Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Stilistika

7920602252

T=0

P=0

ECTS=0

2

2 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Agus Ridwan




Dyah Woroharsi




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu menguasai konsep teoretis linguistik sehingga mampu memecahkan masalah linguistik secara prosedural melalui pendekatan ilmiah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami batasan dan konsep stilistika, ruang lingkup stilistika, dan kegunaaan stilistika

PO - 2

Mahasiswa dapat memahami ragam dan aplikasi stilistika dalam karya sastra dan bahasa sehari-hari

PO - 3

Mahasiswa dapat menerapkan aneka ragam jenis stilistika dalam menulis karya tulis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar stilistika, ruang lingkup kajiannya, jenis-jenisnya, objek kajiannya serta ruang lingkup kajiannya dan dapat menerapkannya dalam teks-teks sastra ataupun teks-teks non-sastra bahasa Jerman.

Pustaka

Utama :

  1. Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Ridwan, Agus. 2014. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
  3. Sudjiman, Panuti. 1993. Bunga Rampai Stilistika. Jakarta: Grafiti.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. phil. Agus Ridwan, S.Pd., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar stilistika, ruang lingkup kajiannya, jenis-jenisnya, objek kajiannya serta ruang lingkup kajiannya

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar stilistika, ruang lingkup kajiannya, jenis-jenisnya, objek kajiannya serta ruang lingkup kajiannya

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: batasan dan konsep stilistika, ruang lingkup stilistika, dan kegunaaan stilistika
Pustaka: Ridwan, Agus. 2014. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
8%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar stilistika bunyi dan jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami onomatope, simbolik bunyi, ritme, intonasi kalimat dan pelafalan khusus.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: onomatope, simbolik bunyi, ritme, intonasi kalimat dan pelafalan khusus.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
7%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar stilistika grafem dan jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, Gedankepunkte, Gedankestrich.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, Gedankepunkte, Gedankestrich.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat memahami stilistika leksikal yang terkait dengan pilihan kata beserta jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami pilihan kata berdasarkan berdasarkan waktu, tempat dan faktor sosial.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: pilihan kata berdasarkan berdasarkan waktu, tempat dan faktor sosial.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat memahami stilistika leksikal yang terkait dengan pilihan kata beserta jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami kata pinjaman dan kata asing, denotatif dan konotatif.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: kata pinjaman dan kata asing, denotatif dan konotatif.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
7%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memahami stilistika leksikal yang terkait dengan pilihan kata beserta jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami penanda kata secara pragmatis, sinonim dan antonim.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: penanda kata secara pragmatis, sinonim dan antonim.
Pustaka: Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat memahami stilistika leksikal yang terkait dengan pembentukan kata beserta jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami komposita.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: komposita.
Pustaka: Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
7%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat memahami stilistika leksikal yang terkait dengan pembentukan kata beserta jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami derivasi dan transposisi.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tes tulis
2x50

Materi: derivasi dan transposisi.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
8%

9

Minggu ke 9

UTS

UTS

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Tes
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: UTS
Pustaka: Sudjiman, Panuti. 1993. Bunga Rampai Stilistika. Jakarta: Grafiti.
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat memahami fraseologi dan jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami penambahan idiomatis verbal, penambahan komplemen verba fungsional, dan konstruksi preposisi idomatis.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: penambahan idiomatis verbal, penambahan komplemen verba fungsional, dan konstruksi preposisi idomatis.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
7%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat memahami fraseologi dan jenis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami konstruksi perbandingan, pasangan kata sejenis, peribahasa, kata-kata mutiara.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: konstruksi perbandingan, pasangan kata sejenis, peribahasa, kata-kata mutiara.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat memahami stilistika sintaksis yang terkait dengan panjang pendek kalimat beserta jernis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami kalimat pendek, kalimat netral dan kalimat panjang.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: kalimat pendek, kalimat netral dan kalimat panjang.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
8%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat memahami stilistika sintaksis yang terkait dengan jenis-jenis kalimat beserta jernis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami kalimat deklaratif, kalimat pertanyaan, kalimat perminataan, kalimat harapan, kalimat seruan dan kalimat elipsis.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: kalimat deklaratif, kalimat pertanyaan, kalimat perminataan, kalimat harapan, kalimat seruan dan kalimat elipsis.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat memahami tropen yang terkait dengan penyimpangan substitusi dan pelesapan beserta jernis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami parafrase, transformasi, elipsis, aposiopesis, dan zeugma.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: parafrase, transformasi, elipsis, aposiopesis, dan zeugma.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat memahami tropen yang terkait dengan perubahan pola urutan dan penambahan beserta jernis-jenisnya.

Mahasiswa dapat memahami inversi, perubahan pola urutan unsur kalimat, repetisi, antitesis, intesitas dan epitet.

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah dan diskusi
2x50

Materi: inversi, perubahan pola urutan unsur kalimat, repetisi, antitesis, intesitas dan epitet.
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.
3%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

sehr gut, gut, befriedigend, ausreichend


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes tulis
2x50

Materi: UAS
Pustaka: Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Materi: UAS
Pustaka: Ridwan, Agus. 2017. Stilistika Bahasa Jerman. Malang: Universitas Negeri Malang Penerbit dan Percetyakan.

Materi: UAS
Pustaka: Sudjiman, Panuti. 1993. Bunga Rampai Stilistika. Jakarta: Grafiti.
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 83.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5.5%
3. Tes 11%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.