%

15

Minggu ke 15

Membuat produk wirausaha di bidang IPA dan jasa pendidikan yang diperlukan masyarakat

Menampilkan suatu produk wirausaha di bidang IPA yang diperlukan masyarakat

Kriteria:

sesuai dengan rubrik yang telah dikembangkan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

penugasan
10%

16

Minggu ke 16

MELAKSANAKAN UJIAN AKHIR SEMESTER

semua indikator pada pertemuan ke-9 sampai ke-15


Bentuk Penilaian :
Tes

TES ONLINE
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
3. Tes 35%
75%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.