Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Proposal

8900100036

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu seminar proposal

PO - 2

Menguasai isi proposal disertasi yang mencerminkan kemampuan merencanakan penelitian.

PO - 3

Mengambil keputusan strategis dalam seminar proposal

PO - 4

Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan seminar proposal DIsertasi

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Praktik seminar proposal Disertasi dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis presentasi dan diskusi tentang isi proposal disertasi di hadapan teman sejawat dan dosen melalui kegiatan presentasi, diskusi publik, dan tanya jawab.

Pustaka

Utama :

  1. Pedoman akademik Unesa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal.

  1. Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
  2. Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
  3. Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi proposal penelitian

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal.

  1. Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
  2. Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
  3. Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi proposal penelitian

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal.

  1. Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
  2. Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
  3. Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi proposal penelitian

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi ipteks yang relevan, mengolah ipteks dengan baik, dan mengintegrasikan ipteks secara efektif dalam seminar proposal.

  1. Kemampuan mengidentifikasi ipteks relevan
  2. Kemampuan mengolah ipteks dengan baik
  3. Kemampuan mengintegrasikan ipteks dalam seminar proposal
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi proposal penelitian

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas.

  1. Kemampuan merencanakan penelitian
  2. Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
  3. Kemampuan analisis dan sintesis informasi
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas.

  1. Kemampuan merencanakan penelitian
  2. Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
  3. Kemampuan analisis dan sintesis informasi
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas.

  1. Kemampuan merencanakan penelitian
  2. Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
  3. Kemampuan analisis dan sintesis informasi
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai isi proposal disertasi dengan baik, mampu merencanakan penelitian secara komprehensif, dan memiliki kemampuan untuk menyusun proposal disertasi yang berkualitas.

  1. Kemampuan merencanakan penelitian
  2. Ketepatan dalam menyusun proposal disertasi
  3. Kemampuan analisis dan sintesis informasi
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang proposal disertasi, Penyusunan outline proposal disertasi
Materi: Struktur proposal disertasi, Metode penelitian yang tepat, Analisis data, Penyusunan proposal disertasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan strategis dalam menyusun dan mempresentasikan seminar proposal penelitian dengan baik dan efektif.

  1. Kemampuan mengidentifikasi strategi yang tepat
  2. Kemampuan menjelaskan alasan di balik keputusan strategis yang diambil
  3. Kemampuan menghadapi pertanyaan dan kritik dengan baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi presentasi.

Materi: Konsep keputusan strategis dalam seminar proposal, Teknik menyusun presentasi proposal yang efektif, Strategi menghadapi pertanyaan dan kritik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan strategis dalam menyusun dan mempresentasikan seminar proposal penelitian dengan baik dan efektif.

  1. Kemampuan mengidentifikasi strategi yang tepat
  2. Kemampuan menjelaskan alasan di balik keputusan strategis yang diambil
  3. Kemampuan menghadapi pertanyaan dan kritik dengan baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi presentasi.

Materi: Konsep keputusan strategis dalam seminar proposal, Teknik menyusun presentasi proposal yang efektif, Strategi menghadapi pertanyaan dan kritik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan strategis dalam menyusun dan mempresentasikan seminar proposal penelitian dengan baik dan efektif.

  1. Kemampuan mengidentifikasi strategi yang tepat
  2. Kemampuan menjelaskan alasan di balik keputusan strategis yang diambil
  3. Kemampuan menghadapi pertanyaan dan kritik dengan baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi presentasi.

Materi: Konsep keputusan strategis dalam seminar proposal, Teknik menyusun presentasi proposal yang efektif, Strategi menghadapi pertanyaan dan kritik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan

  1. iman
  2. cerdas
  3. mandiri
  4. jujur
  5. peduli
  6. tangguh
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan

  1. iman
  2. cerdas
  3. mandiri
  4. jujur
  5. peduli
  6. tangguh
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan

  1. iman
  2. cerdas
  3. mandiri
  4. jujur
  5. peduli
  6. tangguh
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan

  1. iman
  2. cerdas
  3. mandiri
  4. jujur
  5. peduli
  6. tangguh
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

memiliki kemampuan mempertahankan ide peneltiian dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan hasil masukkan

  1. iman
  2. cerdas
  3. mandiri
  4. jujur
  5. peduli
  6. tangguh
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai karakter dalam penyelesaian tugas seminar proposal Disertasi
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
14%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36.78%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10.43%
3. Penilaian Portofolio 21.78%
4. Praktik / Unjuk Kerja 11.35%
5. Tes 18.75%
99.09%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.