|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seminar Proposal |
8900100036 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu seminar proposal
|
PO - 2 |
Menguasai isi proposal disertasi yang mencerminkan kemampuan merencanakan penelitian.
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan strategis dalam seminar proposal
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan seminar proposal DIsertasi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Praktik seminar proposal Disertasi dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis presentasi dan diskusi tentang isi proposal disertasi di hadapan teman sejawat dan dosen melalui kegiatan presentasi, diskusi publik, dan tanya jawab. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pedoman akademik Unesa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal. |
- Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
- Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
- Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi proposal penelitian
|
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal. |
- Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
- Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
- Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi proposal penelitian
|
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal. |
- Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
- Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
- Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi proposal penelitian
|
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal. |
- Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
- Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
- Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi proposal penelitian
|
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas. |
- Kemampuan merencanakan penelitian
- Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
- Kemampuan analisis dan sintesis informasi
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
|
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas. |
- Kemampuan merencanakan penelitian
- Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
- Kemampuan analisis dan sintesis informasi
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
|
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas. |
- Kemampuan merencanakan penelitian
- Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
- Kemampuan analisis dan sintesis informasi
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
|
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas. |
- Kemampuan merencanakan penelitian
- Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
- Kemampuan analisis dan sintesis informasi
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
|
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan strategis dalam menyusun dan mempresentasikan seminar proposal penelitian dengan baik dan efektif. |
- Kemampuan mengidentifikasi strategi yang tepat
- Kemampuan menjelaskan alasan di balik keputusan strategis yang diambil
- Kemampuan menghadapi pertanyaan dan kritik dengan baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi presentasi.
|
|
Materi: Konsep keputusan strategis dalam seminar proposal, Teknik menyusun presentasi proposal yang efektif, Strategi menghadapi pertanyaan dan kritik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan strategis dalam menyusun dan mempresentasikan seminar proposal penelitian dengan baik dan efektif. |
- Kemampuan mengidentifikasi strategi yang tepat
- Kemampuan menjelaskan alasan di balik keputusan strategis yang diambil
- Kemampuan menghadapi pertanyaan dan kritik dengan baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi presentasi.
|
|
Materi: Konsep keputusan strategis dalam seminar proposal, Teknik menyusun presentasi proposal yang efektif, Strategi menghadapi pertanyaan dan kritik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan strategis dalam menyusun dan mempresentasikan seminar proposal penelitian dengan baik dan efektif. |
- Kemampuan mengidentifikasi strategi yang tepat
- Kemampuan menjelaskan alasan di balik keputusan strategis yang diambil
- Kemampuan menghadapi pertanyaan dan kritik dengan baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi presentasi.
|
|
Materi: Konsep keputusan strategis dalam seminar proposal, Teknik menyusun presentasi proposal yang efektif, Strategi menghadapi pertanyaan dan kritik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan |
- iman
- cerdas
- mandiri
- jujur
- peduli
- tangguh
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan |
- iman
- cerdas
- mandiri
- jujur
- peduli
- tangguh
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan |
- iman
- cerdas
- mandiri
- jujur
- peduli
- tangguh
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan |
- iman
- cerdas
- mandiri
- jujur
- peduli
- tangguh
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan |
- iman
- cerdas
- mandiri
- jujur
- peduli
- tangguh
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
14% |