Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Managemen Retail

8721103018

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Secara umum, kuliah manajemen retail ini memiliki beberapa materi yang dapat dijadikan sebagai inti/core perkuliahan. Materi-materi tersebut antara lain berupa materi yang berhubungan dengan pengetahuan umum tentang bisnis retail/eceran, strategi dalam bisnis retail, manajemen toko dan manajemen pembelian barang dagang sederhana. Sebagai pelengkap dan tambahan diberikan pula materi dasar tentang supply chain management dan manajemen hubungan pelanggan. Pembahasan kasus juga dilakukan dalam perkuliahan ini, mengingat sifat perkuliahan yang lebih pada applied science.

Pustaka

Utama :

  1. Retailing Management (5th edition). Michael Levy dan Barton A. Weitz McGraw &ndash Hill Irwin
  2. Manajemen Ritel ( strategi implementasi ritel modern) Christina Whidya Utama
  3. Manajemen Bisnis Ritel Dr. Sopiah,MM,M.Pd. Syihabudin,SE,M.Si.EPTS A

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Renny Dwijayanti, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami perngertian tentang bisnis retail/ eceran

Pengertian bisnis retail/eceran Trend dan kecenderungan yang timbul dalam industri retail Fungsi Ritel Karakteristik dasar retail Kesempatan yang timbul dalam bisnis retail Proses keputusan dalam manajemen retail

Kriteria:
  1. Jika menjawab benar semua nilai total 100 (3 soal)
  2. Soal no. 1 25
  3. Soal no. 2 25
  4. Soal no. 3 40
diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mendefisnisikan dan menguraikan Perilaku belanja pelanggan dalan bisnis retail

Jenis-jenis keputusan belanja Proses belanja pelanggan Faktor yang mempengaruhi keputusan belanja

Kriteria:
  1. Jika menjawab benar semua nilai total 100 (5 soal)
  2. Soal no. 1 15
  3. Soal no. 2 20
  4. Soal no. 3 30
  5. Soal no. 4 35
diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menguraikan klasifikasi bisnis ritel dan menganalisis Cara efektif meningkatkan penjualan

Klasifikasi bisnis retail Jenis-jenis bisnis retail Klasifikasi retailing In-store retailing vs non store-retailing

Kriteria:
  1. Mengumpulkan tepat waktu dan sesuai dengan indikator nilai 100
  2. Mengumpulkan tidak tepat waktu sesuai indikator nilai 75
  3. Mengumpulkan dan tidak sesuai indikator nilai 50
  4. Tidak mengumpulkan nilai 0
diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menganalisis dan menyimpulkan strategi pemasaran ritel yang efektif dan efisien

Pengenalan strategi bisnis retail/eceran Pengembangan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage) Proses perencanaan strategis bisnis retail / eceran

Kriteria:
  1. Jika menjawab benar semua nilai total 100 (3 soal)
  2. Soal no. 1 25
  3. Soal no. 2 35
  4. Soal no. 3 40
diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6

Menguraikan dan menyimpulkan Meraih keunggulan kompetitif dari manjemen sumber daya manusia dan Mengembangkan kebijakan sumber daya manusia dalam ritel

Meraih keunggulan kompetitif dari manjemen sumber daya manusia Persoalan sumber daya manusia internasional Kecendrungan dalam manajemen sumber daya manusia Mengembangkan kebijakan sumber daya manusia

Kriteria:
  1. Mengumpulkan tepat waktu dan sesuai dengan indikator nilai 100
  2. Mengumpulkan tidak tepat waktu sesuai indikator nilai 75
  3. Mengumpulkan dan tidak sesuai indikator nilai 50
  4. Tidak mengumpulkan nilai 0
diskusi dan refleksi
6 X 50

0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9

menguraikan Metode operasi ritel dan menganalisis metode yang efektif dan efisien

Ritel Dalam Bentuk Toko Ritel Dalam Bentuk Bukan Toko Ritel Waralaba

diskusi dan refleksi
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

menguraikan dan menganalisis keunggulan strategi yang diperoleh melalui manajemen rantai pasokan dan sistem pengiriman respons yang cepat

1. keunggulan strategi yang diperoleh melalui manajemen rantai pasokan 2. arus informasi dalam retail 3. arus barang dagangan secara fisik logistic sistem pengiriman respons yang cepat


3 X 50

0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.