
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Sains Kebumian dan Antariksa (Geoscience Education) |
8410103248 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
1 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Madlazim, M.Si
|
Prof. Dr. Madlazim, M.Si
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA. |
PLO-7 |
Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip geosains dan fenomena alam terkait.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis data kebumian menggunakan pendekatan ilmiah.
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan metode pengamatan dalam studi geosains dan antariksa.
|
PO - 4 |
Menganalisis peran geosains dan antariksa dalam mengatasi isu-isu global dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran sains dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan terapan dari ilmu kebumian dan antariksa, termasuk dinamika tektonik, fenomena atmosfer, dan eksplorasi luar angkasa. Mahasiswa akan memahami berbagai metode pengamatan geosains serta aplikasi sains kebumian dalam mitigasi bencana dan eksplorasi sumber daya alam. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press.
- Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB.
- Press, F., & Siever, R. (2017). Understanding Earth. Freeman.
- Fujii, H., & Kyung-Lee, S. 2024. Science Education for Sustainable Development in Asia Education innovation series. Singapore: Springer Nature
|
Pendukung : |
|
- Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Madlazim, M.Si. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar geosains |
Menjelaskan tentang konsep dasar geosains dan literasi geosains |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi kelompok 150 |
|
Materi: Pendahuluan Geosains dan eksplorasi kebumian. Pustaka: Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur bumi dan lempeng tektonik |
Menjelaskan struktur bumi dan lempeng tektonik. |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur bumi dan lempeng tektonik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Based Learning 150 |
|
Materi: Struktur Internal Bumi dan Dinamika Lempeng Pustaka: Press, F., & Siever, R. (2017). Understanding Earth. Freeman. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengkaji teori tektonik dan implikasi seismik |
Mampu mengkaji teori tektonik dan implikasi seismik |
Kriteria:
Mampu menjelaskan teori tektonik dan implikasi seismik. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Demonstrasi, Studi Kasus 150 |
|
Materi: Teori Lempeng Tektonik dan Gempa Bumi Pustaka: Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis mekanisme gempa bumi |
Mampu menganalisis mekanisme gempa bumi berdasarkan parameternya |
Kriteria:
Mampu menganalisis mekanisme gempa bumi berdasarkan parameternya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, eksperimen 150 |
|
Materi: Seismologi dan mitigasi gempa Pustaka: Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengkaji dinamika atmosfer bumi |
Mampu menjelaskan dinamika atmosfer bumi dan prosesnya. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan dinamika atmosfer bumi dan prosesnya. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi. 150 |
|
Materi: Struktur dan dinamika atmosfer. Pustaka: Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan sistem cuaca dan perubahan iklim |
Mampu menjelaskan sistem cuaca dan perubahan iklim |
Kriteria:
Dapat menjelaskan sistem cuaca dan perubahan iklim. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi, studi kasus 150 |
|
Materi: Fenomena perubahan iklim dan cuaca ekstrim. Pustaka: Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan |
Mampu mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan |
Kriteria:
Mampu mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus. 150 |
|
Materi: Dampak antropogenik terhadap lingkungan. Pustaka: Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mampu mengerjakan soal dengan benar. |
Kriteria:
Semua soal dikerjakan dengan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan soal 150 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengkaji sistem tata surya dan eksplorasi ruang angkasa |
Mampu mengkaji sistem tata surya dan eksplorasi ruang angkasa |
Kriteria:
Mampu memberikan argumentasi yang tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Presentasi, diskusi. 150 |
|
Materi: Tata surya dan eksplorasi luar angkasa. Pustaka: Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan teknologi penginderaan jauh dalam kebumian |
Mampu menjelaskan teknologi penginderaan jauh dalam kebumian |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik 150 |
|
Materi: Penginderaan jauh dan GIS Pustaka: Press, F., & Siever, R. (2017). Understanding Earth. Freeman. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis data bencana geologi |
Mampu menganalisis data bencana geologi |
Kriteria:
Hasil analisis sesuai dengan masalah yang diidentifikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktek, diskusi. 150 |
|
Materi: Analisis resiko bencana geologi Pustaka: Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengevaluasi kebijakan mitigasi bencana |
Mampu melakukan evaluasi kebijakan mitigasi bencana |
Kriteria:
Hasil evaluasi dapat digunakan dasar dalam mengambil keputusan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan studi kasus 150 |
|
Materi: Manajemen bencana dan mitigasi bencana Pustaka: Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengembangkan model pembelajaran berbasis geosains |
Kemampuan kreativitas dalam menciptakan model pembelajaran geosains yang interaktif dan inovatif. |
Kriteria:
Kualitas model pembelajaran geosains yang dihasilkan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 150 |
|
Materi: Pendekatan pembelajaran berbasis geosains Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengkaji keterkaitan geosains dengan kebijakan pembangunan |
Mampu mengkaji keterkaitan geosains dengan kebijakan pembangunan berkelanjutan |
Kriteria:
Kualitas hasil kajian dan argumentasinya. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus dan diskusi 150 |
|
Materi: Geosains dan pembangunan berkelanjutan Pustaka: Fujii, H., & Kyung-Lee, S. 2024. Science Education for Sustainable Development in Asia Education innovation series. Singapore: Springer Nature |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Penyajian hasil proyek mahasiswa |
Kemampuan kreativitas dalam menciptakan proyek pembelajaran geosains. |
Kriteria:
Kualitas proyek pembelajaran geosains yang dihasilkan. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 150 |
|
Materi: Presentasi proyek akhir Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Kreativitas dalam merancang modul interaktif |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
150 |
|
Materi: Evaluasi akhir mahasiswa Pustaka: |
10% |