Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Sains Kebumian dan Antariksa (Geoscience Education)

8410103248

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Madlazim, M.Si




Prof. Dr. Madlazim, M.Si




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip geosains dan fenomena alam terkait.

PO - 2

Mahasiswa mampu melakukan analisis data kebumian menggunakan pendekatan ilmiah.

PO - 3

Mahasiswa dapat mengaplikasikan metode pengamatan dalam studi geosains dan antariksa.

PO - 4

Menganalisis peran geosains dan antariksa dalam mengatasi isu-isu global dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran sains dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan terapan dari ilmu kebumian dan antariksa, termasuk dinamika tektonik, fenomena atmosfer, dan eksplorasi luar angkasa. Mahasiswa akan memahami berbagai metode pengamatan geosains serta aplikasi sains kebumian dalam mitigasi bencana dan eksplorasi sumber daya alam.

Pustaka

Utama :

  1. Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press.
  2. Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB.
  3. Press, F., & Siever, R. (2017). Understanding Earth. Freeman.
  4. Fujii, H., & Kyung-Lee, S. 2024. Science Education for Sustainable Development in Asia Education innovation series. Singapore: Springer Nature

Pendukung :

  1. Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Madlazim, M.Si.

Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar geosains

Menjelaskan tentang konsep dasar geosains dan literasi geosains


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi kelompok
150

Materi: Pendahuluan Geosains dan eksplorasi kebumian.
Pustaka: Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis struktur bumi dan lempeng tektonik

Menjelaskan struktur bumi dan lempeng tektonik.

Kriteria:

Mahasiswa dapat menjelaskan struktur bumi dan lempeng tektonik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Based Learning
150

Materi: Struktur Internal Bumi dan Dinamika Lempeng
Pustaka: Press, F., & Siever, R. (2017). Understanding Earth. Freeman.
5%

3

Minggu ke 3

Mengkaji teori tektonik dan implikasi seismik

Mampu mengkaji teori tektonik dan implikasi seismik

Kriteria:

Mampu menjelaskan teori tektonik dan implikasi seismik.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Demonstrasi, Studi Kasus
150

Materi: Teori Lempeng Tektonik dan Gempa Bumi
Pustaka: Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis mekanisme gempa bumi

Mampu menganalisis mekanisme gempa bumi berdasarkan parameternya

Kriteria:

Mampu menganalisis mekanisme gempa bumi berdasarkan parameternya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, eksperimen
150

Materi: Seismologi dan mitigasi gempa
Pustaka: Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam
5%

5

Minggu ke 5

Mengkaji dinamika atmosfer bumi

Mampu menjelaskan dinamika atmosfer bumi dan prosesnya.

Kriteria:

Mampu menjelaskan dinamika atmosfer bumi dan prosesnya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
150

Materi: Struktur dan dinamika atmosfer.
Pustaka: Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB.
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan sistem cuaca dan perubahan iklim

Mampu menjelaskan sistem cuaca dan perubahan iklim

Kriteria:

Dapat menjelaskan sistem cuaca dan perubahan iklim.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi, studi kasus
150

Materi: Fenomena perubahan iklim dan cuaca ekstrim.
Pustaka: Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB.
5%

7

Minggu ke 7

Mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan

Mampu mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan

Kriteria:

Mampu mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan lingkungan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
150

Materi: Dampak antropogenik terhadap lingkungan.
Pustaka: Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mampu mengerjakan soal dengan benar.

Kriteria:

Semua soal dikerjakan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan soal
150

10%

9

Minggu ke 9

Mengkaji sistem tata surya dan eksplorasi ruang angkasa

Mampu mengkaji sistem tata surya dan eksplorasi ruang angkasa

Kriteria:

Mampu memberikan argumentasi yang tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Presentasi, diskusi.
150

Materi: Tata surya dan eksplorasi luar angkasa.
Pustaka: Tjasyono HK, B. 2017. Sains Kebumian dan Antariksa Pendekatan Multidisipliner. Surabaya: Unesa University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan teknologi penginderaan jauh dalam kebumian

Mampu menjelaskan teknologi penginderaan jauh dalam kebumian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik
150

Materi: Penginderaan jauh dan GIS
Pustaka: Press, F., & Siever, R. (2017). Understanding Earth. Freeman.
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis data bencana geologi

Mampu menganalisis data bencana geologi

Kriteria:

Hasil analisis sesuai dengan masalah yang diidentifikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek, diskusi.
150

Materi: Analisis resiko bencana geologi
Pustaka: Madlazim, & Hariyono, E. 2019. Seismologi. Surabaya: CV. Jauharoh Darusalam
5%

12

Minggu ke 12

Mengevaluasi kebijakan mitigasi bencana

Mampu melakukan evaluasi kebijakan mitigasi bencana

Kriteria:

Hasil evaluasi dapat digunakan dasar dalam mengambil keputusan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi dan studi kasus
150

Materi: Manajemen bencana dan mitigasi bencana
Pustaka: Tjasyono HK, B. 2003. Geosains. Bandung: Penerbit ITB.
5%

13

Minggu ke 13

Mengembangkan model pembelajaran berbasis geosains

Kemampuan kreativitas dalam menciptakan model pembelajaran geosains yang interaktif dan inovatif.

Kriteria:

Kualitas model pembelajaran geosains yang dihasilkan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
150

Materi: Pendekatan pembelajaran berbasis geosains
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mengkaji keterkaitan geosains dengan kebijakan pembangunan

Mampu mengkaji keterkaitan geosains dengan kebijakan pembangunan berkelanjutan

Kriteria:

Kualitas hasil kajian dan argumentasinya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus dan diskusi
150

Materi: Geosains dan pembangunan berkelanjutan
Pustaka: Fujii, H., & Kyung-Lee, S. 2024. Science Education for Sustainable Development in Asia Education innovation series. Singapore: Springer Nature
5%

15

Minggu ke 15

Penyajian hasil proyek mahasiswa

Kemampuan kreativitas dalam menciptakan proyek pembelajaran geosains.

Kriteria:

Kualitas proyek pembelajaran geosains yang dihasilkan.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
150

Materi: Presentasi proyek akhir
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Kreativitas dalam merancang modul interaktif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

150

Materi: Evaluasi akhir mahasiswa
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 23.35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 18.34%
3. Penilaian Portofolio 33.35%
4. Praktik / Unjuk Kerja 3.34%
5. Tes 11.67%
90.05%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.